Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Akhirnya saya putuskan untuk coba Ziebart Diamond Gloss, nggak jadi PPS Teflon krn di PPS waktu pengerjaannya 2 hari, sedangkan mobil tiap hari dibutuhkan untuk kerja
Ziebart Diamond Gloss pagi masuk, sore sudah bisa diambil. DC kena 2,1jt, ini dpt pengerjaan DG 2x. Yang kedua di awal tahun kedua, full pengerjaan, bukan cuma retouch. Jadi diitung2 cukup murah, sekitar 1jtan per thn
Dan info dari sales Ziebart, kalo misal ada yg nabrak/nyenggol/dll (semoga nggak), bisa dikasih DG lagi for free sebanyak 3x
Semoga hasilnya sesuai harapan, swirl bawaan bisa hilang dan kilau cat tahan lama
Sambil belajar cara cuci yg benar spy swirl nggak cepat balik
Just share Kl saya cuci mobil simpel aja minimal pake 2 ember (Ember 1 isi air sabun; Ember 2 air bersih) & 2 washmitt (washmitt 1 utk atap & 1/2 bodi samping atas, washmitt 2 utk samping bawah)
Pertama siram dulu pake selang air, biar sebagian kotoran lepas, kmd lap pake washmitt1 dg sabun mulai dr atap, ber bagiannya washmitt sy bilas di ember 2. Lanjut hingga seluruh bagian bersih.. Kl bisa jgn lap body mbl pake tangan/lap tanpa sabun krn resiko debu bs bikin swirl..
Kedua, pas ngeringin jgn digeser2 gt krn cenderung bakal bikin swirl melingkar2 gt.. coba aja diperhatikan.. lbh baik ditempel2 kmd diangkat pindah ke bag lain.. dijamin menimimalkan..
Pengalaman miara mobil warna item. Rawat tangan sendiri, selama pake 3 tahun ga pernah orang lain sentuh mobil itu buat bersihin selain ane. Sampe orang bengkel resmi apal tiap servis, dibilang mobilnya ga dicuci.
Perawatan pake Megs, (wax, shampoo, quick detailer, washmitt dll), two bucket method, air ngalir tampa semprotan untuk bilas, dan segala hal lain yg berhubungan sama clean freak udah dilakuin, tetep ga bisa cegah yg namanya swirl mark. Tetep ada walopun tipis.
Sampe akhirnya cape sendiri tiap kotor selalu cuci, akhirnya dijual mobilnya. Abis itu ganti silver, emang jauh banget manjaan cat item.
redzdevil wrote:Just share Kl saya cuci mobil simpel aja minimal pake 2 ember (Ember 1 isi air sabun; Ember 2 air bersih) & 2 washmitt (washmitt 1 utk atap & 1/2 bodi samping atas, washmitt 2 utk samping bawah)
Pertama siram dulu pake selang air, biar sebagian kotoran lepas, kmd lap pake washmitt1 dg sabun mulai dr atap, ber bagiannya washmitt sy bilas di ember 2. Lanjut hingga seluruh bagian bersih.. Kl bisa jgn lap body mbl pake tangan/lap tanpa sabun krn resiko debu bs bikin swirl..
Kedua, pas ngeringin jgn digeser2 gt krn cenderung bakal bikin swirl melingkar2 gt.. coba aja diperhatikan.. lbh baik ditempel2 kmd diangkat pindah ke bag lain.. dijamin menimimalkan..
Dijamin cuci mbl tambah lama dan makin cape
Sudah saya coba om, main tempel aja....kayaknya memang lebih aman
pilotgaruda wrote:Pengalaman miara mobil warna item. Rawat tangan sendiri, selama pake 3 tahun ga pernah orang lain sentuh mobil itu buat bersihin selain ane. Sampe orang bengkel resmi apal tiap servis, dibilang mobilnya ga dicuci.
Perawatan pake Megs, (wax, shampoo, quick detailer, washmitt dll), two bucket method, air ngalir tampa semprotan untuk bilas, dan segala hal lain yg berhubungan sama clean freak udah dilakuin, tetep ga bisa cegah yg namanya swirl mark. Tetep ada walopun tipis.
Sampe akhirnya cape sendiri tiap kotor selalu cuci, akhirnya dijual mobilnya. Abis itu ganti silver, emang jauh banget manjaan cat item.
Tapi ga tau kalo pake coating film, teflon Dll.
Kita betul2 kebalikan ya om, saya dari silver ke hitam...cari mati
Skrg saya ngalamin apa yg om cerita, liat mobil kotor dikit jadi pingin cuci. Tp tiap kali mau cuci jg ada pikiran was2....jangan2 swirlnya nambah.
Kena getah pohon dikit, kepikiran. Kena ujan dikit, kepikiran. Kayak diperbudak sama cat
Busa itu nggak berkorelasi dgn daya angkat kotoran dan daya lumas sabun
Kalo di deterjen baju, utk efek busa itu ada zat additive khusus utk membuat efek busa yg banyak
Pengalaman saya pake shampoo
- Megs Gold Class
- Autoglym
Buihnya dikit
Kalah jauh dibanding buih zat Herbisida saat dicampur air
Trus cuci mobil jangan pake Kanebo, pakailah spons yg lembut
setelah body disiram air, kotoran luruhkan pake tangan, trus celup spons ke air + shampoo, peres spons di bagian atas mobil, biarkan air + shampoo licin membasahi body mobil, shampoo sebagai pelumas agar saat mencuci kotoran gak bikin baret ke top coat
pilotgaruda wrote:Pengalaman miara mobil warna item. Rawat tangan sendiri, selama pake 3 tahun ga pernah orang lain sentuh mobil itu buat bersihin selain ane. Sampe orang bengkel resmi apal tiap servis, dibilang mobilnya ga dicuci.
Perawatan pake Megs, (wax, shampoo, quick detailer, washmitt dll), two bucket method, air ngalir tampa semprotan untuk bilas, dan segala hal lain yg berhubungan sama clean freak udah dilakuin, tetep ga bisa cegah yg namanya swirl mark. Tetep ada walopun tipis.
Sampe akhirnya cape sendiri tiap kotor selalu cuci, akhirnya dijual mobilnya. Abis itu ganti silver, emang jauh banget manjaan cat item.
Tapi ga tau kalo pake coating film, teflon Dll.
Kita betul2 kebalikan ya om, saya dari silver ke hitam...cari mati
Skrg saya ngalamin apa yg om cerita, liat mobil kotor dikit jadi pingin cuci. Tp tiap kali mau cuci jg ada pikiran was2....jangan2 swirlnya nambah.
Kena getah pohon dikit, kepikiran. Kena ujan dikit, kepikiran. Kayak diperbudak sama cat
iya gan, bener bgt. Malahan kadang jadi ga tenang. Liat pas mobil item kinclong sih puas bgt rasanya, tp ga bertahan lama, bentar2 dah berdebu, kotor dikit keliatan
Busa itu nggak berkorelasi dgn daya angkat kotoran dan daya lumas sabun
Kalo di deterjen baju, utk efek busa itu ada zat additive khusus utk membuat efek busa yg banyak
Pengalaman saya pake shampoo
- Megs Gold Class
- Autoglym
Buihnya dikit
Kalah jauh dibanding buih zat Herbisida saat dicampur air
Trus cuci mobil jangan pake Kanebo, pakailah spons yg lembut
setelah body disiram air, kotoran luruhkan pake tangan, trus celup spons ke air + shampoo, peres spons di bagian atas mobil, biarkan air + shampoo licin membasahi body mobil, shampoo sebagai pelumas agar saat mencuci kotoran gak bikin baret ke top coat
Saya beli meguiars yg galonan. SHampoo plus. Busanya dikit, kesannya ga puas nyucinya. Tapi daya lubrikasi dan angkat kotorannya bagus. Ngebersihin percikan air ujan yg kering dibodi ga terlalu susah. Beda kalo pake merk yg dijual di swalayan. kudu gosok berkali2 yg malah resiko nimbulin swirlmark.
Nambahin dikit, kl baca2 n liat yutub detailing di luar negri, tidak disaranin buat basuh mobil dengan gerakan memutar. Better polanya lurus2 aja.
Bilas shampoo cukup pake air selang yg ngalir tanpa pressure sama sekali (jangan di semprot, tapi alirin aja air selang ke sisa shampoonya). Kalo disemprot, bakal banyak butiran air yg nempel di body mobil. Bakalan lebih lama ngeringinnya.
Trus pas ngeringin, jangan pake kanebo dsb. Better pake model waffle weafe/water magnet. Dia modelnya kaya anduk. Makenya bukan diusek2, tapi cuma "diseret" di permukaan mobil, dan jangan diteken.
pilotgaruda wrote:Nambahin dikit, kl baca2 n liat yutub detailing di luar negri, tidak disaranin buat basuh mobil dengan gerakan memutar. Better polanya lurus2 aja.
Bilas shampoo cukup pake air selang yg ngalir tanpa pressure sama sekali (jangan di semprot, tapi alirin aja air selang ke sisa shampoonya). Kalo disemprot, bakal banyak butiran air yg nempel di body mobil. Bakalan lebih lama ngeringinnya.
Trus pas ngeringin, jangan pake kanebo dsb. Better pake model waffle weafe/water magnet. Dia modelnya kaya anduk. Makenya bukan diusek2, tapi cuma "diseret" di permukaan mobil, dan jangan diteken.
Kenapa ya om kok harus pola lurus2? Emang pas itu di kap mesin ada swirl yang polanya lingkaran, kyk sarang burung
pilotgaruda wrote:Nambahin dikit, kl baca2 n liat yutub detailing di luar negri, tidak disaranin buat basuh mobil dengan gerakan memutar. Better polanya lurus2 aja.
Bilas shampoo cukup pake air selang yg ngalir tanpa pressure sama sekali (jangan di semprot, tapi alirin aja air selang ke sisa shampoonya). Kalo disemprot, bakal banyak butiran air yg nempel di body mobil. Bakalan lebih lama ngeringinnya.
Trus pas ngeringin, jangan pake kanebo dsb. Better pake model waffle weafe/water magnet. Dia modelnya kaya anduk. Makenya bukan diusek2, tapi cuma "diseret" di permukaan mobil, dan jangan diteken.
Kenapa ya om kok harus pola lurus2? Emang pas itu di kap mesin ada swirl yang polanya lingkaran, kyk sarang burung
Btw, nice info om
Minimalisir efek swirl sih kayaknya,
Oh iya, sama cuci pake two bucket method is a must. Dan pake grit guard even better.
pilotgaruda wrote:Nambahin dikit, kl baca2 n liat yutub detailing di luar negri, tidak disaranin buat basuh mobil dengan gerakan memutar. Better polanya lurus2 aja.
Bilas shampoo cukup pake air selang yg ngalir tanpa pressure sama sekali (jangan di semprot, tapi alirin aja air selang ke sisa shampoonya). Kalo disemprot, bakal banyak butiran air yg nempel di body mobil. Bakalan lebih lama ngeringinnya.
Trus pas ngeringin, jangan pake kanebo dsb. Better pake model waffle weafe/water magnet. Dia modelnya kaya anduk. Makenya bukan diusek2, tapi cuma "diseret" di permukaan mobil, dan jangan diteken.
Barusan tadi pagi nyoba pake megs water magnet. Tp entah kenapa lebih mudah pake kanebo
Pake water magnet harus dilap berkali2 baru mau kering....apa ada trik khusus pemakaian water magnet ini?
pilotgaruda wrote:Nambahin dikit, kl baca2 n liat yutub detailing di luar negri, tidak disaranin buat basuh mobil dengan gerakan memutar. Better polanya lurus2 aja.
Bilas shampoo cukup pake air selang yg ngalir tanpa pressure sama sekali (jangan di semprot, tapi alirin aja air selang ke sisa shampoonya). Kalo disemprot, bakal banyak butiran air yg nempel di body mobil. Bakalan lebih lama ngeringinnya.
Trus pas ngeringin, jangan pake kanebo dsb. Better pake model waffle weafe/water magnet. Dia modelnya kaya anduk. Makenya bukan diusek2, tapi cuma "diseret" di permukaan mobil, dan jangan diteken.
Barusan tadi pagi nyoba pake megs water magnet. Tp entah kenapa lebih mudah pake kanebo
Pake water magnet harus dilap berkali2 baru mau kering....apa ada trik khusus pemakaian water magnet ini?
Cara bilas busa dari mobilnya juga mesti diguyur pake selang yang ngalir gan. Bukan selang yg disemprot. Kalo semprot butiran air yg nempel di moobil bakal banyak, jadinya susah ngeringinnya. Kalo air selang yg dialirin ke bodi mobil, butirannya air jadi dikit bgt karena ikut kedorong sama air selang tadi. Jadi sisa air yg nempel di mobil dikit bgt.
Kalo ane ga pake meg water magnet. CObain Cobra supreme guzzler waffle weafe, dia lebih nyerep. Bukan jualan yah gan
Kalo kanebo, resiko kain kontak sama bodi mobil lebih besar, jadi resiko swirl/baret bakal lebih besar juga.
kanebo/chamois itu baiknya dengan teknik bloating. alis ditempel2 bukan dilap2, kalau di lap2 dijamin permukaan lama2 kaya di amplas, karena chamois itu ga trapping dirt inside makanya bersihinnya gampang dan kotoran ini diseret2 lagi ke permukaan cat pas lap2.
water magnet menurut saya memang kurang oke, ga sesuai namanya, mendingan beli keluaran ACE punya yang motif waffle weave dan warna orange, harganya murah, ukuran kecil, tapi daya serap top, beli aja setengah lusin harusnya cukup buat keringin satu body kalau bener cara siramnya.
pilotgaruda wrote:Nambahin dikit, kl baca2 n liat yutub detailing di luar negri, tidak disaranin buat basuh mobil dengan gerakan memutar. Better polanya lurus2 aja.
Bilas shampoo cukup pake air selang yg ngalir tanpa pressure sama sekali (jangan di semprot, tapi alirin aja air selang ke sisa shampoonya). Kalo disemprot, bakal banyak butiran air yg nempel di body mobil. Bakalan lebih lama ngeringinnya.
Trus pas ngeringin, jangan pake kanebo dsb. Better pake model waffle weafe/water magnet. Dia modelnya kaya anduk. Makenya bukan diusek2, tapi cuma "diseret" di permukaan mobil, dan jangan diteken.
Barusan tadi pagi nyoba pake megs water magnet. Tp entah kenapa lebih mudah pake kanebo
Pake water magnet harus dilap berkali2 baru mau kering....apa ada trik khusus pemakaian water magnet ini?
Cara bilas busa dari mobilnya juga mesti diguyur pake selang yang ngalir gan. Bukan selang yg disemprot. Kalo semprot butiran air yg nempel di moobil bakal banyak, jadinya susah ngeringinnya. Kalo air selang yg dialirin ke bodi mobil, butirannya air jadi dikit bgt karena ikut kedorong sama air selang tadi. Jadi sisa air yg nempel di mobil dikit bgt.
Kalo ane ga pake meg water magnet. CObain Cobra supreme guzzler waffle weafe, dia lebih nyerep. Bukan jualan yah gan
Kalo kanebo, resiko kain kontak sama bodi mobil lebih besar, jadi resiko swirl/baret bakal lebih besar juga.
Thanks infonya, kapten
Menarik juga karena cara menyiram mobil menentukan proses pengeringannya. Ntar weekend newbie coba deh
kunaskun wrote:kanebo/chamois itu baiknya dengan teknik bloating. alis ditempel2 bukan dilap2, kalau di lap2 dijamin permukaan lama2 kaya di amplas, karena chamois itu ga trapping dirt inside makanya bersihinnya gampang dan kotoran ini diseret2 lagi ke permukaan cat pas lap2.
water magnet menurut saya memang kurang oke, ga sesuai namanya, mendingan beli keluaran ACE punya yang motif waffle weave dan warna orange, harganya murah, ukuran kecil, tapi daya serap top, beli aja setengah lusin harusnya cukup buat keringin satu body kalau bener cara siramnya.
Ya, chamois main tempel cukup aman, cuman pegel juga kalo sebodi mobil
Ada gambarnya om untuk waffle weavenya ACE? Ide bagus tuh kalo harganya murah dan beli setengah lusin sekalian, spy ngeringkannya cepat.
Btw, aman ya utk bodi mobil? Maksudnya gak bikin swirl, dll
pengendiesel wrote:
Ya, chamois main tempel cukup aman, cuman pegel juga kalo sebodi mobil
Ada gambarnya om untuk waffle weavenya ACE? Ide bagus tuh kalo harganya murah dan beli setengah lusin sekalian, spy ngeringkannya cepat.
Btw, aman ya utk bodi mobil? Maksudnya gak bikin swirl, dll
makanya kanebo asli itu ukurannya besar sekali kalau ga salah 60x60cm.
kunaskun wrote:kanebo/chamois itu baiknya dengan teknik bloating. alis ditempel2 bukan dilap2, kalau di lap2 dijamin permukaan lama2 kaya di amplas, karena chamois itu ga trapping dirt inside makanya bersihinnya gampang dan kotoran ini diseret2 lagi ke permukaan cat pas lap2.
water magnet menurut saya memang kurang oke, ga sesuai namanya, mendingan beli keluaran ACE punya yang motif waffle weave dan warna orange, harganya murah, ukuran kecil, tapi daya serap top, beli aja setengah lusin harusnya cukup buat keringin satu body kalau bener cara siramnya.
Ya, chamois main tempel cukup aman, cuman pegel juga kalo sebodi mobil
Ada gambarnya om untuk waffle weavenya ACE? Ide bagus tuh kalo harganya murah dan beli setengah lusin sekalian, spy ngeringkannya cepat.
Btw, aman ya utk bodi mobil? Maksudnya gak bikin swirl, dll
Iya om, pegel juga kalau main tempel. saya lebih suka yang dibilang om pilotgaruda, guyur pake air dari selang tapi jangan disemprot (water sheeting), lebih enak ngeringinnya, kalau mobil hatchback macam yaris cukup pake dua lap microfiber ukuran 30x30an cm
kunaskun wrote:kanebo/chamois itu baiknya dengan teknik bloating. alis ditempel2 bukan dilap2, kalau di lap2 dijamin permukaan lama2 kaya di amplas, karena chamois itu ga trapping dirt inside makanya bersihinnya gampang dan kotoran ini diseret2 lagi ke permukaan cat pas lap2.
water magnet menurut saya memang kurang oke, ga sesuai namanya, mendingan beli keluaran ACE punya yang motif waffle weave dan warna orange, harganya murah, ukuran kecil, tapi daya serap top, beli aja setengah lusin harusnya cukup buat keringin satu body kalau bener cara siramnya.
Oom Kunaskun :
Boleh di share foto Ace Waffle weave nya? Kemaren muter2 di ace.. malah bingung sendiri... [emoji16] [emoji16]
Om. Mau nanya cara cuci microfiber yg bener gmn?
Soalnya microfiber ane jatoh, udah di cuci kucek berkali2 pakai rinso cair masih banyak aja butiran pasirnya
Dnisbo wrote:Om. Mau nanya cara cuci microfiber yg bener gmn?
Soalnya microfiber ane jatoh, udah di cuci kucek berkali2 pakai rinso cair masih banyak aja butiran pasirnya
Dnisbo wrote:Om. Mau nanya cara cuci microfiber yg bener gmn?
Soalnya microfiber ane jatoh, udah di cuci kucek berkali2 pakai rinso cair masih banyak aja butiran pasirnya
Dipensiunkan jadi lap kotor.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Baru ada waktu tadi pagi untuk nyoba teknik pengeringan guyur air tapi gak disemprot, dan hasilnya memang air yang nempel di bodi jauh lebih sedikit....jadi pengeringannya juga lebih ringan