Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
coklatMetalik wrote: Mon Feb 26, 2018 4:09
Gk ada, cuma 1 kipas radiator doang. Emg hrsnya ada ya?
Afaik Kijang Super/Kapsul/Innova memang ngga pake aux fan.
By design dia memang kondensornya luas banget permukaannya. Jadi ngga pake aux fan seharusnya dingin. Kalo enggak dingin, ada satu atau lebih komponen yang ngga bener. AC komponennya cuma sedikit, yang rusak itu itu aja. Tapi harganya mahal heu heu heu.
Thanks infonya om
1 lg, Kijang Kapsul gk ada filter AC kan?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
andriebuzz wrote: Mon Feb 26, 2018 3:38
Beberapa kali ke bengkel ac, yang pasti di bilang kalau ac kurang dikit, "freonnya kurang nih" kalau ga salah denger, freon ac ga bakalan berkurang kalau ga ada kebocoran" benarkah?
bengkel ac dan kaki-kaki salah satu bengkel yang saya benar" haruspercaya/rekomendasi klub atau forum. tidak mau sembarang tempat + masih belum nemu di wliyh tgr-jakbar utk mobil eropa amrik
Saya ada langganan bengkel AC di Meruya, pasnya di jalan H. Lebar nama bengkelnya Berkah AC. Bengkelnya kecil tapi saya langganan kesana karena bengkelnya jujur (saya jauh2 dari bekasi pasti kesana buat urusan AC). Bengkel kecil yang punya toko turun tangan sendiri + 1 karyawan. Beliau punya latar belakang bongkar mobil eropa. Harga relatif murah juga.
Selama piara mobil saya yg ada di garasi skrg belum pernah servis AC, cuma dulu masa warranty saat periodic maintenance di beres yg dilakukan ada periode ganti filter AC saja. Sekarang saya beli filternya saja dan ganti sendiri. AC Mobil saya masih dingin sekali bagi saya saat nyetir apalagi baru beberapa bulan lalu saya ganti kaca film windshield bonus saat beli mobil dgn kaca film after market kegelapan 60 %.
osbertc0ol wrote: Sun Feb 25, 2018 15:23
Ac tergantung mobil juga sih ketahanannya.
Biasa merk batu makam tuh kalo acnya kurang kuat denger2.
So far innova pas umur 6 tahun km 100rb evaporator belakang bocor, ganti evap 1jt lebih dikit sekalian cuci evap depan, ganti packing ac, ganti oli sampe skrg masih awet, ganti filter ac kurleb sekitar 25rb km.
Avanza umur 7 thn km 90rb magnetic clutch jebol pas di bogor abis narik sampe 6k kaga matiin ac wkwkwkwk.
Trus carilah spesialis ac disana, beruntung dapet yang baik. memang barang bukan ori tapi dia jamin, kena 1.3 ud berikut ganti oli gatau murah mahal dia sih ksh liat orang lain kena segituan juga. sampe sekarang sih awet udah 2 thn..
Yg penting rajin ganti filter aja. pas ud 5 tahun boleh lah cuci evap, kalo berlendir ga sehat juga udara di dalem mobil.
kalo livina saya, cuman pernah rusak 1 x aja yaitu evapnya pas umur 4 tahun..ganti di beres, total spare part + biaya 3 juta . Dan sekarang udah umur 9 tahun, gak ada masalah lagi. Gak pernah servis rutin juga.
Oke, selaku TS, bs saya simpulkan beberapa rekan SM lebih sering ke arah perawatan rutin penggantian filter AC in cabin dan pembersihan evap aja ya. Thank you, mohon dilanjutkan saja pembahasan servis AC-nya ya.
Kalau bintaro-tangsel mgkn bisa ke Rotary AC di area veteran situ ya. Ada teman rekomendasi tu tempat walaupun agak mahal tp jujur sih kata doi.
josomba wrote: Mon Feb 26, 2018 1:08
Kalau digital iya sih saya biasa set 23-24, tapi kalau mobil tempur sehari2 yang puter knob ala kompor masih paling mentok paling dingin kalau panas terik, berarti baikan tinggiin semburan AC-nya aja dong ya berarti? Iya juga sih, dulu AC rumah suka set 16 tp blower paling kecil, ujung2nya malah mampet pada mengkristal freon-nya atau apanya gitu. Akhirnya set 22 tapi blower agak ditinggikan.
Yap filter AC kabin saya pasang sih dan setaun sekali pasti ganti sendiri mumpung mudah cabut pasangnya.
yes... tapi caranya gak langsung nyalain mobil - nyalain ac langsung puter blower max, saya biasanya pake caranya auto climate control, jadi ac nyalain di kecepatan blower yg kecil dulu, step by step naik sampe blower max, setelah cukup dingin baru turunin blower speed sesuai kebutuhan, gak tau efeknya gimana ketimbang langsung nyalain kenceng tp yg jelas so far tdk ada masalah & malah lebih nyaman krn gak kaget ac langsung nyembur kenceng haha
adrevolution wrote: Sun Feb 25, 2018 13:58
2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
ini saya juga sering baca/dengar...menghindari kerja langsung karena pulleynya kompresor nyambung ke mesin ya?
tapi kan magnet kompresor juga on - off otomatis dalam kondisi normal...jadi bukannya sama aja ya jadinya?
yang saya tau sih begitu, ada nyambungnya kompresor ke mesin, dan kawan saya pernah ada kasus lg high rev di tol tdnya gak nyalain ac (abis ngudud kali ya) trs nyalain langsung rusak acnya
@om coklatmetalik
Setahu saya Super dan Kapsul ngga ada filter ac. Entah kalo Innova belum pernah punya heuheu.
aabx wrote:
Saya ada langganan bengkel AC di Meruya, pasnya di jalan H. Lebar nama bengkelnya Berkah AC. Bengkelnya kecil tapi saya langganan kesana karena bengkelnya jujur (saya jauh2 dari bekasi pasti kesana buat urusan AC). Bengkel kecil yang punya toko turun tangan sendiri + 1 karyawan. Beliau punya latar belakang bongkar mobil eropa. Harga relatif murah juga.
Jauh sekali Om?
Kalo Bekesong dulu saya ke Denso Pekayon. Deket Naga Pekayon (bukan Naga Komsen). Nama aslinya tu kalo ga salah cv teknik dingin tapi lebih tenar Denso Pekayon. Sekarang si saya pindah bengkel ke deket rumah di Jatimakmur. Terlalu lama perjalanan ke sana. Bengkelnya kecil tapi biasa pegang sampe sonder klasse (saya juga heran kok sonder klasse ke sini). Yang pernah saya bawa ke sini piaraan lama E36, E46, Kijang G sama Katana. Udah sold semua dalam kondisi masih dingin nyesss.
Kartika AC jalan veteran masih ramai kah? Dulu owner E30 yang saya beli, ac full set dikerjain di situ. Pernah sekali pressure kurang dan dicari sebentar nggak ketemu. Minta ditinggal dan turun dasbor for free kalo masih belum ketemu bocornya setelah liat buku servis. Tapi turns out ketemu setelah bolak balik cek kompresor, sealnya rembes halus. Diganti seal oli dan freon for 0 rups. Saya sekalian ganti motor blower karena pas dicek ada bekas panas dan blowingnya udah pelan. 1jt (2011) garansi 1 tahun.
Harga premium tapi kalo kerjaan bagus ngga keberatan buat bayar.
adrevolution wrote: Sun Feb 25, 2018 13:58
2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
ini saya juga sering baca/dengar...menghindari kerja langsung karena pulleynya kompresor nyambung ke mesin ya?
tapi kan magnet kompresor juga on - off otomatis dalam kondisi normal...jadi bukannya sama aja ya jadinya?
saya juga kebiasaan begini, nyalain kompresor AC saat RPM rendah, kalau mobil manual sih sambil jalan bisa tapi pas nyalain selalu sambil injek kopling.
untuk yang di bold, memang magnetic clucth kompresor juga bekerja saat AC udah lama nyala, tapi saat itu oli kompresor sudah lebih merata dan fluida yang ada dalam sistem AC sudah berksirkulasi berbeda dengan saat pertamakali menyalakan AC saat kompresor masih 'dingin', sehingga kerjanya lebih ringan. CMIIW.
tambahan untuk menjaga evaporator awet, selain rutin bersihkan/ganti filter AC, saya punya kebiasaan beberapa menit sebelum sampai tujuan selalu matikan kompresor AC (tekan tombol A/C atau minimalkan suhu) namun biarkan blower tetap berhembus. Tujuannya biar air atau bunga es yang ada di evap ketiup sama blower dan kemudian segera menguap, jadi ketika mobil berhenti evap sudah lebih kering. Air atau bunga2 es yang ada di evap ini yang bisa bikin evap tidak awet karena bisa menyebabkan keropos atau menjadi sarang kotoran karena debu yang menempel pada air sehingga berlendir dan menyumbat rongga2 evap. Saya udah membuktikan dengan cara begitu saya intip evap umur 3-4 tahun masih bersih padahal nggak pernah dicuci atau disemprot cairan apapun.
Bagaimana dgn Mandala Ac yg di Pekayon, apakah recommend bengkelnya?
Dulu saya dapet relomendasinya dari temen temen E30 independent area Bekasi dsk. Saya sempat sekali betulin mobil Corola all new milik kakak. Mampet karena ganti evap tapi ngga ganti expansion valve di tempat lain. Overall bagus kerjanya. Tapi untuk E36 saya bawa deket rumah karena ke sana terlalu macet. Lebih dari sejam driving, tobat [emoji24]
Bagaimana dgn Mandala Ac yg di Pekayon, apakah recommend bengkelnya?
Dulu saya dapet relomendasinya dari temen temen E30 independent area Bekasi dsk. Saya sempat sekali betulin mobil Corola all new milik kakak. Mampet karena ganti evap tapi ngga ganti expansion valve di tempat lain. Overall bagus kerjanya. Tapi untuk E36 saya bawa deket rumah karena ke sana terlalu macet. Lebih dari sejam driving, tobat [emoji24]
Thanks oom atas sharingnya, krn awam mengenai bengkel ac yg jujur dan bagus kerjanya. Kalau pun ada pasti selalu ramai seperti rotary. Saya pribadi menghargai info2 tersebut. Thanks all
adrevolution wrote: Sun Feb 25, 2018 13:58
2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
ini saya juga sering baca/dengar...menghindari kerja langsung karena pulleynya kompresor nyambung ke mesin ya?
tapi kan magnet kompresor juga on - off otomatis dalam kondisi normal...jadi bukannya sama aja ya jadinya?
saya juga kebiasaan begini, nyalain kompresor AC saat RPM rendah, kalau mobil manual sih sambil jalan bisa tapi pas nyalain selalu sambil injek kopling.
untuk yang di bold, memang magnetic clucth kompresor juga bekerja saat AC udah lama nyala, tapi saat itu oli kompresor sudah lebih merata dan fluida yang ada dalam sistem AC sudah berksirkulasi berbeda dengan saat pertamakali menyalakan AC saat kompresor masih 'dingin', sehingga kerjanya lebih ringan. CMIIW.
tambahan untuk menjaga evaporator awet, selain rutin bersihkan/ganti filter AC, saya punya kebiasaan beberapa menit sebelum sampai tujuan selalu matikan kompresor AC (tekan tombol A/C atau minimalkan suhu) namun biarkan blower tetap berhembus. Tujuannya biar air atau bunga es yang ada di evap ketiup sama blower dan kemudian segera menguap, jadi ketika mobil berhenti evap sudah lebih kering. Air atau bunga2 es yang ada di evap ini yang bisa bikin evap tidak awet karena bisa menyebabkan keropos atau menjadi sarang kotoran karena debu yang menempel pada air sehingga berlendir dan menyumbat rongga2 evap. Saya udah membuktikan dengan cara begitu saya intip evap umur 3-4 tahun masih bersih padahal nggak pernah dicuci atau disemprot cairan apapun.
ini saya juga sering baca/dengar...menghindari kerja langsung karena pulleynya kompresor nyambung ke mesin ya?
tapi kan magnet kompresor juga on - off otomatis dalam kondisi normal...jadi bukannya sama aja ya jadinya?
saya juga kebiasaan begini, nyalain kompresor AC saat RPM rendah, kalau mobil manual sih sambil jalan bisa tapi pas nyalain selalu sambil injek kopling.
untuk yang di bold, memang magnetic clucth kompresor juga bekerja saat AC udah lama nyala, tapi saat itu oli kompresor sudah lebih merata dan fluida yang ada dalam sistem AC sudah berksirkulasi berbeda dengan saat pertamakali menyalakan AC saat kompresor masih 'dingin', sehingga kerjanya lebih ringan. CMIIW.
tambahan untuk menjaga evaporator awet, selain rutin bersihkan/ganti filter AC, saya punya kebiasaan beberapa menit sebelum sampai tujuan selalu matikan kompresor AC (tekan tombol A/C atau minimalkan suhu) namun biarkan blower tetap berhembus. Tujuannya biar air atau bunga es yang ada di evap ketiup sama blower dan kemudian segera menguap, jadi ketika mobil berhenti evap sudah lebih kering. Air atau bunga2 es yang ada di evap ini yang bisa bikin evap tidak awet karena bisa menyebabkan keropos atau menjadi sarang kotoran karena debu yang menempel pada air sehingga berlendir dan menyumbat rongga2 evap. Saya udah membuktikan dengan cara begitu saya intip evap umur 3-4 tahun masih bersih padahal nggak pernah dicuci atau disemprot cairan apapun.
Hehehe, mubazir om. Kan ada filter AC.
filter AC nggak jaminan bebas kotoran, apalagi kalo pakai merk aftermarket yang tipis & sedikit lekukannya, ditambah celah2 antara filter dengan rumahnya biasanya untuk tipe filter tertentu pinggirnya kurang rapet
saya juga kebiasaan begini, nyalain kompresor AC saat RPM rendah, kalau mobil manual sih sambil jalan bisa tapi pas nyalain selalu sambil injek kopling.
untuk yang di bold, memang magnetic clucth kompresor juga bekerja saat AC udah lama nyala, tapi saat itu oli kompresor sudah lebih merata dan fluida yang ada dalam sistem AC sudah berksirkulasi berbeda dengan saat pertamakali menyalakan AC saat kompresor masih 'dingin', sehingga kerjanya lebih ringan. CMIIW.
tambahan untuk menjaga evaporator awet, selain rutin bersihkan/ganti filter AC, saya punya kebiasaan beberapa menit sebelum sampai tujuan selalu matikan kompresor AC (tekan tombol A/C atau minimalkan suhu) namun biarkan blower tetap berhembus. Tujuannya biar air atau bunga es yang ada di evap ketiup sama blower dan kemudian segera menguap, jadi ketika mobil berhenti evap sudah lebih kering. Air atau bunga2 es yang ada di evap ini yang bisa bikin evap tidak awet karena bisa menyebabkan keropos atau menjadi sarang kotoran karena debu yang menempel pada air sehingga berlendir dan menyumbat rongga2 evap. Saya udah membuktikan dengan cara begitu saya intip evap umur 3-4 tahun masih bersih padahal nggak pernah dicuci atau disemprot cairan apapun.
Hehehe, mubazir om. Kan ada filter AC.
filter AC nggak jaminan bebas kotoran, apalagi kalo pakai merk aftermarket yang tipis & sedikit lekukannya, ditambah celah2 antara filter dengan rumahnya biasanya untuk tipe filter tertentu pinggirnya kurang rapet
Yg saya tau, filter AC cuma 2 macam : Yg cuma kertasnya doank tanpa bingkai plastik dan yg full bingkai plastik.
22nya kertas filternya sama, tapi harga bisa beda 2x lipat.
Kalo filter AC yg mengandung karbon itu lain cerita ya.
adrevolution wrote: Sun Feb 25, 2018 13:58
2. Nyalain AC saat idle, kl lagi jalan ya under 2000 rpm masih oke lah, jangan pas rpm tinggi. Selalu matiin AC sebelum matiin mesin.
ini saya juga sering baca/dengar...menghindari kerja langsung karena pulleynya kompresor nyambung ke mesin ya?
tapi kan magnet kompresor juga on - off otomatis dalam kondisi normal...jadi bukannya sama aja ya jadinya?
saya juga kebiasaan begini, nyalain kompresor AC saat RPM rendah, kalau mobil manual sih sambil jalan bisa tapi pas nyalain selalu sambil injek kopling.
untuk yang di bold, memang magnetic clucth kompresor juga bekerja saat AC udah lama nyala, tapi saat itu oli kompresor sudah lebih merata dan fluida yang ada dalam sistem AC sudah berksirkulasi berbeda dengan saat pertamakali menyalakan AC saat kompresor masih 'dingin', sehingga kerjanya lebih ringan. CMIIW.
tambahan untuk menjaga evaporator awet, selain rutin bersihkan/ganti filter AC, saya punya kebiasaan beberapa menit sebelum sampai tujuan selalu matikan kompresor AC (tekan tombol A/C atau minimalkan suhu) namun biarkan blower tetap berhembus. Tujuannya biar air atau bunga es yang ada di evap ketiup sama blower dan kemudian segera menguap, jadi ketika mobil berhenti evap sudah lebih kering. Air atau bunga2 es yang ada di evap ini yang bisa bikin evap tidak awet karena bisa menyebabkan keropos atau menjadi sarang kotoran karena debu yang menempel pada air sehingga berlendir dan menyumbat rongga2 evap. Saya udah membuktikan dengan cara begitu saya intip evap umur 3-4 tahun masih bersih padahal nggak pernah dicuci atau disemprot cairan apapun.
Wahaha iya ini saya juga kena.
Jadi magnetic clutch nya yang lebih sering rusak sih, saya pas kebetulan rev sampe 6k di tol lagi iseng, pas kebetulan kompresornya engage langsung deh oblak magnetic nya hahahaha.
Sebenernya mobil2 yang baruan atau mobil lama yang kelasnya ud diatas biasanya kompresor di disengage pas high rev biar kompresor dan clutch nggak rusak.
Kebetulan yg gw lagi bawa ya itu si papanza 2010 tipe E
Perawatan ac, sy biasa aja...
Cek filter rutin, kalau butuh dingin mentok 3/4 dr kapasitas yg ada..rata2 awet 4 tahunan selama sy pakai
(ga tahu setelah 4 thn dan sy jual msh awet pa nggak)
kalau ganti oli kompresor sy lebih pilih di beres biarpun agak mahal dan mungkin jg di lempar..
Ada garansi jd kalau ada masalah tinggal klaim...
Males bawa ke bengkel ac sembarangan coz dl ada pengalaman g enak ama bengkel ac semprul
(padahal referensi dr komunitas mobil kakak sy)
Owh iya koq banyak yg komen miring termasuk sy ttg bengkel ac jujur ya, apa memang banyak yg ga jujur..
Kadang malah kasihan sm bengkel ac yg bener2 jujur, gara2 bengkel ac ga jujur.....
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
denger2 alasannya sih karena kerja bakti doang kalo uda bongkar2 dasbor. sistem ac, ternyata ga bocor. Jadinya pasti digetok deh apanya lah rusak.
tapi yang lebih parah lagi si biasanya ac bagus, freonnya diisi over atau olinya over. balik lagi deh itu mobil ga lama.
yg ga jujur lagi kadang modusnya selalu ganti kompresor, yg lain ga dicek. lah kompresor baru doang kalo evap, kondensor gabisa ngimbangin alamat wassalam satu sistem AC
alvin23 wrote: Tue Feb 27, 2018 16:17
emang banyakan yang ga jujur sih om...
denger2 alasannya sih karena kerja bakti doang kalo uda bongkar2 dasbor. sistem ac, ternyata ga bocor. Jadinya pasti digetok deh apanya lah rusak.
tapi yang lebih parah lagi si biasanya ac bagus, freonnya diisi over atau olinya over. balik lagi deh itu mobil ga lama.
yg ga jujur lagi kadang modusnya selalu ganti kompresor, yg lain ga dicek. lah kompresor baru doang kalo evap, kondensor gabisa ngimbangin alamat wassalam satu sistem AC
Nah, maka dr itu sy lebih mending pilih beres aja..
Mahal dikit tp ada jaminan...
Pengalaman pernah kena bengkel ac edan, sdh males ke bengkel ac selain beres sy om...
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Mobil GL 11 AT, baru ganti evaporator , sekalian kuras freon. Yang aneh adalah kenapa Fan Radiator Hidup terus dengan speed maksimal.
Padahal mobil masih dingin atau baru jalan... saat di jalan tol juga fan nya hidup... Tapi begitu AC di matikan, itu fan radiator gak nyala, kadang hidup tapi speed nya pelan...
Mau nebeng nanya disini ya om, daripada bikin thread baru
AC ada hubungan nya kan ya ama konsumsi bensin? kalo buat AC yang bukan climate, :
1. yang bikin beban itu kalo kita gedein knob Blower nya atau kita Turunkan Knob suhu nya?
2. Menurut om om disini, kalau untuk pemakaian "Normal" berarti better yang kita gede in setting blower nya yak daripada suhu nya max paling dingin?
streetrod60 wrote: Fri Nov 09, 2018 9:31
Mau nebeng nanya disini ya om, daripada bikin thread baru
AC ada hubungan nya kan ya ama konsumsi bensin? kalo buat AC yang bukan climate, :
1. yang bikin beban itu kalo kita gedein knob Blower nya atau kita Turunkan Knob suhu nya?
2. Menurut om om disini, kalau untuk pemakaian "Normal" berarti better yang kita gede in setting blower nya yak daripada suhu nya max paling dingin?
1. Suhu gan, karena besaran suhu pengaruh ke berapa lama kompresor idup, makin lama idup beban mesin makin besar = makin banyak bensin dipake
2. Yes naekin blower aja kalo msi bisa, suhu 25 blower 3 lebih irit dri suhu 22 blower 1
Mobil GL 11 AT, baru ganti evaporator , sekalian kuras freon. Yang aneh adalah kenapa Fan Radiator Hidup terus dengan speed maksimal.
Padahal mobil masih dingin atau baru jalan... saat di jalan tol juga fan nya hidup... Tapi begitu AC di matikan, itu fan radiator gak nyala, kadang hidup tapi speed nya pelan...
Apa ada setelan untuk timing Fan Radiator nya?
AC-nya dingin ga Om? Biasanya kan kondenser sama radiator nempel jadi 1, yang nyala juga biasanya extra fan/setting high speed fan radiator aktif yang sumbernya dari thermostat AC. Kalau kasus seperti Om ada 2 kemungkinan itu Fan nyala terus
1. thermostat mati atau masang lagi ga bener jadi salah bacanya
2. Tekanan gas freon yang diisi ke AC kurang.