Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
iamwewe wrote:kalo saya sbg warga jkt jalan kaki lebih baik lawan arah dgn arah kendaraan. knp? minimal memperkecil risk ditabrak dari belakang.
kalo bahas insecure nya, rasanya sih utk ditabrak mobil dan motor saya dgn cara jalan kaki lawan arah gt saya udh tenang. tapi utk rasa insecure ditodong aja sih yang nggak ada obat, bahkan utk saya yg tinggal di jkt hahaha.. mgkn efek banyak ntn rekaman cctv orang lagi jalan kaki dipalangin pake motor dan ditodong lsg or lagi jalan kaki di kidnap lsg pake mobil sliding door roti tawar
Nahhh sama nih....
Berjalan kaki diusahakan lawan arah dgn kendaraan. Biar bisa antisipasi arah dr depan, gak ada blind spot.
Lebih susah mengantisipasi lalu lintas dr arah belakang, terutama gak ada trotoarnya.
Kecuali mau jalan kaki pake spion.
Dari TK, dicekokin berjalan di sebelah kiri.
Di beberapa negara, seperti UK, orang berjalan kaki melawan arah kendaraan.
Kalo di bandung di pusat kota nya sih udah Ramah buat pejalan kaki.. Dari jalur dago atas sampe alun2.. Dari kosambi ke daerah cibadak udah enak buat jalan kaki trotoarnya luas.. Walo saya kalo pake mobil juga suka agak hindarin jam sibuk.. Kawasan alun2 banyak sekali pejalan kaki disana bikin macet
Selain g aman, pejalan kaki di Indonesia "disembur" asep cumi2 dan polusi suara yang nyebelin.
Pernah jalan di beberapa negara tetangga, meski panas tp langit bersih, n setelah beberapa lama jalan baru sadar eh jarang bgt denger adu klakson
Idealnya trotoarnya itu ky yg di Ring 1 (Medan Merdeka, Thamrin). Lebar, ada kursi2 buat duduk kl mau ngaso). Disini pan jalan2 non protokol ga ada trotoar sama sekali. Makanya ga heran jg dikit2 naik motor ga mau jalan kaki disini. Angkot aja liat, baru aja berhenti, ga sampe 100-200 m bisa berhenti lagi, artinya kan ga mau jalan sama sekali itu yg naik, berhentinya harus pas sama tempat turunnya.
asal berani gila sih, motor mobil juga ga akan berani.
ada motor di trotoar? tendang aja!
motor seruntulan gak mau kasi jalan penyebrang jalan? keep going. ntar pasti ngerem.
lagian jarang orang mati ketabrak motor tanpa bikin pengendara motornya mati.
lain hal kalo mobil... pilih2 dulu mobil yang kira2 pedestrian protectionnya tinggi (baca: sedan mahal)
last time I did that, ada motor gak mau ngalah...
ane nyebrang aja n dia selip gegara ngerem ketemu kerikil dan hampir jatoh...
mamam noh!
The Government wants Power! They rob it from our engines.
Salvanost wrote: Mon May 29, 2017 4:04
Sampai kiamat ga bakalan ada fitur pejalan kaki di Indonesia
Harga tanah aja dah mahal
Kaya pemerintah daerah mau aja urusin hak pejalan kaki
Ga ada untungnya sama sekali buat dijadiin proyek
Kalo istilah temen saya... ngurusin yang kecil - kecil tuh capek. Ngerepotin, kagak ada duitnya pulak. Makanya pemerintah males ngurusin yang kecil - kecil.
ntar pejalan kaki dan transport umum diurusin semua orang aman dan nyaman pake jalan kaki, jualan roda 2 kagak laku... yang protes teriak-teriak ? Penjual roda dua... pdhl di luar negeri roda dua itu cm buat delivery / kurir restoran atw warung... kalau enggak ya motor gede >600cc skalian yang beli orang hobi.
Intinya selama pemerintah berpihaknya ama pengusaha ya susah... krn pengusaha duitnya banyak. Orang kecil yang ada mah bagi mereka bikin susah kagak nguntungin pulak... Selama mindsetnya roda pemerintahan itu business... ya ngimpi aja punya pedestrian yang layak.
Saya jalan kaki di Indonesia, terutama kota besar selalu berasa insecure, bahkan di komplek perumahan sekalipun..
- insecure dengan kendaraan bermotor yang nyetir suka gak karuan/sembarangan
- insecure dengan kendaraan bermotor yang melaju memakai jalur pejalan kaki (giliran ditegor malah marah, kampret emang nih tipe sampah kayak gini)
- insecure dengan keamanan diri sendiri (begal/copet/dkk)
- insecure kalo mau nyebrang jalan di tempat yang seharusnya (zebra cross)..pengendara kendaraan bermotor kayaknya melihat pejalan kaki sebagai pin bowling yang mesti ditabrak
- insecure kalo jalan malem penerangan jalan di kota besar kadang masih kurang..ya ada sih pencahayaan..tapi gak guna juga kalo cahayanya ketutup pohon yang kelewat besar dan daunnya kelewat lebat..cahayanya mana tembus ?
- insecure ama kondisi trotoar..yakin gak bisa bikin gw gak nyemplung masuk got ? atau bikin gak tersandung dan bikin jatuh ?
ntah udah berapa kali nyaris ketubruk ama pengendara sedeng..mobil, motor, truk..udah anteng2 di pinggir jalan masih aja mau keserempet..
apalagi ya..ya paling kualitas trotoar yang bagus belom merata, trotoar yang terlalu tinggi dengan jalanan juga bikin capek jalan kaki kalo kudu naik turun jalannya..trus kalo rame ama PKL..ya susah lewat kalo lagi rame, kadang kudu jalan di area kendaraan bermotor melaju kalo udah begini, malah makin insecure. Saya juga gak suka dengan trotoar disini KENAPA MESTI ADA TIANG LISTRIK ditengah2 jalan yang bikin trotoar jadi sempit ? kenapa pohon di pinggir jalan (trotoar) milihnya yang GEDE BANGET ? itu akarnya jelas ngerusak trotoar yang ada, kenapa gak pilih spesies yang ukuran dewasanya mungil2 seukuran bangunan 1/2-1 lantai ? Saya juga gak suka ama trotoar disini karena suka ada sampah bertebaran yang dibuang para sub-species makhluk hidup yang gak tau malu..
belom lagi dengan polusi udara dari kendaraan bermotor dan debu di jalanan yang kadang bikin kurang nyaman..apalagi kalo ada pekerjaan konstruksi yang makan trotoar dan jadi gak bisa dipake..
gw disini jalan kaki 300-400 meter udah males..panasnya sih gak masalah, tapi gara2 point insecure itu yang bikin males jalan kaki. Beda ama negara yang tertib dan paham aturan, negara yang penduduknya tau mana yang jadi prioritas dan gak mau ngambil hak orang lain..mau jalan kaki 1 kilometer sih saya gak masalah
coba deh belajar ama Singapore dan Bangkok..kalo misalnya Jepangama KorSel kejauhan..kok bisa sih disana jalan kaki itu nyaman ?
tp kalo dari kacamata saya sebagai pengemudi kendaraan..saya juga insecure ama pejalan kaki yang:
- nyebrang sembarangan padahal ada jembatan penyeberangan (woi sub-species [cencored] ! mau ketabrak kendaraan lo ? otak gak dipake ? ngeluh capek kalo naik jembatan penyebrangan ? baru kalo lo ketabrak sampe cedera parah atau mati nyesel kenapa gak nyebrang di jembatan penyeberangan..gara2 itu lo bikin rugi diri sendiri ama orang yang nabrak lo) --> berharap suatu saat ada kebijakan 90:10 atau "100" terhadap orang yang nyebrang sembarangan padahal ada jembatan penyeberangan..apabila tertabrak, 90% pengeluaran total (biaya pengobatan dan kerusakan kendaraan) akan ditanggung yang nyebrang jalan, 10% sisanya si pengendara kendaraan bermotor..biar mikir 1000x kalo mau nyebrang sembarangan...atau karena memang 100% kelalaian yang nyebrang (ada bukti dashcam), maka semua biaya kudu diganti ama yang nyebrang..
- nyebrang gak pake liat kiri kanan, asal main nyebrang..itu punya mata cuma buat nonton sinetron ya ? gak mau dipake buat ngecek keadaan sekitar ?
- udah nyebrang dadakan..jalan pula, bukannya lari..males amat sih, ngebuang dan nyusahin orang aja..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Mobil / sepeda motor di sini nggak punya kesadaran kalo zebra cross dan ada orang nyebrang musti berenti dahuluin yang nyebrang... nggak ada pak ogah / satpam / polantas yang berentiin ya kagak berenti...
Pejalan kaki di sisi lain kurang edukasi tentang safety mereka di jalan... giliran ketubruk drama nyalahin yang nabrak ... lah gmn orang mau siap-siap ngerem kagak ada zebra cross nyelonong ae... di German kata dosen sy nabrak orang kl ga di zebra cross kita pengemudi mobil yang dapet santunan. Justru kl kita berenti kita yang salah, jd tabrak aja.
Sy jadi inget dulu waktu masih jaman SD ada beberapa anak yang ditugasin jadi "polantas kecil", kerjaannya simpel... bantu nyebrangin siswa atau guru yang mau lewat di parkiran... dikasih zebra cross... krn parkiran SD saya dulu memang buat lalu-lalang manusia juga...
Yg namanya jalan kaki itu
Dari depan rumah udah dimulai
Lah depan rumah, itu jalanan buat siapa? Buat parkir liar semua, mau jalan kaki ya harus ke tengah jalan, tepi jalan dipake buat mobil sama motor parkir
Pejalan kaki kalau jalan di tengah dikit ya tau sendiri kan nasibnya kaya apa
Waktu sekolah di negara tetangga dulu ada kejadian salah satu anak Indo mati ditabrak mobil gara2 nyebrang jalan seenaknya di jalur kendaraan bermotor kecepatan medium speed, langsung koit di tempat.
Singkat cerita ortunya lsg terbang dari Indo, ngamuk2 ama polisi sambil mau hire lawyer tuntut si pengemudi mobil. Yang ada kena maki ama petugas sana, bunyinya kira2:" lo kira ini Indonesia? Mau hire lawyer atau apapun, musti bayar kerugian si pengemudi mobil!" Uda anak koit, musti abis banyak duit lg bayar fines sama kerugian si pengemudi.
Sebenarnya kalo mau disalahin ya hukum primitif kita, jadinya motorist dapat angin nya suka2 bawa motor, pejalan kaki suka2 nyebrang ga peduli jalan tol atau jalan raya.
Kalo hukum bisa ditegakkin tanpa pandang bulu, apalagi yg teriak HAMberger2 diabaikan, niscaya bakal lebih baik sih.
Jadi setuju comment member yang bilang disini itu tempat sampah. lebih tepatnya lagi, bukan hanya tempat sampah, tapi ditambah overload sampah.
sekarang Ramadhan tapi malah tidak tenang. mercon bertebaran dimana2. mau siang malam, di sana sini anak2 pada main mercon. pedestrian ditempat saya juga rawan lemparan mercon kecil2 gitu, juga buat bayi jadi gk bisa tidur tenang.
kalau dari kecil terbiasa ganggu orang, kebayang gedenya jadi manusia ky apa, lebih rendah dari sampah,
Problem klasik.
Saya menetap di Jakarta tahun 1995, saat mulai kuliah. Sebagai orang yang seneng jalan kaki, kemana mana jalan kaki. Jarak 1-1.5 km berjalan kaki itu masih ukuran deket buat saya. Hampir seluruh ruas memang ngga nyaman, problem klasik jalan kaki di Jakarta itu ada beberapa kategori kalo saya kelompokkan.
- Jalan ngga rata, paving bloknya naik turun atau lobang. Biasanya karena ilang, pecah, atau lewat selokan, atau kepotong sama akses masuk gedung
- Trotoar miring, biasanya ini karena akses naik gedung yang seenaknya meninggikan akses. Ini di beberapa negara Asean yang lumayan maju, ga ada problem begini karena gedung aksesnya rata dengan jalan
- Trotoar menyempit. Ini biasanya malah dipasangi pot gede gede. Dinas pertamanan ini kayaknya yang bodoh.
- Trotoar ilang. Ini [cencored] beneran deh, sample paling gampang di perempatan Pancoran arah Gelael. Trotoar menyempit tiba tiba ilang jadi pejalan kaki mesti turun ke jalan raya
- Trotoar dipager, ada tapi ngga bisa dipake. Contoh paling gampang di belakang Atma Jaya, jalan Garnisun yang mengarah ke RS Jakarta. Itu trotoarnya dipasang pager, jadi pejalan kaki mesti lewat jalan raya.
Seumur hidup saya jadi pemegang KTP Jakarta sampai 2012, belum pernah liat trotoar dibenerin serius.
Saya mengapresisasi Jokowi saat menjabat Gubernur DKI memperbaiki trotoar. Dari Semanggi sampai UKI, trotoar diperbaiki dan setiap hari ada progress yang terlihat. Saya bisa merasakan karena setiap hari lewat, ada sedikit perubahan juga ngeh. Dan ini terus sampai sekarang masih dibangun. Kawasan RSCM misalnya, itu trotoarnya sekarang jauh lebih nyaman. Saya punya pengalaman buruk dengna trotoar, dan ini di kawan yang katanya elit: Segitiga Emas. Saya terjatuh di trotoar kawasan Jl. Rasuna Said karena kaki saya masuk lobang di trotoar dan terkilir sampai pendarahan di dalam ankle berwarna merah kehitaman. Hal seperti ini bisa bikin gugatan ke pemerintah daerah nggak sih kalo di Indonesia.
Cloud wrote: Mon May 29, 2017 6:20
Jadi setuju comment member yang bilang disini itu tempat sampah. lebih tepatnya lagi, bukan hanya tempat sampah, tapi ditambah overload sampah.
sekarang Ramadhan tapi malah tidak tenang. mercon bertebaran dimana2. mau siang malam, di sana sini anak2 pada main mercon. pedestrian ditempat saya juga rawan lemparan mercon kecil2 gitu, juga buat bayi jadi gk bisa tidur tenang.
kalau dari kecil terbiasa ganggu orang, kebayang gedenya jadi manusia ky apa, lebih rendah dari sampah,
anak2 di komplek saya sejauh ini gak ada yang main petasan. beda sama anak2 di kampung asal saya. mungkin sudah beda "hiburannya". didikan orang tua juga sangat menentukan.
____
bicara hak pejalan kaki.. harus ngomong perencanaan kota.. dan ini ribet, ujung2nya birokrasi.. hahahaha
octafiantos wrote: Mon May 29, 2017 6:48
Problem klasik.
Saya menetap di Jakarta tahun 1995, saat mulai kuliah. Sebagai orang yang seneng jalan kaki, kemana mana jalan kaki. Jarak 1-1.5 km berjalan kaki itu masih ukuran deket buat saya. Hampir seluruh ruas memang ngga nyaman, problem klasik jalan kaki di Jakarta itu ada beberapa kategori kalo saya kelompokkan.
- Jalan ngga rata, paving bloknya naik turun atau lobang. Biasanya karena ilang, pecah, atau lewat selokan, atau kepotong sama akses masuk gedung
- Trotoar miring, biasanya ini karena akses naik gedung yang seenaknya meninggikan akses. Ini di beberapa negara Asean yang lumayan maju, ga ada problem begini karena gedung aksesnya rata dengan jalan
- Trotoar menyempit. Ini biasanya malah dipasangi pot gede gede. Dinas pertamanan ini kayaknya yang bodoh.
- Trotoar ilang. Ini [cencored] beneran deh, sample paling gampang di perempatan Pancoran arah Gelael. Trotoar menyempit tiba tiba ilang jadi pejalan kaki mesti turun ke jalan raya
- Trotoar dipager, ada tapi ngga bisa dipake. Contoh paling gampang di belakang Atma Jaya, jalan Garnisun yang mengarah ke RS Jakarta. Itu trotoarnya dipasang pager, jadi pejalan kaki mesti lewat jalan raya.
Seumur hidup saya jadi pemegang KTP Jakarta sampai 2012, belum pernah liat trotoar dibenerin serius.
Saya mengapresisasi Jokowi saat menjabat Gubernur DKI memperbaiki trotoar. Dari Semanggi sampai UKI, trotoar diperbaiki dan setiap hari ada progress yang terlihat. Saya bisa merasakan karena setiap hari lewat, ada sedikit perubahan juga ngeh. Dan ini terus sampai sekarang masih dibangun. Kawasan RSCM misalnya, itu trotoarnya sekarang jauh lebih nyaman. Saya punya pengalaman buruk dengna trotoar, dan ini di kawan yang katanya elit: Segitiga Emas. Saya terjatuh di trotoar kawasan Jl. Rasuna Said karena kaki saya masuk lobang di trotoar dan terkilir sampai pendarahan di dalam ankle berwarna merah kehitaman. Hal seperti ini bisa bikin gugatan ke pemerintah daerah nggak sih kalo di Indonesia.
Hahahah sya suka komentar yang gini... Bukan ngomentarin manusianya tapi memang penyebab ketidaknyamanan jalan kaki... dari ketidaknyamanan akibat infrastruktur tersebut berujung ke tidak aman karena pedestrian nya malah ditanami pohon, jalan trotoar ngga rata...
Sya di Sby mau cari jajan di sekitar kos jalan beberapa ratus meter aja capeknya bukan gara-gara jauh. Gara-gara harus hindarin ini itu, harus waspada alay naek motor, harus waspada ama selokan supaya ga njeblos, liat bawah supaya ngga kepentok kaki gara2 jalan gak rata atau genangan air...
Pejalan kaki kadang ngawur krn kurang edukasi, tapi lebih ngawur lagi pemerintah yg ga sediain lahan bwat pejalan kaki .... soalnya yang jalan kaki identik ma orang kismin gak mampu beli motor/mobil...
1704MX wrote: Mon May 29, 2017 6:52
anak2 di komplek saya sejauh ini gak ada yang main petasan. beda sama anak2 di kampung asal saya. mungkin sudah beda "hiburannya". didikan orang tua juga sangat menentukan.
____
bicara hak pejalan kaki.. harus ngomong perencanaan kota.. dan ini ribet, ujung2nya birokrasi.. hahahaha
Hahahaha sebenernya tujuannya cuma sharing social experience aja terutama bwat yang hobi jalan kaki... jd kalo soal masalah birokrasi ya rasanya udah sama-sama tau dibahas juga nggak bisa berbuat apa-apa
racho wrote: Mon May 29, 2017 3:58
insecurity itu hanya perasaan.
asal berani gila sih, motor mobil juga ga akan berani.
ada motor di trotoar? tendang aja!
motor seruntulan gak mau kasi jalan penyebrang jalan? keep going. ntar pasti ngerem.
lagian jarang orang mati ketabrak motor tanpa bikin pengendara motornya mati.
lain hal kalo mobil... pilih2 dulu mobil yang kira2 pedestrian protectionnya tinggi (baca: sedan mahal)
last time I did that, ada motor gak mau ngalah...
ane nyebrang aja n dia selip gegara ngerem ketemu kerikil dan hampir jatoh...
mamam noh!
pada intinya sih spt ini
kalo motor dan pejalan sama2 gila ga mau ngalah (ga peduli hak siapa), yang lebih rugi siapa.
kalo berani resiko kaki patah atau jadi disable, ya silahkan.
kalo saya lebih baik ngalah saja. ga ada gunanya setelah kejadian, gara2 ego, sisa hidup kena cacat.
dc138 wrote: Mon May 29, 2017 5:01
Singkat cerita ortunya lsg terbang dari Indo, ngamuk2 ama polisi sambil mau hire lawyer tuntut si pengemudi mobil. Yang ada kena maki ama petugas sana, bunyinya kira2:" lo kira ini Indonesia? Mau hire lawyer atau apapun, musti bayar kerugian si pengemudi mobil!" Uda anak koit, musti abis banyak duit lg bayar fines sama kerugian si pengemudi.
suka bgt spt ini dijalankan. sayang pejabat aparat kita mindsetnya masih tak sampai.
Pada beberapa tempat. Kalo di tengah trotoar ada pohon gede2, itu pohonnya yg lbh dulu ada drpd trotoarnya.....
Mungkin pernah liat foto2 jaman belanda dulu, jalan hanya dibatasi pohon2 aja di kiri kanannya. Gk ada trotoar samasekali...
Nah ketika bangun trotoar jd bingung deh. Mau dibikin di sebelah dalam jalan bikin jalan jd sempit. Dibikin di sebelah luar jalan berarti harus gurur pagar2 rumah. Akhirnya trotoarnya dibikin diantara barisan pohon2 itu..
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Sangat2 tidak nyaman jd pedestrian di sini.... apalagi buat ane yg punya sedikit mslh dgn kaki (entah nama penyakitnya apa, tp bentuk kaki ane mirip2 high-arched feet, lotus feet, ato CMT Disease)
Dampaknya ane kalo jln itu ga stabil, dan kalo ga sadar nginjek lobang ya jatoh ... ditambah lg jalanan itu biasanya ga rata dan banyak lobang. Wah, siksaan itu.
Solusinya ya ane hrs jln pelan2, menghirup semerbak debu dan asap
Agak membelok sedikit dari kota besar.
Di jalanan akses antarkota atau pedesaan nasibnya juga sama. Pejalan kaki yg tadinya masih bisa lewat di pinggir jalan yang bentuknya masih tanah rerumputan semakin kehilangan jalur jalannya karena pelebaran jalan yang tidak menyediakan trotoar atau minimal ruang jalan di luar bahu jalan.
Alhasil mereka para pejalan kaki, kebanyakan para orang tua yang memanggul rumput, terpaksa berjalan di pinggiran aspal karena tidak ada lagi setapak untuk melangkah.