Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by ZEXELGRIFONE »

Wistuwis wrote: Sat May 19, 2018 8:30 Pengalaman saya untuk mengurangi resiko efek blindspot pilar A yaitu :
- bisa dengan menurunkan % kaca film jendela pintu depan. Jangan terlalu gelap.
- kemudian jangan malas mengubah posisi badan pada saat manuver di jalan berkelok.
Nice tips.
Mungkin sementara coba tips ke-2 dulu.
Klo tips pertama agak males ke bengkelnya (dan kluar duitnya) :D

Apalagi pas puasa gini.. :mky_01:
josomba wrote: Sat May 19, 2018 15:19
Harusnya sih mobilio enak sih ya viewing angle-nya.
Ogut 4 tahun pake lio ga pernah kejadian macem nyetir x-trail T32 yg bolak balik penumpang kiri nyeloteh sebagai berikut:

"Awas kanan lo" - Teman
"Awas kananmu" - Tunangan
"Awas kananmu nak, gimana sih, mata dipake dong (terkadang sambil tarik kuping saya)" - Nyokap

Saya agak bermasalah dengan pilar A sisi driver T32 untuk kombinasi malam hari + keluar dari gang kecil + motor yang ga nyalain lampu atau lampunya redup.
Nah itu om.. Makanya saya mikir mungkin posisi saya yg terlalu rileks/kurg pas atau gimana.

Klo malem2 ada motor ga nyalain lampu sih emang bikin waswas. Apalagi klo seruntulan ga jelas. Ditambah klo kacafilm gelap bgt.

Mungkin saya coba tips bro Wistuwis dulu :big_okay:
Wistuwis
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
Daily Vehicle: terios

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by Wistuwis »

Siap om...
Tapi setelah saya scroll historinya, banyak yg menyarankan hal yg sama. Jadi memang pada umumnya mengubah posisi badan menjadi solusi blindspot pilar A.

Kebetulan saya baru mengganti kaca film. Ngikut saja sama saran tokonya. Dan ternyata hasilnya super gelap. Kalau malam apalagi hujan menjadi gelagapan [emo-yesno]
Secara feel, blindspot berubah menjadi blind area.
Hanya beberapa waktu setelah ganti kaca film gelap, sukses ditabrak keras motor pas malam2 hujan sesaat akan u-turn.

Ternyata dipasang 80% samping & belakang. 60% depan.
Saya tanya ke sales mobil saya, kaca film bawaan pabrik 60% samping & belakang. Dan 40% depan.
Terpaksa rencana nanti saya akan ganti mobil yg kaca filmnya standar lagi, kalau inden udh cair :)
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1703
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by lemonadelovers »

Wistuwis wrote: Sun May 20, 2018 11:06 Siap om...
Tapi setelah saya scroll historinya, banyak yg menyarankan hal yg sama. Jadi memang pada umumnya mengubah posisi badan menjadi solusi blindspot pilar A.

Kebetulan saya baru mengganti kaca film. Ngikut saja sama saran tokonya. Dan ternyata hasilnya super gelap. Kalau malam apalagi hujan menjadi gelagapan [emo-yesno]
Secara feel, blindspot berubah menjadi blind area.
Hanya beberapa waktu setelah ganti kaca film gelap, sukses ditabrak keras motor pas malam2 hujan sesaat akan u-turn.

Ternyata dipasang 80% samping & belakang. 60% depan.
Saya tanya ke sales mobil saya, kaca film bawaan pabrik 60% samping & belakang. Dan 40% depan.
Terpaksa rencana nanti saya akan ganti mobil yg kaca filmnya standar lagi, kalau inden udh cair :)
Ganti dulu aja om sisi supir dan penumpang depan Pakai 40% klo d LN sih aturan kaca depan n sisi driver / supir max 40% bagian kaca lain bebas pakai 80% pun ga masalah
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by coklatMetalik »

Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by adityabp »

coklatMetalik wrote: Sun May 20, 2018 12:46 Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
Spion kiri disetel maksimum ke arah luar. Bodi mobil cukup sekedar terlihat saja di sisi kanan (dalam) kaca spion.
Setelah itu turunin dikit sampai ujung bemper belakang sebelah kiri terlihat di pojok kanan bawah kaca spion.
Nah, setelah itu silahkan coba parkir mepet trotoar/tembok dgn cara mundur dulu.
:big_deal:
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by osbertc0ol »

ZEXELGRIFONE wrote: Sat May 19, 2018 6:20 Uhm.. Klo lio ane rasa blind spot di pilar A masih lumayan om.
Pernah pas di pertigaan, kondisi sore (sinar matahari sore dr depan) ada motor arah jam 1 mau nyelonong, dan ane ga liat. Untung aja bini di sebelah liat dan ngingetin. Untung jg ane rem, motor jg rem. Jadi ga ada insiden deh.

Apa posisi mengemudi ane yg terlalu rileks apa ya?
Atau lantaran mata terekspose sinar senja, sehingga membuat obyek motor itu seakan tidak terlihat?

Tapi overall nyetir lio enak sih :mky_01:
Pilar A memang agak tebal, tp asal nengok dikit kedepan dan kenanan udah jelas sih.
Lio sy yang versi pertama yang spion kotak. Spion kanannya pengaturan kurang fleksibel, buat saya kurang ke kanan (Bodi mobil terlihat agak banyak).
Wistuwis wrote: Sun May 20, 2018 11:06 Siap om...
Tapi setelah saya scroll historinya, banyak yg menyarankan hal yg sama. Jadi memang pada umumnya mengubah posisi badan menjadi solusi blindspot pilar A.

Kebetulan saya baru mengganti kaca film. Ngikut saja sama saran tokonya. Dan ternyata hasilnya super gelap. Kalau malam apalagi hujan menjadi gelagapan [emo-yesno]
Secara feel, blindspot berubah menjadi blind area.
Hanya beberapa waktu setelah ganti kaca film gelap, sukses ditabrak keras motor pas malam2 hujan sesaat akan u-turn.

Ternyata dipasang 80% samping & belakang. 60% depan.
Saya tanya ke sales mobil saya, kaca film bawaan pabrik 60% samping & belakang. Dan 40% depan.
Terpaksa rencana nanti saya akan ganti mobil yg kaca filmnya standar lagi, kalau inden udh cair :)
Wah iya, kl pengalaman sy sih KF di sisi driver max 60% saja, 40% lebih enak sih tp lebih tembus dari depan haha. Kalo ud 80% sih agak susah.
Mbl sy sendiri kaca depan 40%, posisi driver 60%, row 2 dan belakang 80%
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by coklatMetalik »

adityabp wrote: Mon May 21, 2018 6:15
coklatMetalik wrote: Sun May 20, 2018 12:46 Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
Spion kiri disetel maksimum ke arah luar. Bodi mobil cukup sekedar terlihat saja di sisi kanan (dalam) kaca spion.
Setelah itu turunin dikit sampai ujung bemper belakang sebelah kiri terlihat di pojok kanan bawah kaca spion.
Nah, setelah itu silahkan coba parkir mepet trotoar/tembok dgn cara mundur dulu.
:big_deal:
Ok om terima kasih sarannya :big_deal:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
Location: Jakarta

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by tremonti »

Saya juga mengalami masalah blindspot di rush baru ini.. paling parah saat di pertigaan kompleks,yg tdk ada lampu lalu lintas. beberapa kali sempet kaget kalau ada yg melintas.

Ngakalin nya sama seperti yg lain. Pelan2 cek 2 atau 3 kali ga ada motor yg ketutup,bru gas pelan2 lagi..
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by adityabp »

coklatMetalik wrote: Mon May 21, 2018 8:20
adityabp wrote: Mon May 21, 2018 6:15
coklatMetalik wrote: Sun May 20, 2018 12:46 Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
Spion kiri disetel maksimum ke arah luar. Bodi mobil cukup sekedar terlihat saja di sisi kanan (dalam) kaca spion.
Setelah itu turunin dikit sampai ujung bemper belakang sebelah kiri terlihat di pojok kanan bawah kaca spion.
Nah, setelah itu silahkan coba parkir mepet trotoar/tembok dgn cara mundur dulu.
:big_deal:
Ok om terima kasih sarannya :big_deal:
Saya kurang tau tinggi kaca spion kijang seberapa.
Yg pasti kalo kaca spion cukup tinggi, pake setelan yg saya kasih diatas masih bisa lihat garis horizon kalo lewat tol, which is kita bisa memantau mobil di lajur kiri sejak mobil tsb masih jauh.
Kalo macam spion avanza lama yg tingginya minim, agak repot krn horizon hilang -> mobil di lajur kiri seolah-olah mendadak nongol, bisa bikin kaget.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by adityabp »

Pernah beberapa kali saya ngalamin ada orang nyeberang dari kanan ke kiri tau2x dah nongol aja di depan moncong mobil. Saya yakin seyakin-yakinnya tidak lihat orang tsb ketika masih di kanan. Akhirnya saya berkesimpulan, seminim-minimnya blindspot pilar A, pada sudut dan jarak tertentu emang bener2x jadi blind zone. :D
Hikmahnya, kalo saya mau nyeberang jalan, ketika saya nengok ke kiri/kanan dan ada mobil, saya pastikan line of sight mata saya tegak lurus dgn kaca depan sisi sopir mobil tsb. Bukan tegak lurus dgn pilar A.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by coklatMetalik »

adityabp wrote: Mon May 21, 2018 9:24
coklatMetalik wrote: Mon May 21, 2018 8:20
adityabp wrote: Mon May 21, 2018 6:15
Spion kiri disetel maksimum ke arah luar. Bodi mobil cukup sekedar terlihat saja di sisi kanan (dalam) kaca spion.
Setelah itu turunin dikit sampai ujung bemper belakang sebelah kiri terlihat di pojok kanan bawah kaca spion.
Nah, setelah itu silahkan coba parkir mepet trotoar/tembok dgn cara mundur dulu.
:big_deal:
Ok om terima kasih sarannya :big_deal:
Saya kurang tau tinggi kaca spion kijang seberapa.
Yg pasti kalo kaca spion cukup tinggi, pake setelan yg saya kasih diatas masih bisa lihat garis horizon kalo lewat tol, which is kita bisa memantau mobil di lajur kiri sejak mobil tsb masih jauh.
Kalo macam spion avanza lama yg tingginya minim, agak repot krn horizon hilang -> mobil di lajur kiri seolah-olah mendadak nongol, bisa bikin kaget.
Kalo pengalaman saya sih, ketika spion diarahkan ke posisi paling bawah, maka ketika di tol, mobil di belakang kanan/kiri cuma keliatan bagian grill kebawah. Nanti coba sy cek lagi apakah bisa spionnya disetel supaya bemper belakanh sendiri keliatan tp gk terlalu bawah
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 707
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by ZEXELGRIFONE »

coklatMetalik wrote: Sun May 20, 2018 12:46 Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
Kijang apa neh? Klo kijang super, spion aslinya menurut saya malah cenderung enak, lantaran spion memanjang ke atas (bukan kesamping) body dari tengah sampai ke bawah bisa keliatan.

Atau pake cara lain, masuk parkir ke kiri kepalanya duluan sebisanya, sampai agak maju. Setelah itu mundur pelan2 sambil awasin spion sisi kiri.
Ga haram juga saat akan mundur, spion di set agak kebawah dan keluar tapi garis body/spakbor/ban tetap keliatan dikit (klo spion udah elektrik sih enak ngaturnya).
Ini posisi mo parkir lho ya. Klo posisi jalan, spion di set normal ;)

Atau klo emang repot, pasang kaca spion bantuan (bulet cembung) yg biasa dipasang di spion utama, untuk memperluas jangkauan pandangan.
osbertc0ol wrote: Mon May 21, 2018 7:07 Pilar A memang agak tebal, tp asal nengok dikit kedepan dan kenanan udah jelas sih.
Lio sy yang versi pertama yang spion kotak. Spion kanannya pengaturan kurang fleksibel, buat saya kurang ke kanan (Bodi mobil terlihat agak banyak).
Yap saya skrg mempraktekin itu.. Cuma butuh dibiasakan aja :mky_01:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by adrevolution »

coklatMetalik wrote: Sun May 20, 2018 12:46 Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
Kalo ini saya pake triknya bmw/mini yg baru2. Begitu masuk gigi mundur, spion kiri langsung ngarah ke bawah sehingga keliatan jelas batas body & ban kiri ke selokan/trotoar/garis batas parkir
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by coklatMetalik »

ZEXELGRIFONE wrote: Tue May 22, 2018 8:46
coklatMetalik wrote: Sun May 20, 2018 12:46 Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
Kijang apa neh? Klo kijang super, spion aslinya menurut saya malah cenderung enak, lantaran spion memanjang ke atas (bukan kesamping) body dari tengah sampai ke bawah bisa keliatan.

Atau pake cara lain, masuk parkir ke kiri kepalanya duluan sebisanya, sampai agak maju. Setelah itu mundur pelan2 sambil awasin spion sisi kiri.
Ga haram juga saat akan mundur, spion di set agak kebawah dan keluar tapi garis body/spakbor/ban tetap keliatan dikit (klo spion udah elektrik sih enak ngaturnya).
Ini posisi mo parkir lho ya. Klo posisi jalan, spion di set normal ;)

Atau klo emang repot, pasang kaca spion bantuan (bulet cembung) yg biasa dipasang di spion utama, untuk memperluas jangkauan pandangan.
osbertc0ol wrote: Mon May 21, 2018 7:07 Pilar A memang agak tebal, tp asal nengok dikit kedepan dan kenanan udah jelas sih.
Lio sy yang versi pertama yang spion kotak. Spion kanannya pengaturan kurang fleksibel, buat saya kurang ke kanan (Bodi mobil terlihat agak banyak).
Yap saya skrg mempraktekin itu.. Cuma butuh dibiasakan aja :mky_01:
Kijang Kapsul
Spion sebetulnya udh elektrik. Tp ternyata setelah dicek spion kiri cuma bisa gerak kiri-kanan, utk atas-bawahnya macet :big_chicken:
Harus mampir bengkel dulu....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Saran Mengemudi Untuk Mobil Dengan Blindspot Besar

Post by osbertc0ol »

adrevolution wrote: Tue May 22, 2018 9:46
coklatMetalik wrote: Sun May 20, 2018 12:46 Sy smp skrg msh agak kesulitan kalo parkir di pinggir kiri jalan, utk menentukan jarak mobil ke batas jalan di kiri (trotoar/solokan). Biasanya klo gk terlalu mepet smp ban nempel trotoar, ya terlalu jauh (padahal mobilnya Kijang yg pemandangannya luas :big_slap: )

Mnurut teman2 klo pasang spion tanduk yg spt di rush/fortuner vnt apakah membantu?
Kalo ini saya pake triknya bmw/mini yg baru2. Begitu masuk gigi mundur, spion kiri langsung ngarah ke bawah sehingga keliatan jelas batas body & ban kiri ke selokan/trotoar/garis batas parkir
Mobil2 di indo yang jepang kelas 300jt keatas sebenenrya udh ada nih fitur. tapi biasa deh di Sunat sama atpm indo. irit berapa sih software tweak doang :shrug: