enak diesel ini, turbo tanpa sistem commonrail, tidak ada sensor mesin.. ECU hanya di matic. lepas ECU tetep nyala normal.. tapi cuma gigi 3


memang part yang sudah 16tahun harus diganti. pompa oli, HLA, kompresor,evap,ekspansi, timing belt set, hose radiator,cv joint. tapi girbox matic saya masih orinya, belum pernah bongkar.. kondisi sekarang lemot di 1 dan 2 (apabila dibandingkan dengan carnival lain), rack steer goyang dikit, ac kurang dingin (lambat dingin klo lagi di jakarta/surabaya) tapi tetep saya pake jadi kuda beban harian.. betul plat body tebel, betul dibalik bemper ada baja pelindungnya, betul legroom semua baris longgar.. bahkan baris ketiga paling nyaman dan favorit duduk (keluarga kami ukuran tinggi di atas 175 cm semuanya) .. betul bantingan lembut.. dan ini DIESEL yang tidak rewel jenis BBM
di kantor saya ada trajet juga, legroom baris ketiganya dengkul saya kepentok.. jauh beda sama carnival, tapi masih mendingan daripada innova.
dan trajet di indonesia tidak ada diesel resmi masuk.
saran kalo mau carnival,ambil yang diesel manual, ini mobil mesin sederhana dengan suspensi dan interior nyaman, lebih irit, tanpa ECU, dengan draw back tanpa sunroof, tanpa airbag (kalo saya sih prefer matic)
saran diantara di atas ambil luxio aja, sampe sekarang masi piara luxio juga dari baru. naikannya dari baru pun uda gaenak, tapi ini mobil jepang yg gampang rawat dan jual lagi