0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by g1ng2 »

HouseOfDetailing wrote:Ah...ribet amat sih.Baca aja torque piro di rpm piro dah beres .Kalau masih susah juga...cc ngga pernah bohong
setuju...
#kekinian cc+turbo bawaan pabrikan
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by b0ku »

HouseOfDetailing wrote:Ah...ribet amat sih.Baca aja torque piro di rpm piro dah beres .Kalau masih susah juga...cc ngga pernah bohong
banyak faktor seh boss

power to weight ratio salah satunya

tapi paling penting power delivery gearboxnya..... :ngacir:

percuma HP torque nambah tapi gearboxnya gak bagus contoh aja kasus livina naek 5hp malah letoy larinya gara2x CVT barunya malah enakan 4atnya dia power deliverynya :ngacir:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by dieselman228 »

htannis wrote:s emua mitos itu terpatahnya dengan adanya toyota innova d4d a/t 300hp ++ :mky_08:

Straight to the point :big_exellent:
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by jivos »

Imo,

Data 0-100kmh hal common yg dipake sbg performance measurement utk liat akselerasi di manapun.
Makin cepat bs akselerate k kecepatan tinggi, makin crucial performance & handling nya, yg bs accelerate dlm waktu singkat dipandang sbg sesuatu yg eyes candy. :big_love:

Cmiiw, Car's acceleration itu dihitung dr kondisi diam(o kmh) hingga lama waktu yg yg dibuthkan utk reach kecepatan 100kmh. Torehan waktu yg di dpt adl important fact, knp? Krn it tells you how the car handles (how it performs). Buat kita sbg customer ini jg sbg pembeda type mbl spt apa yg akan kita beli.
Mkn cepat akselnya, mkn powerful will be.
Mlm lambat rate akselnya, b'arti mkn lemah mbl nya dan perlu waktu lebih utk m'response kemauan drivernya.
Kemampuan mbl buat aksel itu jg penting buat avoid crash, pun begitu utk m'dptkan high speed dlm waktu singkat.

Rasanya angka perolehan 0-100 itu penting bagi ane, baik di public road/non.... :mky_01: bukan buat kebut2an.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by swag7 »

Mas Sucahyo mkn mau cb test adu 0-100 kmh atau real situation driving (dlm kota) sama mobil kecil saya? Sama kecilnya koq sm Ayla/Agya punya sampean :)

Klo semua power, teknologi, fitur yg dimiliki mobil yg lbh mahal gak ada gunanya dan in real live selevel dgn agya/ayla trs ngapain saya bayar 9x lipat harga agya/ayla utk membeli mobil yg secara ukuran sama kecilnya?

Gak usah mulai lagi membandingkan ayla/agya dgn mobil lain (terutama yg lbh tinggi kelasnya) dan menganggap semua sama saja atau malah bilang agya/ayla lebih baik.
Improvise, Adapt and Overcome!
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by HouseOfDetailing »

b0ku wrote:
HouseOfDetailing wrote:Ah...ribet amat sih.Baca aja torque piro di rpm piro dah beres .Kalau masih susah juga...cc ngga pernah bohong
:drinking:
Sebagai mantan owner sebuah Ahond ber cvt...saya sangat tersungging dengan statement anda :big_bored:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by alvin23 »

jivos wrote:Imo,

Data 0-100kmh hal common yg dipake sbg performance measurement utk liat akselerasi di manapun.
Makin cepat bs akselerate k kecepatan tinggi, makin crucial performance & handling nya, yg bs accelerate dlm waktu singkat dipandang sbg sesuatu yg eyes candy. :big_love:

Cmiiw, Car's acceleration itu dihitung dr kondisi diam(o kmh) hingga lama waktu yg yg dibuthkan utk reach kecepatan 100kmh. Torehan waktu yg di dpt adl important fact, knp? Krn it tells you how the car handles (how it performs). Buat kita sbg customer ini jg sbg pembeda type mbl spt apa yg akan kita beli.
Mkn cepat akselnya, mkn powerful will be.
Mlm lambat rate akselnya, b'arti mkn lemah mbl nya dan perlu waktu lebih utk m'response kemauan drivernya.
Kemampuan mbl buat aksel itu jg penting buat avoid crash, pun begitu utk m'dptkan high speed dlm waktu singkat.

Rasanya angka perolehan 0-100 itu penting bagi ane, baik di public road/non.... :mky_01: bukan buat kebut2an.
saya setuju sama om jivos...
data 0-100 ya gabisa dihilangkan /diabaikan lah...
ibaratnya data 0-100 seperti rangkuman umum, nih kemampuan mesin lu begini loh
adapun data 60-80 atau 100-120 jadi rangkuman lbh detil lagi, oh jadi karena gear begini, atau data begini, maka kalo kita harus nyalip harus gimana

ya gamungkin ada mobil yang 0-100 20 detik, trus 60-80 nya jauh lbh cepet dari mobil yg 0-100 nya 10 detik...




oh ya satu lagi... ane liat TS gak sebut neng alya loh di postnya, jadi jangan langsung di judge juga laah..
After all, bahasa tulis seperti di medsos atau internet kadang membuat penyampaian yg dimaksud tidak sampai 100%
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by madcat015 »

Sebagai pemilik sebuah mid MPV dengan 0-100kpj dalam 13.1s, ane merasa dikadali pabrikan... Embel2 marketing nya terlalu ajib: MPV dengan DNA sport car...

:big_slap:

.
.
.
.
.
.
.
.

...................... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by kompresorz »

lebih pintar dr insinyur pembuat mobil...


sama lucunya dgn pemikiran generasi baru tidak lebih baik dr yang lama...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by b0ku »

HouseOfDetailing wrote:
b0ku wrote:
HouseOfDetailing wrote:Ah...ribet amat sih.Baca aja torque piro di rpm piro dah beres .Kalau masih susah juga...cc ngga pernah bohong
:drinking:
Sebagai mantan owner sebuah Ahond ber cvt...saya sangat tersungging dengan statement anda :big_bored:
Cvtnya GD3 emang kurang bagus gw bilang body valve kalo dah kena min 3jt musti bongkar di beres pula raja ngeden jg biarpun gak separah livina..... :ngacir:

but new CVT gw sempet ragu jg tapi pas nyoba mobilio sama GK5 gw amaze CVT nya bener2x di improve gak asal pasang.......

satu lagi civic 2016 1500T di test independen 0-100nya avg 6.5s - 7.0s pake CVT :ngacir:

gw seh gak ngeremehin CVT yg penting coba dulu aja....
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by newrubble »

madcat015 wrote:...mid MPV dengan 0-100kpj dalam 13.1s, ane merasa dikadali pabrikan...MPV dengan DNA sport car...
...after hiv/aids infection?
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by jivos »

madcat015 wrote:Sebagai pemilik sebuah mid MPV dengan 0-100kpj dalam 13.1s, ane merasa dikadali pabrikan... Embel2 marketing nya terlalu ajib: MPV dengan DNA sport car...

:big_slap:
Sebenarnya tdk dikadalin mod

Cm perlu 13.1sec fm point a ke b utk mindahin 8 pasengger sampai di kec 100kpj. :e-dance:

* Sementara mbl kita2 dg 5seatsnya ngga bakalan bs pecahin record m8 di 13.1sec, krn hrs pp buat angkut 8 org :wkkk:



* Yg 2 seat coupe ???
Dihitung aja brp kali kudu PP :ngacir: :ngacir: :ngacir:

*itu sebabnya m8 di blg mpv w.dna sport
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by ChZ »

jivos wrote:Imo,

Data 0-100kmh hal common yg dipake sbg performance measurement utk liat akselerasi di manapun.
Makin cepat bs akselerate k kecepatan tinggi, makin crucial performance & handling nya, yg bs accelerate dlm waktu singkat dipandang sbg sesuatu yg eyes candy. :big_love:

Cmiiw, Car's acceleration itu dihitung dr kondisi diam(o kmh) hingga lama waktu yg yg dibuthkan utk reach kecepatan 100kmh. Torehan waktu yg di dpt adl important fact, knp? Krn it tells you how the car handles (how it performs). Buat kita sbg customer ini jg sbg pembeda type mbl spt apa yg akan kita beli.
Mkn cepat akselnya, mkn powerful will be.
Mlm lambat rate akselnya, b'arti mkn lemah mbl nya dan perlu waktu lebih utk m'response kemauan drivernya.
Kemampuan mbl buat aksel itu jg penting buat avoid crash, pun begitu utk m'dptkan high speed dlm waktu singkat.

Rasanya angka perolehan 0-100 itu penting bagi ane, baik di public road/non.... :mky_01: bukan buat kebut2an.
Hahahaha setuju om... Ada loh mobil yang rasanya kalem-kalem aja tapi tau-tau udah 120 km/h, Jaguar XJ 3.0 Supercharge... 0-100 nya 5.5 detik.

Mclaren 650S dan Porsche 911 Turbo, sama-sama bracket 3 detik kencengan 650S tapi kerasa lebih kenceng 911 Turbo.

Sementara ada mobil yang rasanya kenceng banget tapi ternyata gerang gerung doang 0-100nya satu abad... contohnya Nissan March.

Kenapa yang dipake 0-100? IMO, Karena di 0-100 km/h seluruh revband bisa langsung ter-explore. Bayangin aja, kalo cuma 0-40 itu paling gigi 1 aja belom abis kok. Contoh CR-V 2.4 RM3 itu 0-80 cuma pake gigi 1. Mobil sekarang, gigi 2 gigi 3 itu sudah masuk 120-140 km/h. Kalo matic 4-speed doang malah gigi 3 udah masuk 160.

Kalau udah masuk kasta supercar, malah lebih ekstrim. 0-100, 0-160, 0-200 juga dihitung. Lah gimana, sampe 100 km/h aja 2-3 detik, 160 paling ga sampe 10 detik, 200 ya 15 detikan. top speed di 300++.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by jivos »

@chz
Yup, spt yg om sebutkan di awal post, klo kita liat brochure, di bag. kategori performance akan tercantum data 0-100 km/h nya. Ada angka disitu sbg gambaran spt apa character mblnya, yg jelas pabrikan bikin itu bkn krn iseng yg ngga ada gunanya. :big_grin:


*tapi tetep, urusan angkut 8 passenger, nothing can beat torehan waktu m8 di 13.1sec :ngacir: :ngacir: :ngacir:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27643
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by DOHC »

ad yg sebut lipina matic kenceng ???

bagi ane, selain yg manual... ntuh matic nya dikasi otak jaman pytechantropus erectus pertama kl menghuni bumi ini... lemot nya minta ampun... mau yg geared atau yg cvt sama aj.... cuman beda nya yg cvt lebi less jerky aj ... that's it....

kl ngincer speed dan acceleration, definitely sehh lipina manual aj... kuasain karakter kopling nya yg aneh dan anda bsa nyetir sruntulan....

#walaupun tetep, kl ngadu aksel, masi kalah lawan majority hatchback2 1500cc..
kcuali, lipina nya suhu kodok tuh, ud special tuning punya... hehehe...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3034
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by KielConstantine »

kompresorz wrote:lebih pintar dr insinyur pembuat mobil...


sama lucunya dgn pemikiran generasi baru tidak lebih baik dr yang lama...
Sabar om kompre..

User name: sucahyo ini memang one-of-a-kind di bidang analisis ngawur. :drinking:

























Tapi sy cukup appreciate..
Setidaknya buah pemikiran dy original, bukan hasil copy paste ubah dikit, trus tempelin Watermark seenak jidat ala website otomotif sebelah..
:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by POS VETT »

newrubble wrote:
madcat015 wrote:...mid MPV dengan 0-100kpj dalam 13.1s, ane merasa dikadali pabrikan...MPV dengan DNA sport car...
...after hiv/aids infection?
Kalau jaman sekarang, HIV doang kurang mantap, Oom. Istilahnya sekarang "EbolAIDS" :)
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mozawa »

Whats?? Data 0 - 100 kmph itu gak penting dan dibuang saja?????..


satu lagi pemikiran yang terlalu dangkal ala sucahyo....hahahahaha......

setelah sebelumnya , ts membandingkan performa 0-100 kmph , agya dengan beberapa motor , dan menyimpulkan tenaga agya berlebih ...???????

up to uuu.....

ane udah tahu kok cukup dengan melihat kesimpulan ts tentang agya , dan suatu saat nanti pasti ada lagi kesimpulan2 yang aneh dari bro sucahyo....

ditunggu lagi ya thread selanjutnya yang lebih ancoooorrr......hahahaha.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by iwidiyanto »

jogging pagi yuk di jagorawi... :big_blushing: :big_blushing:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by htannis »

iwidiyanto wrote:jogging pagi yuk di jagorawi... :big_blushing: :big_blushing:
yuk lagi ada event drag race sentul nih
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Turboman »

htannis wrote:
iwidiyanto wrote:jogging pagi yuk di jagorawi... :big_blushing: :big_blushing:
yuk lagi ada event drag race sentul nih
Heh htannis !

Mobil elu mah test akselerasi cuman 12 - 13 an detikkan kan

Tapi 0 - 160 kpj nya

:ngacir:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by artoodetoo »

Turboman wrote:
htannis wrote:
iwidiyanto wrote:jogging pagi yuk di jagorawi... :big_blushing: :big_blushing:
yuk lagi ada event drag race sentul nih
Heh htannis !

Mobil elu mah test akselerasi cuman 12 - 13 an detikkan kan

Tapi 0 - 160 kpj nya

:ngacir:
Jadi ingat seseorang yg punya MPV bongsor mirip R3, akselerasinya juga 13 detik ... Tapi cuma nyampe 100 km/jam

:ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by ecco »

Boleh tau TS melakukan "penelitian" sampai dapat "kesimpulan" pakai mobil apa? Mungkin bisa dapat gambaran yang lebih tepat.
Ini TS abis menulis langsung gak nongol lagi yak?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3056
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by farizfsa »

duh kok ada yg bikin pernyataan "pinter" kaya gini.

data/benchmark 0-100 kan buat nunjukin performance paling optimal dari kendaraan tersebut.

kenapa harus dikaitkan dengan penggunaan kendaraan tersebut dijalan umum? anda sendiri tau ga bakal kepake lah 0-100 itu karena kalo dijalan umum tergantung individu masing2 dalam ngendarain itu kendaraan, ada yg lelet ada yg agresif.

sehingga yg jd pertanyaan saya, maksud dan tujuan dibikin thread ini apa ya? mau membuktikan apa sih? heran
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by ricz »

Percaya aja deh Ayla lebi kencang dr RX-8 di jalanan umum.... :mky_03:


*pas lewat rel KA doang sih tapi :ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165