2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Mau tanya, jgn dianggap offensive. Cuma mau tny dan tidak akan berdebat sama sekali.
Sy tertarik dengan mobil LCGC/mobil CC kecil. Alasannya krn harga terjangkau, irit bbm, perawatan cenderung lebih terjangkau.
Sudah lama pny keinginan membeli, tp sering diingatkan temen tentang material body tipis/rentan. Pertanyaan sy apa pengaruhnya terhadap mobil tersebut?
Sy tertarik dengan mobil LCGC/mobil CC kecil. Alasannya krn harga terjangkau, irit bbm, perawatan cenderung lebih terjangkau.
Sudah lama pny keinginan membeli, tp sering diingatkan temen tentang material body tipis/rentan. Pertanyaan sy apa pengaruhnya terhadap mobil tersebut?
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Tue May 05, 2015 1:19
- Location: Shangri-La Residences
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Transmisi C(hZ)VT euy 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
semua mobil modern bodynya tipis.... hanya generasi tua saja yang menganggap mobil dengan plat tebal itu lebih baiklarakifulgura wrote: Mon May 28, 2018 3:54 Mau tanya, jgn dianggap offensive. Cuma mau tny dan tidak akan berdebat sama sekali.
Sy tertarik dengan mobil LCGC/mobil CC kecil. Alasannya krn harga terjangkau, irit bbm, perawatan cenderung lebih terjangkau.
Sudah lama pny keinginan membeli, tp sering diingatkan temen tentang material body tipis/rentan. Pertanyaan sy apa pengaruhnya terhadap mobil tersebut?
![Police [emo-police]](./images/smilies/2017-police.gif)

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Body tipis paling kerasa jeleknya kalo kena tabrakan kecil-menengah om. Kayak contohnya nabrak becak, ditabrak angkot, keserempet motor, dll dsb.. Rusaknya kelihatan parah & menyedihkan..larakifulgura wrote: Mon May 28, 2018 3:54 Mau tanya, jgn dianggap offensive. Cuma mau tny dan tidak akan berdebat sama sekali.
Sy tertarik dengan mobil LCGC/mobil CC kecil. Alasannya krn harga terjangkau, irit bbm, perawatan cenderung lebih terjangkau.
Sudah lama pny keinginan membeli, tp sering diingatkan temen tentang material body tipis/rentan. Pertanyaan sy apa pengaruhnya terhadap mobil tersebut?
Tapi kalo tabrakan besar, mobil2 sekarang walaupun bodynya tipis tapi cenderung lebih aman, setidaknya kalo kena tabrakan frontal pilar a nya ga begitu bengkok.
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
My bad, barusan om Fitra juga ralat di videonya... saya soalnya bikin video habis nonton video om Fitra...

Nah yang versi buntut pendeknya menarik sih 140 jutaan... mepet sama Brio Satya tapi masih okelah... Mesinnya enak buat perkotaan dan pasti irit karena CVT.Syauqi wrote: Mon May 28, 2018 0:50 Wah, saya setuju 100% sama reviewnya.. Mobil ini mobil yang ideal kok, cuma sayang aja pricelistnya konyol & ditambah ada datgo fl yg kelengkapannya hampir sama persis tapi puluhan juta lebih murah drpd go cross..
Tapi menurut pribadi saya ya, lebih value for money versi buntut pendeknya, yg secara overall package ga begitu beda jauh dan feel interior sama. Kalo bicara soal worth the money sebenarnya datgo (bukan cross) ini cukup worth kok, alternatif buat yg lagi nyari lcgc selain agya-ayla & brio satya
Cross kalo di angka 160 - 170 juta aja sebenernya menarik banget.
Strategi bagus berbuah jelek ya di Datsun ini... nyelametin muka pengguna Nissan tapi seakan merendahkan calon pembeli LCGC dengan dikasih mobil yang kualitasnya gak lebih bagus dari Kijang taun 80an... Datsun dug their own grave.sammyjimun wrote: Mon May 28, 2018 1:58 OOT dikit, spertinya batumakam cs terlalu berhati-hati dengan pasar Indonesia, padahal udh punya pabrik sendiri di Purwakarta, brarti sudah brani invest dengan modal besar, tapi dari sisi marketing dalam penyiapkan produk2nya kok ga imbang, ntah strategi apa yg d gunakan
yg pasti klo diliat model2 terbaru di luar sih sharusnya bs "negelawan" ayatoyot ato H tegak
BTT, DatgoCross, yg digadang2 jadi produk penyelamat muka sundat tetapi spertinya masih salah langkah, bisa dari sisi model/design, fitur2 ato pricing strategy nya
Dan nyadarnya setelah 4 taun beredar pulak...
Bukan sinis tapi gak heran Toyota makin laku... pesaingnya pada punya potensi tapi kualitasnya ngaco semua... Tapi prestasi globalnya juga stagnan, gebrakan paling signifikan cuma waktu Ghosn mutusin buat reborn GT-R.
Tapi ya just that. GT-R cuma jadi halo car penyelamat muka Nissan, sekarang ngomong GT-R ya udah ketinggalan jaman. GT-R R35 dah 11 taun usianya... GT-R R36 isunya mau keluar tapi gak keluar keluar.
Entahlah, satu sisi Ghosn jadi penyelamat, tapi satu sisi juga gak bisa mempertahankan prestasinya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Tue Sep 27, 2016 0:36
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
maap mod nanya...bukannya ada sirion ya yang udah dilengkapi vsc under 200jt? cmiiwChZ wrote: Thu May 24, 2018 15:09 ---cut---
Plus, mobil ini sudah dilengkapi stability control. Dengan kata lain ini adalah satu - satunya mobil di bawah 200 juta dengan stability control.
---cut---
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Ya + sirion tapi Sirion udah deket ke angka 200 juta oom...kampretosss wrote: Tue May 29, 2018 9:34maap mod nanya...bukannya ada sirion ya yang udah dilengkapi vsc under 200jt? cmiiwChZ wrote: Thu May 24, 2018 15:09 ---cut---
Plus, mobil ini sudah dilengkapi stability control. Dengan kata lain ini adalah satu - satunya mobil di bawah 200 juta dengan stability control.
---cut---

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Tue Sep 27, 2016 0:36
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
iya sih mod, kadang 200jt "cuma" buat sekelas citycar bikin mikir-mikir juga sih, terlepas dari segala fitur & kelengkapannya hehehe

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Barusan ngambil brosur di mall. Datsun Go 2018 ternyata tdk ambil semua fitur yg ada di Cross. Ada headunit touchscreen, dashboard, CVT tapi blom ada ABS&VDC... Apa spek di brosur kurang lengkap?
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 906
- Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
larakifulgura wrote: Tue May 29, 2018 12:41 Barusan ngambil brosur di mall. Datsun Go 2018 ternyata tdk ambil semua fitur yg ada di Cross. Ada headunit touchscreen, dashboard, CVT tapi blom ada ABS&VDC... Apa spek di brosur kurang lengkap?
Emang begitu, plus airbag tetep satu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Nah, tinggal tunggu gebrakan NMI nih buat tahun ini mau jualan apa? apa kabar C27? apa kabar terra (bru launching di Phillipines)?ChZ wrote: Tue May 29, 2018 9:28
Strategi bagus berbuah jelek ya di Datsun ini... nyelametin muka pengguna Nissan tapi seakan merendahkan calon pembeli LCGC dengan dikasih mobil yang kualitasnya gak lebih bagus dari Kijang taun 80an... Datsun dug their own grave.
Dan nyadarnya setelah 4 taun beredar pulak...
Bukan sinis tapi gak heran Toyota makin laku... pesaingnya pada punya potensi tapi kualitasnya ngaco semua... Tapi prestasi globalnya juga stagnan, gebrakan paling signifikan cuma waktu Ghosn mutusin buat reborn GT-R.
Tapi ya just that. GT-R cuma jadi halo car penyelamat muka Nissan, sekarang ngomong GT-R ya udah ketinggalan jaman. GT-R R35 dah 11 taun usianya... GT-R R36 isunya mau keluar tapi gak keluar keluar.
Entahlah, satu sisi Ghosn jadi penyelamat, tapi satu sisi juga gak bisa mempertahankan prestasinya...
Apa ya masih mau di sodorin minor change lagi? Padahal dengan modal join bareng Renault + Mitsubishi bisa lebih "gila" lagi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Thu Nov 26, 2015 12:52
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
C27 kmrn udah beredar spyshotnya om pake plat putih. Paling giias besok keluar.sammyjimun wrote: Wed May 30, 2018 0:28Nah, tinggal tunggu gebrakan NMI nih buat tahun ini mau jualan apa? apa kabar C27? apa kabar terra (bru launching di Phillipines)?ChZ wrote: Tue May 29, 2018 9:28
Strategi bagus berbuah jelek ya di Datsun ini... nyelametin muka pengguna Nissan tapi seakan merendahkan calon pembeli LCGC dengan dikasih mobil yang kualitasnya gak lebih bagus dari Kijang taun 80an... Datsun dug their own grave.
Dan nyadarnya setelah 4 taun beredar pulak...
Bukan sinis tapi gak heran Toyota makin laku... pesaingnya pada punya potensi tapi kualitasnya ngaco semua... Tapi prestasi globalnya juga stagnan, gebrakan paling signifikan cuma waktu Ghosn mutusin buat reborn GT-R.
Tapi ya just that. GT-R cuma jadi halo car penyelamat muka Nissan, sekarang ngomong GT-R ya udah ketinggalan jaman. GT-R R35 dah 11 taun usianya... GT-R R36 isunya mau keluar tapi gak keluar keluar.
Entahlah, satu sisi Ghosn jadi penyelamat, tapi satu sisi juga gak bisa mempertahankan prestasinya...
Apa ya masih mau di sodorin minor change lagi? Padahal dengan modal join bareng Renault + Mitsubishi bisa lebih "gila" lagi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Here we come again ... Let's make some noise (deja-vu)Syauqi wrote: Mon May 28, 2018 7:35Body tipis paling kerasa jeleknya kalo kena tabrakan kecil-menengah om. Kayak contohnya nabrak becak, ditabrak angkot, keserempet motor, dll dsb.. Rusaknya kelihatan parah & menyedihkan..larakifulgura wrote: Mon May 28, 2018 3:54 Mau tanya, jgn dianggap offensive. Cuma mau tny dan tidak akan berdebat sama sekali.
Sy tertarik dengan mobil LCGC/mobil CC kecil. Alasannya krn harga terjangkau, irit bbm, perawatan cenderung lebih terjangkau.
Sudah lama pny keinginan membeli, tp sering diingatkan temen tentang material body tipis/rentan. Pertanyaan sy apa pengaruhnya terhadap mobil tersebut?
Tapi kalo tabrakan besar, mobil2 sekarang walaupun bodynya tipis tapi cenderung lebih aman, setidaknya kalo kena tabrakan frontal pilar a nya ga begitu bengkok.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Sayangnya platform Go ini gak dapat bintang di crash test. Pilar A nya ancur
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Seinget saya sudah ada improve dan sudah aman pilar A nya. Baik global maupun asean sudah dapat bintang, tidak zero lagi.FU27 wrote: Sun Jun 24, 2018 9:25 Sayangnya platform Go ini gak dapat bintang di crash test. Pilar A nya ancur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Apakah di Go Cross ini sudah ada perbaikan dari sisi Platform? sejarah dapat bintang Nol di Crash test menurut saya tetaplah mengerikan..ChZ wrote: Tue May 29, 2018 9:36Ya + sirion tapi Sirion udah deket ke angka 200 juta oom...kampretosss wrote: Tue May 29, 2018 9:34maap mod nanya...bukannya ada sirion ya yang udah dilengkapi vsc under 200jt? cmiiwChZ wrote: Thu May 24, 2018 15:09 ---cut---
Plus, mobil ini sudah dilengkapi stability control. Dengan kata lain ini adalah satu - satunya mobil di bawah 200 juta dengan stability control.
---cut---![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
FU27 wrote: Sun Jun 24, 2018 9:25 Sayangnya platform Go ini gak dapat bintang di crash test. Pilar A nya ancur
Ternyata sudah ada improvement. Hasil crash test tahun 2017, Go+ dengan 1 airbag sudah dapat 1 bintang
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
di Global NCAP rata-rata yang gak ber-airbag bintang nol semua om... hehehe... tp klo yang ber-airbag seingat saya 3 bintang deh.Pugman wrote: Sun Jun 24, 2018 11:25
Apakah di Go Cross ini sudah ada perbaikan dari sisi Platform? sejarah dapat bintang Nol di Crash test menurut saya tetaplah mengerikan..
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
ini proyek ajaib lagi, ya as usual tipikal Nissan Indonesia, mana mau tau konsumen kalau versi CVT itu non LCGC, beli juga diketawain: LCGC lagi... image nampang berkurang, dan kalau varian CVT non LCGC ya bikinlah sesuatu yang lebih untuk kurangi unsur ini aslinya LCGC hanya terpaksa mahal karena pake CVT. penjualan sudah tiarap, kalah dari wuling, masih aja tetep blunder jualan.
sebetulnya memang kombo mesin HR12DE itu adalah CVT, sesuai platformnya yang sama dengan March K13, nyaris di seluruh dunia itu pake CVT, hanya di Indo dan negara tertentu yang pake geared AT. semestinya dari awal datsun udah pake duet ini, kalau sekarang ya seperti basa basi saja.
dan penyakit khas Nissan yang ga nyambung antara R&D dengan Marketing/development masih dilanjutin. itu baris ketiga masih aja ga ada proper bangku + proper interior moulding. VSA itu memang nilai plus, tapi apa iya semua konsumen aware? lihat saja march 1500cc, harga termasuk murah setelah diskon, dapat VSA pula, tapi tetep aja penjualan stuck, kalah dengan hatchback sekelas lainnya.
sebetulnya memang kombo mesin HR12DE itu adalah CVT, sesuai platformnya yang sama dengan March K13, nyaris di seluruh dunia itu pake CVT, hanya di Indo dan negara tertentu yang pake geared AT. semestinya dari awal datsun udah pake duet ini, kalau sekarang ya seperti basa basi saja.
dan penyakit khas Nissan yang ga nyambung antara R&D dengan Marketing/development masih dilanjutin. itu baris ketiga masih aja ga ada proper bangku + proper interior moulding. VSA itu memang nilai plus, tapi apa iya semua konsumen aware? lihat saja march 1500cc, harga termasuk murah setelah diskon, dapat VSA pula, tapi tetep aja penjualan stuck, kalah dengan hatchback sekelas lainnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Saat mobil ini launching saya merasa mobil ini buruk sekali
Secara value pun mobil ini kalah dari mobil2 lain
Tapi setelah sy baca review om chz... tiba2 ini mobil yang masuk akal
Lucunya marketing nissan/datsun ga berhasil memberikan pesan mengenai mobil yg dijual
Malah om chz yg buat sy mengerti mobil ini untuk apa hahaha
Secara value pun mobil ini kalah dari mobil2 lain
Tapi setelah sy baca review om chz... tiba2 ini mobil yang masuk akal
Lucunya marketing nissan/datsun ga berhasil memberikan pesan mengenai mobil yg dijual
Malah om chz yg buat sy mengerti mobil ini untuk apa hahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Lahir di saat yg ga tepat saat ada sigra calya dan wuling ya hancur cobalah datsun manusiawi dikit itu kursi dibikin tebal kayak sigralah
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Datsun LCGC ya saya bisa lah menebak marketnya. Datsun go cross ini kirakira siapa target marketnya ya?
Kalo nyari kemudahan city driving saya masih pilih Ignis lah dibanding ini.
Sekali nyobain datsun Go+ pake GoCar, peredamannya luarbiasa buruk di bagian belakang, bunyi roda kedengeran banget
.
Perjuangan berat untuk salesnya nih.
Kalo nyari kemudahan city driving saya masih pilih Ignis lah dibanding ini.
Sekali nyobain datsun Go+ pake GoCar, peredamannya luarbiasa buruk di bagian belakang, bunyi roda kedengeran banget
Perjuangan berat untuk salesnya nih.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sat Feb 25, 2017 22:01
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
apakah datsun sdh perbaiki 'bug' di rangka pilar a spt gambar brrikut belon ya?

klo gaada perbaikan di rangka pilar a sih mo dikasih airbag 17 biji, abs,ebd,esc,etc jg percuma...

klo gaada perbaikan di rangka pilar a sih mo dikasih airbag 17 biji, abs,ebd,esc,etc jg percuma...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Update, nemu video ini. Ternyata sekarang dapat 2 bintang. Setidaknya bagian dashboard tidak melesak kebelakang lagi.ChZ wrote: Mon Jun 25, 2018 4:46di Global NCAP rata-rata yang gak ber-airbag bintang nol semua om... hehehe... tp klo yang ber-airbag seingat saya 3 bintang deh.Pugman wrote: Sun Jun 24, 2018 11:25
Apakah di Go Cross ini sudah ada perbaikan dari sisi Platform? sejarah dapat bintang Nol di Crash test menurut saya tetaplah mengerikan..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: 2018 Datsun Cross CVT - Sang Citycar Ideal
Hmm,,2 hari ini sering liat beberapa ekor berkeliaran, yang short semua