Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
1. March. abs ebd ba lebih penting karena ga bisa ditambahin sendiripamangober wrote:Halo kerabat seraya, waktu itu saya pernah minta saran untuk pembelian mobil hatcback matic dengan budget 160 juta. Bisa lihat disini viewtopic.php?f=64&t=24524
1. Immobilizer vs Abs+EBD+BA, sirion mempunyai immobilizer sedangkan March xs tidak ada. Namun march XS punya rem ABS+EBD+BA, sirion tidak. Jadi manakah yang lebih penting di antara keduanya ?![]()
2. Biaya Perawatan. Entah mengapa daihatsu hanya memberikan free service hanya sampai 1000 km saja, tidak seperti Xenia yang lebih panjang waktunya. sementara nissan memberikan free service sampai 10,000 km. Namun dengar - dengar biaya service nissan dan spare part nissan itu terkenal lebih mahal di banding daihatsu . apakah benar ? Tapi bukannya sirion itu CBu kan yah ? Apakah perlakuannya bisa murah juga untuk biaya service dan spare partnya ?
3. Durability, menurut agan2 sekalian manakah yang durability lebih bagus dan lebih awet ?
4. Harga jual kembali, menurut pengalaman agan antara daihatsu dan nissan lebih tinggi mana nilai jual kembalinya ?
5. Konsumsi BBM, manakah yang lebih irit? Kalo gw tanya salesnya masing2 jawabannya dah pasti jagoin produknya masing2.
Mohon masukannya antara pilihan 2 di atas mana yang lebih worthed di ambil ?
2. Daihatsu. Fast moving partnya lebih murah karena sama kayak Xenia 1300 single vvti
3. Daihatsu. Matiknya juga masih 4at jadul
4. Sama sama jeblok, cuman brio yang ga jeblok
5. Sama aja
ane sih milih sirion karena 4 silinder. Pernah naik ubernya march, masih kerasa geter
-
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
kebetulan saya pernah rental ini di Bali di tahun 2014, mungkin bisa dicari om.pamangober wrote: 1. Daihatsu Sirion AT, Dari segi ekterior sirion ini sporty banget. Point plus dah lengkap ada sensor parkir dan foglamps. Posisi nyetir mirip - mirip sama avanza, jadi sedikit penyesuaian saja. Waktu di coba akselerasi berasa mobil ini cukup ngisi di putaran bawah. gas di bejek mobil masih bisa melaju. point minus , agak sedikit kurang nyaman dengan rem nya yang agak tinggi.
yg pasti kenyamanan berkendara maupun jadi penumpang bukan spesialisasi mobil ini.
untuk transmisi AT super jadul, malu2in d diadu dengan march apalagi Mirage yang sudah CVT latest gen Mitsu. Mesin juga payah, ketolong karena aslinya buat avanza jadi low torque nendang banget. kelegaan kabin nomor 1, makanya ini mobil buat saya agak ajaib, kenapa di Malaysia jadi seperti avanza-xenia di indo.
karena hasil dyno-nya aneh, torque dari rpm bawah sampe 2200 itu naiknya bagus terus tiba2 flat sampe rpm 3500 yang langsung naik terus ke rpm 4000. agak mirip dengan yaris bakpao tapi yaris masih agak mendingan. ditambah transmisi 4AT yang rationya lebih cocok untuk cruising daripada dalkot.
2. Nissan March, Tadinya sie mau ngambil yang tipe terendah tapi ternyata diskon yang Tipe XS cukup besar bisa sampe 30 juta. Akhirnya di cobalah nissan march xs ini. Kebetulan ada unit test drive buat tipe XS nya. Pas di coba, ternyata setir nya ringan, berbeda dengan avanza dan brio yang agak berat. Untuk akselerasi di putaran bawahnya lumayan tapi ketika di coba bejek, kecepatan sepertinya enggan untuk bertambah. Mungkin ini yang di bilang orang agak boyo. Untuk suspensi nissan march ini lebih empuk ketimbang sirion dan brio. Dan remnya terasa pakem, yang mungkin dah ada abs kali yah ..
suspensi march terbaik baik empuk maupun stability di kelas 1200cc. saya rasa lawan seimbangnya hanya brio itupun sebenernya dari dimensi brio itu cocoknya lawan picanto cs.
forget it, sampe tengah tahun ini, di dealer Suzuki di kota saya masih ada stok akhir tahun lalu.. dan tanpa diskon3. Suzuki celerio CVT, sangat sulit untuk menenukan dealer yang ada unit test drivenya akhirnya coret dari list![]()

kehebatan Honda dibuktikan disini, dimensi terkecil tapi paling laku di kelas 1200cc, dan telak banget pula. saya sampe bingung ini yg beli ini mobil kenapa ga beli citycar 1000cc saja? lebih murah toh dimensi lebih kecil. atau 1200cc lainnya yang dimensi lebih lega.4. Honda Brio satya CVt, Tadinya mau ambil yang satya CVT, tapi ternyata diskon yang tipe BRIO RS CVT juga cukup besar. Jadilah masuk pilihan dan coba untuk test drive. Satu hal yang jadi ganjalan adalah ruang baris kedua yang sempit dan bagasi yang lebih sempit di banding yang lainnya. Point plusnya transmisi CVT nya halus sekali dan pengendalian serta handlingnya lebih enak di banding yang lain. Namun karena faktor bagasi dan ruang belakang yang sempit. Akhirnya di coret dari list.
bisa pertimbangkan mirage, tapi karena saya user March jadi mungkin agak bias di review saya tahun ini pas rental mirage di Bali.
5. Karimun Wagon R Ags, Karena budgetnya dah dapat di kelas yang lebih atasnya, bukan LCGC. akhirnya di coret dari list.
Jadi tinggal lah head to head antara Daihatsu Sirion AT dan Nissan March XS AT.
sebenernya ada kontender lain, Etios tapi karena ga ada AT dan praktis mati suri jadi ya dicoret saja, padahal konon etios itu selain lega banget, mesin ga malu2in walau minim fitur dan looks luar dalem pas2an.
Immobilizer ada di March XS AT keatas, dan sejak awal ada karena dulu pertama keluar March XS AT 1200cc itu flagship sekarang flagship march itu di type 1500cc AT.Berikut faktor yang membuat ane masih bingung dalam menentukan pilihan
1. Immobilizer vs Abs+EBD+BA, sirion mempunyai immobilizer sedangkan March xs tidak ada. Namun march XS punya rem ABS+EBD+BA, sirion tidak. Jadi manakah yang lebih penting di antara keduanya ?![]()
kalau sirion all type ada.
kalau spare part pengalaman saya di march xs at 2012 sebelas dua belas dengan daitoyo setidaknya sampe km 40 ribu ya, malah dulu dibandingkan avanza 1.5S 2008 atau Yaris E AT 2008 ga ada beda banyak, kadang ada yang lebih mahal kadang ada yang lebih murah. issue soal part original mahal2 ini buat saya tidak relevan. tapi jangan dibandingkan dengan part KW atau alternatif ya karena DaiToyo jagonya urusan ginian, contoh sederhana: support mount shock depan yaris itu kw dari 100 ribu juga ada padahal originalnya 400 ribuan sebiji.2. Biaya Perawatan. Entah mengapa daihatsu hanya memberikan free service hanya sampai 1000 km saja, tidak seperti Xenia yang lebih panjang waktunya. sementara nissan memberikan free service sampai 10,000 km. Namun dengar - dengar biaya service nissan dan spare part nissan itu terkenal lebih mahal di banding daihatsu . apakah benar ? Tapi bukannya sirion itu CBu kan yah ? Apakah perlakuannya bisa murah juga untuk biaya service dan spare partnya ?
sirion untuk mesin gampang, tapi konon slow moving part yang sulit karena ga ada "temennya" dan dikit2 import. coba jalan2 ke user base sirion.
entah dengan sirion tapi penyakit umum march itu:3. Durability, menurut agan2 sekalian manakah yang durability lebih bagus dan lebih awet ?
1. bearing roda depan dan belakang = klaim ke beres pasti diganti. harga part sebiji untuk depan 300 ribuan, belakang 400 ribuan.
2. extra fan bearing obak = klaim ke beres pasti diganti. harga part assy sejutaan karena hanya ada assy fan + bearing + motor fan
3. evaporator AC bocor = klaim ke beres pasti diganti. harga part assy sejutaan juga tapi proses gantinya ribet karena lokasinya ada di tengah2 dashboard. jadi turun separoh setidaknya dan segala resiko bongkar pasangnya.
yang saya alami nomor 1 dan 3, dan menurut pantauan saya sejak facelift 2012 ke atas problem ini sudah berkurang banyak.
4. di market si brand value daihatsu lebih baik dari nissan, apalagi makin kesini.4. Harga jual kembali, menurut pengalaman agan antara daihatsu dan nissan lebih tinggi mana nilai jual kembalinya ?
5. Konsumsi BBM, manakah yang lebih irit? Kalo gw tanya salesnya masing2 jawabannya dah pasti jagoin produknya masing2.
Mohon masukannya antara pilihan 2 di atas mana yang lebih worthed di ambil ?
5. menurut saya mirip2, karena di bali sirion at vs mirage juga mirip2. tapi balik ke driving style.
saya amit2 ga kena loh penyakti fan, pun kalau kena karena ini sudah umum, di spesialis radiator sudah ada solusinya, tinggal bongkar fan ganti bearing, untungnya bongkarnya ternyata ga sesulit Juke/livina, ini masih bisa dengan buka bumper dan dari kolong ngambilnya.Yonatanw wrote:hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
untuk bearing roda, saya kenanya di belakang kiri kanan, depan aman2 saja, dan untuk alternatif spare part-nya sudah banyak di pasaran karena model bearingnya standard jadi bisa cari merek lain seperti skf. bahkan konon di pusat2 onderdil alat berat pun ada.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Ane pernah TD march 1.5 yang manual om.. menurut saya naikannya tidak terlalu istimewa, cuma tenaga aja yang lumayan. Tapi untuk fitur boleh lah ada spion retract, ac digital, dll.
Tinggal menurut gw kalo immob vs piranti keselamatan, ane pilih piranti keselamatan. Kalo malingnya canggih juga bukan tidak mustahil suatu saat nanti immobilizernya takluk. Kalau takut dicuri, pilih warna nyentrik yang tidak banyak kembarannya dijalan om. Contoh pink, biar mudah dikenali.
Vote for March
Tinggal menurut gw kalo immob vs piranti keselamatan, ane pilih piranti keselamatan. Kalo malingnya canggih juga bukan tidak mustahil suatu saat nanti immobilizernya takluk. Kalau takut dicuri, pilih warna nyentrik yang tidak banyak kembarannya dijalan om. Contoh pink, biar mudah dikenali.
Vote for March
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Vote for march , ambil 1.5 at warna biru , keren birunya trus karena akhir tahun kemungkinan cuci gudang.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Mon Nov 25, 2013 16:44
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
1.5 ngga jadi disuntik mati kah ?grandis_GT wrote:Vote for march , ambil 1.5 at warna biru , keren birunya trus karena akhir tahun kemungkinan cuci gudang.
Kalo march 1.5 masih ada, jelas march dong,fiturnya kumplit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Beberapa waktu lalu sih saya memang pernah baca di automagz, varian 1.5 rencananya mau di suntik mati , tapi kelanjutannya kurang tau juga Om .
Sent from my Redmi 3X using Seraya Motor mobile app
Sent from my Redmi 3X using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Aug 08, 2016 16:32
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Vote march, safety lebih penting, security bisa pakai kunci stir. Merknya aja bisa jadi jaminan security...
Adik sy pakai march m/t 2011, gak ada keluhan aneh2. Dia masih puas2 aja. Getaran dan bunyi mesin 3 silindernya biasa2 aja dan gak horor. Peredaman hancur, gak masalah, telinga kami sudah kebal, hehe. Lega, bagasi lumayan lapang...buat keperluan basic cukup, soal boyo, emang mau balapan melulu di jalan?

Adik sy pakai march m/t 2011, gak ada keluhan aneh2. Dia masih puas2 aja. Getaran dan bunyi mesin 3 silindernya biasa2 aja dan gak horor. Peredaman hancur, gak masalah, telinga kami sudah kebal, hehe. Lega, bagasi lumayan lapang...buat keperluan basic cukup, soal boyo, emang mau balapan melulu di jalan?

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Gak berani ambil second om, ini mobil pertama apalagi ane gak ngerti mesin.Promtheus wrote:Numpang saran kalo om ts cari mobil yang bagasi luas sama concern ke immob ato abs+ebd+ba why not both? March 1.5 cari yg second km rendah aja, selain 4 cyl and lebih bertenaga march yg ceng go udh keyless+start/stop engine and abs+ebd+ba. Sisa duit buat cakepin tampilan (ganti velg dll)
kayak gak tau paman gober aja om, sama keponakannya donal dia aja pelit.fizrmen wrote:aduh paman gober kan uangnya banyak kok bingung
iybam wrote:saya pake march 1.2 at xs 2013 (odo sekarang 34rb++)..
mesin 3cyl march getarannya aduhai om, ditambah kekedapan kabin yang yaaa gitu deh (kalo lagi di TL obrolan orang yang di motor aja bisa kedengeran jelas)![]()
Kalo untuk durability sih hmm... saya selama pake 3 taun udah ganti bearing roda depan belakang (ki-ka), shock depan kiri-kanan (padahal rute harian jalanan mulus-mulus aja), evap ac dan extra fan. Sekarang masalah utama kalo kena lubang/jalanan keriting setir goyang-goyang, ini belom tau masalahnya apa krn belom sempet ngecek. Jadi om bisa menyimpulkan sendiri lah kira-kira gimana ketahanannya..
FC harian dalkot bogor-tol pendek-jalur puncak dapet 1:11.xx (MID), realnya F2F 1:9-10
Biaya perawatan sih untuk servis ringan kelipatan 10rb sekitar 1,2-1,3 dan service besar kelipatan 40rb 2,XX di beres. Saran sih om selama masih garansi jangan kelewat servis di beres, soalnya kalo kejadian kaya saya lumayan juga itu keluar biaya buat penggantian parts.
RV sih kayanya march sama sirion mirip-mirip, sama-sama anjlok hehe..
Ini penyakit nissan march CKD yah om, harus nya sie yang 2014 masalah ini gak muncul karena sudah built up thailand berharap kualitas lebih baikYonatanw wrote:hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Nah in dia ,sesepuh empunya nissan march bicara, thank share infonya. Sepertinya saya sudah condang ke march xs niekunaskun wrote:kebetulan saya pernah rental ini di Bali di tahun 2014, mungkin bisa dicari om.pamangober wrote: 1. Daihatsu Sirion AT, Dari segi ekterior sirion ini sporty banget. Point plus dah lengkap ada sensor parkir dan foglamps. Posisi nyetir mirip - mirip sama avanza, jadi sedikit penyesuaian saja. Waktu di coba akselerasi berasa mobil ini cukup ngisi di putaran bawah. gas di bejek mobil masih bisa melaju. point minus , agak sedikit kurang nyaman dengan rem nya yang agak tinggi.
yg pasti kenyamanan berkendara maupun jadi penumpang bukan spesialisasi mobil ini.
untuk transmisi AT super jadul, malu2in d diadu dengan march apalagi Mirage yang sudah CVT latest gen Mitsu. Mesin juga payah, ketolong karena aslinya buat avanza jadi low torque nendang banget. kelegaan kabin nomor 1, makanya ini mobil buat saya agak ajaib, kenapa di Malaysia jadi seperti avanza-xenia di indo.
karena hasil dyno-nya aneh, torque dari rpm bawah sampe 2200 itu naiknya bagus terus tiba2 flat sampe rpm 3500 yang langsung naik terus ke rpm 4000. agak mirip dengan yaris bakpao tapi yaris masih agak mendingan. ditambah transmisi 4AT yang rationya lebih cocok untuk cruising daripada dalkot.
2. Nissan March, Tadinya sie mau ngambil yang tipe terendah tapi ternyata diskon yang Tipe XS cukup besar bisa sampe 30 juta. Akhirnya di cobalah nissan march xs ini. Kebetulan ada unit test drive buat tipe XS nya. Pas di coba, ternyata setir nya ringan, berbeda dengan avanza dan brio yang agak berat. Untuk akselerasi di putaran bawahnya lumayan tapi ketika di coba bejek, kecepatan sepertinya enggan untuk bertambah. Mungkin ini yang di bilang orang agak boyo. Untuk suspensi nissan march ini lebih empuk ketimbang sirion dan brio. Dan remnya terasa pakem, yang mungkin dah ada abs kali yah ..
suspensi march terbaik baik empuk maupun stability di kelas 1200cc. saya rasa lawan seimbangnya hanya brio itupun sebenernya dari dimensi brio itu cocoknya lawan picanto cs.
forget it, sampe tengah tahun ini, di dealer Suzuki di kota saya masih ada stok akhir tahun lalu.. dan tanpa diskon3. Suzuki celerio CVT, sangat sulit untuk menenukan dealer yang ada unit test drivenya akhirnya coret dari list![]()
![]()
kehebatan Honda dibuktikan disini, dimensi terkecil tapi paling laku di kelas 1200cc, dan telak banget pula. saya sampe bingung ini yg beli ini mobil kenapa ga beli citycar 1000cc saja? lebih murah toh dimensi lebih kecil. atau 1200cc lainnya yang dimensi lebih lega.4. Honda Brio satya CVt, Tadinya mau ambil yang satya CVT, tapi ternyata diskon yang tipe BRIO RS CVT juga cukup besar. Jadilah masuk pilihan dan coba untuk test drive. Satu hal yang jadi ganjalan adalah ruang baris kedua yang sempit dan bagasi yang lebih sempit di banding yang lainnya. Point plusnya transmisi CVT nya halus sekali dan pengendalian serta handlingnya lebih enak di banding yang lain. Namun karena faktor bagasi dan ruang belakang yang sempit. Akhirnya di coret dari list.
bisa pertimbangkan mirage, tapi karena saya user March jadi mungkin agak bias di review saya tahun ini pas rental mirage di Bali.
5. Karimun Wagon R Ags, Karena budgetnya dah dapat di kelas yang lebih atasnya, bukan LCGC. akhirnya di coret dari list.
Jadi tinggal lah head to head antara Daihatsu Sirion AT dan Nissan March XS AT.
sebenernya ada kontender lain, Etios tapi karena ga ada AT dan praktis mati suri jadi ya dicoret saja, padahal konon etios itu selain lega banget, mesin ga malu2in walau minim fitur dan looks luar dalem pas2an.
Immobilizer ada di March XS AT keatas, dan sejak awal ada karena dulu pertama keluar March XS AT 1200cc itu flagship sekarang flagship march itu di type 1500cc AT.Berikut faktor yang membuat ane masih bingung dalam menentukan pilihan
1. Immobilizer vs Abs+EBD+BA, sirion mempunyai immobilizer sedangkan March xs tidak ada. Namun march XS punya rem ABS+EBD+BA, sirion tidak. Jadi manakah yang lebih penting di antara keduanya ?![]()
kalau sirion all type ada.
kalau spare part pengalaman saya di march xs at 2012 sebelas dua belas dengan daitoyo setidaknya sampe km 40 ribu ya, malah dulu dibandingkan avanza 1.5S 2008 atau Yaris E AT 2008 ga ada beda banyak, kadang ada yang lebih mahal kadang ada yang lebih murah. issue soal part original mahal2 ini buat saya tidak relevan. tapi jangan dibandingkan dengan part KW atau alternatif ya karena DaiToyo jagonya urusan ginian, contoh sederhana: support mount shock depan yaris itu kw dari 100 ribu juga ada padahal originalnya 400 ribuan sebiji.2. Biaya Perawatan. Entah mengapa daihatsu hanya memberikan free service hanya sampai 1000 km saja, tidak seperti Xenia yang lebih panjang waktunya. sementara nissan memberikan free service sampai 10,000 km. Namun dengar - dengar biaya service nissan dan spare part nissan itu terkenal lebih mahal di banding daihatsu . apakah benar ? Tapi bukannya sirion itu CBu kan yah ? Apakah perlakuannya bisa murah juga untuk biaya service dan spare partnya ?
sirion untuk mesin gampang, tapi konon slow moving part yang sulit karena ga ada "temennya" dan dikit2 import. coba jalan2 ke user base sirion.
entah dengan sirion tapi penyakit umum march itu:3. Durability, menurut agan2 sekalian manakah yang durability lebih bagus dan lebih awet ?
1. bearing roda depan dan belakang = klaim ke beres pasti diganti. harga part sebiji untuk depan 300 ribuan, belakang 400 ribuan.
2. extra fan bearing obak = klaim ke beres pasti diganti. harga part assy sejutaan karena hanya ada assy fan + bearing + motor fan
3. evaporator AC bocor = klaim ke beres pasti diganti. harga part assy sejutaan juga tapi proses gantinya ribet karena lokasinya ada di tengah2 dashboard. jadi turun separoh setidaknya dan segala resiko bongkar pasangnya.
yang saya alami nomor 1 dan 3, dan menurut pantauan saya sejak facelift 2012 ke atas problem ini sudah berkurang banyak.
4. di market si brand value daihatsu lebih baik dari nissan, apalagi makin kesini.4. Harga jual kembali, menurut pengalaman agan antara daihatsu dan nissan lebih tinggi mana nilai jual kembalinya ?
5. Konsumsi BBM, manakah yang lebih irit? Kalo gw tanya salesnya masing2 jawabannya dah pasti jagoin produknya masing2.
Mohon masukannya antara pilihan 2 di atas mana yang lebih worthed di ambil ?
5. menurut saya mirip2, karena di bali sirion at vs mirage juga mirip2. tapi balik ke driving style.
saya amit2 ga kena loh penyakti fan, pun kalau kena karena ini sudah umum, di spesialis radiator sudah ada solusinya, tinggal bongkar fan ganti bearing, untungnya bongkarnya ternyata ga sesulit Juke/livina, ini masih bisa dengan buka bumper dan dari kolong ngambilnya.Yonatanw wrote:hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
untuk bearing roda, saya kenanya di belakang kiri kanan, depan aman2 saja, dan untuk alternatif spare part-nya sudah banyak di pasaran karena model bearingnya standard jadi bisa cari merek lain seperti skf. bahkan konon di pusat2 onderdil alat berat pun ada.

grandis_GT wrote:Vote for march , ambil 1.5 at warna biru , keren birunya trus karena akhir tahun kemungkinan cuci gudang.
March 1.5 AT diskonnya masih dikit om, gak sampe budgetnyasiirobodh wrote:1.5 ngga jadi disuntik mati kah ?grandis_GT wrote:Vote for march , ambil 1.5 at warna biru , keren birunya trus karena akhir tahun kemungkinan cuci gudang.
Kalo march 1.5 masih ada, jelas march dong,fiturnya kumplit

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
jgn karna march om ganti extra fan trus bilang itu dah penyakit pasti di semua march, punya saya nggak tuh, udah mau 5 taon bae2 aja.. bearing emang iya saya ganti blkg kiri tp itu jg ga mhal cuman 250 rb beli di atrium, sekalian beli shock blkg soalnya yg belakang kiri udah ada rembesan oliYonatanw wrote:hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
dari pengamatan saya ngga om, ini memang penyakit bawaan part-nya, bahkan salah satu bearing/extra fan/evap ada yang pernah klaim garansi sampai 2x. memang ga semuanya di satu mobil tapi ada aja yang kena lagi walaupun sudah pernah diklaim. dan menurut saya kualitas rakitan thailand sama aja dengan indo mungkin perasaan saja sama, lah kalau buka engine hood sama2 jelek kok itu sealant2 panel2 dan panel gap sama2 ga rata.pamangober wrote: Ini penyakit nissan march CKD yah om, harus nya sie yang 2014 masalah ini gak muncul karena sudah built up thailand berharap kualitas lebih baik
kalau pake nissan siap2 pusing dengan kualitas Beres yang ga merata juga jangan kaget dicemooh banyak user yg anti nissanpamangober wrote: Nah in dia ,sesepuh empunya nissan march bicara, thank share infonya. Sepertinya saya sudah condang ke march xs nie![]()
March 1.5 AT diskonnya masih dikit om, gak sampe budgetnya

sebenernya march 1.5 lebih worth loh om jauh banget, ada remote steer, speedometer beda dikit, auto retract mirror, foglamp, dan safety feature yang ga ada di kompetitornya: VSC. type XS itu jadi tanggung kesannya walau basic-nya sudah lengkap.
sama ni sok kiri belakang sampe sekarang belum ganti walau udah bocor dikit, anehnya masih enak2 aja bantingan dll, apa baal kali yaadrianwill wrote:
jgn karna march om ganti extra fan trus bilang itu dah penyakit pasti di semua march, punya saya nggak tuh, udah mau 5 taon bae2 aja.. bearing emang iya saya ganti blkg kiri tp itu jg ga mhal cuman 250 rb beli di atrium, sekalian beli shock blkg soalnya yg belakang kiri udah ada rembesan oli

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
oh, ok. sorry om.. salah berpendapat..adrianwill wrote:jgn karna march om ganti extra fan trus bilang itu dah penyakit pasti di semua march, punya saya nggak tuh, udah mau 5 taon bae2 aja.. bearing emang iya saya ganti blkg kiri tp itu jg ga mhal cuman 250 rb beli di atrium, sekalian beli shock blkg soalnya yg belakang kiri udah ada rembesan oliYonatanw wrote:hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
soalnya temen saya satu juga gt, dan waktu itu klaim garansi gampang banget dan SA-nya blg banyak yang komplain ini, kalau diluar masa garansi sebetulnya betulin gampang, cmn saya dulu masih garansi jadi sama mereka diganti baru. Kalau ga garansi, pas itu harganya sekitar 1,3 juta kalau ga salah..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Saya pemakai March XT AT Autech 2013, rasanya sudah pake immobilizer deh . . . itu system alarm yg mobil tidak bisa starter tanpa kunci remote asli kan? Sorry rada bolot soal beginian . . . hehehe
Kalo compare to Sirion sih March menang di suspension yg lebih soft tapi masih enak buat ngebut kok sampe 140-an. Sy sudah ordo 79km nga pernah ada masalah dr mesin, plg ganti laher dan motor fan ajah sama sudah ganti shock nya. Pengendalian bagus, setir ringan, rem pakem. Memang rpm menengah agak melempem . . tapi bejek ajah sampe 4000-5000 nanti tenaga nya ngisi lagi kok . . . pengalaman di Cipularang yg tanjakan itu.
Dua2 nya spacey buat kelasnya . . .tapi saya ngak suka desain buntut nya Sirion yg kurang oke menurut sayah . . .walupun depannya keren setelah edisi FL nya. Walaupun sama2 luas dalemnya, tapi tampak luar March lebih kompak dan stylish menurut saya. Orang ngak nyangka dalemnya lapang . . . krn luarnya mirip2 Brio, Mirage ataupun Mazda 2 yg lebih sempit. Bahkan kabin belakang Juke ajah lebih sempit drpd March.
Kalo compare to Sirion sih March menang di suspension yg lebih soft tapi masih enak buat ngebut kok sampe 140-an. Sy sudah ordo 79km nga pernah ada masalah dr mesin, plg ganti laher dan motor fan ajah sama sudah ganti shock nya. Pengendalian bagus, setir ringan, rem pakem. Memang rpm menengah agak melempem . . tapi bejek ajah sampe 4000-5000 nanti tenaga nya ngisi lagi kok . . . pengalaman di Cipularang yg tanjakan itu.
Dua2 nya spacey buat kelasnya . . .tapi saya ngak suka desain buntut nya Sirion yg kurang oke menurut sayah . . .walupun depannya keren setelah edisi FL nya. Walaupun sama2 luas dalemnya, tapi tampak luar March lebih kompak dan stylish menurut saya. Orang ngak nyangka dalemnya lapang . . . krn luarnya mirip2 Brio, Mirage ataupun Mazda 2 yg lebih sempit. Bahkan kabin belakang Juke ajah lebih sempit drpd March.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Yonatanw wrote:oh, ok. sorry om.. salah berpendapat..adrianwill wrote:jgn karna march om ganti extra fan trus bilang itu dah penyakit pasti di semua march, punya saya nggak tuh, udah mau 5 taon bae2 aja.. bearing emang iya saya ganti blkg kiri tp itu jg ga mhal cuman 250 rb beli di atrium, sekalian beli shock blkg soalnya yg belakang kiri udah ada rembesan oliYonatanw wrote:hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
soalnya temen saya satu juga gt, dan waktu itu klaim garansi gampang banget dan SA-nya blg banyak yang komplain ini, kalau diluar masa garansi sebetulnya betulin gampang, cmn saya dulu masih garansi jadi sama mereka diganti baru. Kalau ga garansi, pas itu harganya sekitar 1,3 juta kalau ga salah..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
Motor extra fan harganya antara 650-950 ribu di Dutamas Fatmawati (motor doang bukan assy). Ada yg thailand punya ada yg Nissan ori. Motor fan nya sebenarnya bagus, hanya lemah di bearingnya saja karena fan ini kerja extra utk radiator sekaligus utk AC (hanya satu kipas di mobil). Utk yg sering macet2 an dan full ac, mmg cenderung beresiko bearing nya oblak krn jam terbang/pakai. Selama 79ribu km sy sdh ganti 2x memang tapi masih garansi dealer saat 2x rusak.
Nissan cukup murah hari kok soal penggantian part gratis. Pernah ane ngeluh shock depan udah lemah, eh sama Nissan PI diganti komplit 4 biji depan blkg tuh. Bahkan pernah servis rutin bolos sekali (dilewatin), tapi sama management Nissan masih diijinkan pengantian part gratis waktu itu. Puaslah sama aftersales Nissan, selama ini ane servis di 3 cabang nissan . . .semua ngak pernah ada komplain.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Thu Oct 06, 2016 6:20
Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
kunaskun wrote: sebenernya march 1.5 lebih worth loh om jauh banget, ada remote steer, speedometer beda dikit, auto retract mirror, foglamp, dan safety feature yang ga ada di kompetitornya: VSC. type XS itu jadi tanggung kesannya walau basic-nya sudah lengkap.
Hanggar wrote:Saya pemakai March XT AT Autech 2013, rasanya sudah pake immobilizer deh . . . itu system alarm yg mobil tidak bisa starter tanpa kunci remote asli kan? Sorry rada bolot soal beginian . . . hehehe
March xs yang sekarang sudah ada remote steer sama foglamp namun immobilizer nya di hilangkan. Btw, beres nissan yang bagus di mana yah ?Hanggar wrote: Motor extra fan harganya antara 650-950 ribu di Dutamas Fatmawati (motor doang bukan assy). Ada yg thailand punya ada yg Nissan ori. Motor fan nya sebenarnya bagus, hanya lemah di bearingnya saja karena fan ini kerja extra utk radiator sekaligus utk AC (hanya satu kipas di mobil). Utk yg sering macet2 an dan full ac, mmg cenderung beresiko bearing nya oblak krn jam terbang/pakai. Selama 79ribu km sy sdh ganti 2x memang tapi masih garansi dealer saat 2x rusak.
Nissan cukup murah hari kok soal penggantian part gratis. Pernah ane ngeluh shock depan udah lemah, eh sama Nissan PI diganti komplit 4 biji depan blkg tuh. Bahkan pernah servis rutin bolos sekali (dilewatin), tapi sama management Nissan masih diijinkan pengantian part gratis waktu itu. Puaslah sama aftersales Nissan, selama ini ane servis di 3 cabang nissan . . .semua ngak pernah ada komplain.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
pamangober wrote:kunaskun wrote: sebenernya march 1.5 lebih worth loh om jauh banget, ada remote steer, speedometer beda dikit, auto retract mirror, foglamp, dan safety feature yang ga ada di kompetitornya: VSC. type XS itu jadi tanggung kesannya walau basic-nya sudah lengkap.Hanggar wrote:Saya pemakai March XT AT Autech 2013, rasanya sudah pake immobilizer deh . . . itu system alarm yg mobil tidak bisa starter tanpa kunci remote asli kan? Sorry rada bolot soal beginian . . . heheheMarch xs yang sekarang sudah ada remote steer sama foglamp namun immobilizer nya di hilangkan. Btw, beres nissan yang bagus di mana yah ?Hanggar wrote: Motor extra fan harganya antara 650-950 ribu di Dutamas Fatmawati (motor doang bukan assy). Ada yg thailand punya ada yg Nissan ori. Motor fan nya sebenarnya bagus, hanya lemah di bearingnya saja karena fan ini kerja extra utk radiator sekaligus utk AC (hanya satu kipas di mobil). Utk yg sering macet2 an dan full ac, mmg cenderung beresiko bearing nya oblak krn jam terbang/pakai. Selama 79ribu km sy sdh ganti 2x memang tapi masih garansi dealer saat 2x rusak.
Nissan cukup murah hari kok soal penggantian part gratis. Pernah ane ngeluh shock depan udah lemah, eh sama Nissan PI diganti komplit 4 biji depan blkg tuh. Bahkan pernah servis rutin bolos sekali (dilewatin), tapi sama management Nissan masih diijinkan pengantian part gratis waktu itu. Puaslah sama aftersales Nissan, selama ini ane servis di 3 cabang nissan . . .semua ngak pernah ada komplain.
Kalau di Jaksel sih kata temen2 klub itu di Pejaten dan di Jakbar yg Kebon Jeruk, krn ada fasilitas body repairnya Nissan disituh. Tapi menurut saya Nissan Pondok Indah yg paling oke servis advisornya.
Yg sudah saya coba sih Nissan Depok, Pejaten, Pondok Indah dan Nissan TB Simatupang (paling gede bengkelnya).
Urusan immobilizer ini ribet kalau remote hilang, rusak atau cuman sekedar baterenya habis. Tetep harus urusan ke beres. Saya dapet 2 remote key sih waktu beli, tapi yg cadangan itu ngak pernah dipake dan katanya mesti diapain dulu gituh sblm bisa dipake sbg pengganti . . . .ane dah lupa penjelasan salesnya waktu itu . . . . hahahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
eh iya ya barusan cek di web, namanya XS jadi HIGH AT dan ga ada keterangan immobilizer hanya keyless entry.pamangober wrote:
March xs yang sekarang sudah ada remote steer sama foglamp namun immobilizer nya di hilangkan. Btw, beres nissan yang bagus di mana yah ?
beres nissan yang oke itu di MPM Auto Alam sutera kata temen, dulu waktu saya masih di jkt saya cobain yang oke di daan mogot dan jalan panjang. kalau yang di puri itu terkenal berantakan dan saya pribadi pernah beli spare part disitu yang ngelayanin gitu d

kalau di XS 2012 saya cuma dikasi satu kunci yg built in remote, satu lagi hanya anak kunci saja, penggantian baterai kayanya belum pernah padhal sudah 4 tahun (ini aja baru keinget ganti aja d daripada tar tiba2 soakHanggar wrote:pamangober wrote:kunaskun wrote: sebenernya march 1.5 lebih worth loh om jauh banget, ada remote steer, speedometer beda dikit, auto retract mirror, foglamp, dan safety feature yang ga ada di kompetitornya: VSC. type XS itu jadi tanggung kesannya walau basic-nya sudah lengkap.Hanggar wrote:Saya pemakai March XT AT Autech 2013, rasanya sudah pake immobilizer deh . . . itu system alarm yg mobil tidak bisa starter tanpa kunci remote asli kan? Sorry rada bolot soal beginian . . . heheheHanggar wrote:
Kalau di Jaksel sih kata temen2 klub itu di Pejaten dan di Jakbar yg Kebon Jeruk, krn ada fasilitas body repairnya Nissan disituh. Tapi menurut saya Nissan Pondok Indah yg paling oke servis advisornya.
Yg sudah saya coba sih Nissan Depok, Pejaten, Pondok Indah dan Nissan TB Simatupang (paling gede bengkelnya).
Urusan immobilizer ini ribet kalau remote hilang, rusak atau cuman sekedar baterenya habis. Tetep harus urusan ke beres. Saya dapet 2 remote key sih waktu beli, tapi yg cadangan itu ngak pernah dipake dan katanya mesti diapain dulu gituh sblm bisa dipake sbg pengganti . . . .ane dah lupa penjelasan salesnya waktu itu . . . . hahahaha

untuk anak kunci saja memang ga bisa buat engine start karena ga ada chip immobilizer, jadi untuk prosedur buka tutup pintu bisa, untuk start pake anak kunci sambil dekatkan kunci yang ada remote-nya agar bisa detek immobilizer-nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
@Paman Gober, saya juga pernah dilema diantara 2 pilihan ini (Nissan March Vs Daihatsu Sirion), cuma saya dulu cari yang sekenan om (mampunya beli seken).
Akhirnya kepilih Nissan March XS a/t 2011 warna putih
1. Lebih lega dari sirion
2. Mesin lebih lelet (sengaja karena yang bawa cewek) dari sirion
3. Paling nyaman suspensinya dari sirion
4. AC lebih dingin dari sirion
5. Setir lebih ringan dari sirion
Dan dapat unit yang bagus jadi gak merongrong. Ekspektasi istri saya yang pake ini mobil merasa puas Om.
Akhirnya kepilih Nissan March XS a/t 2011 warna putih
1. Lebih lega dari sirion
2. Mesin lebih lelet (sengaja karena yang bawa cewek) dari sirion
3. Paling nyaman suspensinya dari sirion
4. AC lebih dingin dari sirion
5. Setir lebih ringan dari sirion
Dan dapat unit yang bagus jadi gak merongrong. Ekspektasi istri saya yang pake ini mobil merasa puas Om.

"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: RE: Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
saya blm pernah beli sendiri di luar beres sih.. cmn tempo hari info dari SA saja..Hanggar wrote:Yonatanw wrote:oh, ok. sorry om.. salah berpendapat..adrianwill wrote:
jgn karna march om ganti extra fan trus bilang itu dah penyakit pasti di semua march, punya saya nggak tuh, udah mau 5 taon bae2 aja.. bearing emang iya saya ganti blkg kiri tp itu jg ga mhal cuman 250 rb beli di atrium, sekalian beli shock blkg soalnya yg belakang kiri udah ada rembesan oli
soalnya temen saya satu juga gt, dan waktu itu klaim garansi gampang banget dan SA-nya blg banyak yang komplain ini, kalau diluar masa garansi sebetulnya betulin gampang, cmn saya dulu masih garansi jadi sama mereka diganti baru. Kalau ga garansi, pas itu harganya sekitar 1,3 juta kalau ga salah..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
Motor extra fan harganya antara 650-950 ribu di Dutamas Fatmawati (motor doang bukan assy). Ada yg thailand punya ada yg Nissan ori. Motor fan nya sebenarnya bagus, hanya lemah di bearingnya saja karena fan ini kerja extra utk radiator sekaligus utk AC (hanya satu kipas di mobil). Utk yg sering macet2 an dan full ac, mmg cenderung beresiko bearing nya oblak krn jam terbang/pakai. Selama 79ribu km sy sdh ganti 2x memang tapi masih garansi dealer saat 2x rusak.
Nissan cukup murah hari kok soal penggantian part gratis. Pernah ane ngeluh shock depan udah lemah, eh sama Nissan PI diganti komplit 4 biji depan blkg tuh. Bahkan pernah servis rutin bolos sekali (dilewatin), tapi sama management Nissan masih diijinkan pengantian part gratis waktu itu. Puaslah sama aftersales Nissan, selama ini ane servis di 3 cabang nissan . . .semua ngak pernah ada komplain.
IMHO, yang didapat dari march, tapi ga ada di mobil lain mnrt saya posisi duduk dan jok yang enak sekali..
Mobil pendek tapi posisi duduk bisa commanding dan jok yang ga bikin punggung capek meski puter2 kota seharian. Jadi untuk setir santai sangat enak, didukung ac yang super dingin dan setir yang ringan.. bener2 tanpa beban.
Mesin yang halus di putaran bawah (rpm 2000-3000) tambah mendukung untuk menikmati perjalanan santai.
Untuk suspensi cenderung keras mnrt saya, tapi bagusnya mobil ini stabil. kalau lewat jalan rusak masih lebih goyang jazz GE saya. Kestabilan untuk jalan lurus bagus sekali, pernah lariin 165+km/h di tol juanda ban masih kerasa lengket di aspal (rpm belum 6). Mnrt saya di kecepatan segitu yang mengganggu suara mesin yang meraung raung dan MID yang nunjukin bensin 7km/l. Untuk body roll mulai kerasa ga enak di kecepatan 80, belok limbung dan bagian belakang mobil ngebuang sekali.
overall, a very nice car.. Kalau ga ada baby tempo hari bakal saya pertahankan mobil ini..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
kunaskun wrote:sama ni sok kiri belakang sampe sekarang belum ganti walau udah bocor dikit, anehnya masih enak2 aja bantingan dll, apa baal kali yapamangober wrote: Ini penyakit nissan march CKD yah om, harus nya sie yang 2014 masalah ini gak muncul karena sudah built up thailand berharap kualitas lebih baik
lah om sama kek saya wkwkk, itu shock belakang kiri ada beler saya juga ga nyadar, dipakenya masih enak2 kek ga bocor, malah tambah empuk rasanya, cuman klo di tol yg bumpy jd terlalu ngayun berasanya.
klo ga dikasih tau montir shock beler saya juga ga tau om hahaha, malah abis ganti shock blkg jd berasa keras om aplg klo lewat poldur yg tajem2, jd pengen ganti balik ke shock yg lama soalnya empuk, cuman klo di tol jd lbh anteng sejak ganti shock blkg ini
Last edited by adrianwill on Tue Nov 15, 2016 20:02, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Yonatanw wrote:oh, ok. sorry om.. salah berpendapat..adrianwill wrote:jgn karna march om ganti extra fan trus bilang itu dah penyakit pasti di semua march, punya saya nggak tuh, udah mau 5 taon bae2 aja.. bearing emang iya saya ganti blkg kiri tp itu jg ga mhal cuman 250 rb beli di atrium, sekalian beli shock blkg soalnya yg belakang kiri udah ada rembesan oliYonatanw wrote:hahaha.. ketahanannya emang issue.. Mnrt saya garansinya itu penting. (ganti part di beres, digaransi ulang 1 tahun).
extra fan sama bearing 4 roda itu uda penyakit pasti..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
soalnya temen saya satu juga gt, dan waktu itu klaim garansi gampang banget dan SA-nya blg banyak yang komplain ini, kalau diluar masa garansi sebetulnya betulin gampang, cmn saya dulu masih garansi jadi sama mereka diganti baru. Kalau ga garansi, pas itu harganya sekitar 1,3 juta kalau ga salah..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk
iya om klo di beres mainnya ganti 1 set jd mhal, klo di bengkel biasa cuman dibetulin yg rusak( diakalin)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: RE: Re: RE: Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
nah bener, seating position + handling prima + ac dingin = kombinasi sempurna mobil dalkot. mesin dan transmisi kalau cruising di kecepatan 40-120 itu enak banget, jadi tampang mobil kota tapi aslinya malah mobil jarak medium. bener2 ga nyambung si nissan indoYonatanw wrote:
IMHO, yang didapat dari march, tapi ga ada di mobil lain mnrt saya posisi duduk dan jok yang enak sekali..
Mobil pendek tapi posisi duduk bisa commanding dan jok yang ga bikin punggung capek meski puter2 kota seharian. Jadi untuk setir santai sangat enak, didukung ac yang super dingin dan setir yang ringan.. bener2 tanpa beban.
Mesin yang halus di putaran bawah (rpm 2000-3000) tambah mendukung untuk menikmati perjalanan santai.
Untuk suspensi cenderung keras mnrt saya, tapi bagusnya mobil ini stabil. kalau lewat jalan rusak masih lebih goyang jazz GE saya. Kestabilan untuk jalan lurus bagus sekali, pernah lariin 165+km/h di tol juanda ban masih kerasa lengket di aspal (rpm belum 6). Mnrt saya di kecepatan segitu yang mengganggu suara mesin yang meraung raung dan MID yang nunjukin bensin 7km/l. Untuk body roll mulai kerasa ga enak di kecepatan 80, belok limbung dan bagian belakang mobil ngebuang sekali.
overall, a very nice car.. Kalau ga ada baby tempo hari bakal saya pertahankan mobil ini..
Sent from my SM-J510FN using Tapatalk

untuk perbaiki rasa ngebuang di belakang saya pasang anti sway bar di belakang, karena ternyata torsion beam untuk suspensi belakang itu hanya selempeng besi ditekuk jadi kurang solid kalau menurut bengkel spooring langganan, saya cek sendiri juga begitu, setelah pasang eh bener nolong banyak. untuk depan saya belum pasang karena mengganggu akses ke ruang mesin.
ya pastilah karena soknya sudah ga bekerja jadi per aja yang jalan makanya jadi empukadrianwill wrote: lah om sama kek saya wkwkk, itu shock belakang kiri ada beler saya juga ga nyadar, dipakenya masih enak2 kek ga bocor, malah tambah empuk rasanya, cuman klo di tol yg bumpy jd terlalu ngayun berasanya.
klo ga dikasih tau montir shock beler saya juga ga tau om hahaha, malah abis ganti shock blkg jd berasa keras om aplg klo lewat poldur yg tajem2, jd pengen ganti balik ke shock yg lama soalnya empuk, cuman klo di tol jd lbh anteng sejak ganti shock blkg ini

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Perawakan ane yg jumbo (tinggi 180cm, weight 112kg) ajah nyaman bener bawa March bini ane . . . stir ringan, AC duingin . . .sasis dan suspensi oke banget. Bbrp kali saya pacu sampe 130km/jam di fly over antasari, jaksel . . . masih mumpuni suspensinya. Walaupun karakternya kalo kena lubang di jalan . . . kecil ajah . . suara bantingannya mayan banteer . . . hehehe.
Harian yg muacet pool konsumsi bensin msh dapet 1:9, rekor lurkot Jkt-Bandung-jkt liwat tol itu 1:21,5 km/liter. Mesin sudah 79 ribu km nga pernah ada masalah pada mesin . . . selalu pake shell vpower dr baru dan oli regular ganti tiap 5000km.
Harian yg muacet pool konsumsi bensin msh dapet 1:9, rekor lurkot Jkt-Bandung-jkt liwat tol itu 1:21,5 km/liter. Mesin sudah 79 ribu km nga pernah ada masalah pada mesin . . . selalu pake shell vpower dr baru dan oli regular ganti tiap 5000km.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed May 20, 2009 15:11
- Location: Jakarta
Re: Tinggal 2 pilihan antara Nissan MArch XS dan Daihatsu Sirion AT. Namun paman gober pun masih bingung
Saya pengguna Nissan March 1.2 At STD 2014
betul yang disampaikan para penggunan yang lain, setir enteng, AC dingin, Handling cukup OK, Jok yang pas ngga bikin pegel klo lagi nyetir jauh,
untuk yang dibilang getaran dan bunyi mesin horor sih menurut saya masih dalam batas wajar koq, masih lebih ok dibanding 3 Silindernya xenia, atau agya menurut saya. kelemahan mobil ini satu sih menurut saya powernya...kayaknya dia lebih pas di 1.5nya sepertinya lebih asik.
saran saya sih mending cari secondnya yang 1.5 saja, lebih worth cari pelan2 saja, sebelum deal bawa dulu ke Bengkel resmi nissan buat general checkup
Rute karang tangah - Cimanggis depok (berangkat jam 7 pagi pulang jam stengah 6 sore) setiap hari bbm pakai shell super AVG di MID sih 14.4km/L
buat luar kota juga masih ok Jakarta-Sidoarjo 1:23km/L jalan santai
pernah Jakarta - semarang di gas pol rem pol masih juga 1 : 18km/L masih bisa dapat juga.
semoga bisa membantu paman gober
betul yang disampaikan para penggunan yang lain, setir enteng, AC dingin, Handling cukup OK, Jok yang pas ngga bikin pegel klo lagi nyetir jauh,
untuk yang dibilang getaran dan bunyi mesin horor sih menurut saya masih dalam batas wajar koq, masih lebih ok dibanding 3 Silindernya xenia, atau agya menurut saya. kelemahan mobil ini satu sih menurut saya powernya...kayaknya dia lebih pas di 1.5nya sepertinya lebih asik.
saran saya sih mending cari secondnya yang 1.5 saja, lebih worth cari pelan2 saja, sebelum deal bawa dulu ke Bengkel resmi nissan buat general checkup
Rute karang tangah - Cimanggis depok (berangkat jam 7 pagi pulang jam stengah 6 sore) setiap hari bbm pakai shell super AVG di MID sih 14.4km/L
buat luar kota juga masih ok Jakarta-Sidoarjo 1:23km/L jalan santai
pernah Jakarta - semarang di gas pol rem pol masih juga 1 : 18km/L masih bisa dapat juga.
semoga bisa membantu paman gober
