dependent vs independent rear suspension

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by b0ku »

kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8

kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????

jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja

kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer..... :ngacir:

bener gak yach pemikiran gw :big_think:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by billyd1773dz »

b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8

kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????

jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja

kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer..... :ngacir:

bener gak yach pemikiran gw :big_think:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.


kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.

swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga

:beer: cmiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by daftar »

ada nggak ya mobil ladder frame yang full independen?

yang aneh itu, mobil FWD monokok tapi suspensi belakang rigid axle macam soluna. ruginya dobel. ngapain FWD (kaki2 depan jadi kurang awet) kalo ujung2nya belakang rigid axle, gak sekalian RWD aja reliability-nya jd super. atau logika dibalik kenapa belakang rigid axle kalo mobilnya FWD, nanggung. Apalagi seperti Evalia, udah FWD monokok, eh belakangna rigid axle + per daun. Ane bilang rugi dobel karena Kaki2 awet ala RWD rigid axle nggak dapet (karena FWD pakai cv joint), kenyamanan/kestabilan ala independen/semi juga nggak dapet (karena belakang rigid axle)
:ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by b0ku »

billyd1773dz wrote:
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8

kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????

jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja

kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer..... :ngacir:

bener gak yach pemikiran gw :big_think:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.


kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.

swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga

:beer: cmiw
ok boss thanks you kayaknya mendingan pasang aja deh :ngacir:
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by anrico17 »

Mau numpang nanya dong
H shaped torsion beam itu independent ato dependent?
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by lend3 »

billyd1773dz wrote:
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8

kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????

jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja

kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer..... :ngacir:

bener gak yach pemikiran gw :big_think:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.


kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.

swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga

:beer: cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4361
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by kunaskun »

daftar wrote:ada nggak ya mobil ladder frame yang full independen?
LC200? kalau ga salah masih ladder frame.
yang aneh itu, mobil FWD monokok tapi suspensi belakang rigid axle macam soluna. ruginya dobel. ngapain FWD (kaki2 depan jadi kurang awet) kalo ujung2nya belakang rigid axle, gak sekalian RWD aja reliability-nya jd super. atau logika dibalik kenapa belakang rigid axle kalo mobilnya FWD, nanggung. Apalagi seperti Evalia, udah FWD monokok, eh belakangna rigid axle + per daun. Ane bilang rugi dobel karena Kaki2 awet ala RWD rigid axle nggak dapet (karena FWD pakai cv joint), kenyamanan/kestabilan ala independen/semi juga nggak dapet (karena belakang rigid axle)
mungkin maksudnya Avanza Xenia? bukan soluna? Ini kan alasan utamanya si toyota daihatsu kalau penggerak belakang lebih cocok di indo, karena ya logisnya ngedorong lebih kuat daripada narik.

Evalia karena aslinya memang bukan penumpang murni tapi small comercial vehicle. jadi lebih mudah sederhana perawatannya untuk kaki2 belakang, dan terpenting: flat floor deck dengan ruangan lebih tinggi daripada kompetitornya yg RWD tanpa ada floor hump. marketnya evalia kan negara2 maju yang ga perlu RWD.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by b0ku »

lend3 wrote:
billyd1773dz wrote:
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8

kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????

jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja

kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer..... :ngacir:

bener gak yach pemikiran gw :big_think:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.


kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.

swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga

:beer: cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
ada planning pasang coil over seh ni mobil kayaknya bodynya enteng mesinnya dibilang kenceng seh engak tapi ud mulai bikin melayang , kalo doyan ngebut lurus seh fine2x aja tapi kalo ud buat manuver bahaya karena berasa gripnya kurang jd gak presisi, gak kayak freed gw mungkin kombinasi mesin under power + body lebih berat sekitar 300kgan jd lebih enak buat full trotle + ngegrip kalo di ge gw malah ngeri full trotle terutama di tikungan

jadi mendingan ganti coilover dulu yach baru urus chasis?? ada planning mau pasang rigid collar spoon jg seh..... :ngacir:
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by lend3 »

drpd saya salah cerita lsg cek sumurnya aja om.

http://www.vikingspeedshop.com/the-trut ... sway-bars/
dijamin lsg cerah deh arah tuningnya.
b0ku wrote:
lend3 wrote:
billyd1773dz wrote:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.


kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.

swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga

:beer: cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
ada planning pasang coil over seh ni mobil kayaknya bodynya enteng mesinnya dibilang kenceng seh engak tapi ud mulai bikin melayang , kalo doyan ngebut lurus seh fine2x aja tapi kalo ud buat manuver bahaya karena berasa gripnya kurang jd gak presisi, gak kayak freed gw mungkin kombinasi mesin under power + body lebih berat sekitar 300kgan jd lebih enak buat full trotle + ngegrip kalo di ge gw malah ngeri full trotle terutama di tikungan

jadi mendingan ganti coilover dulu yach baru urus chasis?? ada planning mau pasang rigid collar spoon jg seh..... :ngacir:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by billyd1773dz »

daftar wrote:ada nggak ya mobil ladder frame yang full independen?

yang aneh itu, mobil FWD monokok tapi suspensi belakang rigid axle macam soluna. ruginya dobel. ngapain FWD (kaki2 depan jadi kurang awet) kalo ujung2nya belakang rigid axle, gak sekalian RWD aja reliability-nya jd super. atau logika dibalik kenapa belakang rigid axle kalo mobilnya FWD, nanggung. Apalagi seperti Evalia, udah FWD monokok, eh belakangna rigid axle + per daun. Ane bilang rugi dobel karena Kaki2 awet ala RWD rigid axle nggak dapet (karena FWD pakai cv joint), kenyamanan/kestabilan ala independen/semi juga nggak dapet (karena belakang rigid axle)
Pathfinder yang masih based on navara om...jarang sie, kebanyakan monokok atau reinforced monokok macam discovery gv dll

Wkwk klw soluna n kwr aneh memang, mungkin cost saving dri sisi blue print jd pke tech lama yg masih pke rear rigid axle. Production cost.. Hmmm rasanya rigid sederhana d soluna/kwr dgn torsion veam beti de..

Klw evalia... Imho karna mbl barang, blkngnya jadi perdaun biar bisa ngangkut kuat.... Cuma memang bener , kagok sie wkwkwk mungkin memang targetnya untuk perkotaan yg fwd jg cukup


:beer: cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by billyd1773dz »

lend3 wrote:
billyd1773dz wrote:
b0ku wrote:kebetulan neh gw lagi bingung mau tuning chasis GE8

kalo front stabilizer bar itu perlu gak seh??? logikanya kalo lagi nikung ke kiri misalnya bukanya malah ngurangin grip yg sebelah kanan, karena pas nikung suspensi depan ud gak indepent lagi, gara2x kiri kanan kesambung rigid sama stablizer bar ban kanan jadi lebih ganpang ketarik sama ban kiri ????

jadi kalo depan kelihatannya cukup pake strutbar atas aja

kalo rear axle karena GE8 ud torsion beam malah gak masalah di pasang rear stabilizer..... :ngacir:

bener gak yach pemikiran gw :big_think:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.


kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.

swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga

:beer: cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
Betul om......

Gw malah kurang demen sway bar untuk pemakaian jalan sehari- hari sie... Wkwk apa lagi di jalan ancur

Klw mobilnya ge8 om boku std nya kan uda ada swaybar saran sya sie ga perlu di apa2in swaybarnya, upgred suspensi atau strutbar saja

Klw jalan yg di lalui ancur bole coba di lepas swaybar nya


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by b0ku »

billyd1773dz wrote:
lend3 wrote:
billyd1773dz wrote:
errmmmm kalau nikung ke arah kiri...... dri driver side , weight bukanya shift ke kanan ya..... ban kanan jadi dapat beban lebih banyak, dan gripnya jadi lebih baik ban kiri yang gripnya lebih dikit karna beban pindah kekanan.


kalau ga pke swaybar weight shift mkin parah, karna bodyroll dan gerakan body lebih besar lagi.

swaybar kan bukan hanya hubungin roda kanan dan kiri, tapi dengan chassis/ body juga

:beer: cmiw
pernah sempet baca2 banyak masalah tuning chasis. krn mobil ane errm ya begitulah. sebelum nambah swaybar. lebih baik dulu naik/kerasin spring/damper rate. karena sway bar. menyempurnakan spring rate. dan level kukuatan swaybar yg dipake juga menyesuaikan kebutuhan tracknya. swaybar dianggap sebagai cara untuk ngakalin body roll, handling. tp urutannya spring/damper dulu di tuning. baru ditentukan swaybarnya untuk penyempurnaan. ditambah lg sturtbar dst. klo damper/spring blm mumpuni rasanya kurang yahud.
Betul om......

Gw malah kurang demen sway bar untuk pemakaian jalan sehari- hari sie... Wkwk apa lagi di jalan ancur

Klw mobilnya ge8 om boku std nya kan uda ada swaybar saran sya sie ga perlu di apa2in swaybarnya, upgred suspensi atau strutbar saja

Klw jalan yg di lalui ancur bole coba di lepas swaybar nya


:beer:
thank you boss kayaknya ud tau arahnya kemana fokus kuatin chasisnya aja axlenya gak usah diapa2xin kayaknya :ngacir:
syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by syafimsa »

woh saya baru tau kalo torsion beam itu masih ada elastis2nya.. semi independent spt kata om billy..

tp saya baca di wiki (gatau bener ga tuh wikinya) muti link suspension itu ada yg dependent, saya kutip dr wiki "The most common is the four link with panhard bar. This is found in many cars and pickup trucks. " kata2 four link ngingetin saya ama konstruksi rear suspensionnya papanjah.. (bener ga sih saya :mky_01: )

https://en.wikipedia.org/wiki/Multi-link_suspension
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by billyd1773dz »

:big_slap:
syafimsa wrote:woh saya baru tau kalo torsion beam itu masih ada elastis2nya.. semi independent spt kata om billy..

tp saya baca di wiki (gatau bener ga tuh wikinya) muti link suspension itu ada yg dependent, saya kutip dr wiki "The most common is the four link with panhard bar. This is found in many cars and pickup trucks. " kata2 four link ngingetin saya ama konstruksi rear suspensionnya papanjah.. (bener ga sih saya :mky_01: )

https://en.wikipedia.org/wiki/Multi-link_suspension
Yup makanya gw bilang di post awal... Multilink bisa rigid bisa independent....

Karna ada pabrikan yg pke coil rigid axle nyebutnya multilink... Ga salah, karna link nya memang banyak(multi)

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by b8099ok »

Independent = not always FRD approved
Rigid axle = 90% chance FRD approved
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
memphisraines
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33

Re: RE: Re: dependent vs independent rear suspension

Post by memphisraines »

b8099ok wrote:Independent = not always FRD approved
Rigid axle = 90% chance FRD approved
oh no.. ga cuma di WhatsApp.. dimari juga dihancurkan.. pray for frd..

tapi ada benar nya juga, dengan tonase seperti terurai di grup, sebaiknya naik dependent axle

Sent from my Lenovo S930 using Tapatalk
whatever your flag..we share the same road..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by billyd1773dz »

well this is maybe the 10% of full independent suspension vehicle that cold carry FRD.......

Image

Image

Image




oyah indonesian made
PT44 MAESA
Image
Image
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
KlinciImut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Mar 04, 2013 15:46

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by KlinciImut »

Kalau Innova itu jadinya pake suspensi tipe apa ya?
multi link rigid axle juga?
Seinget saya dulu waktu innova gen-1 pertama launching, marketing point-nya kan independent suspension ya kalo ga salah.

Mohon pencerahan

Trims
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by exflowly »

Innova gen 1 (2004) sampai Innova dono (2015?) sebelum ANKI rear suspensionnya rigit axle dan depannya double wishbone.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by billyd1773dz »

KlinciImut wrote:Kalau Innova itu jadinya pake suspensi tipe apa ya?
multi link rigid axle juga?
Seinget saya dulu waktu innova gen-1 pertama launching, marketing point-nya kan independent suspension ya kalo ga salah.

Mohon pencerahan

Trims
Innova ya IFS.... yg depan independent coil double wishbone, belakang rigid axle dgn coil 5 link...

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by dsign1990 »

billyd1773dz wrote:well this is maybe the 10% of full independent suspension vehicle that cold carry FRD.......

Image

Image

Image




oyah indonesian made
PT44 MAESA
Image
Image

itu maesa kayaknya truk texmaco ya ?
setahu saya texmaco itu pakai komponen lisensi " keroyokan " steyr , leyland , ZF , eston , sama cummins ... secara teori harusnya memang badak ini truk dibanding jepangan
sayang ya ini perusahaan kayak kena konspirasi atau apalah itu hal hal yg sifatnnya jegal menjegal
padahal kalau ngimpi ---mobnas--- harusnya start dari sini pakai cara yang sama pakai orang yang sama dg pengalamanya , ya minimal tahu dia bisa dapat lisensi banyak gitu biar kalau bikin produk gak abal abal
KlinciImut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon Mar 04, 2013 15:46

Re: dependent vs independent rear suspension

Post by KlinciImut »

billyd1773dz wrote:
KlinciImut wrote:Kalau Innova itu jadinya pake suspensi tipe apa ya?
multi link rigid axle juga?
Seinget saya dulu waktu innova gen-1 pertama launching, marketing point-nya kan independent suspension ya kalo ga salah.

Mohon pencerahan

Trims
Innova ya IFS.... yg depan independent coil double wishbone, belakang rigid axle dgn coil 5 link...

:beer:
Thanks infonya.
Oh cuma depannya doang dong yang independen ya.
Berarti iklannya jaman dulu misleading, soalnya diliatin animasi yang mengesankan roda belakangnya juga independen.