Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
IBMan wrote:Mantap om octafiantos review E30nya, saya suka trid2 restorasi mobil gini, apalagi ada foto2 dokumentasi restorasinya
Bmw e30 salah satu mobil impian saya, sekarang lg nabung buat ngewujudin, semoga bisa kebeli
Walaupun juga galau dengan pilihan lain yaitu corolla twincam gti
Btw dengan budget perkiraan 50jtan, pilih mana ya antara e30 dan corolla twincam gti, karena harga pasarannya mirip-mirip
Lanjutin lg om, saya pengin lbh tau lebih dalam mengenai e30 ini
Terima kasih
twincam gti dengan mesin 4AGE
emgn 50 juta dapet om ? bukannya 50 jutaan dapet corolla twincam biasa
octafiantos wrote:
Peleknya aja udah mahal banget itu.
Dulu ini mobil juga polos ga pake kaca film. Tadinya dibiarin tapi ada bayi jadi akhirnya dipasang kaca film doff 40%. Dulu celup, akhirnya ganti per tinggi standar. Ini lebih karena karternya, mesin M40 posisi karternya lebih rendah dari rack steer. Karter posisinya paling bawah, ga kaya mobil lain kan masih ada rack steer atau sasis. Itu pernah diganti karternya dan mahal sejuta lebih belum oli dkk.
ohhh gitu toh om... iya sih kalo ga pake kf cuaca di indo cuma bersahabat di bbrp tempat/pas malem aja, itupun serem.
memang ngerawat mobil yang udah berumur ada aja ya om keluar duitnya...
vulvy8858 wrote:pengalaman kecemplung pertama ya om..
nice review..
serem jugak yak kalo dapet karatan begitu...
waktu itu ngidupin pajak metong 6 taun + denda + bbn kurleb berapa kenanye om?
Kayaknya ga ada E30 ngga berkarat kalo dibongkar.
Pengecualian untuk collector's item baik level pristine maupun di bawahnya. Yang unitnya beredar dari tangan tangan tertentu, paham lah pasti. Kaya temen om NR yang dapet plat DF itu, atau mobil eks om NR yang paling jatuhnya ke temen hobiis. Usia E30 paling muda kan 25 tahun, lansiran 1991.
martinnn wrote:
twincam gti dengan mesin 4AGE
emgn 50 juta dapet om ? bukannya 50 jutaan dapet corolla twincam biasa
Dapet Om.
Twincam itu kisaran harganya 30-35. GT itu paling 4 kecil, di sorum deket rumah udah lama ada GT cuma buka 48. Barang standar, manis manis bulan kalo kata pdg. Mobil bekas di Jakarta jatuh banget.
stevenanthony wrote:
ohhh gitu toh om... iya sih kalo ga pake kf cuaca di indo cuma bersahabat di bbrp tempat/pas malem aja, itupun serem.
memang ngerawat mobil yang udah berumur ada aja ya om keluar duitnya...
lanjut review e36 nya om
Ac sih dingin banget, ga masalah.
Cuma terangnya itu yang kasihan. Sopirnya juga sih, silau bener kalo mobil polos begitul
E36 mah mobil jelek om hahaha. Banyak sih potretnya, tapi banyakan potret DIY. Kalo potret mobilnya ga banyak, tampangnya juga standar dar dar sampe ke tape mobil masih bawaan aslinya. Pelek doang pake bawaan 323i 16".
octafiantos wrote:
Beda orang beda preferensi.
Jadi disesuaikan aja mana yang cocok, saya ga pernah racunin orang beli BMW meskipun saya kasarnya idup di lingkungan itu. Kalo dipaksain tar ga cocok. Twicam GTI itu enak, kenceng, rare -di sisi ini nilai E30 M40 itu kalah telak- tapi saya ga seneng model pedal mobilnya. Saya suka pedal gas berdiri, karena kalo jalan agak jauh itu ngga capek. Pedal gas GTI itu ditaroin sendal aja tambah kenceng jadi kaki mesti gantung. Kalo pedal berdiri kan keras, kalo udah jalan ya tumpangin aja kakinya ke pedal ga bakal tambah dalem. Dan kalo crusing lama, pedal gas gantung bikin tumit semutan dan kemeng (ini apa bahasa Indonesianya).
Orang ga suka pedal kopling keras -meskipun bisa diakali jenis master dan merek plat kopling dan dekrupnya-, saya prefer pedal keras. Karena kalo jalan merayap, saya ga pernah gantung kaki. Saya taro kaki di pedal, kalo enteng itu pedal keteken. Kalo jalan nanggung, ya saya taro aja itu kaki di pedal. Pedal BMW/Mercedes kalo masih bawaan ditumpangin kaki itu pedalnya diem aja. Kebanyakan orang kan kebalik preferensinya. Satu lagi kalo sama sama manual, karakter merayap yang tersedat sendat itu ga nyaman buat saya. Belum pernah nemu mobil FWD manual yang kalo merayap pelan bisa smooth.
dua-duanya emang bener2 bikin galau Om Octa, satu nya jepun, satunya eropaah , yg bikin galau e30, selain desainnya menurut saya timeless, juga logo baling-balingnya yg bikin ke sengsem , sedangkan twincam gti karena lebih kepada ketersediaan spare part yg masih banyak, dan maintenance nya mungkin mudah ala ala toyota
martinnn wrote:
twincam gti dengan mesin 4AGE
emgn 50 juta dapet om ? bukannya 50 jutaan dapet corolla twincam biasa
kalo ngecek di olx sih pasaran sekitar 55-60an om martinn
contoh nya di link bawah ini
octafiantos wrote:
Ac sih dingin banget, ga masalah.
Cuma terangnya itu yang kasihan. Sopirnya juga sih, silau bener kalo mobil polos begitul
E36 mah mobil jelek om hahaha. Banyak sih potretnya, tapi banyakan potret DIY. Kalo potret mobilnya ga banyak, tampangnya juga standar dar dar sampe ke tape mobil masih bawaan aslinya. Pelek doang pake bawaan 323i 16".
wah ane malah demen banget tuh yang ori begitu... kadang suka ilfeel kalo liat e36-e46 hu nya jadi aftermarket... mewah dan rapihnya kek hilang...
sy barusan telfoon yg dapat ex plaat DF n sy tanya ...... bgmn cara urus nya itu kantoor besar polisi dah bubar n dah jadi negara sendiri
dia bilang ..... mudah ..... beli satu lg yg thn muda busuk (rp.5.5 juta ex kebakaran).... ambil cetakan nomor nomor nya ....... n ambil smua docs nya trmsk factuur .... pindahin
lasch bongkar pasang yg agak jauhan jgn terlalu dekat tar cetakan nomor bs rusak
vulvy8858 wrote:pengalaman kecemplung pertama ya om..
nice review..
serem jugak yak kalo dapet karatan begitu...
waktu itu ngidupin pajak metong 6 taun + denda + bbn kurleb berapa kenanye om?
Kayaknya ga ada E30 ngga berkarat kalo dibongkar.
Pengecualian untuk collector's item baik level pristine maupun di bawahnya. Yang unitnya beredar dari tangan tangan tertentu, paham lah pasti. Kaya temen om NR yang dapet plat DF itu, atau mobil eks om NR yang paling jatuhnya ke temen hobiis. Usia E30 paling muda kan 25 tahun, lansiran 1991.
martinnn wrote:
twincam gti dengan mesin 4AGE
emgn 50 juta dapet om ? bukannya 50 jutaan dapet corolla twincam biasa
Dapet Om.
Twincam itu kisaran harganya 30-35. GT itu paling 4 kecil, di sorum deket rumah udah lama ada GT cuma buka 48. Barang standar, manis manis bulan kalo kata pdg. Mobil bekas di Jakarta jatuh banget.
utk part gmana om apakah masih aman si GTi ini secara kyknya specnya special di jamannya
vulvy8858 wrote:pengalaman kecemplung pertama ya om..
nice review..
serem jugak yak kalo dapet karatan begitu...
waktu itu ngidupin pajak metong 6 taun + denda + bbn kurleb berapa kenanye om?
Kayaknya ga ada E30 ngga berkarat kalo dibongkar.
Pengecualian untuk collector's item baik level pristine maupun di bawahnya. Yang unitnya beredar dari tangan tangan tertentu, paham lah pasti. Kaya temen om NR yang dapet plat DF itu, atau mobil eks om NR yang paling jatuhnya ke temen hobiis. Usia E30 paling muda kan 25 tahun, lansiran 1991.
martinnn wrote:
twincam gti dengan mesin 4AGE
emgn 50 juta dapet om ? bukannya 50 jutaan dapet corolla twincam biasa
Dapet Om.
Twincam itu kisaran harganya 30-35. GT itu paling 4 kecil, di sorum deket rumah udah lama ada GT cuma buka 48. Barang standar, manis manis bulan kalo kata pdg. Mobil bekas di Jakarta jatuh banget.
utk part gmana om apakah masih aman si GTi ini secara kyknya specnya special di jamannya
terakhir maen maen ke etrium senin pas masi pakek apansah & masi kerja di segitiga senen sih masi ada aja parts nya ji ti ai yak.
perna ketemu orang belik paking cyl head berikut seher ama ring, masi ada yang jual.
ada jugak yang beli list2 kaca, masi ada yang juwal.
seandainya yang baru uda ga ada, ke tukang copotan / kampakan pasti masi banyak
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
newrubble wrote:sy barusan telfoon yg dapat ex plaat DF n sy tanya ...... bgmn cara urus nya itu kantoor besar polisi dah bubar n dah jadi negara sendiri
dia bilang ..... mudah ..... beli satu lg yg thn muda busuk (rp.5.5 juta ex kebakaran).... ambil cetakan nomor nomor nya ....... n ambil smua docs nya trmsk factuur .... pindahin
lasch bongkar pasang yg agak jauhan jgn terlalu dekat tar cetakan nomor bs rusak
besi besi ex kebakaran jual ke tukang kiloan
akhirnya surat gendong juga.
susah sih ga ada ijin impor bekas, mau diresmikan juga nanti bakal jadi lahan baru.
IBMan wrote:
dua-duanya emang bener2 bikin galau Om Octa, satu nya jepun, satunya eropaah , yg bikin galau e30, selain desainnya menurut saya timeless, juga logo baling-balingnya yg bikin ke sengsem , sedangkan twincam gti karena lebih kepada ketersediaan spare part yg masih banyak, dan maintenance nya mungkin mudah ala ala toyota
kalo ngecek di olx sih pasaran sekitar 55-60an om martinn
contoh nya di link bawah ini
sedangkan kalo ngecek pasaran e30, 30jt pun udah dapat, cuman ya gitu kondisinya hehehe
oh iya saya bukan om RV ya yg sering ngasih link link olx
udah lama dipantengin belum om.
kalo harganya nggak segitu, biasanya barangnya naik tayang, expired terus turun. naik tayang lagi begitu berulang ulang. yang harga normal tayang 1-2 minggu hilang.
wah menyenangkan bacanya..sempet punya e30 and yes..keropos itu wajib.. gak lama jg pake krn berasa semput akhirnya ganti ke e34 530i v8 manual.. lalu e34 520i manual downgrade.. skrg lg incer lagi.. atau ya itu corolla ji ti ai.. krn smpt punya twincam biasa.. jd pingin ji ti ai nya jehee..
Maaf OOT nih om. Ngeliat trit om octa ini jadi kepikiran temen saya yang baru angkut E28 520i M20B20 buat project car, sekarang lg bingung mulai darimana wkwkwk. Yang pasti lots of rust, banyak trim interior hilang, dan nampaknya booster rem rusak tapi untungnya mesin sehat walafiat. Ada yang interchangeable ga ya komponen E30 dengan E28? Abis berapa om benerin karat? Punya temen saya mirip bgt karatnya begini
BMW tuh emg lemah banget di bodi ya ga tau kenapa, 90s bmw tiap dibongkar adaa aja karatnya walaupun kerawat jg (beda sama volvo/mercy yg tahan bgt karat dibanding bmw, mungkin karna beda jenis besinya kali ya)...
Tapi tetep diasikin aja lah pokoknya, hidup BMW!
*sampe lebaran monyet ga terwujud jg wacana beli ini mobil, pusing keliling2 abis liat kondisi2nya duh kok ya rasanya mending beli E36/E34 sekalian
egibaio wrote:Maaf OOT nih om. Ngeliat trit om octa ini jadi kepikiran temen saya yang baru angkut E28 520i M20B20 buat project car, sekarang lg bingung mulai darimana wkwkwk. Yang pasti lots of rust, banyak trim interior hilang, dan nampaknya booster rem rusak tapi untungnya mesin sehat walafiat. Ada yang interchangeable ga ya komponen E30 dengan E28? Abis berapa om benerin karat? Punya temen saya mirip bgt karatnya begini
Jawabannya gampang kalo nanyanya ke saya. Mulai dari yang bikin mobil bisa dipake jalan dan berhenti. Interior dan ac nanti, itu udah masuk ranah comfort. Karat juga ngga bikin mobil ga bisa jalan, kecuali karatnya di sasis yang pegang kaki.
Lain kalo duit ga berseri, sekali jalan jadi semua hahahaha.
BMW tuh emg lemah banget di bodi ya ga tau kenapa, 90s bmw tiap dibongkar adaa aja karatnya walaupun kerawat jg (beda sama volvo/mercy yg tahan bgt karat dibanding bmw, mungkin karna beda jenis besinya kali ya)...
Tapi tetep diasikin aja lah pokoknya, hidup BMW!
*sampe lebaran monyet ga terwujud jg wacana beli ini mobil, pusing keliling2 abis liat kondisi2nya duh kok ya rasanya mending beli E36/E34 sekalian
Mungkin kaya info om nr, mereka pake chemical paling top poisonous buat nahan oksidasi. Kerendem air, kena ujan ga berkarat. Ditanem di tanah ga karatan. Lupa urutannya dulu gimana dia nulisnya, kurang lebih begitu hahaha.
Nice review om
E30 ini memang salah satu mobil BMW yang desainnya timeless kalo menurut saya, btw emang sih sekarang2 ini lumayan susah buat nyari E30 yang kondisinya mint, tapi kalo udah direstore mobil ini handling & peformanya mantep banget deh kalo menurut saya hehehe, saya salut sama om yang udah berani buat bangun E30nya , dirawat terus ya om E30nya hehehe.