Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8
kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????
jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja
kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer.....
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8
kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????
jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja
kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer.....
bener gak yach pemikiran gw
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.
kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.
swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga
cmiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
ada nggak ya mobil ladder frame yang full independen?
yang aneh itu, mobil FWD monokok tapi suspensi belakang rigid axle macam soluna. ruginya dobel. ngapain FWD (kaki2 depan jadi kurang awet) kalo ujung2nya belakang rigid axle, gak sekalian RWD aja reliability-nya jd super. atau logika dibalik kenapa belakang rigid axle kalo mobilnya FWD, nanggung. Apalagi seperti Evalia, udah FWD monokok, eh belakangna rigid axle + per daun. Ane bilang rugi dobel karena Kaki2 awet ala RWD rigid axle nggak dapet (karena FWD pakai cv joint), kenyamanan/kestabilan ala independen/semi juga nggak dapet (karena belakang rigid axle)
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8
kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????
jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja
kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer.....
bener gak yach pemikiran gw
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.
kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.
swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga
cmiw
ok boss thanks you kayaknya mendingan pasang aja deh
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8
kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????
jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja
kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer.....
bener gak yach pemikiran gw
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.
kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.
swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga
cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
daftar wrote:ada nggak ya mobil ladder frame yang full independen?
LC200? kalau ga salah masih ladder frame.
yang aneh itu, mobil FWD monokok tapi suspensi belakang rigid axle macam soluna. ruginya dobel. ngapain FWD (kaki2 depan jadi kurang awet) kalo ujung2nya belakang rigid axle, gak sekalian RWD aja reliability-nya jd super. atau logika dibalik kenapa belakang rigid axle kalo mobilnya FWD, nanggung. Apalagi seperti Evalia, udah FWD monokok, eh belakangna rigid axle + per daun. Ane bilang rugi dobel karena Kaki2 awet ala RWD rigid axle nggak dapet (karena FWD pakai cv joint), kenyamanan/kestabilan ala independen/semi juga nggak dapet (karena belakang rigid axle)
mungkin maksudnya Avanza Xenia? bukan soluna? Ini kan alasan utamanya si toyota daihatsu kalau penggerak belakang lebih cocok di indo, karena ya logisnya ngedorong lebih kuat daripada narik.
Evalia karena aslinya memang bukan penumpang murni tapi small comercial vehicle. jadi lebih mudah sederhana perawatannya untuk kaki2 belakang, dan terpenting: flat floor deck dengan ruangan lebih tinggi daripada kompetitornya yg RWD tanpa ada floor hump. marketnya evalia kan negara2 maju yang ga perlu RWD.
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8
kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????
jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja
kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer.....
bener gak yach pemikiran gw
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.
kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.
swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga
cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
ada planning pasang coil over seh ni mobil kayaknya bodynya enteng mesinnya dibilang kenceng seh engak tapi ud mulai bikin melayang , kalo doyan ngebut lurus seh fine2x aja tapi kalo ud buat manuver bahaya karena berasa gripnya kurang jd gak presisi, gak kayak freed gw mungkin kombinasi mesin under power + body lebih berat sekitar 300kgan jd lebih enak buat full trotle + ngegrip kalo di ge gw malah ngeri full trotle terutama di tikungan
jadi mendingan ganti coilover dulu yach baru urus chasis?? ada planning mau pasang rigid collar spoon jg seh.....
billyd1773dz wrote:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.
kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.
swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga
cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
ada planning pasang coil over seh ni mobil kayaknya bodynya enteng mesinnya dibilang kenceng seh engak tapi ud mulai bikin melayang , kalo doyan ngebut lurus seh fine2x aja tapi kalo ud buat manuver bahaya karena berasa gripnya kurang jd gak presisi, gak kayak freed gw mungkin kombinasi mesin under power + body lebih berat sekitar 300kgan jd lebih enak buat full trotle + ngegrip kalo di ge gw malah ngeri full trotle terutama di tikungan
jadi mendingan ganti coilover dulu yach baru urus chasis?? ada planning mau pasang rigid collar spoon jg seh.....
daftar wrote:ada nggak ya mobil ladder frame yang full independen?
yang aneh itu, mobil FWD monokok tapi suspensi belakang rigid axle macam soluna. ruginya dobel. ngapain FWD (kaki2 depan jadi kurang awet) kalo ujung2nya belakang rigid axle, gak sekalian RWD aja reliability-nya jd super. atau logika dibalik kenapa belakang rigid axle kalo mobilnya FWD, nanggung. Apalagi seperti Evalia, udah FWD monokok, eh belakangna rigid axle + per daun. Ane bilang rugi dobel karena Kaki2 awet ala RWD rigid axle nggak dapet (karena FWD pakai cv joint), kenyamanan/kestabilan ala independen/semi juga nggak dapet (karena belakang rigid axle)
Pathfinder yang masih based on navara om...jarang sie, kebanyakan monokok atau reinforced monokok macam discovery gv dll
Wkwk klw soluna n kwr aneh memang, mungkin cost saving dri sisi blue print jd pke tech lama yg masih pke rear rigid axle. Production cost.. Hmmm rasanya rigid sederhana d soluna/kwr dgn torsion veam beti de..
Klw evalia... Imho karna mbl barang, blkngnya jadi perdaun biar bisa ngangkut kuat.... Cuma memang bener , kagok sie wkwkwk mungkin memang targetnya untuk perkotaan yg fwd jg cukup
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8
kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????
jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja
kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer.....
bener gak yach pemikiran gw
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.
kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.
swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga
cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
Betul om......
Gw malah kurang demen sway bar untuk pemakaian jalan sehari- hari sie... Wkwk apa lagi di jalan ancur
Klw mobilnya ge8 om boku std nya kan uda ada swaybar saran sya sie ga perlu di apa2in swaybarnya, upgred suspensi atau strutbar saja
Klw jalan yg di lalui ancur bole coba di lepas swaybar nya
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
billyd1773dz wrote:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.
kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.
swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga
cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
Betul om......
Gw malah kurang demen sway bar untuk pemakaian jalan sehari- hari sie... Wkwk apa lagi di jalan ancur
Klw mobilnya ge8 om boku std nya kan uda ada swaybar saran sya sie ga perlu di apa2in swaybarnya, upgred suspensi atau strutbar saja
Klw jalan yg di lalui ancur bole coba di lepas swaybar nya
thank you boss kayaknya ud tau arahnya kemana fokus kuatin chasisnya aja axlenya gak usah diapa2xin kayaknya
woh saya baru tau kalo torsion beam itu masih ada elastis2nya.. semi independent spt kata om billy..
tp saya baca di wiki (gatau bener ga tuh wikinya) muti link suspension itu ada yg dependent, saya kutip dr wiki "The most common is the four link with panhard bar. This is found in many cars and pickup trucks. " kata2 four link ngingetin saya ama konstruksi rear suspensionnya papanjah.. (bener ga sih saya )
syafimsa wrote:woh saya baru tau kalo torsion beam itu masih ada elastis2nya.. semi independent spt kata om billy..
tp saya baca di wiki (gatau bener ga tuh wikinya) muti link suspension itu ada yg dependent, saya kutip dr wiki "The most common is the four link with panhard bar. This is found in many cars and pickup trucks. " kata2 four link ngingetin saya ama konstruksi rear suspensionnya papanjah.. (bener ga sih saya )
Kalau Innova itu jadinya pake suspensi tipe apa ya?
multi link rigid axle juga?
Seinget saya dulu waktu innova gen-1 pertama launching, marketing point-nya kan independent suspension ya kalo ga salah.
KlinciImut wrote:Kalau Innova itu jadinya pake suspensi tipe apa ya?
multi link rigid axle juga?
Seinget saya dulu waktu innova gen-1 pertama launching, marketing point-nya kan independent suspension ya kalo ga salah.
Mohon pencerahan
Trims
Innova ya IFS.... yg depan independent coil double wishbone, belakang rigid axle dgn coil 5 link...
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
billyd1773dz wrote:well this is maybe the 10% of full independent suspension vehicle that cold carry FRD.......
oyah indonesian made
PT44 MAESA
itu maesa kayaknya truk texmaco ya ?
setahu saya texmaco itu pakai komponen lisensi " keroyokan " steyr , leyland , ZF , eston , sama cummins ... secara teori harusnya memang badak ini truk dibanding jepangan
sayang ya ini perusahaan kayak kena konspirasi atau apalah itu hal hal yg sifatnnya jegal menjegal
padahal kalau ngimpi ---mobnas--- harusnya start dari sini pakai cara yang sama pakai orang yang sama dg pengalamanya , ya minimal tahu dia bisa dapat lisensi banyak gitu biar kalau bikin produk gak abal abal
KlinciImut wrote:Kalau Innova itu jadinya pake suspensi tipe apa ya?
multi link rigid axle juga?
Seinget saya dulu waktu innova gen-1 pertama launching, marketing point-nya kan independent suspension ya kalo ga salah.
Mohon pencerahan
Trims
Innova ya IFS.... yg depan independent coil double wishbone, belakang rigid axle dgn coil 5 link...
Thanks infonya.
Oh cuma depannya doang dong yang independen ya.
Berarti iklannya jaman dulu misleading, soalnya diliatin animasi yang mengesankan roda belakangnya juga independen.