Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by imingwahyudi »

It was 9.30 AM in cloudy Sunday morning, and suddenly, a message came from billy d1773dz

“Ming, gua dah di depan.”

Image
*comot foto seberang ah :ngacir: *

Segera keluar dari rumah, tidak lupa menggosok gigi terlebih dahulu(?) dan voila, sebuah Mazda2 GT(perlu banget ditulis trimnya? :big_bored: ) putih sudah siap siap untuk mengantarkan kita berdua menuju Jakarta. Yap, kita akan menghadiri gathering utama Seraya Motor.

Saya memberikan gestur tangan untuk mengambil alih kemudi, yang ditolak mentah-mentah oleh billyd1773dz. Okay….gak bisa dikasarin beliau :big_think: . Harus pelan pelan dulu(…hey kok jadi kayak stensilan lampu merah?) dan segera saya masuk ke kursi penumpang depan. Hal pertama untuk disadari adalah, posisi duduk yang sepertinya cocok untuk anak SMP yang masih suka disuapi oleh mamanya yang sedang menyetir. Tinggi banget untuk dibilang nyaman dalam perjalanan jauh.

Setelah menyisiri beberapa jalan protokoler Bandung, akhirnya kita memasuki jalanan bebas hambatan, yang pada kenyataannya, cukup banyak hambatan di sana. Di kecepatan 120 km/h, suara mesin cukup halus, cukup disayangkan suara ban yang intrusif ke kabin penumpang. AC bekerja cukup baik, mengingat insulasi panas yang kurang baik dari mobil. Main suspect could be the mediocre windshield film.

Masuk rest area KM97, dengan gerakan cepat saya mengambil kemudi. Dengan muka ketakutan, billy d1773dz memberikan kendali. Setelah mengatur steer dan jok (akhirnya, bisa amblas juga…tapi thigh support masih kurang), kita meninggalkan KM97. Hal pertama yang saya lakukan sebelum merging adalah, masuk ke manual mode! Bukan untuk menahan rpm mesin di angka yang fantastis, melainkan untuk mengganti gigi tepat sebelum 4500 rpm. Hal itu dilakukan karena selama saya menjadi penumpang, saya tidak merasakan surge yang berarti beyond 4.5k rpm. Manual override cukup berhasil, mobil dengan santai berakselerasi hingga 140km/h tanpa suara mesin yang berarti.
4.jpg
Hal kedua yang saya lakukan adalah, menyesali akan tidak adanya pedal kopling di trim GT. Impresi saya menyetir varian R manual masih sangat membekas. Makin baper ketika sadar paddleshifters di trim GT sangat terasa…Oppo dibandingkan iPhone (well, you know what I’m talking about :big_bored: ). Untungnya gear lever terasa mantap dan cukup memberikan satisfying click saat melakukan manual override. Dan betul, shift direction nya “proper”! Atas untuk downshift, dan turun untuk upshift. Oh iya, saya belum bilang transmisi ini memiliki fitur downshift blip kah? Very first for it’s kind, dan very handy too at times.
3.jpg
Chassis control cukup baik di Mazda2 ini. Akurasi stir baik walaupun saya tidak tahu jalanan apa yang ada di bawah mobil tersebut, thanks to EPS? One thing to notice is, rasanya ban mobil ini menjadi bottleneck untuk paket keseluruhan :big_slap: . Cukup terasa saat jalanan basah, keempat roda terasa sangat gugup, tetapi tidak pada keseluruhan mobil.

Mulai masuk ke Jakarta, dan kemacetan mulai semilir terasa. Saya pindahkan tuas ke D, untuk mengetahui seberapa pintar transmisi ini. Hasilnya? Baik untuk kelasnya, walaupun dapat gugup di kecepatan bumper to bumper. Sangat terasa apabila throttle dijambak mendadak (gak mau kasih jalur sama yang tukang mepet), rasanya 4spd unit milik Toyota tidak memiliki unecessary jiggles like M2. Saya curiga dengan programming TCU yang cenderung sangat konservatif untuk kecepatan rendah. It works in other slices of Earth, but not in Jakarta. But hey, you can’t have best of both worlds though.

Fitur yang ekslusif di GT seperti HUD dan BDSM (blind spot monitoring, you goof :mky_03: ) cukup membantu meramaikan suasana di kabin. HUD cukup sukses membuat kita berdua (terlihat) mahir dengan jalanan Jakarta tanpa harus menghambat orang lain, terlebih ditilang polisi. Sesampainya di TKP, akhirnya kami memberikan mobil ini break beberapa jam, selagi kita “melakukan aktivitas menarik lainnya”.

Setelah beberapa jam sesi “panas” di Jakarta, akhirnya kembali pulang ke Bandung, ketambahan 1 orang lagi, ricz. Sesi pertama hingga pitstop KM57, diberikan kepada saya. Kekeuh dengan manual override, mobil saya arahkan menuju Bandung. Untuk city speed driving, saya rasa tidak overrated untuk menyalakan manual override mode. Transmisinya sigap untuk pindah, mampu melakukan throttle blip, dan halus. Satu hal yang menurut saya paling useless dalam paket ini adalah tombol yang “mengaktifkan” mode Sport, atau mode Berisik menurut saya.
1.jpg
Sepanjang perjalanan menuju KM57, di pikiran saya masih sangat berkecamuk akan trim GT manual. Akan segera menjadi mobil yang menjadi enthusiasts’ affordable and cheerful daily driver. Tidak terasa sudah memasuki rest area KM57, setelah beberapa waktu melakukan refill bensin dan Whopper, billyd1773dz masuk lagi ke kokpit pengemudi, dan berusaha untuk menyiksa saya dengan mematikan kompresor AC demi akselerasi maksimal.
2.jpg
Saat mencapai kecepatan tertinggi di 181 km/h, mobil terasa menapak, walaupun saya merasakan kegugupan di keempat ban nya. Andai saja Mazda memberikan opsi ban yang lebih performance oriented..

Sampai juga di kediaman masing masing, semuanya masih sehat tidak kekurangan suatu apapun. Allright, mobil ini cukup pandai memainkan sisi sentimental saya. Mobil yang sempurna? Well, ada beberapa aspek yang masih kurang mengena. Namun as a package? I have to say, cukup susah saat membandingkan mobil ini dengan Jazz. Apabila tiba tiba Eurokars cukup sinting mengeluarkan varian GT manual…well, you’d know my answer eh?
Image
:mky_03:


Cheerios, and see ya on the next…well idk when it will be.. :big_slap:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by imingwahyudi on Sat Feb 18, 2017 9:33, edited 1 time in total.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Romantic (???) review for 2017 Mazda2 GT auto

Post by Venturtle »

pertamaxx.. btw nice review om :mky_02:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Romantic (???) review for 2017 Mazda2 GT auto

Post by geofreyap »

Mmmmmm anu. Mazda2 2017 nanti ada perubahan sedikit.
Kalau yg ini masih MY 2016.. Hehehehe.. :)

Soal tranny, oe juga entah kenapa kurang cocok..
Justru kalau oe selalu nyalain sport mode, lebih cocok dengan oe punya preference.
Oe lebih suka nyetir MT soalnya. Hehehe.. :)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Romantic (???) review for 2017 Mazda2 GT auto

Post by adrevolution »

Racun lagi... makin nambah alesan buat tuker tambah old M2 ane... :big_bored: :big_slap:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Romantic (???) review for 2017 Mazda2 GT auto

Post by imingwahyudi »

Venturtle wrote: Sat Feb 18, 2017 9:01 pertamaxx.. btw nice review om :mky_02:
terimakasih oom Venturer(?) Venturtle :cupss:
geofreyap wrote: Sat Feb 18, 2017 9:18 Mmmmmm anu. Mazda2 2017 nanti ada perubahan sedikit.
Kalau yg ini masih MY 2016.. Hehehehe.. :)

Soal tranny, oe juga entah kenapa kurang cocok..
Justru kalau oe selalu nyalain sport mode, lebih cocok dengan oe punya preference.
Oe lebih suka nyetir MT soalnya. Hehehe.. :)
Noted bro, edit duluuu :cupss:

transmisinya itu somehow selalu telat 0.3 detik dari pikiran. Ini yang annoying. Kalo automatic purba lebih bisa dimaafkan karena memang lambat. Kalo transmisi cepat tapi near miss mulu, jadi mau ga mau masuk manual mode mulu hahahaa.. Makanya agak nyesek gimanaa gitu, pas tahu GT solely dijual dengan transmisi otomatis :glodak:

adrevolution wrote: Sat Feb 18, 2017 9:23 Racun lagi... makin nambah alesan buat tuker tambah old M2 ane... :big_bored: :big_slap:
:cupss:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by sintoni »

Mantap nih ripiu bos iming.

Jadi secara kesimpulan enakan metik Yaris ya kalo dalam kemacetan?


:big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by ChZ »

Romantic review....

Hehe
Hehe
Hehe

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by fizrmen »

mobil mesoem....
Hehe
Hehe
Hehe
nginginginginging...... yg punya mobil mukanya panik bgt pas dinaikin sama b****
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by Pboyz97 »

Nice review om Iming
Racun lagi nih, makin nambah alesan buat tuker GE8 tua ane sama mobil ini :big_blushing:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by fizrmen »

btw kemaren kok gajadi liat JZS161 ya
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by DOHC »

dah 2 review positip ttg masda masda.... metik pula

lama2 kayanya tuh hrv d garasi bsa ane tendang guling ke M2 jg dahh.... cvt wet... i mean earth dream super bloon nya kdg bkin keki...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by michaelgiri93 »

Nice review om
Bikin makin pengen mazda 2 buat nemenin mobil tua saya :ngacir:
Tapi masih "a long way to go" untuk saya :ngacir:
Btw bener om kenapa gak ada mazda 2 gt manual
Kalau saja jok belakang lebih enak dikit, dan ada sedikit ekstra leg room dan head room kayaknya jazz dan yaris abis deh ama ini mobil
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by billyd1773dz »

Di todong uler :big_cry: :big_cry:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by ricz »

Nice review....

Saya tambahkan additional photo boleh ya?
Hehe
Hehe

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Monarq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Mon Nov 28, 2016 3:59

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by Monarq »

Nice review

Ini kenapa ceritanya setengah2 tha, ngak ada kelanjutannya lagi mengingat prolognya saja menyeramkan :ngacir:
Sheer driving pleasure next time
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by Venturtle »

oh ya, romanticnya dimana ya om? :mky_03:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by Venturtle »

oh ya, mazda 2 uda push start stop button?
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by ricz »

Venturtle wrote: Sun Feb 19, 2017 17:28 oh ya, romanticnya dimana ya om? :mky_03:
Sepertinya perlu ditambah foto biar ga ambigu.... :mky_03:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by billyd1773dz »

ricz wrote: Mon Feb 20, 2017 0:34
Venturtle wrote: Sun Feb 19, 2017 17:28 oh ya, romanticnya dimana ya om? :mky_03:
Sepertinya perlu ditambah foto biar ga ambigu.... :mky_03:
Yg gay beneran ntar suka :mky_03:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote: Mon Feb 20, 2017 1:13
Yg gay beneran ntar suka :mky_03:
Hehe
Hehe
Hehe

:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote: Sat Feb 18, 2017 15:34 dah 2 review positip ttg masda masda.... metik pula

lama2 kayanya tuh hrv d garasi bsa ane tendang guling ke M2 jg dahh.... cvt wet... i mean earth dream super bloon nya kdg bkin keki...
Hahahaha kenapa om sama HRVnya kalo boleh tau , sampe pengen dituker ke M2?, soalnya keluarga ane ada rencana buat minang HRV sebagai pengganti GE8 tua ane.

Mesin earthdream & CVTnya seberapa bloon om kalo dibanding GE8, apakah karena punya om 1.5 dimana mobil HRV 1.5 digosipin lemot kalo buat stop n go?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by DOHC »

Pboyz97 wrote: Mon Feb 20, 2017 15:59
DOHC wrote: Sat Feb 18, 2017 15:34 dah 2 review positip ttg masda masda.... metik pula

lama2 kayanya tuh hrv d garasi bsa ane tendang guling ke M2 jg dahh.... cvt wet... i mean earth dream super bloon nya kdg bkin keki...
Hahahaha kenapa om sama HRVnya kalo boleh tau , sampe pengen dituker ke M2?, soalnya keluarga ane ada rencana buat minang HRV sebagai pengganti GE8 tua ane.

Mesin earthdream & CVTnya seberapa bloon om kalo dibanding GE8, apakah karena punya om 1.5 dimana mobil HRV 1.5 digosipin lemot kalo buat stop n go?
karakter cvt nya yg blm ane temu selah nya... kdg speed naek linear ama rpm kdg kaga... ud ganti cvtf mendingan, tp tetep blom klik.. tp kl soal 1.5 lemot, ga jg sehh... kl dah perna nyobain HR15DE matic, K3-VE ama 3SZ-VE matic, bahkan L15A1 matic d body bongsor, ntuh HRV 1.5 berasa much better...

ge8 sehh lemot all the time, beda ama hrv yg kdg bsa sigap kdg bloon... tp ge8 karakternya kl mnurut ane lebi gampang ditebak...

dan satu lg, ane lebi pede nyetir sruntulan di kmacetan pake ge8 atau ipah tuwir ane skalian, drpd si hrv, krn kadang ini mobil bsa nyendal2 sendiri majunya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote: Fri Feb 24, 2017 9:32

karakter cvt nya yg blm ane temu selah nya... kdg speed naek linear ama rpm kdg kaga... ud ganti cvtf mendingan, tp tetep blom klik.. tp kl soal 1.5 lemot, ga jg sehh... kl dah perna nyobain HR15DE matic, K3-VE ama 3SZ-VE matic, bahkan L15A1 matic d body bongsor, ntuh HRV 1.5 berasa much better...

ge8 sehh lemot all the time, beda ama hrv yg kdg bsa sigap kdg bloon... tp ge8 karakternya kl mnurut ane lebi gampang ditebak...

dan satu lg, ane lebi pede nyetir sruntulan di kmacetan pake ge8 atau ipah tuwir ane skalian, drpd si hrv, krn kadang ini mobil bsa nyendal2 sendiri majunya...
Oalah, ternyata CVTnya HRV masih lebih mending daripada matic konvensionalnya lipina & avxen, kirain CVTnya HRV itu bakal lemot, soalnya mesin L15nya jazz dimasukkin ke body yang lebih gede & lebih berat. Wkakaakaka, GE8 lemot??? ga salah om, barusan ane TD HRV 1.8 Prestige, yang ane rasakan kok kaya kekurangan tenaga ya?, sekilas masih gedean tenaga GE8 ane sekarang hahaha,padahal GE8 ane cuma 1.5, sedangkan HRVnya 1.8, soalnya CVT HRV kurang cocok buat sruntulan menurut ane, agak belet diputaran bawahnya & raungan putaran tengah-atasnya biasa aja, ga segahar GE8 ane yang happy-reving hahaha, setuju om, karakternya GE8 emang lebih ditebak dibanding HRV, meskipun dibandingin sama HRV 1.8 sekalipun (no offence HRV owner) :big_peace:

Yoi, sepemikiran kita, ane juga lebih pede nyetir sruntulan di kemacetan dalkot pake GE8 dibanding pake HRV, soalnya mungkin CVT HRV diciptakan buat efisiensi & menyetir santai, bukan buat menyetir agresif menurut ane hehehe :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by ChZ »

Pboyz97 wrote: Fri Feb 24, 2017 11:09
Oalah, ternyata CVTnya HRV masih lebih mending daripada matic konvensionalnya lipina & avxen, kirain CVTnya HRV itu bakal lemot, soalnya mesin L15nya jazz dimasukkin ke body yang lebih gede & lebih berat. Wkakaakaka, GE8 lemot??? ga salah om, barusan ane TD HRV 1.8 Prestige, yang ane rasakan kok kaya kekurangan tenaga ya?, sekilas masih gedean tenaga GE8 ane sekarang hahaha,padahal GE8 ane cuma 1.5, sedangkan HRVnya 1.8, soalnya CVT HRV kurang cocok buat sruntulan menurut ane, agak belet diputaran bawahnya & raungan putaran tengah-atasnya biasa aja, ga segahar GE8 ane yang happy-reving hahaha, setuju om, karakternya GE8 emang lebih ditebak dibanding HRV, meskipun dibandingin sama HRV 1.8 sekalipun (no offence HRV owner) :big_peace:

Yoi, sepemikiran kita, ane juga lebih pede nyetir sruntulan di kemacetan dalkot pake GE8 dibanding pake HRV, soalnya mungkin CVT HRV diciptakan buat efisiensi & menyetir santai, bukan buat menyetir agresif menurut ane hehehe :big_peace:
Klw mau fair malah ane gak yakin untuk sprint 0-100 Civic FB ane bisa menang lawan HR-V 1.8... Setelah ganti exhaust menang Civic dikit bisa jadi...

Transmisi 5-AT nya Honda tuh slow loh... Ga cocok sama karakter mesin yang revvy... Buat luar kota secara fair dan objective ane lebih suka behavior CVT di HR-V... Civic kalo di mode D suka kebingungan apalagi klw dari 3 ke 4... 3 terlalu teriak tapi 4 kekurangan momentum... Ini Civic FB ya... matiknya lebih refined dari Civic FD yang sering didewa-dewakan dan lock-up matik di FB lebih cepet dari FD even FD2 sekalipun... GE apalagi...

CVT kan emang gitu... surge powernya gak kerasa tau-tau kenceng...

HRV yang bikin gak pede tuh mobilnya gak terasa sharp... Lebih concern ke comfort...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Romantic (???) review for 2016 Mazda2 GT auto

Post by Pboyz97 »

ChZ wrote: Fri Feb 24, 2017 11:46

Klw mau fair malah ane gak yakin untuk sprint 0-100 Civic FB ane bisa menang lawan HR-V 1.8... Setelah ganti exhaust menang Civic dikit bisa jadi...

Transmisi 5-AT nya Honda tuh slow loh... Ga cocok sama karakter mesin yang revvy... Buat luar kota secara fair dan objective ane lebih suka behavior CVT di HR-V... Civic kalo di mode D suka kebingungan apalagi klw dari 3 ke 4... 3 terlalu teriak tapi 4 kekurangan momentum... Ini Civic FB ya... matiknya lebih refined dari Civic FD yang sering didewa-dewakan dan lock-up matik di FB lebih cepet dari FD even FD2 sekalipun... GE apalagi...

CVT kan emang gitu... surge powernya gak kerasa tau-tau kenceng...

HRV yang bikin gak pede tuh mobilnya gak terasa sharp... Lebih concern ke comfort...
Memang CVT itu surge powernya ga kerasa, tau2 udah kenceng aja, soalnya kalo pake CVT itu setau ane mesti diurut pelan2 dulu gasnya, beda sama AT biasa yang kalo digaspol sampe dalem langsung keluar semua tenaganya menurut ane, soalnya CVT itu diperuntukkan untuk efisiensi, karena kalo CVT itu putaran mesinnya sengaja dijaga biar tetep berkutat diputaran bawah terus (CMIW) :big_peace: , jadinya cara nyetirnya yang harus diubah menurut ane kalo dari AT ke CVT.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11