Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by hariy »

Nais ripiu, om... :big_okay:

Akhirnya ertelu disel mendarat di negara ini. Tinggal atpm lain nich ngeluarin lawan sekelas versi disel ..
Ferrero
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Mar 18, 2016 8:16

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by Ferrero »

Nice review om chz as always, ane jg penasaran jd pgn TD lgsg, kemaren udah nanya2 sama salesnya ktnya unit TD udah ada di dealer
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by geofreyap »

Imho, kalau memang benar angka redline cukup tinggi dan torque band cukup luas, maticnya paling tidak 5speed.

Kalau 4 speed resikonya terlalu gede, rationya takut ga cocok dengan torque band mesin dijelnya.
Nanti ada salah 1 gear yg di korbankan.
Bisa saja top gear yg terlalu overdrive, atau gear lain yg terlalu panjang rationya sehingga bikin proses akselerasi jadi antiklimaks, dst..

6speed ? Purrfect!!
Tapi mau brp duittttt....

Trus soal strategy marketingnya, menurut oe kurang tepat ya.
Market sudah belajar dari kasus petrol AT yg keluarnya belakangan. Dan kali ini seharusnya akan banyak calon pembeli yg lebih memilih utk nunggu versi dijel ATnya.

Dan hal itu malah membuat dijel MTnya kurang ok angka salesnya & membuka celah buat kompetitor utk masukin dijel dikelas yg sama dengan AT / mgkn CVT.

Lalu malah akhirnya porsi kue r3 dijel MT kemakan sama yg lain, trus ujung2nya karena angka sales MT versionnya jelek, development ATnya ga jalan..

Salah siapa kalo gini.. :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by adityabp »

Ada indicator yg menunjukan kalo ISG sdg dlm mode assist power?
Kalo gak ada, kok agak ngeri ya krn ketika mobil sdh jalan, kita gak tau si ISG sdg jadi alternator atau motor? Kalo kebanyakan jadi motor, ujung2xnya aki bakal cepet tekor.
fenrir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by fenrir »

sebenernya kalo dipikir-pikir kalo ISG ini gak ambil power dari ICE engine saat akselerasi, ini itungannya assist juga kan?
masa iya, bisa assist ICE enginenya dengan belt biasa, dan gak dikasih tau berapa besaran tenaganya.
karena konvensional alternator kan ngambil power dari belt di rpm berapapun juga, mau accel ataupun decel.

btw, ini yg versi pake aki doang seperti di ertiga, tapi di CIAZ
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by ChZ »

S13rra wrote: Tue Feb 21, 2017 8:35 Gampangnya gini aja......hybrid di Suzuki Ertiga Diesel mirip dengan Idling Start System di Honda Vario, karena itu gak kena pajak ganda...... smart marketing
Btul om... kya ISS di Vario hehe..
Pboyz97 wrote: Tue Feb 21, 2017 9:50 Nice review om

TInggal nunggu versi ATnya aja nih & semoga SIS lebih NIAT jualan mobil ini & ga blunder lagi kaya kemarinm2 soalnya mobil ini punya potensi yang luar biasa, karena jika mobil ini laris ga menutup kemungkinan kalo T & H juga bakal ikut ngeluaran LMPV diesel untuk bersaing dengan ertiga disel ini
Lbh tepatnya mungkin ahon masih bakal wait and see... mereka tinggal masukin kok... Udah ada, sama - sama dari India juga.
keong wrote: Tue Feb 21, 2017 11:25 Nice impression, kita sama2 doakan aja biar mbl ini laris, biar yg laen ngikut mikir masukin saingannya hahah

Mobil ini jd kabar gembira jg buat yg pakai spin dies, bisa beli part di suzuki deh jdnya skg
Since logonya S possible sih... apalagi dengan maraknya taksi onlen yang mayoritas lebih milih pake manual.

Sperpat nya seperti filter oli atau busi mungkin bisa ya om...
jaweer wrote: Tue Feb 21, 2017 12:48 very nice short impression om,,,,btw ko ane subyektif dri dulu krg suka bentuk eksteriornya, yg terkesan "kaku",,cm pandangan ane yg cupu... :big_deal:
Hemmm sama kok ane juga bukan penggemar design exterior nya :big_peace: disebelahin sama Veloz di rumah masih jauh kerenan Veloz. Lebih dramatis.
Iap wrote: Tue Feb 21, 2017 12:42 Cukup menarik nih. Semoga versi AT nya bisa cepet ada. Cuman memang yang bikin berat harus pertadex ya, sementara segmen ini dugaan saya agak berat kalo harus pake pertadex, kecuali memang iritnya luar biasa banget sampe secara rupiah lebih murah jika dibandingkan dengan ertiga bensin. Tapi mungkin nggak tuh?
Sejujurnya mobil ini g masalah isi solar busuk, tapi yang ane appreciate adalah Suzuki terang-terangan bilang mereka ga mau garansi kalo kenapa-napa... Itu yang ane salut. Di saat biasanya orang marketing berani bohong soal pemakaian BBM demi produknya laku. Kemudian jadi ladang duid divisi servis saat injektor atau fuel pump nya bermasalah, atau mereka dapet duit dari konsumsi filter solar yang seharusnya bisa di 20.000 jadi 10.000 KM... cuan nya 2x lipet.

Padahal diesel CRD seharusnya semua udah pake BBM minimal Euro2 ke atas alias DEX. Injection pressure nya tinggi.

Kalo assume Ertiga bensin pake pertamax dan Ertiga Diesel pake pertadex ya possible... Pertadex perliter 8700 Pertamax 8050... Tinggal diitung aja... Ertiga bensin Manual ambillah 1 : 10 Lukot 1 : 17, Diesel dengan setup hybrid dan auto start stop mungkin possible 1 : 13, lukot bisa 1 : 23-24. Sehari jalan sama-sama 30 kilometer (average pemakaian normal di kota besar), dikaliin seminggu

30 x 7 = 210 km

210 km / 10 = 21 Liter.
210 km / 13 = 16 Liter.

21 x 8050 = Rp. 169.050,-
16 x 8700 = Rp. 139.200,-

Lebih irit 30ribu seminggu. Bahkan kalo rute nya mix tol bisa ngirit berapa tuh...

Spin Diesel temen saya di Lombok yang gak seberapa macet dan dipake jalan puluhan sampe ratusan kilo sehari kemaren juga bisa 1 : 22... Bukan habis reset tapi real nya segitu... Ane juga kaget.
4900NG wrote: Tue Feb 21, 2017 11:23 Pengen TD juga ni.. Torsinya mirip kayak 2KD tp bobot mbl lbh ringan.
Dan torque band nya lebih luas dari 2KD :big_grin:
hariy wrote: Tue Feb 21, 2017 13:54 Nais ripiu, om... :big_okay:

Akhirnya ertelu disel mendarat di negara ini. Tinggal atpm lain nich ngeluarin lawan sekelas versi disel ..
Nunggu Mobilio Diesel om hehe...
Ferrero wrote: Tue Feb 21, 2017 14:16 Nice review om chz as always, ane jg penasaran jd pgn TD lgsg, kemaren udah nanya2 sama salesnya ktnya unit TD udah ada di dealer
Uda om rasanya mungkin bwat mengakomodir konsumen yang penasaran jd dibuat available. Suzuki biasanya paling cepet soal unit TD.
geofreyap wrote: Tue Feb 21, 2017 17:29 Imho, kalau memang benar angka redline cukup tinggi dan torque band cukup luas, maticnya paling tidak 5speed.

Kalau 4 speed resikonya terlalu gede, rationya takut ga cocok dengan torque band mesin dijelnya.
Nanti ada salah 1 gear yg di korbankan.
Bisa saja top gear yg terlalu overdrive, atau gear lain yg terlalu panjang rationya sehingga bikin proses akselerasi jadi antiklimaks, dst..

6speed ? Purrfect!!
Tapi mau brp duittttt....

Trus soal strategy marketingnya, menurut oe kurang tepat ya.
Market sudah belajar dari kasus petrol AT yg keluarnya belakangan. Dan kali ini seharusnya akan banyak calon pembeli yg lebih memilih utk nunggu versi dijel ATnya.

Dan hal itu malah membuat dijel MTnya kurang ok angka salesnya & membuka celah buat kompetitor utk masukin dijel dikelas yg sama dengan AT / mgkn CVT.

Lalu malah akhirnya porsi kue r3 dijel MT kemakan sama yg lain, trus ujung2nya karena angka sales MT versionnya jelek, development ATnya ga jalan..

Salah siapa kalo gini.. :D
ATnya either ngikut petrol (4AT) atau Scross (6AT) atau AMT kya wagonR... krn mobil ini d develop di India. Opsi yg manapun g akan makan biaya besar kok om... kan uda punya blueprint tinggal modifikasi final gear dan program TCUnya biar lock-up dibuat lebih lama. Pemikiran ane yang most possible antara cekokin 4AT nya Petrol atau AMT...

IMO dijel g perlu gear banyak-banyak om.... More is better... Tapi 4AT should be enuff... 6AT klw ga refined keseringan shifting malah momennya jd ilang, dan gear kebanyakan punya kecenderungan untuk mengkondisikan mobil dlm kondisi overdrive saat cruise. 5AT rasanya nanggung untuk zaman skrg dan dijel 5AT yg ane tau cuma Pajero Exceed baru, Dakar lama, dan MU-X.

Ane hapal bener dengan karakter 4AT Suzuki yg lock-up nya lambat dan ane kira cocok dengan karakter torque band Ertiga Dijel yang luas krn possible, akselerasinya jadi alus krn ada rubber-band kya CVT... RPM nya hold di 2000 bwat torsi optimal... Tokh mesin dijel g perlu dibejek asal uda dapet peak torque aja. Dijel revnya g tinggi dan peak torque nya diraih di RPM rendah... Jd 4AT walaupun di overdrive gear pun masih cukup terasa surge nya...

Ertiga AT ga keluar bkn karena Suzuki ga mau ngeluarin... Tp krn emang blom ada... Dulu yg bensin pun bgitu... Blom ada AT nya di India. Sehingga molor 1 taun ngeluarinnya.

LMPV dijel skrg yang kedengeran baru Mobilio Dijel i-DTEC dan Ertiga DDiS.... Which is keduanya baru available dengan opsi manual di India, jd rasanya kemungkinan yg om sebutkan akan sangat sulit untuk terjadi, paling kalah brand aja klw Mobilio dijel keluar... Which is Suzuki masih punya waktu krn Mobilio baru aja keluar feslipnya dan blom akan keluar dalam waktu dekat, dan Possibility Honda akan mempelajari karakter pasarnya dulu. Honda selalu cerdik manfaatin momen pasar...

D kelas LMPV manual masih diminati kok om... Hehehe... G akan drop sampe segitunya. Apalagi sejak adanya taksi onlen dan banyak orang masih pada takut rawat metik... 90% taksi onlen yang ane tumpangin manual... Sya kemaren denger issue dari sales Suzuki yg tiba-tiba nelpon saat ane kerja klw AT akan keluar di April... Ntah cuma issue atau beneran...
adityabp wrote: Wed Feb 22, 2017 2:31 Ada indicator yg menunjukan kalo ISG sdg dlm mode assist power?
Kalo gak ada, kok agak ngeri ya krn ketika mobil sdh jalan, kita gak tau si ISG sdg jadi alternator atau motor? Kalo kebanyakan jadi motor, ujung2xnya aki bakal cepet tekor.
Tidak ada om.

ISG hanya mode assist power ketika dalam kondisi auto start stop, atau heavy load misal tanjakan atau hard accel. Saat cruise dia akan berperan sebagai alternator.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by ChZ »

fenrir wrote: Wed Feb 22, 2017 3:45 sebenernya kalo dipikir-pikir kalo ISG ini gak ambil power dari ICE engine saat akselerasi, ini itungannya assist juga kan?
masa iya, bisa assist ICE enginenya dengan belt biasa, dan gak dikasih tau berapa besaran tenaganya.
karena konvensional alternator kan ngambil power dari belt di rpm berapapun juga, mau accel ataupun decel.

btw, ini yg versi pake aki doang seperti di ertiga, tapi di CIAZ
That's why... menurut review - review yang ada assistnya g terlalu kerasa om... Hehehe... Namanya jg mild hybrid bukan pure hybrid.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by Mozawa »

S13rra wrote: Tue Feb 21, 2017 8:35 Gampangnya gini aja......hybrid di Suzuki Ertiga Diesel mirip dengan Idling Start System di Honda Vario, karena itu gak kena pajak ganda...... smart marketing
iss dan hybrid itu berbeda om.
iss itu mematikan mesin saat idle.
hybrid itu membantu kinerja mesin dengan dinamo/motor..

mengenai isg ertiga ini masih konvensional...yaitu memakai belt seperti dinamo motor pada mobil umumnya...

masih kalah dgn honda vario yg tidak memakai gear ataupun belt...tapi ada banyak kumparan yg terintegrasi dengan crankshaft seperti ini.

....Image

dan acg ini kalau dijadikan mild hybrid lebih efektif dibandingkan isg ertiga.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by adityabp »

Mozawa wrote: Wed Feb 22, 2017 6:47
S13rra wrote: Tue Feb 21, 2017 8:35 Gampangnya gini aja......hybrid di Suzuki Ertiga Diesel mirip dengan Idling Start System di Honda Vario, karena itu gak kena pajak ganda...... smart marketing
iss dan hybrid itu berbeda om.
iss itu mematikan mesin saat idle.
hybrid itu membantu kinerja mesin dengan dinamo/motor..

mengenai isg ertiga ini masih konvensional...yaitu memakai belt seperti dinamo motor pada mobil umumnya...

masih kalah dgn honda vario yg tidak memakai gear ataupun belt...tapi ada banyak kumparan yg terintegrasi dengan crankshaft seperti ini.

....Image

dan acg ini kalau dijadikan mild hybrid lebih efektif dibandingkan isg ertiga.....
Nah, kalo hybrid beneran, konstruksi mesin ya persis ACG ini.
S13rra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by S13rra »

Mozawa wrote: Wed Feb 22, 2017 6:47
S13rra wrote: Tue Feb 21, 2017 8:35 Gampangnya gini aja......hybrid di Suzuki Ertiga Diesel mirip dengan Idling Start System di Honda Vario, karena itu gak kena pajak ganda...... smart marketing
iss dan hybrid itu berbeda om.
iss itu mematikan mesin saat idle.
hybrid itu membantu kinerja mesin dengan dinamo/motor..

mengenai isg ertiga ini masih konvensional...yaitu memakai belt seperti dinamo motor pada mobil umumnya...

masih kalah dgn honda vario yg tidak memakai gear ataupun belt...tapi ada banyak kumparan yg terintegrasi dengan crankshaft seperti ini.

....Image

dan acg ini kalau dijadikan mild hybrid lebih efektif dibandingkan isg ertiga.....
My bad...... :big_deal:
maksud saya, isg dan acg secara prinsip sama kan ya, dia generate power ketika dibutuhkan saat kondisi idling start walaupun secara mekanikal berbeda
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by Shonen »

pertanyaan pertama bisa dioprek pake piggy ga ya :emo-big_love: ...mayan nih buat gantiin kuda beban sehari hari tapi sayang ga ada maticnya....reviewer2 lokal macem ot****ver sama A****et**gz memuja abis ni boil hemat bgt katanya...rute kombinasi macet bisa 18km gila hemat abis kalo beneran segitu di tol bisa 20 something that's incredible...menunggu maticnya aja lah buat jadi kuda besi harian...good job suzuki...
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by bapakne_satya »

Akankah mobil perang R3 GX 2013 AT akan ganti ZDI kalau sdh ada versi ATnya?
Cuma kalau dari review kok tampak menarik yaaaa :big_think: :big_think: :big_think: :big_think:
User avatar
eridek
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Jun 18, 2012 5:19

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by eridek »

ad beberapa spin diesel jd mobil dinas...rata2 sudah diatas 80rb km.....seharihari diisi biosolar oleh supir.......g ad keluhan berarti,..cuma bau asem sj. berarti mobil ini bisa diperlakukan sama juga....dgn catatan, tanpa mempertimbangkan garansi.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Initial Impression with Suzuki Ertiga ZDi 1.3 M/T

Post by kunaskun »

mate it with 5 speed AT... i wish...