
pusing jg yah mesin turbo.. performa dapet tapi banyak orang yang gamau bayar lebih buat ron 92 ato 95 (walaupun mungkin pake bbmnya lebih irit)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
zonepublic wrote:Berharap honda masukin mobil ini ke indonesia,di luaran sih harganya sama spt jazz,ntar kelasnya jadi dibawah jazz karena mesinnya cm 600 cc turbo
L15B kompresinya 11.0 boss loe mau isi apa???brintanizer wrote:zonepublic wrote:Berharap honda masukin mobil ini ke indonesia,di luaran sih harganya sama spt jazz,ntar kelasnya jadi dibawah jazz karena mesinnya cm 600 cc turbo
udah ada crz yg menyerupai itu ... ( menyerupai lho ya .. )
Btw mending masukin earthdream 132 hp dulu sbelum turbo . Populasi dispenser ron 95 sedikit
apansa apa yg CRny 11:1?Mozawa wrote:kompresi avanza juga 1:11 , pake premium bertahun2 adem ayem.... i love premium
yup bener...10,5 utk versi indonesia euro3....billyd1773dz wrote:apansa apa yg CRny 11:1?Mozawa wrote:kompresi avanza juga 1:11 , pake premium bertahun2 adem ayem.... i love premium
3SZ = 10.5:1
1NR dan 2NR = 10.5:1
K3-VE = 10:1
yang 11:1 itu K3-VE2, 1NR juga ada versi yg 11.5:1 tp bukan di versi indo.
eniwei CR skrng uda g bisa jd patokan harus fuel apa....... toh uda ada tech macam GDI, atkinson cycle/variable CR dll... skyactiv 13:1 jg cukup ron90
untuk mobil2 injection yg memakai socket obd2 , diatas tahun 2000 , rata2 udah memakai knocking sensor...sintoni wrote:L15B ane wiki malah 11.5:1.
Tapi tenang lah, L15 yang skrg aja atau yang kemaren2 kompresi jg diatas 10:1 tapi aman aja pake premios
Soalnya kan ada anti knocking sensor nya yang otomatis mundurin pengapian pas detect bensin oktan jelek.
Kalo mobil turbo sih mungkin ga masalah pas turbo ga spool, tapi kalo pas turbo spool apa ga masalah tuh.
Bener om, pasti ada limitasinya. Paling cuma bisa turun 2-3 poin RON dari yang dianjurkan. Hehe.Mozawa wrote:untuk mobil2 injection yg memakai socket obd2 , diatas tahun 2000 , rata2 udah memakai knocking sensor...sintoni wrote:L15B ane wiki malah 11.5:1.
Tapi tenang lah, L15 yang skrg aja atau yang kemaren2 kompresi jg diatas 10:1 tapi aman aja pake premios
Soalnya kan ada anti knocking sensor nya yang otomatis mundurin pengapian pas detect bensin oktan jelek.
Kalo mobil turbo sih mungkin ga masalah pas turbo ga spool, tapi kalo pas turbo spool apa ga masalah tuh.
tapi tetap ada limitasinya, karena posisi retard yg berlebihan akan membuat power menurun drastis.
jadi walau pengapian dimundurkan paling mundurpun , belum tentu knocking akan hilang...
contoh mungkin sering terjadi di avanza , atau livina saat akan akselerasi , beban berat , kondisi panas tinggi...
jadi agar lebih efektif , diperlukan desain intake , exhaust , ruang pembakaran , desain kepala piston yang paripurna..posisi injection...danlainnya. meminimalkan knocking dan temperatur...
contohnya adalah pada mesin skyactive mazda , meminimalkan temperatur dan gejala knocking....
untuk atkinson engine masih jarang dipakai, padahal potensinya sangat baik, digunakan di beberapa merk untuk mesin hybrid.
ane lihat di youtube , ada perbedaan antara mesin atkinson asli yang memakai linkage tambahan pada piston rod... dibandingkan mesin atkinson toyota yang hanya memainkan timing valvenya...
sementara untuk merk lain , ane belum tahu..
di web honda ada istilah exlink
http://world.honda.com/powerproducts-te ... exlink/sp/
ini mendekati dengan atkinson aslinya...Rumit
cuma ketahanannya gimana ya??? Lalu vibrasinya apa gak lebih besar???? Mungkin prototype ya??
Oktan 87 nya itu RON atau MON atau AKI ?aldy wrote:Penjelasan lebih detail tentang VTEC TURBO.. http://world.honda.com/automobile-techn ... tec-turbo/
Menurut saya sih mobil turbo sekarang ga selalu butuh oktan tinggi2 sekali karena teknologi yang sudah di sematkan di mobil2 turbo terbaru..diantaranya knock sensor yang makin canggih, sistem pendinginan yang makin bagus, sistem injeksi langsung yang dapat menyuplai bahan bakar dengan lebih presisi dll.. Bahkan engineer honda udah mengembangkan mesin turbo civic buat minum oktan 87 (dibawah premium) tanpa ada masalah.. untuk jangka pendek tentunyahttp://oto.detik.com/otoshow/read/2016/ ... m-oktan-87
Harusnya engineer honda ga asal ngomong aja sih ya..biar waktu yang menjawab
billyd1773dz wrote:sebenernya cara paling umum murah dan terbukti efektif untuk dapetin efek atkinson cycle.. sekaligus tetap bisa menjadi otto cycle saat membutuh tenaga, ya menggunakan delay valve camphasing aka valve timing.....
salah satu alasan pakai dual vvti juga agar phasing degreenya bisa lebih jauh, dan bisa memperpanjang waktu delayed valvenya.
klw di honda di R series.. Vtec-E nya juga utk engage delayed valve agar saat intake cylce valve baru nutup saat piston sudah masuk ke compression cycle sehingga efektif cr berkurang.
well ngakalin enjin SOHC yg ga bisa pke camphasing.
temen kebetulan punya ini honda s660 wrn putih, cabriolet, red canvass, dan perna ikut nebeng ke pik dinner bareng. saat parkir banyak satpam lirik sambil benggong ini mobil apaan.. kesan luar real nya sangat futuristik, interior dalam biasa aja, built quality oke, tarikan sangat oke utk keicar cc segitu.. bensin isi vpower or pertamax+. kl gk salah jakarta cm 1 org yang punya, cmiiw. perna mau disewa 'honda' utk pamerin ke gias 2015 kmrn, cm teman sy tdk mau.b0ku wrote:L15B kompresinya 11.0 boss loe mau isi apa???brintanizer wrote:zonepublic wrote:Berharap honda masukin mobil ini ke indonesia,di luaran sih harganya sama spt jazz,ntar kelasnya jadi dibawah jazz karena mesinnya cm 600 cc turbo
udah ada crz yg menyerupai itu ... ( menyerupai lho ya .. )
Btw mending masukin earthdream 132 hp dulu sbelum turbo . Populasi dispenser ron 95 sedikit
sebenernya focus ecoboost 1500cc bisa 180hp 240nm lebih tinggi dri ahon.... namun yg bisa bikin pernyataan bisa minum Ron88 mungkin hanya ahon (hpm)kompresorz wrote:hebat honda bikin mesin turbo...civic 1.500 cc tenaga 170an..bodi enteng...mercedes CLA aja aja cm 156 dk..
seharusnya honda turbo laku...terutama civic...perubahan radikal..
tp entah gmn lg tentang civic skrg...katanya..
yg hebat bukan mesinnya tapi gearboxnya Cvtnya 0-100 7det focus 180hp tapi gak dapet lagian ver thai ud keluar hasil dynonya katanya 179hp torque kalo gak salah 224nm pake racechip naek ke 211hp torsi 280nmbillyd1773dz wrote:sebenernya focus ecoboost 1500cc bisa 180hp 240nm lebih tinggi dri ahon.... namun yg bisa bikin pernyataan bisa minum Ron88 mungkin hanya ahon (hpm)kompresorz wrote:hebat honda bikin mesin turbo...civic 1.500 cc tenaga 170an..bodi enteng...mercedes CLA aja aja cm 156 dk..
seharusnya honda turbo laku...terutama civic...perubahan radikal..
tp entah gmn lg tentang civic skrg...katanya..
eniwei ahon masi punya L15 vtec turbo 200ps mungkin untuk jdm only atw yg fuelnya lebih baik.