Pembatasan umur kendaraan di jkt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
saya tinggal di jabar....hanya numpang lwt jkt kalo mau masuk tol, abis itu lsg kliatan batas jkt jabar, masuk jabar lagi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Mungkin biar mobil LCGC laku, tapi ane sih gak setuju,ada pembatasan usia kendaraan,alasannya
1. Ekonomi kita sedang lemah, harga mobil makin naik,kedepannhya susah kecicil.mobil
2. Masih nyaman sama mobil lama
Sent from my D5322 using Tapatalk
1. Ekonomi kita sedang lemah, harga mobil makin naik,kedepannhya susah kecicil.mobil
2. Masih nyaman sama mobil lama
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
alasan ekonomi lg lemah tdk bisa dipakai
sejak merdeka 1949 kesini ekonomi blm pernah menguat
global civilization std n global industrial efficiency yg bikin apa yg ada di dunia luar ... bisa tetap terbeli org org indo yg wang nya makin lama makin dikit
thn 70n naik taxi spore or kl masih bisa bayar pake rupiah ... kali dua sj dr argo ... thn 90n awal sy masih bisa ke spore cukup pake ktp batam asal naik ferry ya ... skrg ktp n rupiah di spore n kl? thn 80-90n di belanda org indo bisa tukar rebewijs jkt n bdg dg rebewijs londo ... skrg?
mau untung besar di indo ... ya buka kantoor pajak ... mana lg yg bisa net profit rp. 1,300 trilyun per annum (2016 target) ... di indo?
sejak merdeka 1949 kesini ekonomi blm pernah menguat
global civilization std n global industrial efficiency yg bikin apa yg ada di dunia luar ... bisa tetap terbeli org org indo yg wang nya makin lama makin dikit
thn 70n naik taxi spore or kl masih bisa bayar pake rupiah ... kali dua sj dr argo ... thn 90n awal sy masih bisa ke spore cukup pake ktp batam asal naik ferry ya ... skrg ktp n rupiah di spore n kl? thn 80-90n di belanda org indo bisa tukar rebewijs jkt n bdg dg rebewijs londo ... skrg?
mau untung besar di indo ... ya buka kantoor pajak ... mana lg yg bisa net profit rp. 1,300 trilyun per annum (2016 target) ... di indo?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Ooh, ternyata begitu di. Jepang. Berarti yang pelihara vintage cars di Japan itu harus siap duit banyak buat banyak tax nya yah.
1 hal yang saya tau bahwa orang Jepang harus punya garasi dulu yang di approve pemerintah baru bisa beli mobil, ga kaya di Indo yang bisa parkir mobil seenaknya di depan rumah tetangga klo ga punya garasi.
Trus klo di UK kan ada scrapping program juga, saya sering baca di forum mobil UK klo ada mobil yang kena cat D accident langsung scrape, walau kadang ada yg bayar ke insurance company untuk fixing itu mobil. Walau resikonya premi asuransi jadi mahal banget.
Mungkin om NR boleh kasih insight dikit soal itu, apa program itu juga dipake sama negara2 EEA?
Sent from my iPad using Tapatalk
1 hal yang saya tau bahwa orang Jepang harus punya garasi dulu yang di approve pemerintah baru bisa beli mobil, ga kaya di Indo yang bisa parkir mobil seenaknya di depan rumah tetangga klo ga punya garasi.
Trus klo di UK kan ada scrapping program juga, saya sering baca di forum mobil UK klo ada mobil yang kena cat D accident langsung scrape, walau kadang ada yg bayar ke insurance company untuk fixing itu mobil. Walau resikonya premi asuransi jadi mahal banget.
Mungkin om NR boleh kasih insight dikit soal itu, apa program itu juga dipake sama negara2 EEA?
Sent from my iPad using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 583
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Bener tuh oom soal punya garasi dulu baru punya mobil. contoh nyata, depan rumah, ada toko kelontong, yang lebar toko nya cuma 3 meter, ga punya garasi, eh nekat nyicil avanza veloz... akhirnya ditaruh di pinggi jalan, pake sarung mobil dan dipasangin cctv di pohon deket parkirnya buat monitor. edaaaaan tenaaan....Haagendasz wrote:Ooh, ternyata begitu di. Jepang. Berarti yang pelihara vintage cars di Japan itu harus siap duit banyak buat banyak tax nya yah.
1 hal yang saya tau bahwa orang Jepang harus punya garasi dulu yang di approve pemerintah baru bisa beli mobil, ga kaya di Indo yang bisa parkir mobil seenaknya di depan rumah tetangga klo ga punya garasi.
Trus klo di UK kan ada scrapping program juga, saya sering baca di forum mobil UK klo ada mobil yang kena cat D accident langsung scrape, walau kadang ada yg bayar ke insurance company untuk fixing itu mobil. Walau resikonya premi asuransi jadi mahal banget.
Mungkin om NR boleh kasih insight dikit soal itu, apa program itu juga dipake sama negara2 EEA?
Sent from my iPad using Tapatalk

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
saya baru rencana beli mobil dalam 1 - 2 bulan ke depan. Berhubung duit mepet, jadi sepertinya terpaksa beli yg umurnya > 10 tahun. Kalau begini, bagaimana nasibnya?
Bagaimana dengan teman2 yg terpaksa membeli mobil karena punya anak yg masih kecil, dan duitnya mepet sehingga umur mobilnya > 10 tahun? Kalau pakai taksi akan lebih mahal, kalau pakai transportasi publik, sepertinya cukup sulit sambil menggendong anak dan bawa kereta bayi
hufffttt, semoga rencana ini benar baru diaplikasikan bila public transport sudah siap dan cukup layak

Bagaimana dengan teman2 yg terpaksa membeli mobil karena punya anak yg masih kecil, dan duitnya mepet sehingga umur mobilnya > 10 tahun? Kalau pakai taksi akan lebih mahal, kalau pakai transportasi publik, sepertinya cukup sulit sambil menggendong anak dan bawa kereta bayi

hufffttt, semoga rencana ini benar baru diaplikasikan bila public transport sudah siap dan cukup layak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
kayanya sih hal umum di Indonesia nih ...marzoochi wrote: Bener tuh oom soal punya garasi dulu baru punya mobil. contoh nyata, depan rumah, ada toko kelontong, yang lebar toko nya cuma 3 meter, ga punya garasi, eh nekat nyicil avanza veloz... akhirnya ditaruh di pinggi jalan, pake sarung mobil dan dipasangin cctv di pohon deket parkirnya buat monitor. edaaaaan tenaaan....
klo sampe pemerintah niru Jepang dimana harus punya garasi dulu baru bisa punya mobil, dijamin mobil ga laku di Indo & pasar properti langsung tinggi karena orang harus punya garasi dulu ...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 149
- Joined: Tue Dec 22, 2015 11:57
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Mungkin 10 tahun lagi bisa diaplikasikan jika public transport sudah lengkap dan terintegrasi dari jaringan commuterline, MRT, LRT, busway, buskota dan lainnya
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Feb 15, 2016 1:52
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Klo yang jualan pas pasan kayak ane gmn? Mau beli angkutan bekas umur > 5 thn aja sambil puasa.
Masa bawa2 barang naik publik transport, kan ga bisa. Apa nanti mau ada taxi pickup? Mahalnyo?
rental harganya ajegile, gak kejangkau sm untungnya.
kalau peraturan kendaraan 10 thn diterapkan persh taxi menjamur, spt Steve Jobs punya persh. taxi armada cuman 1 yang naek dia doang
Kalau public transport bagus dan murah pasti pindah sendiri.
Masa bawa2 barang naik publik transport, kan ga bisa. Apa nanti mau ada taxi pickup? Mahalnyo?
rental harganya ajegile, gak kejangkau sm untungnya.
kalau peraturan kendaraan 10 thn diterapkan persh taxi menjamur, spt Steve Jobs punya persh. taxi armada cuman 1 yang naek dia doang

Kalau public transport bagus dan murah pasti pindah sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
singkat sj:Haagendasz wrote:Ooh, ternyata begitu di. Jepang. Berarti yang pelihara vintage cars di Japan itu harus siap duit banyak buat banyak tax nya yah.
1 hal yang saya tau bahwa orang Jepang harus punya garasi dulu yang di approve pemerintah baru bisa beli mobil, ga kaya di Indo yang bisa parkir mobil seenaknya di depan rumah tetangga klo ga punya garasi.
Trus klo di UK kan ada scrapping program juga, saya sering baca di forum mobil UK klo ada mobil yang kena cat D accident langsung scrape, walau kadang ada yg bayar ke insurance company untuk fixing itu mobil. Walau resikonya premi asuransi jadi mahal banget.
Mungkin om NR boleh kasih insight dikit soal itu, apa program itu juga dipake sama negara2 EEA?
Sent from my iPad using Tapatalk
di austria ada tambahan 30,000 units sent to scrap since govt.offers any 13yo or older car to scrap for € 1,500 rebate to buy at least euro5car below 3.0l engine built by participating brands (ada list trmsk tesla)
france has scrapped xtra 280,000 units in 2015 since govt offers any 10yo or older car to scrap in exchange for € 1,000 - 2,000 rebate for new car with emissio level of under 160gr/sq.km
gemany has gained xtra 480,000 units of scrapped cars in 2015 due to govt.offer to any nine yo or older car be scrapped in xchange for € 2,000 rebate on purchase of new/used car...not older than 12mth old with engine cap.of under 4.0l
greece got xtra 44,000 scrapped cars after govt.offers of € 0.4 - 0.8k gift away plus (if buy new car in participating local car dealers ) another € 1.5k - 4.0k rebate
italy targets any 10yo or older car to scrap by offering up to € 1,500 rebate on purchase of new car with emission level of max 140gr/sq.km (petrol) or 160gr/sq.km (diesel) ...330,000 xtra cars sent to scrap
portugal got xtra 35,000cars have been scrapped in 2015 on govt offer of € 1,000 - 1,999 rebate on new car under 140gr/sq.km emission level purchase
romanian govt.offers €1,000 rebate for new car purchase if any 10yo pr older car be sent to scrap and around 77,000 cars then scrapped last year
spanish govt.offers € 10k - 20k rebate for new car purchase (not cheaper than € 30k in pricetag) per one 10yo car (or older) scrapped. around 180,000 units of car chopped last year
strong supporters of these programs: metal and automotive worker unions...major automotive brands...insurance industry and tax offices
btw...ini medical / anti infection gear set yg sering (ampir tiap mggu)sy pakai u newly arrived asylumseeker inspection...one set created from recycled 17 airbags...trmsk yg biru u tutup sepatu n u full head cover
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
kalo ramses sy kirim ke ukrainian or ex soviet conflict zones ada tambahan helmet cover terbikin dr dua ex airbags (box nya tertulis bgt)...smua non branded...unhcr,iom,ecre,icrc-ircf certified products
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
mobil berbanding terbalik dengan HP , dulu gue beli hp waktu awal awal teknlogi GSM harga sony ericson 3 juta rupiah, sekarang dengan kualitas yg jauh lebih baik, lebih canggih dan reliable nokia 105 200 ribu doang inflasi pulak. kalau mobil dulu timor DOHC cuma 45 juta udah mesin injeksi 105 ps/145 nm, interior mewah soft touch dimana mana dan type sedan . lah sekarang model vios ,baleno makjang.................. teknologi mesin tahun 90an lampu masih bohlam ,interior plastik dimana mana, performa mesin masih 105 hp/145 nm dihargai 300 juta P*kima*lah.......
udah gitu kualitas menurun dikit dikit masuk bengkel ???
harusnya dengan uang 300 juta udah bisa dapat sedan , soft touch dimana mana , lampu LED headlamp, performa 120 ps/250 nm kok malah downgrade dimana mana ...........

harusnya dengan uang 300 juta udah bisa dapat sedan , soft touch dimana mana , lampu LED headlamp, performa 120 ps/250 nm kok malah downgrade dimana mana ...........
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 618
- Joined: Sat Aug 22, 2015 15:31
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
airbags mobil dijadiin pelindung baju yah ...
kadang memang di scrape malah dapet duit lebih dibanding dijual kondisi ala kadarnya ke pemakai ...
btw, barusan nemu mesin recycle botol di supermarket ... tapi kok ga ada tulisan bisa buat plastic bags yah ?
kadang memang di scrape malah dapet duit lebih dibanding dijual kondisi ala kadarnya ke pemakai ...
btw, barusan nemu mesin recycle botol di supermarket ... tapi kok ga ada tulisan bisa buat plastic bags yah ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
disitu this year end...trial sdh pernah thn 2014
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
selama Ahok masih jadi Gub JKT bisa aja terealisasi...stiffler wrote:Itu kan berita lama. TS nya kenapa ngungkit2 lagi, ga update nih hehe. Setahu saya usulan itu sudah lama dibatalkan kok, mungkin pengambilan keputusan sadar diri
Tp bisa jadi saya salah, silakan dikoreksi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
http://bali.tribunnews.com/2016/05/24/k ... ikalengkan itu berita terbaru di bali, bs jadi daerah lain jg akan punya ide serupa. Bye hardtop, barong, kodok, willys....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
mobil kena scrap hrs ada reward scheme .... balikin tax monies .... price per kg .... lumpsum
typical indo
extreme (unclear) plan ada di ahir jabatan head of (local) govt. ....tar public akan tagih ke next coming official
typical indo
extreme (unclear) plan ada di ahir jabatan head of (local) govt. ....tar public akan tagih ke next coming official
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
SI Ahok kan emang mau cari masalah sama angkot, metromini, kopaja, koami yg make mobil tuaanrico17 wrote:Gak mungkin.. Gimana nasib metromini, kopaja, Angkot, kopami.. Etc etc..
Pasti banyak yang komplain.. Dan pasar mobil bekas Jakarta pasti jeblok lumayan parah...
kalau toko mobil bekas mah gampang, tinggal geser ke luar jkt kaya bekasi sepok bogor serpong beres toh
lagian jumlah kendaraan di jakarta itu ada 10juta++
siapa yg mau ngecekin 1-1?

cek pas perpanjang stnk kali ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
mau dibatasin umurnya, tapi harga mobil barunya merangkak naik terus,

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Duhh moga aj pas ini aturan kalo jd berlaku ane udh ga tinggal di jakarta lagi (da dirumah mobil 10thn up semua masa kudu diganti baru
)...
Lagian emg di jakarta beda bgt sih sama di daerah yg rata-rata msh banyak yg pake mobil tua, kalo di sini ane liat banyak bgt bgt populasi mobil barunya, tiap ada model terbaru pasti dgn cepat seliweran dimana2... yg modelan kijang kapsul/vios 04/dsb aja udh rada jarang keliatan, kisup/panter kotak malah jrg banget liat...
Mungkin karna emg jalanan jakarta jauh2 udah gt macet2 & butuh mobil yg bener2 berkondisi prima sih ya

Lagian emg di jakarta beda bgt sih sama di daerah yg rata-rata msh banyak yg pake mobil tua, kalo di sini ane liat banyak bgt bgt populasi mobil barunya, tiap ada model terbaru pasti dgn cepat seliweran dimana2... yg modelan kijang kapsul/vios 04/dsb aja udh rada jarang keliatan, kisup/panter kotak malah jrg banget liat...
Mungkin karna emg jalanan jakarta jauh2 udah gt macet2 & butuh mobil yg bener2 berkondisi prima sih ya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
selain karena banyak yang beli mobil baru, mobil bekas jakarta juga pada lari ke daerah2 karena harganya yang lebih murah, kalo di daerah sih mobil bekasnya ya muter2 disitu terusamfibi wrote:Duhh moga aj pas ini aturan kalo jd berlaku ane udh ga tinggal di jakarta lagi (da dirumah mobil 10thn up semua masa kudu diganti baru)...
Lagian emg di jakarta beda bgt sih sama di daerah yg rata-rata msh banyak yg pake mobil tua, kalo di sini ane liat banyak bgt bgt populasi mobil barunya, tiap ada model terbaru pasti dgn cepat seliweran dimana2... yg modelan kijang kapsul/vios 04/dsb aja udh rada jarang keliatan, kisup/panter kotak malah jrg banget liat...
Mungkin karna emg jalanan jakarta jauh2 udah gt macet2 & butuh mobil yg bener2 berkondisi prima sih ya


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Iya nih bener bgt banyak mobil bekas yg lari dr jkt ke daerahdaftar wrote:selain karena banyak yang beli mobil baru, mobil bekas jakarta juga pada lari ke daerah2 karena harganya yang lebih murah, kalo di daerah sih mobil bekasnya ya muter2 disitu terusamfibi wrote:Duhh moga aj pas ini aturan kalo jd berlaku ane udh ga tinggal di jakarta lagi (da dirumah mobil 10thn up semua masa kudu diganti baru)...
Lagian emg di jakarta beda bgt sih sama di daerah yg rata-rata msh banyak yg pake mobil tua, kalo di sini ane liat banyak bgt bgt populasi mobil barunya, tiap ada model terbaru pasti dgn cepat seliweran dimana2... yg modelan kijang kapsul/vios 04/dsb aja udh rada jarang keliatan, kisup/panter kotak malah jrg banget liat...
Mungkin karna emg jalanan jakarta jauh2 udah gt macet2 & butuh mobil yg bener2 berkondisi prima sih ya


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
pembatasan umur kendaraan hanya cocok di negara maju karena transport umum sudah baik dan harga mobil lebih murah karena BIKIN SENDIRI
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Gak setuju kalo pembatasan ke kendaraan buat wilayah seluaa indonesia ini. Beda ama singapur yg cuma seumprit. Harus nya penyebaran mobil di indonesia itu merata gak terpusat di pulau jawa.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 686
- Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
- Location: inside of a pretty black ST191
Re: Pembatasan umur kendaraan di jkt
Mungkinkah kebijakan ini titipan ATPM?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan