Soal peraturan DRL di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
kayaknya lebih penting untuk motor dibikin headlamp wajib nyala tapi ga bisa highbeam terus2an, saklarnya dim nya dibuat mati ketika tidak dipencet. jadi wajib tahan tombolnya supaya dim tetap nyala. hampir semua biker di indo sekarang nyalain highbeam terus, bikin silau pengemudi lawan arah dan ketika mereka persis dibelakang mobil. apalagi kalo pake headlamp warna putih. dan untuk lampu belakang, banyak biker yg sengaja matiin lampu belakangnya, jadi kalo malem ga keliatan apa2 padahal headlamp mereka nyala. ini bukan lampu belakang putus, tapi jelas disengaja karena banyak banget yg seperti ini dan bahkan motor2 baru juga. better kalo ada razia motor para polisi juga diwajibkan razia lampu belakang ini...
kalo kedua aturan ini udah diterapkan, motor ga perlu lagi pake DRL karena malah rawan jadi bahan untuk gaya, pasang DRL yg overbright, dan malah bikin silau. headlamp nyala aja udah cukup.
dan untuk mobil, harusnya hukumnya tetep wajib headlamp nyala biarpun ada DRL dan foglamp yg sudah terang. karena kalo posisi mobil persis dibelakang, DRL dan foglamp kadang ga keliatan dari spion tengah karena terhalang pintu belakang..
kalo kedua aturan ini udah diterapkan, motor ga perlu lagi pake DRL karena malah rawan jadi bahan untuk gaya, pasang DRL yg overbright, dan malah bikin silau. headlamp nyala aja udah cukup.
dan untuk mobil, harusnya hukumnya tetep wajib headlamp nyala biarpun ada DRL dan foglamp yg sudah terang. karena kalo posisi mobil persis dibelakang, DRL dan foglamp kadang ga keliatan dari spion tengah karena terhalang pintu belakang..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
kalo di belakang, dan berwarna merah, bukannya masih disebut sbg tail lamp ya? kalo ada yg pake warna putih, kebangetan itu...private0809 wrote:drl belakang macem ANF kali yafizrmen wrote:
jgn lah drl di blkg wkwkw.... saya udh ktm brp kali mobil pake drl di belakang... itu silau nya minta ampun
mungkin maksud ts, motor kan wajib nyalain lampu siang malam, kenapa mobil tidak. mungkin krn mobil itu kan bentuknya udah besar, jd lebih kelihatan sosoknya. jd hanya wajib di malam hari ato kondisi tertentu, boleh lampu kota, lampu senja, dan skrg ada pilihan drl, yg lebih keren...
Masalahnya dari kalimat undang undangnya om, UU LLAJ 2009 pasal 107:
(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Setau ane yg nyala di belakang dan silau itu fog lamp.
Dan fungsinya memang utk positioning lamp disaat kabut/hujan deras, jadi memang harus silau.
Dan di buku panduan ditulis jelas, hanya boleh dinyalain saat kabut/hujan deras. Di mid pun indikatornya warna kuning
Drl vs headlamp, buat ane kok beda fungsi
Drl memang dibuat silau (banyak glare), jadi waktu siang masih kelihatan karena dia sbg positioning lamp.
Sedangkan headlamp dibuat fokus, dengan sedikit glare, fungsinya buat ngeliat jalan.
Kalau siang nyalain headlamp hid/led ya percuma
CMIIW
Dan fungsinya memang utk positioning lamp disaat kabut/hujan deras, jadi memang harus silau.
Dan di buku panduan ditulis jelas, hanya boleh dinyalain saat kabut/hujan deras. Di mid pun indikatornya warna kuning
Drl vs headlamp, buat ane kok beda fungsi
Drl memang dibuat silau (banyak glare), jadi waktu siang masih kelihatan karena dia sbg positioning lamp.
Sedangkan headlamp dibuat fokus, dengan sedikit glare, fungsinya buat ngeliat jalan.
Kalau siang nyalain headlamp hid/led ya percuma
CMIIW
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 552
- Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
- Location: B A N D U N G
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
simple aja kl menurut saya:
1. motor wajib lampu utama demi dan hanya demi faktor safety si motor itu sendiri. sudah dijelaskan diatas krn masalah motor seringkali blindspot atau kurang terlihat karena ukurannya yang kecil.
2. mobil gak wajib? dalam keadaan siang hari, cuaca cerah, sampai saat ini dianggap masih terlihat.
3. DRL wajib untuk mobil? ya sebaiknya untuk safety, kedepannya perlu juga dipertimbangkan. Tapi, pls DRL adalah DRL, alias ya untuk siang-siang, jangan kayak DRL murahan yang siang-malem terangnya sama, bikin silau cingggg kalo malem.
4. setuju itu kalo bisa highbeam nya motor jgn dibikin permanent. banyak wong naik motor yang gileeee, nembak terus lampunya.. utk beberapa lampu utama motor juga menurut saya di setting terlalu tinggi, terutama motor2 spt tiger, megapro, thunder, dan sejenisnya.
1. motor wajib lampu utama demi dan hanya demi faktor safety si motor itu sendiri. sudah dijelaskan diatas krn masalah motor seringkali blindspot atau kurang terlihat karena ukurannya yang kecil.
2. mobil gak wajib? dalam keadaan siang hari, cuaca cerah, sampai saat ini dianggap masih terlihat.
3. DRL wajib untuk mobil? ya sebaiknya untuk safety, kedepannya perlu juga dipertimbangkan. Tapi, pls DRL adalah DRL, alias ya untuk siang-siang, jangan kayak DRL murahan yang siang-malem terangnya sama, bikin silau cingggg kalo malem.
4. setuju itu kalo bisa highbeam nya motor jgn dibikin permanent. banyak wong naik motor yang gileeee, nembak terus lampunya.. utk beberapa lampu utama motor juga menurut saya di setting terlalu tinggi, terutama motor2 spt tiger, megapro, thunder, dan sejenisnya.
B6133PJO
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Sebagus2nya sistem safety preventif kendaraan, balik lagi ke drivernya om. Seberapa besar fokus dan effort dia untuk konsentrasi mengawasi blind spotnya. Mau pake full sensor 360 derajat, Drl dsb, kalo yg nyetir sambil rokokan ato maen hp, setel musik keras2 hingga tidak sadar keadaan sekitar ya sama aja boong. Tesla aja gara2 supirnya songong mentang2 ada autopilot, begitu lengah bisa nabrak, mati pulak.
Aku sendiri liat mobil ada DRL maupun tidak ga begitu pengaruh. Mungkin di amrik ngaruh coz jalannya lurus2 dan sepi, tapi kalo disini rasanya engga.
Tidak ada sistem safety yg paling manjur untuk selamatkan kita dari driver2 idi*t, kecuali skill kita sendiri.
Aku sendiri liat mobil ada DRL maupun tidak ga begitu pengaruh. Mungkin di amrik ngaruh coz jalannya lurus2 dan sepi, tapi kalo disini rasanya engga.
Tidak ada sistem safety yg paling manjur untuk selamatkan kita dari driver2 idi*t, kecuali skill kita sendiri.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Dlr nambah beban aki motor ga tuh?
Kasihan juga kalau dlr cepat rusak sama aki juga cepat rusak
Ya liatin aja tuh motor yg
Motornya hitam
Helm hitam
Jaket hitam
Celana gelap
Lupa nyalain lampu pula
Di jalanan minim cahaya
Cuma sama aja sama mobil
Udah cat hitam
Kaca gelap total
Lupa nyalain lampu juga
Bikin capek tuh 2-2nya
Lom lagi yg suka nyalip sama ngebut di blind spot
Cakep!!! Bikin jantungan
Kasihan juga kalau dlr cepat rusak sama aki juga cepat rusak
Ya liatin aja tuh motor yg
Motornya hitam
Helm hitam
Jaket hitam
Celana gelap
Lupa nyalain lampu pula
Di jalanan minim cahaya
Cuma sama aja sama mobil
Udah cat hitam
Kaca gelap total
Lupa nyalain lampu juga
Bikin capek tuh 2-2nya
Lom lagi yg suka nyalip sama ngebut di blind spot
Cakep!!! Bikin jantungan

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
bukannn wkwkwk, kayak DRL yaris.... bedanya taro di blkg... dan kalo malem ga ngeredupprivate0809 wrote:drl belakang macem ANF kali yafizrmen wrote:jgn lah drl di blkg wkwkw.... saya udh ktm brp kali mobil pake drl di belakang... itu silau nya minta ampunsaridin wrote:jangan diwajibkan lah, ntar jd makanan tambahan buat pak pol......
sy termasuk yg tdk tertarik pasang drl, orang yg bawaan asli mobil saja bbrp design-nya gak nge-blend gitu. selain itu, drl ini cuma ada di depan ya?, jadi masih ada potensi tdk di-aware dari belakang. nyalain lampu kota kyknya lebih aman...
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Drl nambah beban accu minim dan pasti udah diitung. Mobil biasa dikasi drl aja ngga tekor. Lagian led drl kecil banget, paling kisaran 5w satu sisi. Saya pernah jual yang terang led cob plasma sepanjang 20cm itu satu sisi 7w.
Aki bawaan dikasih beban segitu dipanjer kalo setengah hari masih kuat start. Apalagi kalo nyala, yang nopang listriknya alternator.
Sent from my m2 using Tapatalk
Aki bawaan dikasih beban segitu dipanjer kalo setengah hari masih kuat start. Apalagi kalo nyala, yang nopang listriknya alternator.
Sent from my m2 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Pembahasan yg cukup menarik..
Yg oe tau asal muasal DRL ya dari european country..
Dan semata-mata demi safety purpose.
Tapi since ini endonesah, jadi ya sah2 aja kalo mau pasang DRL apapun & dimanapun..
Karena disini kebanyakan orang punya prinsip "lebih baik mengikuti keadaan di sekitarnya daripada jalan di jalur yg berbeda tapi bakal di jauhi & di anggap remeh sama sekitarnya. Padahal yg ada di sekitarnya tidak benar atau bahkan salah total"

Yg oe tau asal muasal DRL ya dari european country..
Dan semata-mata demi safety purpose.
Tapi since ini endonesah, jadi ya sah2 aja kalo mau pasang DRL apapun & dimanapun..

Karena disini kebanyakan orang punya prinsip "lebih baik mengikuti keadaan di sekitarnya daripada jalan di jalur yg berbeda tapi bakal di jauhi & di anggap remeh sama sekitarnya. Padahal yg ada di sekitarnya tidak benar atau bahkan salah total"

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Waktu ke eropa sih, sewa V70, dia posisi lampu di auto sih...dan nyala trus...uniknya ada switch buat pindah nyala foglamp atau headlamp..
Drl silaunya masih oke...lebih silau rotator polisi yang dinyalain tanpa keperluan apapun...
Drl silaunya masih oke...lebih silau rotator polisi yang dinyalain tanpa keperluan apapun...
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Mau nanya lagi nih... DRL itu sebenarnya boleh dimatiin gk sih? Temen ane punya miras cepot ada tombol on off DRL....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
pasang drl di belakang? sudah pernah kelilipan sambel oom? mau nyoba?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
boleh2 aja om kalo di Indo, suka liat mobil2 yang pake DRL ama yang punya dimatiin DRL nya..anrico17 wrote:Mau nanya lagi nih... DRL itu sebenarnya boleh dimatiin gk sih? Temen ane punya miras cepot ada tombol on off DRL....
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Ya boleh aja kan blm ada aturan yg mewajibkan nyalain DRL...anrico17 wrote:Mau nanya lagi nih... DRL itu sebenarnya boleh dimatiin gk sih? Temen ane punya miras cepot ada tombol on off DRL....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Kalo ketemu yang pasang drl di belakang dan bikin silau, kasih high beam aja om biar sama-sama silaumarmut wrote:pasang drl di belakang? sudah pernah kelilipan sambel oom? mau nyoba?

Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
setuju, paling sebel juga dengan strobo rotator polisi yg biru itu, silau pol dan bikin sakit mata banget...nyotnyet wrote:Waktu ke eropa sih, sewa V70, dia posisi lampu di auto sih...dan nyala trus...uniknya ada switch buat pindah nyala foglamp atau headlamp..
Drl silaunya masih oke...lebih silau rotator polisi yang dinyalain tanpa keperluan apapun...
lebih ga seneng lagi dengan pajero/fortuner yg sok2an pasang running LED biru di kap atau di dalem windshield, dari jauh liat spion tengah kirain mobil polisi, ternyata bukan. apalagi kalo sambil nembak2 lampu dim minta jalan. bener2 arogan. biasanya sih, malah ane kerjain. sengaja ane halangin jalannya, spion tengah setel nightmode, pelan2 aja lanehogging. kalo dia pindah jalur, tutupin terus.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.
Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.
Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.
Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.
Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang..

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
- Location: medan
Re: RE: Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Sepertinya mobil kita sama Om, hehehegeofreyap wrote:Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.
Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.
Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.
Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.
Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang..
Ane mlh takut nyalain itu foglamp belakang klo jln dlm kota karena lebih terang dri lampu belakang takut pengendara belakang jd gk sadar lampu rem ane nyala.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Thu Mar 28, 2013 13:42
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Saya kurang sepakat om meskipun foglamp tersebut lokasinya dibawah tapi tetep aja menyilaukangeofreyap wrote:Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.
Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.
Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.
Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.
Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang..
Lagipula selama cuaca cerah di dalem kota lampu senja belakang itu sudah cukup bikin aware pengemudi disekitar selama gak di ganti lampu yg aneh aneh (led abal abal yg redup)
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
DRL + autolamp itu wajib,... Coz flicking headlamp switch will make you loose 1 grams of fat juice,... 

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
Sama ya om mobilnya ? Hehehe..ceiszha wrote:Sepertinya mobil kita sama Om, hehehegeofreyap wrote:Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.
Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.
Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.
Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.
Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang..
Ane mlh takut nyalain itu foglamp belakang klo jln dlm kota karena lebih terang dri lampu belakang takut pengendara belakang jd gk sadar lampu rem ane nyala.
Kalo soal ngerem, sbenernya ada third brake lamp yg ada di balik kaca sih.. Jadi seharusnya tidak membingungkan..
But anw, oe sudah mulai coba hilangkan cara ini..
Oe mencoba positif aja, tidak akan di senggol / tabrak oleh motor [lagi]..

Ya, oe sudah mulai kurangi kebiasaan ini..Spike71 wrote:Saya kurang sepakat om meskipun foglamp tersebut lokasinya dibawah tapi tetep aja menyilaukangeofreyap wrote:Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.
Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.
Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.
Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.
Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang..
Lagipula selama cuaca cerah di dalem kota lampu senja belakang itu sudah cukup bikin aware pengemudi disekitar selama gak di ganti lampu yg aneh aneh (led abal abal yg redup)
Sempat terpikir bulb oem nya oe ganti dengan wattage yg lebih kecil & oe sudah pernah coba.
Memang hasilnya memuaskan. Foglamp tetap menyala tapi dengan intensitas cahaya yg jauh lebih redup sehingga fungsinya pun berubah dari yg foglamp menjadi positioning lamp. Di mata pun nyaman.
Tapi oe memutuskan tidak jadi ganti. Karena oe pikir pengendara motor disini lah yg harus berubah attitude nya, bukan oe yg mengikuti arus mereka.
Jadi ya sperti itulah kira2. Oe sudah mulai kurangi & mencoba berpikir positif bahwa bumper oe seharusnya tidak perlu lecet & dent.

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
di indo si ga ada kaya ginian, pejabatnya aja ane rasa ga ngerti, kalau ngerti ga ada namanya tuh lampu merah tumpang tindih kualitas terangnya, ga ada namanya abis bikin jalan ga dibikinin marka jalan
atau tindakan tegas ke yang pake HID abal2
tapi DRL itu emang bagus dan baik tujuannya, pernah baca dimana, hasil riset membuktikan DRL menaikkan awareness sekian puluh persen dan berkorelasi mengurangi tingkat celaka sekian persen.
kalau di amrik yang wajib kan side marker light yg kuning nempol di bemper, DRL pake high beam tapi watt-nya dipotong separoh jadi kaya ngedim tapi redup, motor juga wajib nyalakan lampu di segala situasi. kalau di EU country pencetus utama DRL terpisah dari lampu utama.



tapi DRL itu emang bagus dan baik tujuannya, pernah baca dimana, hasil riset membuktikan DRL menaikkan awareness sekian puluh persen dan berkorelasi mengurangi tingkat celaka sekian persen.
kalau di amrik yang wajib kan side marker light yg kuning nempol di bemper, DRL pake high beam tapi watt-nya dipotong separoh jadi kaya ngedim tapi redup, motor juga wajib nyalakan lampu di segala situasi. kalau di EU country pencetus utama DRL terpisah dari lampu utama.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
kayaknya kalo diset highbeam terus juga engga, tapi ga jelasnya aturan low-beam / high-beam khususnya di motor akhirnya disetting semaunya sendiri, terkadang terlalu jauh/dekat. Ini yang pernah saya alami motor disetting ama montir bengkel pinggir jalan pas ganti lampu.r1409 wrote:kayaknya lebih penting untuk motor dibikin headlamp wajib nyala tapi ga bisa highbeam terus2an, saklarnya dim nya dibuat mati ketika tidak dipencet. jadi wajib tahan tombolnya supaya dim tetap nyala. hampir semua biker di indo sekarang nyalain highbeam terus, bikin silau pengemudi lawan arah dan ketika mereka persis dibelakang mobil. apalagi kalo pake headlamp warna putih. dan untuk lampu belakang, banyak biker yg sengaja matiin lampu belakangnya, jadi kalo malem ga keliatan apa2 padahal headlamp mereka nyala. ini bukan lampu belakang putus, tapi jelas disengaja karena banyak banget yg seperti ini dan bahkan motor2 baru juga. better kalo ada razia motor para polisi juga diwajibkan razia lampu belakang ini...
kalo kedua aturan ini udah diterapkan, motor ga perlu lagi pake DRL karena malah rawan jadi bahan untuk gaya, pasang DRL yg overbright, dan malah bikin silau. headlamp nyala aja udah cukup.
dan untuk mobil, harusnya hukumnya tetep wajib headlamp nyala biarpun ada DRL dan foglamp yg sudah terang. karena kalo posisi mobil persis dibelakang, DRL dan foglamp kadang ga keliatan dari spion tengah karena terhalang pintu belakang..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Soal peraturan DRL di Indonesia
99% (yup, yg 1 % kayaknya hanya jenis tertentu aja) motor di surabaya sini, setiap kali hari udah gelap dan ane tengok speedometernya, indikator lampu highbeamnya pasti nyala (yg warna biru).motormatic wrote: kayaknya kalo diset highbeam terus juga engga, tapi ga jelasnya aturan low-beam / high-beam khususnya di motor akhirnya disetting semaunya sendiri, terkadang terlalu jauh/dekat. Ini yang pernah saya alami motor disetting ama montir bengkel pinggir jalan pas ganti lampu.