Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Pernyataan yang menarik...
karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.
Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...
Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.
Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.
Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...
Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.
Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
daihatsu mulai terpicu, dan mulai "lieur" dengan strategi SGMW....
intinya sih overprice ha ha ha
intinya sih overprice ha ha ha

LJ479QNE2
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Mon Feb 29, 2016 12:28
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
mau berpendapat ya om, menurut saya yang point 1, point 3 dan 4 itu yang terjadi sekarang ini...ChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:05 Pernyataan yang menarik...
karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.
Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...
Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.
Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
kalau untuk permainan, hmm bisa saja memang ada
LJ479QNE2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Rundeer wrote: Wed Jan 17, 2018 4:18Dulu jg nihfarizfsa wrote: Wed Jan 17, 2018 4:09wakaka sedangkan datsun go cross sekarang pake cvtSyauqi wrote: Wed Jan 17, 2018 3:51
Yang saya agak triggered itu waktu dia membahas kenapa daihatsu ga pake cvt, alasannya karena "cvt itu mahal trus kita mau jual brp ke konsumen ..." hahahaha..
Bilang aja kalo males develop teknologi mbak..
banyak alesan nih toyodai sa ae
Q: kenapa 42ner pake rem belakang tromol?
A: agar rem tidak mudah kotor (karena tertutup) dan cocok dengan medan berat.
Q: apa pentingnya sunroof di sebuah MPV?
A: sunroof tidak (terlalu) penting, kecuali Anda sering merokok.
![]()
Dulu waktu Xenia belum ada airbag :
Soal ini, giliran Direktur MArketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra yang menjawabnya. Ia mengatakan, kedua fitur tersebut belum terlalu diperlukan untuk kondisi jalan raya di Indonesia.
"Konsumen kami masih belum membutuhkan rem ABS dan Airbags. Belum lagi, ini sangat mahal harganya buat mereka. Kalau ditambahkan bisa mempengaruhi harga jual. Jadi memang belum perlu," papar Amelia.
"Fitur keselamatan kita sudah cukup. Kita sudah uji tabrak dan uji lainnya. Tambahan fitur keselamatan malah akan menambah cost. Pengguna Xenia
masih belum butuh ABS dan airbag," ujarnya saat itu.
----
New Terios hanya 2 air bag :
Soal airbag hanya dua buah untuk pengemudi dan penumpang depan ini, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra punya alasannya.
"Dari survei yang kami lakukan, kebanyakan konsumen di pasar maunya seperti itu, kantung udara dua di depan," ujarnya di Jakarta.
Sedangkan untuk fitur keselamatan di bagian belakang, lanjut Amel menjelaskan, di Terios anyar sudah ada fitur yang dianggap mampu menggantikan peran kantung udara.
"Sudah ada Side Impact Beam, di bagian samping belakang kanan kiri," katanya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Ga Atoyot GA daih*ts* sama2 pinter ngeles dan edukasivipere wrote: Wed Jan 17, 2018 6:35Rundeer wrote: Wed Jan 17, 2018 4:18Dulu jg nihfarizfsa wrote: Wed Jan 17, 2018 4:09
wakaka sedangkan datsun go cross sekarang pake cvt
banyak alesan nih toyodai sa ae
Q: kenapa 42ner pake rem belakang tromol?
A: agar rem tidak mudah kotor (karena tertutup) dan cocok dengan medan berat.
Q: apa pentingnya sunroof di sebuah MPV?
A: sunroof tidak (terlalu) penting, kecuali Anda sering merokok.
![]()
Dulu waktu Xenia belum ada airbag :
Soal ini, giliran Direktur MArketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra yang menjawabnya. Ia mengatakan, kedua fitur tersebut belum terlalu diperlukan untuk kondisi jalan raya di Indonesia.
"Konsumen kami masih belum membutuhkan rem ABS dan Airbags. Belum lagi, ini sangat mahal harganya buat mereka. Kalau ditambahkan bisa mempengaruhi harga jual. Jadi memang belum perlu," papar Amelia.
"Fitur keselamatan kita sudah cukup. Kita sudah uji tabrak dan uji lainnya. Tambahan fitur keselamatan malah akan menambah cost. Pengguna Xenia
masih belum butuh ABS dan airbag," ujarnya saat itu.
----
New Terios hanya 2 air bag :
Soal airbag hanya dua buah untuk pengemudi dan penumpang depan ini, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra punya alasannya.
"Dari survei yang kami lakukan, kebanyakan konsumen di pasar maunya seperti itu, kantung udara dua di depan," ujarnya di Jakarta.
Sedangkan untuk fitur keselamatan di bagian belakang, lanjut Amel menjelaskan, di Terios anyar sudah ada fitur yang dianggap mampu menggantikan peran kantung udara.
"Sudah ada Side Impact Beam, di bagian samping belakang kanan kiri," katanya.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Sebenernya masih ada chevy yg jual produk relatif murah tp masih berkualitas jugaChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:05 Pernyataan yang menarik...
karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.
Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...
Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.
Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
Seperti TB yang lebih murah dr kompetitor tp powernya terbesar (berdasarkan brosurnya)
Atau trax 1.4 turbo yg imported from south korea tapi harganya mepet crv 1.5 e ckd
Tapi sayangnya belum selaris produk2 jepang spt toyodai dan honda ini
Untuk ford kalau opini sy mereka itu rugi dan penjualannya terus menurun
Mobil2 mereka yg terlaris (fiesta dan ecosport) pakai transmisi dct yg bermasalah itu
Jadinya banyak yg klaim garansi dll menyebabkan keuntungannya terus tergerus (apakah ini tanggung jawab FMI atau ford pusat cmiiw)
Terbentuk lah image ford yg kurang reliable, menyebabkan penjualannya menurun
Lalu produk2 baru ford dikembangkan untuk global, akibatnya everest saat itu berharga 650jt
Kalau saya jadi mereka pun akan pusing sekali berjualan mobil yg lebih mahal dr kompetitor jepang dengan keadaan image mereka yg "katanya" kurang reliable
Melihat kata om chz di atas sy kira wuling sangat wajar memberikan harga yg murah
Kemungkinan2 mengapa bisa ngasih harga murah tsbt hanya wuling yg tau hahaha
Kalau sy liat, strategi pricing mereka itu untuk membuat orang2 yg mau coba pakai wuling tertarik
Mungkin harapannya produk yg murah tsbt ternyata sangat memuaskan konsumennya dan bisa bikin word of mouth yg positif
Seperti kata om NR, org indo lebih suka denger kata org dibanding cari fakta sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Si amelia PRnya daihatsu kan emg ratu ngeles. Intinya cari alasan spy daihatsu paling bener di mata konsumen. Banyak pernyataan ngeyelnya dia yg akhirnya jilat ludah sendiri haha....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Lebih baik wuling tidak menanggapi dan abis ini keluarin cortez dengan harga yang lebih menggiurkan lagi..
Bisa kacau deh produk yang baru keluar..
Bisa kacau deh produk yang baru keluar..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Iya ngapain sih MPV pake sunroofRundeer wrote: Wed Jan 17, 2018 4:18Dulu jg nihfarizfsa wrote: Wed Jan 17, 2018 4:09wakaka sedangkan datsun go cross sekarang pake cvtSyauqi wrote: Wed Jan 17, 2018 3:51
Yang saya agak triggered itu waktu dia membahas kenapa daihatsu ga pake cvt, alasannya karena "cvt itu mahal trus kita mau jual brp ke konsumen ..." hahahaha..
Bilang aja kalo males develop teknologi mbak..
banyak alesan nih toyodai sa ae
Q: kenapa 42ner pake rem belakang tromol?
A: agar rem tidak mudah kotor (karena tertutup) dan cocok dengan medan berat.
Q: apa pentingnya sunroof di sebuah MPV?
A: sunroof tidak (terlalu) penting, kecuali Anda sering merokok.
![]()
Kyknya Cuma buat bikin laku obat jamur kaca aja


1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Soalnya dari empat contoh di atas yang saya sebutin... saya sih udah curiga pertama ama yang nomer satu, tapi sama nomer empat juga curiganya sama : harga perkenalan murah abis, giliran new model dimahalin buat nutupin rugi-rugi margin waktu jual pertama...LTZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:09 mau berpendapat ya om, menurut saya yang point 1, point 3 dan 4 itu yang terjadi sekarang ini...
kalau untuk permainan, hmm bisa saja memang ada
Itu yang mereka harap dipikirkan oleh pasar.Tats wrote: Wed Jan 17, 2018 7:19
Sebenernya masih ada chevy yg jual produk relatif murah tp masih berkualitas juga
Seperti TB yang lebih murah dr kompetitor tp powernya terbesar (berdasarkan brosurnya)
Atau trax 1.4 turbo yg imported from south korea tapi harganya mepet crv 1.5 e ckd
Tapi sayangnya belum selaris produk2 jepang spt toyodai dan honda ini
Untuk ford kalau opini sy mereka itu rugi dan penjualannya terus menurun
Mobil2 mereka yg terlaris (fiesta dan ecosport) pakai transmisi dct yg bermasalah itu
Jadinya banyak yg klaim garansi dll menyebabkan keuntungannya terus tergerus (apakah ini tanggung jawab FMI atau ford pusat cmiiw)
Terbentuk lah image ford yg kurang reliable, menyebabkan penjualannya menurun
Lalu produk2 baru ford dikembangkan untuk global, akibatnya everest saat itu berharga 650jt
Kalau saya jadi mereka pun akan pusing sekali berjualan mobil yg lebih mahal dr kompetitor jepang dengan keadaan image mereka yg "katanya" kurang reliable
Melihat kata om chz di atas sy kira wuling sangat wajar memberikan harga yg murah
Kemungkinan2 mengapa bisa ngasih harga murah tsbt hanya wuling yg tau hahaha
Kalau sy liat, strategi pricing mereka itu untuk membuat orang2 yg mau coba pakai wuling tertarik
Mungkin harapannya produk yg murah tsbt ternyata sangat memuaskan konsumennya dan bisa bikin word of mouth yg positif
Seperti kata om NR, org indo lebih suka denger kata org dibanding cari fakta sendiri
Ford Motor setau saya di benua manapun juga terkenal kurang reliable dan bermasalah, Chevrolet juga termasuk, liat deh videonya John Cadogan (autoexpertTv). Dimaki-maki tuh dua merek sama dia.
On paper sih mereka keliatan menawarkan produk yang menggiurkan banget dengan harga sama (bahkan lebih murah) daripada Japs competitor yaa... Tapi kan nggak tau di balik "harga murah" itu ada apa aja...
Wuling nurut saya menarik di mata orang Indonesia karena dia masuk ke segmen paling rame di Indonesia. Ya bagus-bagus aja kalo Wuling bisa established di sini. Malah dealer Chevrolet sekarang kelakuannya kayak Nissan, ikut jualan Wuling.
Saya sih masih percaya harga itu bukan settingan "jual rugi" atau ngemplang pajak karena ini produk China. Yah, setidaknya itu bagusnya produk China krn udah punya imej murah... jd mo naik jg naik seberapa sih... cm entah bisa last berapa lama.
Yah namanya PR perusahaan kerjanya ya ngeles ommobilover wrote: Wed Jan 17, 2018 7:21 Si amelia PRnya daihatsu kan emg ratu ngeles. Intinya cari alasan spy daihatsu paling bener di mata konsumen. Banyak pernyataan ngeyelnya dia yg akhirnya jilat ludah sendiri haha....


Cm klo dipikir-pikir, bener ga orang indonesia "gak butuh" safety ?


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Ya betul om chzChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 7:58 Itu yang mereka harap dipikirkan oleh pasar.
Ford Motor setau saya di benua manapun juga terkenal kurang reliable dan bermasalah, Chevrolet juga termasuk, liat deh videonya John Cadogan (autoexpertTv). Dimaki-maki tuh dua merek sama dia.
On paper sih mereka keliatan menawarkan produk yang menggiurkan banget dengan harga sama (bahkan lebih murah) daripada Japs competitor yaa... Tapi kan nggak tau di balik "harga murah" itu ada apa aja...
Wuling nurut saya menarik di mata orang Indonesia karena dia masuk ke segmen paling rame di Indonesia. Ya bagus-bagus aja kalo Wuling bisa established di sini. Malah dealer Chevrolet sekarang kelakuannya kayak Nissan, ikut jualan Wuling.
Saya sih masih percaya harga itu bukan settingan "jual rugi" atau ngemplang pajak karena ini produk China. Yah, setidaknya itu bagusnya produk China krn udah punya imej murah... jd mo naik jg naik seberapa sih... cm entah bisa last berapa lama.
Sekarang masih terlihat stakeholder wuling itu masih gambling
Baik pihak wuling yg masih menggodok value yg dibutuhkan dan diinginkan konsumen indo
Maupun konsumen yg blm tau wuling produknya spt apa, istilahnya masih coba2
Saya ikut sharing sedikit selama ini pengalaman pakai mobil non mainstream utk sehari2 sy
Kebetulan sy pernah pakai ford escape 3.0 2004, sparepartnya mahal sekali
Penggunaan escape saya sama persis dgn cerita sy dibawah nanti, silahkan disimak terus ya hehehe
Di saat yg sama saya pakai bavarian car, sparepartnya rasanya lebih murah
Saat itu ford dan bimmer sy cukup rewel jd sy ganti keduanya
Saya setuju memang ford sparepartnya tergolong mahal dan agak rewel
Lalu 2009 sy pakai captiva awd diesel, cukup awet dan harga sparepartnya mirip pjs dakar
Mobil ini sampai skr masih sy jadikan mobil tempur ke proyek2 di perdesaan dgn jalanan semi-offroad karena awd
Dulu sy sempat pakai rush 2008 buat transport karyawan kantor sy
Baru setahun kaki2nya udh minta ganti, akhirnya sy ganti aja mobilnya sekalian hahaha
Rushnya diganti innova d4d 2009an, kondisi skr udh ganti shock KYB krn yg aslinya udh lemah
Pdhl captiva saya dr tahun 2009 smp skr kaki2nya hanya baru ganti bearing aja, that's it
Tapi service per 6 bulan memang lebih mahal dari innova d4d
Mobil2 tersebut dipakai dgn rute yg sama dan selalu beriringan
Partnya captiva termasuk awet kok om, asal bisa pakai dgn benar aja
Disini byk yg pakai solbus dan marah2 bilang kurang reliable pdhl gara2 kesalahan mereka juga
Sy pakai dex dari baru dan selalu bela2in cari dex galonan di daerah2 terpencil
Karena puas dgn captiva sy, akhirnya sy pilih trax 2016 sbg mobil harian sy di kota
Traxnya menggantikan sx4 jadul sy untuk tempur di perkotaan
So far so good, mobil ini lumayan fun to drive dan ga rewel sama sekali
Walau pake pertamax turbo, pengeluaran sy utk bensin lebih dikit dibanding sx4 pakai pertamax 92
Skr pergi2 keluar kota sy byk pakai trax, akibatnya mobil "liburan" sy lebih sering jd garage queen hahaha
Pdhl rencananya trax ini cuma jd mobil dalam kota
Sy rasa chevy skr udah cukup reliable, bahkan lebih awet dari produk yg katanya paling reliable
Memang chevy zafira, optra, dan blazer dulu memang rewel krn karyawan sy ada yg pakai dan kerjaannya ngebengkel trus hahaha
Namun dari keunggulannya ada kelemahan juga, sy rasa mobilnya kurang keren desain eksteriornya
Lalu jumlah bengkelnya juga kurang banyak sehingga harus antri, untung ga terlalu jauh dr rumah sy
Kalau di luar negeri yg taxnya based on emission, chevy ini emisinya agak kurang bagus sehingga membebani pemiliknya
Sy temukan keluhan emisinya waktu research mau beli captiva dan trax ini, silahkan googling
Karena di indo blm ada aturan ttg emisi jd sy ambil produk2 chevy
Sori om chz jd oot, sy hanya ingin cerita ttg pengalaman sy aja harap dimaklumi

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
ini ibu amel dari dulu statement nya suka bikin senyum2 sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4361
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
jadi keingat post om NR kemaren2: kebiasaan dikasih (ke)mahal(an) jadi dikasih yang murah malah bingung.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Apa yang tidak diberikan (fitur) pasti alasannya karena "permintaan konsumen". Konsumen dijadikan tameng ha ha ha...
- no airbags no rem abs, konsumen yang minta
- lampu projector disunat, konsumen yang minta
- airbags cuma 2, konsumen yang minta
Dan yg bener" diminta konsumen gak diturutin...
ex:
- VSC ESC di sebvah SUV 1/2M, gak diturutin sampe sekarang
- fitur keselamatan lengkap di semua tipe (not top trim only), gak diturutin jg (kecuali AN Rush)
conclusion:
jadi yang minta fitur keselamatan minim, fitur sunat, dsb. itu KONSUMEN YANG MANA??
- no airbags no rem abs, konsumen yang minta
- lampu projector disunat, konsumen yang minta
- airbags cuma 2, konsumen yang minta
Dan yg bener" diminta konsumen gak diturutin...
ex:
- VSC ESC di sebvah SUV 1/2M, gak diturutin sampe sekarang
- fitur keselamatan lengkap di semua tipe (not top trim only), gak diturutin jg (kecuali AN Rush)
conclusion:
jadi yang minta fitur keselamatan minim, fitur sunat, dsb. itu KONSUMEN YANG MANA??
Last edited by Rundeer on Wed Jan 17, 2018 11:08, edited 1 time in total.
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Untuk Wuling yg confero memang setting harganya sdh oke banget menurut pendapat pribadi saya. Tinggal pembuktian realibility dan after sales sj. Bila saja nanti di masa yg akan dtg byk costumernya satisfy dgn after sales, realibility Mobil serta harga sparepartnya yg terjangkau dan ready stock kurasa major costumer LCGC dan LMPV akan berpikir ngapain beli yg mahal kalau yg lebih murah ini aja sdh cukup terbukti realibility nya. Bagus utk edukasi calon first buyer dan memacu pabrikan lain utk lebih kompetitif. Ibarat kata Wuling aja bisa jual OTR segitu dgn fitur fitur lebih, bagaimana dgn pabrikan lainnya?

HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Bu, bu, alesan kok nggak berubah dari jaman bahula, mbok buat alesan yg lebih pinter dan kreatip dikit, kl ibu bahas wuling soal harga keliatan dong kalo produknya ustahiad agak kegoyang2 ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Kemungkinan karena ternyata stelah berkorban harga ternyata penjualannya juga kurang (jangan2 selalu ga nyampe target penjualannya) akhirnya ya mereka jadi milih jual seadanya saja drpd korban harga tp angka penjualannya jg segitu2 aja.ChZ wrote: Wed Jan 17, 2018 6:05 Pernyataan yang menarik...
karena jujur, mayoritas pabrikan "kecil" selalu berkompetisi menghadirkan fitur lengkap - harga bersahabat. Sudah banyak contoh kasusnya.
Subaru - mobil AWD dijual seharga mobil FWD, ternyata ngemplang pajak.
Ford - kabur. Entah karena selama ini jual rugi, atau memang pasarnya nggak prospektif...
Mazda - sekarang jadi mahal banget kan padahal dulu harganya mirip kompetitor.
VW - Ini apalagi... Golf MK.6 dulu harganya mepet malah lebih murah dari Honda Civic, sekarang ya begitulah harganya... mahal banget. Tiguan dulu harganya mepet - mepet aja sama CR-V skrg 150 jt lebih mahal dari CR-V...
Seneng sih klo ada pabrikan yang bisa kasih harga kompetitif dengan kelengkapan yang mantap banget... Tapi di sisi lain ane juga masih menaruh curiga terhadap skema permainan harganya. Wuling ini unik, karena kita tau dia merek China yang terkenal bikin barang murah.
Kemungkinannya :
- Major brands kayak Dai/Toyo/Hon yang kemahalan
- Merek Wuling taktiknya sama kayak merek lain (spt dikatakan di artikel)
- Merek Wuling ambil margin kecil
- Memang harga part nya lebih murah
- Ada "permainan"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
namanya juga Diahasut....ya gitu deh
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Kan sudah di bahas di thread wuling..
Wuling itu ngga ada divisi R&D..
Mesin confero nyomot punya spin..
Mesin cortez nyolong dr corolla..
Jadi ya jelas murahlah..
Wuling itu ngga ada divisi R&D..
Mesin confero nyomot punya spin..
Mesin cortez nyolong dr corolla..
Jadi ya jelas murahlah..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Makin banyak kompetitor makin baik. Ada inovasi. Ada less asymmetric information. Harga equilibrium baru yang lebih optimal akan terbentuk. Customer yang akhirnya akan diuntungkan.
After all, only time will tell. Apakah akan hilang seperti motor cina dulu yang ditelan Honda/Yamaha atau seperti Xiaomi yang bisa membayangi Apple/Samsung.
After all, only time will tell. Apakah akan hilang seperti motor cina dulu yang ditelan Honda/Yamaha atau seperti Xiaomi yang bisa membayangi Apple/Samsung.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Tadi sore liat dan duduk wuling cortez di mall, kaget juga dengan harga estimasi yg segitu, dapet fitur yg lengkap banget, ya walaupun kulit di jok dan steer agak berasa sintetik 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Saya baru tau nih kalo ternyata mobil itu yang perlu di R&D cuma mesin nya doang.. Thanks buat pengetahuan baru nya Om..Bulgogi wrote:Kan sudah di bahas di thread wuling..
Wuling itu ngga ada divisi R&D..
Mesin confero nyomot punya spin..
Mesin cortez nyolong dr corolla..
Jadi ya jelas murahlah..
Berarti desain exterior, interior, fitur, chassis, sistem produksi, dll itu semua bisa langsung keluar ya, tanpa perlu R&D..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Its just satires man.. dont be serious..liemivan86 wrote:Saya baru tau nih kalo ternyata mobil itu yang perlu di R&D cuma mesin nya doang.. Thanks buat pengetahuan baru nya Om..Bulgogi wrote:Kan sudah di bahas di thread wuling..
Wuling itu ngga ada divisi R&D..
Mesin confero nyomot punya spin..
Mesin cortez nyolong dr corolla..
Jadi ya jelas murahlah..
Berarti desain exterior, interior, fitur, chassis, sistem produksi, dll itu semua bisa langsung keluar ya, tanpa perlu R&D..
At least mereka nda perlu keluar uang utk mikir keras bangun arsitektur dasarnya dr nol.. mereka r&d sisanya saja..
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
Jd supplier "astor" tiap taun disuru cost cutting x%. Harga parts bukannya naik kyk umr malah turun.patrickstar wrote: Wed Jan 17, 2018 6:03 btw, kalo kita liat dari segi kesejahteraan karyawan gimana ya ...
krn info yg saya dapat, kary dai & vendor suppliernya cukup happy selama ini, alias diatas rata-rata apalagi sering lembur.
kalo wuling kan harganya murah, jadi profit lebih sedikit untuk per unitnya.
apakah kary wuling digaji mentok umr karena kalo diberita, karyawan pabrik di china sana sering diperlakukan sadis-sadis yak.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Daihatsu: Wuling Itu Setting Harganya Benar Atau Tidak?
jgn kasih murah2 lah....ntar dikira selama ini marginnya gede banget.....potensi naikin pajak niii.....