PERAWATAN RUTIN MOBIL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Jan 08, 2019 23:43
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Mau share untuk mobil yg sudah berumur 20 th lebih saat ini jika pertama x di hidupkan masih suka keluar uap air dari knalpot, apakah ini normal?
Selanjutnya apakah saat pertama x dihidupkan setiap harinya mobil harus menunggu sampai extra fan berputar dg asumsi sudah mencapai panas yg ideal untuk mesin baru berjalankurleb sekitar 7 menit
Minta masukan nya, nuhun
Selanjutnya apakah saat pertama x dihidupkan setiap harinya mobil harus menunggu sampai extra fan berputar dg asumsi sudah mencapai panas yg ideal untuk mesin baru berjalankurleb sekitar 7 menit
Minta masukan nya, nuhun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
normal keluar uap air dr knalpot apalagi pagi2 dan udara dingin.jacx wrote: Thu Sep 24, 2020 5:04 Mau share untuk mobil yg sudah berumur 20 th lebih saat ini jika pertama x di hidupkan masih suka keluar uap air dari knalpot, apakah ini normal?
Selanjutnya apakah saat pertama x dihidupkan setiap harinya mobil harus menunggu sampai extra fan berputar dg asumsi sudah mencapai panas yg ideal untuk mesin baru berjalankurleb sekitar 7 menit
Minta masukan nya, nuhun
kelamaan kl sampai extra fan berputar. biasanya minimal 10 detik maksimal 1-2 menit udah bisa jalan.
tp pertanyaan sy, 7 menit sdh nyala extra fan menurut sy kok agak cepat ya sampai suhu kerja normalnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Jan 08, 2019 23:43
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Sekitaran segitu om patokannya jarum diantara C dan H tapi ga persis ditengah.
Memangnya saat idle terus kita nyalakan AC rpm turun? Kalo saya cuma gerak turun dikit terus balik lg seperti semula statis. Normal kah?
Oya mesinnya M43
Memangnya saat idle terus kita nyalakan AC rpm turun? Kalo saya cuma gerak turun dikit terus balik lg seperti semula statis. Normal kah?
Oya mesinnya M43
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
oh ga persis di tengah, normal itu. ac dinyalain juga extra fan nyala, sptnya nyalanya extra fan krn ac dinyalain.jacx wrote: Thu Sep 24, 2020 5:32 Sekitaran segitu om patokannya jarum diantara C dan H tapi ga persis ditengah.
Memangnya saat idle terus kita nyalakan AC rpm turun? Kalo saya cuma gerak turun dikit terus balik lg seperti semula statis. Normal kah?
Oya mesinnya M43
pas warming up idle memang agak tinggi, kemudian ac nyala pasti turun sedikit dan ecu lalu perintahkan utk naikan lagi.
normal kok itu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
jacx wrote: Thu Sep 24, 2020 5:04 Mau share untuk mobil yg sudah berumur 20 th lebih saat ini jika pertama x di hidupkan masih suka keluar uap air dari knalpot, apakah ini normal?
Selanjutnya apakah saat pertama x dihidupkan setiap harinya mobil harus menunggu sampai extra fan berputar dg asumsi sudah mencapai panas yg ideal untuk mesin baru berjalankurleb sekitar 7 menit
Minta masukan nya, nuhun
seperti penjelasan shifu Omnibus sebelumnya, itu normal dan malah harus keluar uap air. pertanda mesin sehat.
m43 bukannya masih pakai viscous fan ya? manasin mobil nggak perlu kelamaan om, setelah start mesin nyala dan indikator lampu oli mati, boleh langsung jalan asalkan jangan langsung RPM tinggi.
idle mesin 4 silinder berkisar di 850an RPM. kalau idle kurang dari itu atau suka naik turun, coba bersihkan idle control valve-nya yang di bawah intake manifold.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Jan 08, 2019 23:43
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Syukur lah jika ternyata aman2 saja karena sebelumnya juga kata temen di komunitas jg ngomong gitu.
Nuhun om semuanya
Nuhun om semuanya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
kl yg saya amati, malah mobil2 injeksi yg ud euro2an, justru pas pagi skrg ud jarang yg ampe meler aer..
jd kangen ama AN40 saya, itu kl pagi, dr knalpot meler aer, di gas, ampe muncrat2
jd kangen ama AN40 saya, itu kl pagi, dr knalpot meler aer, di gas, ampe muncrat2
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Nah iya knp ya mbah? Mobil sy kan 1nz jadul nggk baru2 amat. Tp klo nyalain pagi jakarta itu nggk ada air2nyaDOHC wrote: Thu Sep 24, 2020 15:21 kl yg saya amati, malah mobil2 injeksi yg ud euro2an, justru pas pagi skrg ud jarang yg ampe meler aer..
jd kangen ama AN40 saya, itu kl pagi, dr knalpot meler aer, di gas, ampe muncrat2

Klo start pagi di kampung yg agak pegunungan itu masih keluar air..dikit doang si..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Nah itu mbah, saya jg kurang paham.. apa pembakaran mobil2 euro2an ud dbkin lean banget yahyanuarra wrote: Thu Sep 24, 2020 15:49Nah iya knp ya mbah? Mobil sy kan 1nz jadul nggk baru2 amat. Tp klo nyalain pagi jakarta itu nggk ada air2nyaDOHC wrote: Thu Sep 24, 2020 15:21 kl yg saya amati, malah mobil2 injeksi yg ud euro2an, justru pas pagi skrg ud jarang yg ampe meler aer..
jd kangen ama AN40 saya, itu kl pagi, dr knalpot meler aer, di gas, ampe muncrat2apa mesin mobil sy enggak sehat mbah?
Klo start pagi di kampung yg agak pegunungan itu masih keluar air..dikit doang si..
Beda ama ipagh jadul saya yg non euro.. mo panas ujan, tiap pagi kl baru nyala kluar uap aer mulu
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Mobil kalau KM masih rendah & sehat apa yang di tune-up per 5000 Km / 6 bulan ? Kalau masih free service boleh-boleh aja ke Beres.blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
Kalau ikutin bengkel ntar dibuat tune-up setiap 1000 KM ... ikutin feeling aja kalau tenaga sdh kurang ya diservice, atau ada yang rusak yaa direpair.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
yang punya semboyan sheer repairing pleasure aja gak tiap hari om...marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 1:50blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
mbah marmut bisa ajamarmut wrote: Thu Oct 22, 2020 1:50blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.
![]()

nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
menurut diktat Lipindut Resing HR15.marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah

nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
apalagi enjin resing 1KR-UZ ... setiap mobil perlu 2 hari ngerjainnya. hari kesatu Bank 1 tiga silinder depan, hari kedua Bank 2 tiga silinder belakang.marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 1:50
tune up sebaiknya dilakukan setiap hari supaya pemasukan bengkel lancar.
![]()
pemasukan bengkel lancar jaya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Gile aja tiap goceng bersih2 TB n EGRblloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 4:11menurut diktat Lipindut Resing HR15.marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38blloewy wrote: Wed Oct 21, 2020 23:56 Ijin gabung...kl perawatan rutin mobil dianjurkan min tune up per 6 bln atau 5000 km versi Beres.
Kl diperpanjang jadi per tahun begitu msh acceptable ngga ya? Dgn catatan emang ngga ada keluhan di mobilnya krn setahun pun maksimal jalan 5000 km.
coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah![]()


Sensor O2 juga ceknya keknya pake OBD doang ntuh, niat bener kalau dicabut terus ditest "setrum"nya..
Gurah-nya beres nampaknya mekanik berjalan ke rak, cari judul engine conditioner, balik ke mobil ... Semprot2 ..... Ke ban ... Eh itu mah kit black magic buat ban ya


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
ya begitulah om sesuai panduan diktat Lipindut Engine Resing GeTeeR HR15.josomba wrote: Fri Oct 23, 2020 6:43Gile aja tiap goceng bersih2 TB n EGRblloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 4:11menurut diktat Lipindut Resing HR15.marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38
coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah![]()
![]()
![]()
Sensor O2 juga ceknya keknya pake OBD doang ntuh, niat bener kalau dicabut terus ditest "setrum"nya..
Gurah-nya beres nampaknya mekanik berjalan ke rak, cari judul engine conditioner, balik ke mobil ... Semprot2 ..... Ke ban ... Eh itu mah kit black magic buat ban ya![]()
Umumnya per brp km ya u bersihin TB ama EGR?
Kl O2 sensor kayanya kl ngga ada masalah biarin aja...
tp kl GURAH kata nya WAJIB HUKUMNYA tiap Tune UP

nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Kl montirnya ud perna atau sering gurah2an lipindut mah urusan bongkar TB, intek manipol mah 15 menit klaar mbahjosomba wrote: Fri Oct 23, 2020 6:43Gile aja tiap goceng bersih2 TB n EGRblloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 4:11menurut diktat Lipindut Resing HR15.marmut wrote: Thu Oct 22, 2020 3:38
coba tanya dulu ke mekaniknya, yang dimaksud tune up itu yang bagaimana, apa aja yang dikerjakan....
karena, nambah angin ban juga termasuk dari menu tune up.
Tune up itu bersihkan TB, EGR, Sensor O2, Cek busi dan Koil.
Plus ada paket bonus wajib diambil biar cespleng enginenya yaitu GURAH...
Jadilah Tune Up - GURAH namanya Mbah![]()
![]()
![]()
Sensor O2 juga ceknya keknya pake OBD doang ntuh, niat bener kalau dicabut terus ditest "setrum"nya..
Gurah-nya beres nampaknya mekanik berjalan ke rak, cari judul engine conditioner, balik ke mobil ... Semprot2 ..... Ke ban ... Eh itu mah kit black magic buat ban ya![]()
Bongkar intek lipindut mah ga susah2 amat koq.. 11 12 lah ama intek L15 honda..
Justru kl dapet montir yg ga perna nah baru deh, planga plongo..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ. 
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....

1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ.
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
boleh tau dapet info darimana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
diktat institut ......marmut wrote: Fri Oct 23, 2020 15:28doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ.
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
boleh tau dapet info darimana?
..............

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
campur2 om marmut ad sebagian dr forum ini, kalau gak salah d topil oli mesin, ada juga sebagian dr mbah goglemarmut wrote: Fri Oct 23, 2020 15:28boleh tau dapet info darimana?doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ.
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
Kalau misalnya ada yg salah, tolong koreksi om marmut.....
Biar kantongnya bisa menyesuaikan jadwal maintenance om

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PERAWATAN RUTIN MOBIL
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54 Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ.
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
kalau saya, sesering mungkin bersihkan filter udara. apalagi kalau sering lewat jalan yang debu/kotorannya nggak umum/keterlaluan banyaknya.
apakah anda kalau ngupil musti nunggu setiap sekian hari atau hanya dilakukan waktu tertentu? anytime bisa colongan pasti ngupil kan?
kalau bersihkan tb dan isc, ya diintip saja langsung. apalagi mesin 1kr gampang ngintipnya. kalau kotor, bersihkan.
busi? nggak perlu dibersihkan karena kurang kerjaan. paling periksa gap-nya saja.
kalau liat di manual book, rotasi ban setiap 10rb KM.