Soal peraturan DRL di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by r1409 »

kayaknya lebih penting untuk motor dibikin headlamp wajib nyala tapi ga bisa highbeam terus2an, saklarnya dim nya dibuat mati ketika tidak dipencet. jadi wajib tahan tombolnya supaya dim tetap nyala. hampir semua biker di indo sekarang nyalain highbeam terus, bikin silau pengemudi lawan arah dan ketika mereka persis dibelakang mobil. apalagi kalo pake headlamp warna putih. dan untuk lampu belakang, banyak biker yg sengaja matiin lampu belakangnya, jadi kalo malem ga keliatan apa2 padahal headlamp mereka nyala. ini bukan lampu belakang putus, tapi jelas disengaja karena banyak banget yg seperti ini dan bahkan motor2 baru juga. better kalo ada razia motor para polisi juga diwajibkan razia lampu belakang ini...

kalo kedua aturan ini udah diterapkan, motor ga perlu lagi pake DRL karena malah rawan jadi bahan untuk gaya, pasang DRL yg overbright, dan malah bikin silau. headlamp nyala aja udah cukup.


dan untuk mobil, harusnya hukumnya tetep wajib headlamp nyala biarpun ada DRL dan foglamp yg sudah terang. karena kalo posisi mobil persis dibelakang, DRL dan foglamp kadang ga keliatan dari spion tengah karena terhalang pintu belakang..
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by saridin »

private0809 wrote:
fizrmen wrote:
jgn lah drl di blkg wkwkw.... saya udh ktm brp kali mobil pake drl di belakang... itu silau nya minta ampun :big_bored:
drl belakang macem ANF kali ya
kalo di belakang, dan berwarna merah, bukannya masih disebut sbg tail lamp ya? kalo ada yg pake warna putih, kebangetan itu...

mungkin maksud ts, motor kan wajib nyalain lampu siang malam, kenapa mobil tidak. mungkin krn mobil itu kan bentuknya udah besar, jd lebih kelihatan sosoknya. jd hanya wajib di malam hari ato kondisi tertentu, boleh lampu kota, lampu senja, dan skrg ada pilihan drl, yg lebih keren...
Masalahnya dari kalimat undang undangnya om, UU LLAJ 2009 pasal 107:
(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
|ertelu gx 13||miras glx 14|
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by KodokPushUp »

Setau ane yg nyala di belakang dan silau itu fog lamp.
Dan fungsinya memang utk positioning lamp disaat kabut/hujan deras, jadi memang harus silau.
Dan di buku panduan ditulis jelas, hanya boleh dinyalain saat kabut/hujan deras. Di mid pun indikatornya warna kuning

Drl vs headlamp, buat ane kok beda fungsi
Drl memang dibuat silau (banyak glare), jadi waktu siang masih kelihatan karena dia sbg positioning lamp.
Sedangkan headlamp dibuat fokus, dengan sedikit glare, fungsinya buat ngeliat jalan.

Kalau siang nyalain headlamp hid/led ya percuma
CMIIW
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by art3m1s »

simple aja kl menurut saya:
1. motor wajib lampu utama demi dan hanya demi faktor safety si motor itu sendiri. sudah dijelaskan diatas krn masalah motor seringkali blindspot atau kurang terlihat karena ukurannya yang kecil.
2. mobil gak wajib? dalam keadaan siang hari, cuaca cerah, sampai saat ini dianggap masih terlihat.
3. DRL wajib untuk mobil? ya sebaiknya untuk safety, kedepannya perlu juga dipertimbangkan. Tapi, pls DRL adalah DRL, alias ya untuk siang-siang, jangan kayak DRL murahan yang siang-malem terangnya sama, bikin silau cingggg kalo malem.
4. setuju itu kalo bisa highbeam nya motor jgn dibikin permanent. banyak wong naik motor yang gileeee, nembak terus lampunya.. utk beberapa lampu utama motor juga menurut saya di setting terlalu tinggi, terutama motor2 spt tiger, megapro, thunder, dan sejenisnya.
B6133PJO
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by silentIm2 »

Sebagus2nya sistem safety preventif kendaraan, balik lagi ke drivernya om. Seberapa besar fokus dan effort dia untuk konsentrasi mengawasi blind spotnya. Mau pake full sensor 360 derajat, Drl dsb, kalo yg nyetir sambil rokokan ato maen hp, setel musik keras2 hingga tidak sadar keadaan sekitar ya sama aja boong. Tesla aja gara2 supirnya songong mentang2 ada autopilot, begitu lengah bisa nabrak, mati pulak.

Aku sendiri liat mobil ada DRL maupun tidak ga begitu pengaruh. Mungkin di amrik ngaruh coz jalannya lurus2 dan sepi, tapi kalo disini rasanya engga.

Tidak ada sistem safety yg paling manjur untuk selamatkan kita dari driver2 idi*t, kecuali skill kita sendiri.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by Salvanost »

Dlr nambah beban aki motor ga tuh?

Kasihan juga kalau dlr cepat rusak sama aki juga cepat rusak


Ya liatin aja tuh motor yg
Motornya hitam
Helm hitam
Jaket hitam
Celana gelap
Lupa nyalain lampu pula
Di jalanan minim cahaya

Cuma sama aja sama mobil
Udah cat hitam
Kaca gelap total
Lupa nyalain lampu juga

Bikin capek tuh 2-2nya
Lom lagi yg suka nyalip sama ngebut di blind spot
Cakep!!! Bikin jantungan :upss:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by fizrmen »

private0809 wrote:
fizrmen wrote:
saridin wrote:jangan diwajibkan lah, ntar jd makanan tambahan buat pak pol......

sy termasuk yg tdk tertarik pasang drl, orang yg bawaan asli mobil saja bbrp design-nya gak nge-blend gitu. selain itu, drl ini cuma ada di depan ya?, jadi masih ada potensi tdk di-aware dari belakang. nyalain lampu kota kyknya lebih aman...
jgn lah drl di blkg wkwkw.... saya udh ktm brp kali mobil pake drl di belakang... itu silau nya minta ampun :big_bored:
drl belakang macem ANF kali ya
bukannn wkwkwk, kayak DRL yaris.... bedanya taro di blkg... dan kalo malem ga ngeredup
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by octafiantos »

Drl nambah beban accu minim dan pasti udah diitung. Mobil biasa dikasi drl aja ngga tekor. Lagian led drl kecil banget, paling kisaran 5w satu sisi. Saya pernah jual yang terang led cob plasma sepanjang 20cm itu satu sisi 7w.

Aki bawaan dikasih beban segitu dipanjer kalo setengah hari masih kuat start. Apalagi kalo nyala, yang nopang listriknya alternator.

Sent from my m2 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by geofreyap »

Pembahasan yg cukup menarik..

Yg oe tau asal muasal DRL ya dari european country..
Dan semata-mata demi safety purpose.

Tapi since ini endonesah, jadi ya sah2 aja kalo mau pasang DRL apapun & dimanapun.. :D

Karena disini kebanyakan orang punya prinsip "lebih baik mengikuti keadaan di sekitarnya daripada jalan di jalur yg berbeda tapi bakal di jauhi & di anggap remeh sama sekitarnya. Padahal yg ada di sekitarnya tidak benar atau bahkan salah total"

:D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by nyotnyet »

Waktu ke eropa sih, sewa V70, dia posisi lampu di auto sih...dan nyala trus...uniknya ada switch buat pindah nyala foglamp atau headlamp..

Drl silaunya masih oke...lebih silau rotator polisi yang dinyalain tanpa keperluan apapun...

Soul Red zoom zoom
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by anrico17 »

Mau nanya lagi nih... DRL itu sebenarnya boleh dimatiin gk sih? Temen ane punya miras cepot ada tombol on off DRL....
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by marmut »

pasang drl di belakang? sudah pernah kelilipan sambel oom? mau nyoba?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by haristk7 »

anrico17 wrote:Mau nanya lagi nih... DRL itu sebenarnya boleh dimatiin gk sih? Temen ane punya miras cepot ada tombol on off DRL....
boleh2 aja om kalo di Indo, suka liat mobil2 yang pake DRL ama yang punya dimatiin DRL nya..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by coklatMetalik »

anrico17 wrote:Mau nanya lagi nih... DRL itu sebenarnya boleh dimatiin gk sih? Temen ane punya miras cepot ada tombol on off DRL....
Ya boleh aja kan blm ada aturan yg mewajibkan nyalain DRL...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Rundeer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: Innova

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by Rundeer »

marmut wrote:pasang drl di belakang? sudah pernah kelilipan sambel oom? mau nyoba?
Kalo ketemu yang pasang drl di belakang dan bikin silau, kasih high beam aja om biar sama-sama silau :big_smoking:
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by marmut »

brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by r1409 »

nyotnyet wrote:Waktu ke eropa sih, sewa V70, dia posisi lampu di auto sih...dan nyala trus...uniknya ada switch buat pindah nyala foglamp atau headlamp..

Drl silaunya masih oke...lebih silau rotator polisi yang dinyalain tanpa keperluan apapun...
setuju, paling sebel juga dengan strobo rotator polisi yg biru itu, silau pol dan bikin sakit mata banget...

lebih ga seneng lagi dengan pajero/fortuner yg sok2an pasang running LED biru di kap atau di dalem windshield, dari jauh liat spion tengah kirain mobil polisi, ternyata bukan. apalagi kalo sambil nembak2 lampu dim minta jalan. bener2 arogan. biasanya sih, malah ane kerjain. sengaja ane halangin jalannya, spion tengah setel nightmode, pelan2 aja lanehogging. kalo dia pindah jalur, tutupin terus.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by geofreyap »

marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.

Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.

Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.

Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.

Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.

Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang.. :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: RE: Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by ceiszha »

geofreyap wrote:
marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.

Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.

Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.

Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.

Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.

Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang.. :D
Sepertinya mobil kita sama Om, hehehe
Ane mlh takut nyalain itu foglamp belakang klo jln dlm kota karena lebih terang dri lampu belakang takut pengendara belakang jd gk sadar lampu rem ane nyala.
Spike71
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Mar 28, 2013 13:42

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by Spike71 »

geofreyap wrote:
marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.

Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.

Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.

Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.

Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.

Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang.. :D
Saya kurang sepakat om meskipun foglamp tersebut lokasinya dibawah tapi tetep aja menyilaukan

Lagipula selama cuaca cerah di dalem kota lampu senja belakang itu sudah cukup bikin aware pengemudi disekitar selama gak di ganti lampu yg aneh aneh (led abal abal yg redup)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by b8099ok »

DRL + autolamp itu wajib,... Coz flicking headlamp switch will make you loose 1 grams of fat juice,... :ngacir:
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1612
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by geofreyap »

ceiszha wrote:
geofreyap wrote:
marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.

Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.

Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.

Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.

Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.

Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang.. :D
Sepertinya mobil kita sama Om, hehehe
Ane mlh takut nyalain itu foglamp belakang klo jln dlm kota karena lebih terang dri lampu belakang takut pengendara belakang jd gk sadar lampu rem ane nyala.
Sama ya om mobilnya ? Hehehe..
Kalo soal ngerem, sbenernya ada third brake lamp yg ada di balik kaca sih.. Jadi seharusnya tidak membingungkan..

But anw, oe sudah mulai coba hilangkan cara ini..
Oe mencoba positif aja, tidak akan di senggol / tabrak oleh motor [lagi].. :D
Spike71 wrote:
geofreyap wrote:
marmut wrote:brapa kali ketemu yg nyalain rear fog lamp padahal cuaca cerah. setelah saya dahului, maklum lah.... pemilik sim D.
Kebetulan mobil oe sedan yang ada rear foglamp nya di posisi paling bawah di bumper, kanan kiri ada dan itu bukan aftermarket punya melainkan factory stock.

Kalo oe lagi lewat jalan umum yg padat dan banyak motor di belakang, oe nyalain itu foglamp.

Tujuannya cuma 1, biar oe dapet respect dari motor2 di belakang biar mengurangi resiko oe di sundul dari belakang. Kebetulan mobil oe hitam & cara tsb terasa sekali perbedaannya.

Tapi begitu masuk highway oe matiin rear foglamp nya.

Untungnya sih karena posisinya di bawah sekali & sedan, jadi rear foglamp nya tidak menyilaukan. Hanya dia lebih terang nyalanya, sama sperti brakelamp yg sedang aktif di rem.

Tapi ya memang salah sih.. Tapi mau gimana lagi.. Demi mulusnya bumper belakang.. :D
Saya kurang sepakat om meskipun foglamp tersebut lokasinya dibawah tapi tetep aja menyilaukan

Lagipula selama cuaca cerah di dalem kota lampu senja belakang itu sudah cukup bikin aware pengemudi disekitar selama gak di ganti lampu yg aneh aneh (led abal abal yg redup)
Ya, oe sudah mulai kurangi kebiasaan ini..

Sempat terpikir bulb oem nya oe ganti dengan wattage yg lebih kecil & oe sudah pernah coba.

Memang hasilnya memuaskan. Foglamp tetap menyala tapi dengan intensitas cahaya yg jauh lebih redup sehingga fungsinya pun berubah dari yg foglamp menjadi positioning lamp. Di mata pun nyaman.

Tapi oe memutuskan tidak jadi ganti. Karena oe pikir pengendara motor disini lah yg harus berubah attitude nya, bukan oe yg mengikuti arus mereka.

Jadi ya sperti itulah kira2. Oe sudah mulai kurangi & mencoba berpikir positif bahwa bumper oe seharusnya tidak perlu lecet & dent. :D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by kunaskun »

di indo si ga ada kaya ginian, pejabatnya aja ane rasa ga ngerti, kalau ngerti ga ada namanya tuh lampu merah tumpang tindih kualitas terangnya, ga ada namanya abis bikin jalan ga dibikinin marka jalan :mky_03: :mky_03: atau tindakan tegas ke yang pake HID abal2 :mky_03:

tapi DRL itu emang bagus dan baik tujuannya, pernah baca dimana, hasil riset membuktikan DRL menaikkan awareness sekian puluh persen dan berkorelasi mengurangi tingkat celaka sekian persen.

kalau di amrik yang wajib kan side marker light yg kuning nempol di bemper, DRL pake high beam tapi watt-nya dipotong separoh jadi kaya ngedim tapi redup, motor juga wajib nyalakan lampu di segala situasi. kalau di EU country pencetus utama DRL terpisah dari lampu utama.
motormatic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by motormatic »

r1409 wrote:kayaknya lebih penting untuk motor dibikin headlamp wajib nyala tapi ga bisa highbeam terus2an, saklarnya dim nya dibuat mati ketika tidak dipencet. jadi wajib tahan tombolnya supaya dim tetap nyala. hampir semua biker di indo sekarang nyalain highbeam terus, bikin silau pengemudi lawan arah dan ketika mereka persis dibelakang mobil. apalagi kalo pake headlamp warna putih. dan untuk lampu belakang, banyak biker yg sengaja matiin lampu belakangnya, jadi kalo malem ga keliatan apa2 padahal headlamp mereka nyala. ini bukan lampu belakang putus, tapi jelas disengaja karena banyak banget yg seperti ini dan bahkan motor2 baru juga. better kalo ada razia motor para polisi juga diwajibkan razia lampu belakang ini...

kalo kedua aturan ini udah diterapkan, motor ga perlu lagi pake DRL karena malah rawan jadi bahan untuk gaya, pasang DRL yg overbright, dan malah bikin silau. headlamp nyala aja udah cukup.


dan untuk mobil, harusnya hukumnya tetep wajib headlamp nyala biarpun ada DRL dan foglamp yg sudah terang. karena kalo posisi mobil persis dibelakang, DRL dan foglamp kadang ga keliatan dari spion tengah karena terhalang pintu belakang..
kayaknya kalo diset highbeam terus juga engga, tapi ga jelasnya aturan low-beam / high-beam khususnya di motor akhirnya disetting semaunya sendiri, terkadang terlalu jauh/dekat. Ini yang pernah saya alami motor disetting ama montir bengkel pinggir jalan pas ganti lampu.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Soal peraturan DRL di Indonesia

Post by r1409 »

motormatic wrote: kayaknya kalo diset highbeam terus juga engga, tapi ga jelasnya aturan low-beam / high-beam khususnya di motor akhirnya disetting semaunya sendiri, terkadang terlalu jauh/dekat. Ini yang pernah saya alami motor disetting ama montir bengkel pinggir jalan pas ganti lampu.
99% (yup, yg 1 % kayaknya hanya jenis tertentu aja) motor di surabaya sini, setiap kali hari udah gelap dan ane tengok speedometernya, indikator lampu highbeamnya pasti nyala (yg warna biru).