2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Nice review om
Ayla ini memang cocok buat orang yang ingin upgrade dari motor ke mobil, tapi pengen mobil dengan dimensi mungil yang irit BBM , ASS Terjamin, durable , harga terjangkau kantong & praktikal karena menurut saya, keluasan bagasi & kelegaan baris ke2 mobil ini terbaik dikelasnya (pernah naik taxol Ayla X AT & M MT 2015), sayang yang M fiturnya minim banget, sampe2 kaya kopong gitu speedometernya hahaha, oh iya mobil ini juga ga cocok buat ngebut, karena pas diatas 100 udah mulai limbung gitu mobilnya menurut saya, tapi untungnya mobil ini masih cocok buat pemakaian dalkot karena bobotnya yang ringan & irit BBM, sama perawatannya yang cukup mudah karena teknologinya lebih sederhana dibanding LCGC lainnya.
Ayla ini memang cocok buat orang yang ingin upgrade dari motor ke mobil, tapi pengen mobil dengan dimensi mungil yang irit BBM , ASS Terjamin, durable , harga terjangkau kantong & praktikal karena menurut saya, keluasan bagasi & kelegaan baris ke2 mobil ini terbaik dikelasnya (pernah naik taxol Ayla X AT & M MT 2015), sayang yang M fiturnya minim banget, sampe2 kaya kopong gitu speedometernya hahaha, oh iya mobil ini juga ga cocok buat ngebut, karena pas diatas 100 udah mulai limbung gitu mobilnya menurut saya, tapi untungnya mobil ini masih cocok buat pemakaian dalkot karena bobotnya yang ringan & irit BBM, sama perawatannya yang cukup mudah karena teknologinya lebih sederhana dibanding LCGC lainnya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
pemilik ayla jangan lupa pasang cementit.... akselerasi gigi3 jadi amazing

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
wih mobil ane direpiew sama bro chris
setuju sama semua yang om bilang! Apalagi yang matic much much better. Dalkot kalau pake pertamax 1:10 kok om di jakarta

kemaren baru nyoba pake pertalite, endingnya abisnya sama aja karena sering dipake di tol
menurut ane pasang rear sway bar (stabilizer belakang) itu hukumnya wajib di mobil ini. Jangankan di tol, di belokan parkiran mall aja limbung
yang jelas mobil ini kalau dipake di dalam kota (terutama pinggiran jakarta) menurut ane enak. Bisa serantal seruntul, GC tinggi ga takut gasruk, irit, ga pegel kalau macet. Kalau dipake keluar kota? hmmm cari mobil lain deh
btw kenapa ya dengan gigi 3 ini gerobak?

setuju sama semua yang om bilang! Apalagi yang matic much much better. Dalkot kalau pake pertamax 1:10 kok om di jakarta

kemaren baru nyoba pake pertalite, endingnya abisnya sama aja karena sering dipake di tol
menurut ane pasang rear sway bar (stabilizer belakang) itu hukumnya wajib di mobil ini. Jangankan di tol, di belokan parkiran mall aja limbung

yang jelas mobil ini kalau dipake di dalam kota (terutama pinggiran jakarta) menurut ane enak. Bisa serantal seruntul, GC tinggi ga takut gasruk, irit, ga pegel kalau macet. Kalau dipake keluar kota? hmmm cari mobil lain deh
btw kenapa ya dengan gigi 3 ini gerobak?
-
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Pernah bawa Ayla sekali, waktu itu tetangga baru beli mobil ini dan kebetulan belum bisa nyetir. Jadi tetangga saya itu minta tolong untuk diisikan bensin. Jarak rumah ke SPBU sekitar 6 km, ga ada jalan sepi jadi cuma sampai 60kpj saja. Ada satu hal aneh yang saya rasa, jalan dari rumah ke SPBU itu ada yang sempit, kalau ada mobil berpapasan sangat mepet sekali. Saya biasa bawa mobil saya yang ukurannya jauh lebih besar dari ayla ini tanpa merasa kikuk dijalan sempit sekalipun. Namun saat bawa si Ayla entah kenapa jalan tersebut hanya terasa muat untuk si Ayla ini saja, ya mungkin hanya faktor saya belum terbiasa.
Om CHZ yakin itu jalan 140kpj? Tar tau-tau disalip Civic yang di Spidometernya masih 125 lagi????
Hihihi...

Om CHZ yakin itu jalan 140kpj? Tar tau-tau disalip Civic yang di Spidometernya masih 125 lagi????
Hihihi...


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Lbh tepatnya : harga mobil skrg makin gak karuan... wkwkwkwk.maxbilly wrote: Sun Apr 02, 2017 12:37 nice review om lanjutkan
LCGC udah ga worth it banget sekarang harganya udah menyentuh 150, mending nambah dikit untuk ambil sijuki ignis kalo udah rilis resmi
Public transport d sini g reliabel jd susah mw tepat sasaran, semua orang ngerasa butuh kendaraan pribadi. Benefit dari LCGC g ada cuma nambah kemacetan... Pedesaan d indon udah jalannya g bagus nanjaknya juga gak kira-kira kadang, makanya sy bilang hrsnya ada alternatif LCGC dengan format pikap dan seperti Avz/Xenia (RWD semi-ladder). D jepang jg ada keitruck... D sini masuk tp g kena skema lcgc (himax).NYoman wrote: Sun Apr 02, 2017 12:56 Betul, di Jepang kei-car banyak digunakan masyarakat desa dan saya sempat berlibur di desa sana kebanyakan kei-car dengan macam Tanto dan WagonR.. Di desa juga karena transportasi umum ada namun juga sulit kalau perlu angkut2 contoh jualan sayur (di Jepang orang punya tanah sepetak di buat bertani dan hasilnya mereka kelola sendiri) dan lagi desa disana jalanan nya mulus bukan jalan pedesaan disini yang mulus kalau mau ada pejabat datang.. Jadi pengajuan kei-car alias mobil murah tepat sasaran disana.. Harganya juga memper2 kalau di setarakan rupiah contoh Toyota Roomy harganya sekitar 1.48jt yen yg artinya gak lebih mahal dari LCGC disini cuma disini lebih banyak gak tepat sasaran.. Cocok untuk yang baru beralih dari motor ke mobil atau mobil pertama tapi malah jadi mobil kedua atau ketiga..
Anyway balik ke agya/ayla.. Saya juga aneh gejala limbung itu hilang, selain wheelbase yang lebih panjang "flexing" yang dihasilkan sasis sigra menjadikan lebih forgiving alias membantu untuk kestabilan nya serta tambahan berat juga.. Selain itu ayla kalau di sejajarkan dengan mobil sekelasnya termasuk tinggi posisi spion juga tinggi kalau dibandingkan kompetitor. Oh ya satu lagi, kebetulan saya juga sempat long drive dengan Agya Surabaya-Bali dengan jalur yang sama dengan yang saya lalui 3thn lalu saat long term test brio. Pertamakali yang saya rasakan memang matic dan mesinya kurang superior dibanding brio but it's because 65ps vs 88ps dan 3 vs 4il cyl.. Yang kedua kali perjalanan teman saya mengganti velg nya dengan velg yaris 16" lengkap dengan ban bawaan, body roll slightly better cuma limbung nya masih ada walau sedikit tereduksi.. Mungkin ada yang pengalaman dengan velg 'besar di agya/ayla?
1.48jt yen disana sie murah... di kurskan sekitar 150-160jt... Inget pendapatan penduduknya aja uda beda jauh.
Wheelbase Ayla 2450 Sigra 2525... beda 75mm... Tp kurasa extra weight nya yang pengaruh bnyk krn 100 kg sendiri... 100kg is a much d mobil seperti ini... Kya bawa Ayla full penumpang dan tambahan bobot paling signifikan d bagian ekor jd seakan jadi "penyeimbang". Intinya Calya/Sigra itu kya versi well engineered nya Agya/Ayla.
Yaaa Brio sie 5AT jg vs agya 4at... Brio yang skrg malah CVT lebih superior lg dibanding Agya. Agya/Ayla secara throttle response lbh enak sie masih tali gas yg lain uda tbw. Cm bgitu ditarik enak Brio yaaa vtec kickin lol. Agya/Ayla 3NR 4AT ane yakin walau 88ps tp 0-100 masih pegang Brio Satya fl... Krn CVT dan secara aero lebih baik (lbh ceper, ada penutup kolong, profil bagian belakang jg lebih bagus bwat ngurangin turbulence).
Fun fact : Calya/Sigra dengan 3 baris terbuka semua masih lebih kecil bagasinya dibanding Agya/Ayla. Buat bawa 3 karton minuman Agya bisa dijejer sisa dikit, Calya/Sigra harus ada yang ditumpuk baru muat.Pboyz97 wrote: Sun Apr 02, 2017 13:13 Nice review om
Ayla ini memang cocok buat orang yang ingin upgrade dari motor ke mobil, tapi pengen mobil dengan dimensi mungil yang irit BBM , ASS Terjamin, durable , harga terjangkau kantong & praktikal karena menurut saya, keluasan bagasi & kelegaan baris ke2 mobil ini terbaik dikelasnya (pernah naik taxol Ayla X AT & M MT 2015), sayang yang M fiturnya minim banget, sampe2 kaya kopong gitu speedometernya hahaha, oh iya mobil ini juga ga cocok buat ngebut, karena pas diatas 100 udah mulai limbung gitu mobilnya menurut saya, tapi untungnya mobil ini masih cocok buat pemakaian dalkot karena bobotnya yang ringan & irit BBM, sama perawatannya yang cukup mudah karena teknologinya lebih sederhana dibanding LCGC lainnya.
Tapi begitu baris ketiga ditutup... ya keok tuh Agya/Ayla. Sayangnya gak dibuat rata lantai pelipatannya.
Akselerasi gigi tiga nya memang luar binasa...martinnn wrote: Sun Apr 02, 2017 13:27 pemilik ayla jangan lupa pasang cementit.... akselerasi gigi3 jadi amazing

Pemakainya keluar semua...diidoot wrote: Sun Apr 02, 2017 13:59 wih mobil ane direpiew sama bro chris![]()
setuju sama semua yang om bilang! Apalagi yang matic much much better. Dalkot kalau pake pertamax 1:10 kok om di jakarta
kemaren baru nyoba pake pertalite, endingnya abisnya sama aja karena sering dipake di tol
menurut ane pasang rear sway bar (stabilizer belakang) itu hukumnya wajib di mobil ini. Jangankan di tol, di belokan parkiran mall aja limbung
yang jelas mobil ini kalau dipake di dalam kota (terutama pinggiran jakarta) menurut ane enak. Bisa serantal seruntul, GC tinggi ga takut gasruk, irit, ga pegel kalau macet. Kalau dipake keluar kota? hmmm cari mobil lain deh
btw kenapa ya dengan gigi 3 ini gerobak?

Yang matik jauh lebih halus di kota... Saya yang manual beberapa kali kalo stop and go malah bingung mau pake gigi berapa.
Yup harus pasang stabilizer belakang dan diceperin dikit... Ganti ban agak bagusan juga... Gak enak euy ban bawaannya (Champiro Eco).
Kalo ane punya 1 mobil doang dan itu LCGC fix ke luar kota yang jauh milih pake public transport aja... Mending keluar duit daripada capek bokong plus resiko badan di mobil yang gak diciptakan untuk long haul

Di mobil-mobil Toyota / Daihatsu saya juga merasa demikian... Terutama di Innova... Padahal kalo diliat Innova dan CR-V lebarnya mirip-mirip yak... Tapi lebih pede bawa CR-V di gang senggol dibanding Innova...Pugman wrote: Sun Apr 02, 2017 14:10 Pernah bawa Ayla sekali, waktu itu tetangga baru beli mobil ini dan kebetulan belum bisa nyetir. Jadi tetangga saya itu minta tolong untuk diisikan bensin. Jarak rumah ke SPBU sekitar 6 km, ga ada jalan sepi jadi cuma sampai 60kpj saja. Ada satu hal aneh yang saya rasa, jalan dari rumah ke SPBU itu ada yang sempit, kalau ada mobil berpapasan sangat mepet sekali. Saya biasa bawa mobil saya yang ukurannya jauh lebih besar dari ayla ini tanpa merasa kikuk dijalan sempit sekalipun. Namun saat bawa si Ayla entah kenapa jalan tersebut hanya terasa muat untuk si Ayla ini saja, ya mungkin hanya faktor saya belum terbiasa.
Om CHZ yakin itu jalan 140kpj? Tar tau-tau disalip Civic yang di Spidometernya masih 125 lagi????
Hihihi...
![]()
![]()
Nah ane juga gak yakin oom... jangan-jangan malah gak sampe 120 itu...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 298
- Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
saya kok justru mending pake agya/ayla ini kalo keluar kota, pertimbangannya cuma karena iritnya itu loh.
pernah Jkt-Jepara PP pake Innova habis 500an ribu buat ngisi bensin premium, duit segitu kalo pake ayla udah Jkt-Malang PP.
pernah Jkt-Jepara PP pake Innova habis 500an ribu buat ngisi bensin premium, duit segitu kalo pake ayla udah Jkt-Malang PP.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Ada yang ngerasa g kalau bawa agya ayla kok perasaan sering diintimidasi mobil lain ya , paling sering sama SUV ladder. Pdhl jalan ud normal2 aja g lelet2 banget. Mungkin karena dimensi nya yg mungil
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Kalo saya soalnya lebih ke faktor safety nya sih... Ngeri aja gitu bawa mobil begini ke luar kota. Apalagi lewat jalur pantura ngelawan truck-truck gede dan goyang kalo di tol.aipiesblue wrote: Sun Apr 02, 2017 15:54 saya kok justru mending pake agya/ayla ini kalo keluar kota, pertimbangannya cuma karena iritnya itu loh.
pernah Jkt-Jepara PP pake Innova habis 500an ribu buat ngisi bensin premium, duit segitu kalo pake ayla udah Jkt-Malang PP.
Same here...marama wrote: Mon Apr 03, 2017 2:27 Ada yang ngerasa g kalau bawa agya ayla kok perasaan sering diintimidasi mobil lain ya , paling sering sama SUV ladder. Pdhl jalan ud normal2 aja g lelet2 banget. Mungkin karena dimensi nya yg mungil


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Sy pernah bawa agya MT, dari semarang ke pantai Indrayanti,dimana jalur penuh kelokan dan naik turun, yg sy lakukan dimobil banyak2 berdoa,karna selap selip ga ada tenaga,limbung parah, niatnya mau minta jalan sama truk2 besar ga dianggep wkwkwk,biasa sy bawa truk jg gitu sihChZ wrote: Mon Apr 03, 2017 2:35Kalo saya soalnya lebih ke faktor safety nya sih... Ngeri aja gitu bawa mobil begini ke luar kota. Apalagi lewat jalur pantura ngelawan truck-truck gede dan goyang kalo di tol.aipiesblue wrote: Sun Apr 02, 2017 15:54 saya kok justru mending pake agya/ayla ini kalo keluar kota, pertimbangannya cuma karena iritnya itu loh.
pernah Jkt-Jepara PP pake Innova habis 500an ribu buat ngisi bensin premium, duit segitu kalo pake ayla udah Jkt-Malang PP.
Same here...marama wrote: Mon Apr 03, 2017 2:27 Ada yang ngerasa g kalau bawa agya ayla kok perasaan sering diintimidasi mobil lain ya , paling sering sama SUV ladder. Pdhl jalan ud normal2 aja g lelet2 banget. Mungkin karena dimensi nya yg mungilga cuma ane yang merasakan. Sama mobil, sama motor juga. Motor lebih berani mepetnya kalo sama LCGC...
![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Agak heran sih, sama komen diatas.. yg bener aja masa tarikan 40-60 berat banget? Padahal utk kecepatan bawah-menengah agya ayla ini termasuk responsif, ya asalkan mobilnya sehat + gak diisi premium.
Saya juga user agya ayla. Utk luar kota sih menurut saya tenaga gak ada complain, rute sby-malang beban 220kg pake ayla matic juga ok2 aja. Cuman ya itu, kalo nyetir lama dijamin pegel, karena joknya tipis & gak suportif, apalagi kalo utk org gede/gemuk. Posisi nyetir juga gak ideal, stirnya berasa kejauhan. Tapi kalo irit ya udah pasti ya, apalagi yg manual, dalkot surabaya gampang dapet 15.5 km/l. Tapi kalo green?? Yah, i don't think so, mesin gak ada teknologi apa2 emisi juga belum tentu bagus. Nah, setuju banget soal kaki2nya. Kalo kena speedtrap emang berisik glodakan gak karuan, ya walaupun bantingannya termasuk empuk. Panel2 interior juga gampang rattling (terutama doortrim), kudu dikasih karet ganjelan lagi di dlmnya. Handling kaya kapal, limbung parah. Untung gcnya tinggi, hampir gak pernah mentok. Speakernya menurut saya sih bagus, bass nya gede, tapi suara vokal kurang nendang, ga enak buat ndengerin lagu2 lama. Sound insulation jelek, khasnya lcgc lah. Mungkin itu juga yg menyebabkan suara audionya jadi ga enak.
Saran modifikasi biar lebih enak sih ganti ban yg bagus (kalo perlu velgnya sekalian), pasang kacafilm, bekleed jok, nambah peredam, & stabilizer kalo merasa perlu
Saya juga user agya ayla. Utk luar kota sih menurut saya tenaga gak ada complain, rute sby-malang beban 220kg pake ayla matic juga ok2 aja. Cuman ya itu, kalo nyetir lama dijamin pegel, karena joknya tipis & gak suportif, apalagi kalo utk org gede/gemuk. Posisi nyetir juga gak ideal, stirnya berasa kejauhan. Tapi kalo irit ya udah pasti ya, apalagi yg manual, dalkot surabaya gampang dapet 15.5 km/l. Tapi kalo green?? Yah, i don't think so, mesin gak ada teknologi apa2 emisi juga belum tentu bagus. Nah, setuju banget soal kaki2nya. Kalo kena speedtrap emang berisik glodakan gak karuan, ya walaupun bantingannya termasuk empuk. Panel2 interior juga gampang rattling (terutama doortrim), kudu dikasih karet ganjelan lagi di dlmnya. Handling kaya kapal, limbung parah. Untung gcnya tinggi, hampir gak pernah mentok. Speakernya menurut saya sih bagus, bass nya gede, tapi suara vokal kurang nendang, ga enak buat ndengerin lagu2 lama. Sound insulation jelek, khasnya lcgc lah. Mungkin itu juga yg menyebabkan suara audionya jadi ga enak.
Saran modifikasi biar lebih enak sih ganti ban yg bagus (kalo perlu velgnya sekalian), pasang kacafilm, bekleed jok, nambah peredam, & stabilizer kalo merasa perlu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Untuk insulasi bisa pasang peredam tempel yang baik.. Cukup besar pengaruh nya terutama kalau mau full peredam tapi ya jelas akan menambah berat 20-25kg an.. Tp memang jadinya lebih baik terutama suara dari sekeliling pintu dan kalau installernya pintar insulasi supaya suara speaker tidak nembak ke pintu luar. Ganti ban yang non eco dan jujur untuk perjalanan jauh jadi lebih nyaman, saya sendiri bawa jarak jauh ke bali tidak ada masalah berarti asal pintar2 ambil momen kapan torsi muncul untk salipan.. Untuk pannel rattling yes, itu dashboard bahkan ikut goyang kalau lewat speed breaker =D
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
ChZ wrote: Sun Apr 02, 2017 15:32
Pemakainya keluar semua...![]()
Yang matik jauh lebih halus di kota... Saya yang manual beberapa kali kalo stop and go malah bingung mau pake gigi berapa.
Yup harus pasang stabilizer belakang dan diceperin dikit... Ganti ban agak bagusan juga... Gak enak euy ban bawaannya (Champiro Eco).
Kalo ane punya 1 mobil doang dan itu LCGC fix ke luar kota yang jauh milih pake public transport aja... Mending keluar duit daripada capek bokong plus resiko badan di mobil yang gak diciptakan untuk long haul![]()

kalau ganti ban bagus nanti di mana low costnya om
Tergantung transport umumnya om. Kalau mesti dempet dempetan ga pake AC mending naik gerobak ini kali

btw soal speedo, tadi pagi iseng ngetes di cipularang arah bandung km 70an, coba bandingin speedo mobil sama speedo gps di hp, ternyata simpangannya ga jauh, dikirain 120 kmh langsung ke 160 kmh itu boongan. Taunya cuman beda ga sampe 10%

-
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
ane gak pernah mengintimidasi mobil lain di jalan, maka dari itu ane gak pernah ada rasa terintimidasi di jalan oleh mobil lain...biasa sajamarama wrote: Mon Apr 03, 2017 2:27 Ada yang ngerasa g kalau bawa agya ayla kok perasaan sering diintimidasi mobil lain ya , paling sering sama SUV ladder. Pdhl jalan ud normal2 aja g lelet2 banget. Mungkin karena dimensi nya yg mungil
hanya saja, si driver agya/ayla merasa mobilnya superior bisa ngebut di tol dsb...mental yg seperti ini menjadikan pengemudi mobil lain khususnya mobil SUV jadi 'bahan' intimidasi
no offense ya guys...cuma pengamatan bloon ane saja
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
Ban bagus buat ukuran Ayla sie gak mahal oom... masih ukuran ratusan ribu per pcs gak ampe jutaan...diidoot wrote: Mon Apr 03, 2017 13:51
![]()
kalau ganti ban bagus nanti di mana low costnya om
Tergantung transport umumnya om. Kalau mesti dempet dempetan ga pake AC mending naik gerobak ini kali![]()
btw soal speedo, tadi pagi iseng ngetes di cipularang arah bandung km 70an, coba bandingin speedo mobil sama speedo gps di hp, ternyata simpangannya ga jauh, dikirain 120 kmh langsung ke 160 kmh itu boongan. Taunya cuman beda ga sampe 10%jadi jangan ragukan alay alay ga sayang nyawa itu yang berani 'ibadah' sampe 170 segala
Tapi kalo menyangkut safety... mahalan mana bannya ama nyawa kita... gitu aja...
Sebetulnya gak masalah sih dibawa ke luar kota... Cuma yang penting sadar bahaya aja ini mobil murah... yang mobil mahal kecelakaan aja tetep bisa mati apalagi mobil murah dengan safety yang dipertanyakan... Hindari mepet-mepet sama truk, nyetir jangan ngebut... Yah pake ban bagus juga bukan pembelaan bisa nyetir ngebut, cuma buat keep safe aja klw jalanan licin atau faktor pengereman / buat manuver mendadak. Krn ane sangat ragu dengan kemampuan ban eco...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
LCGC, salah satu business-politics toyota yg sangat berhasil
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
sekennya yang matic (ayla matic 2013/14/15) apa masih worth it ya? di olx jatim kisarannya 85 - 95 jt.
kyknya lumayan 90jt dapat mobil matic tahun muda n irit bbm, utk sekedar jadi kaki.
kyknya lumayan 90jt dapat mobil matic tahun muda n irit bbm, utk sekedar jadi kaki.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Fri Oct 23, 2015 11:16
Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side
setuju buat beli yang metik. tapi ya mau gimana lagi, butuh punya mobil dan dana mepet jadilah ambil kredit.kalo beli bekas, bunganya gede. yaudah yang paling ngepas ya beli ini....
ada yang tau merk rsb yang bagus gak om? bisikin by pm dong merknya. makasih ya om...
ada yang tau merk rsb yang bagus gak om? bisikin by pm dong merknya. makasih ya om...