Yang servis mekanik saya sendiri om, bongkar sendiri, cari masalah nya sendiri.
Beli bearing di toko bearing banyak. Bukan di toko sparepart mobil ya, tapi di toko yang khusus jual bearing untuk keperluan alat berat, industri, dll..
ASK MAINTENANCE TEANA J32
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: ASK MAINTENANCE TEANA J32
Teana memang mahal bro...jangan bandingin sama parts BMW tahun 97-2000an.
Pernah temen ganti engine mounting ~ 1,5jt per pcs, ada 3 kalau gak salah ~ total 4,5jt.
BMW M52 cuman 250-500rb kali 2 plus mounting transmisi 50rb kali 2 ~ total 600rb-1,1jt.
Terus, koil ~ koilnya dia 1,5jt per koil, busi 300rb per biji (DF6H11A). Total ganti 6 sama jasa abis 11jt.
M52 cuman 300-350rb per koil dan busi dr 20rb sampai 100rb ~ total 2-2,5jt.
Bearing sekitar 3jt itu karena satu gelondong sama rumahnya, bukan cuman bearingnya setau saya. Kalo mau ganti bearingnya doank ya paling 1jt-an tapi kudu dipress mungkin. Bearingnya yang 1jt-an lebih ambil merek NTK asli Japan ya, kalo lainnya mah kagak dah...
Kondensor AC kalo bocornya belum parah banget mungkin bisa pake AC Pro super seal.
https://otomotif.antaranews.com/berita/ ... stp-ac-pro
Coba cek sini siapa tau masih ada promo 7/600rb dapet 2 botol(bukan sales ya saya):
http://stpoil.co.id/hubungi-stp/
Kalo A/C Pro yang biasa ada super sealnya juga tapi lebih dikit, kalo bolongnya dah gede ya kudu ganti deh.
Kalo mau bongkar AC, ya kudu tuntas mendingan.... seal ganti, dryer ganti, kondensor bocor dilas/ganti.... itu yakin bocornya dari kondensor bukan evap? Kalo evap ~ ya kudu bongkar dashboard kali.... repot deh kalo AC.
Pernah temen ganti engine mounting ~ 1,5jt per pcs, ada 3 kalau gak salah ~ total 4,5jt.
BMW M52 cuman 250-500rb kali 2 plus mounting transmisi 50rb kali 2 ~ total 600rb-1,1jt.
Terus, koil ~ koilnya dia 1,5jt per koil, busi 300rb per biji (DF6H11A). Total ganti 6 sama jasa abis 11jt.
M52 cuman 300-350rb per koil dan busi dr 20rb sampai 100rb ~ total 2-2,5jt.
Bearing sekitar 3jt itu karena satu gelondong sama rumahnya, bukan cuman bearingnya setau saya. Kalo mau ganti bearingnya doank ya paling 1jt-an tapi kudu dipress mungkin. Bearingnya yang 1jt-an lebih ambil merek NTK asli Japan ya, kalo lainnya mah kagak dah...
Kondensor AC kalo bocornya belum parah banget mungkin bisa pake AC Pro super seal.
https://otomotif.antaranews.com/berita/ ... stp-ac-pro
Coba cek sini siapa tau masih ada promo 7/600rb dapet 2 botol(bukan sales ya saya):
http://stpoil.co.id/hubungi-stp/
Kalo A/C Pro yang biasa ada super sealnya juga tapi lebih dikit, kalo bolongnya dah gede ya kudu ganti deh.
Kalo mau bongkar AC, ya kudu tuntas mendingan.... seal ganti, dryer ganti, kondensor bocor dilas/ganti.... itu yakin bocornya dari kondensor bukan evap? Kalo evap ~ ya kudu bongkar dashboard kali.... repot deh kalo AC.
dihatianda wrote: Sat Feb 10, 2018 8:13 Dear All SMers momod dan suhu sekalian
mau nanya sekalian sharing2 yah..
jadi begini, dirumah skrg pelihara Nissan J32 Teana 2010 yg ane angkat tahun lalu dan dalam kondisi yang sehat, no trouble at all
skrg Km. nyentuh angka 105.000KM
dan penyakit perintilan mulai perlahan lahan keluar, and here it goes..
Bearing roda depan mulai masalah, lari >80km udah ngegerung bikin pekak telinga
cek harga sekitar 3.000.000/pc
Muahal benerrr
Kondensor AC di cek ada kebocoran dan ga visa di akalin, okelah kita mau ganti, daaan pas dicek biayanya sekitar 3.500.000 utk kondensor doang, waduh apalagi kalau sampe kompressor yang kena yah??
dan itu 2 masalag belum solved, masih mau tanya tanya dulu ke master disini, mgkn yg udah pernah pelihara teana ini, apakah mmg semahal itu yah? atau saya yg di bohongin bengkel2 disini, kebetulan saya tinggal di tangsel jadi mestinya cari barang ini itu tdk susah ya
utk yg punya pengalaman atau data harga spre parts Teana ini saya minta tolong boleh kah dishare? atau mgkn spareprts lainnya diluar 2 prts tsb juga monggo utk comparison
berhubung Teana ini cukup langka populasinya jd agak sulit, juga buat pandangan SM-ers2 yg mgkn ada niat buat pelihara Teana.
Thanks Suhu suhu di sini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: ASK MAINTENANCE TEANA J32
Nice info Om Liem, baru nyadar. Benar juga Bearing have many kind of type, size and merk from small to big size for Factory machine and heavy equipment. Iya juga tinggal beli di toko khusus jual bearing. Teringat merk salah satunya diantara byk merk, merk SKF yg dipakai pabrik saya kerja.liemivan86 wrote:Yang servis mekanik saya sendiri om, bongkar sendiri, cari masalah nya sendiri.
Beli bearing di toko bearing banyak. Bukan di toko sparepart mobil ya, tapi di toko yang khusus jual bearing untuk keperluan alat berat, industri, dll..

HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: ASK MAINTENANCE TEANA J32
Betul pm, SKF salah satu merk papan atas. Untuk mobil kecil (bukan alat berat), kalo SKF ada ukuran yang tepat, mending sekalian beli SKF. Agak mahal, tapi awet.Herman7103 wrote:Nice info Om Liem, baru nyadar. Benar juga Bearing have many kind of type, size and merk from small to big size for Factory machine and heavy equipment. Iya juga tinggal beli di toko khusus jual bearing. Teringat merk salah satunya diantara byk merk, merk SKF yg dipakai pabrik saya kerja.liemivan86 wrote:Yang servis mekanik saya sendiri om, bongkar sendiri, cari masalah nya sendiri.
Beli bearing di toko bearing banyak. Bukan di toko sparepart mobil ya, tapi di toko yang khusus jual bearing untuk keperluan alat berat, industri, dll..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: ASK MAINTENANCE TEANA J32
OK Om thank you utk pencerahannya, skrg sih memang belum butuh Bearing tapi saat kedepannya perlu, baru alternatif tsb jadi opsi juga[emoji3].liemivan86 wrote:Betul pm, SKF salah satu merk papan atas. Untuk mobil kecil (bukan alat berat), kalo SKF ada ukuran yang tepat, mending sekalian beli SKF. Agak mahal, tapi awet.Herman7103 wrote:Nice info Om Liem, baru nyadar. Benar juga Bearing have many kind of type, size and merk from small to big size for Factory machine and heavy equipment. Iya juga tinggal beli di toko khusus jual bearing. Teringat merk salah satunya diantara byk merk, merk SKF yg dipakai pabrik saya kerja.liemivan86 wrote:Yang servis mekanik saya sendiri om, bongkar sendiri, cari masalah nya sendiri.
Beli bearing di toko bearing banyak. Bukan di toko sparepart mobil ya, tapi di toko yang khusus jual bearing untuk keperluan alat berat, industri, dll..

HR15DE 2014