Efficiency bukan berarti lemot loh ya.... Efficiency = bagaimana meminimalisir power losses dari engine ke roda...Pboyz97 wrote: Fri Feb 24, 2017 13:21 Memang CVT itu surge powernya ga kerasa, tau2 udah kenceng aja, soalnya kalo pake CVT itu setau ane mesti diurut pelan2 dulu gasnya, beda sama AT biasa yang kalo digaspol sampe dalem langsung keluar semua tenaganya menurut ane, soalnya CVT itu diperuntukkan untuk efisiensi, karena kalo CVT itu putaran mesinnya sengaja dijaga biar tetep berkutat diputaran bawah terus (CMIW), jadinya cara nyetirnya yang harus diubah menurut ane kalo dari AT ke CVT.
CVT punya rasio sangat flexibel dan continuous (namanya aja continuous dan variable). Makanya ketika O/D revnya bs dijaga d posisi cukup rendah... Tapi bgitu accel dia bisa hold revnya di peak power terus... Jdi gak ada perpindahan (krn pake pulley g pake gear).
Yg bikin gak fun adalah kurang kontan tenaganya dan krn gak ada perpindahan jadi klw hi-rev suaranya kya blender nguuuuuUUUUUUUUUU.... Banyak pabrikan ngakalin algorithm di TCU nya dengan dibuat seakan-akan "shifting"... atau override pake stepped mode...
Tp bilang CVT lemot si salah... Hahaha... Never underestimate CVT...
5AT nya GE8 emang lemot kok klw ngomong jujur... Honda 5AT performance 0-100 nya rata-rata ga bagus... CR-V 190PS 0-100 nya? 10.3s (versi otobrosur) pdhl CX-5 187PS 8.6s...

While yang versi CVT di luar pada 8-9 detikan semua... Tuh Civic Turbo buktinya 7.7s... Honda yang versi standarnya uda dibawah 9 detik...
Cm 5AT Honda rationya panjang... nafasnya g abis-abis... Bwat long haul trip enak...