Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by nugroho bagor »

Nah kalau sudah ABS dan air bag sudah worthed lah paling nambah peredaman cukup tapi ya gapapa ........ :ngacir: maaf gw cuma ikut2an member senior atas ane :big_weee: :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by ChZ »

Nice review om... Memang menurut saya New Innova ini peningkatan sangat baik even di tipe entry level pun tetep peredaman lebih bagus dari V lama ya?

Padahal tipe V lama itu menurut saya sudah sangat kedap dibanding CR-V... Kemaren coba tipe Q juga kedap sekali. Ternyata tipe G kedap juga ya

Oiya urusan handling yang kayak kapal mungkin faktor ban saya rasa... tipe G dan V pakai Dunlop Enasave EC300... tipe Q pakai BS Turanza ER33 kayak punya Camry, waktu saya nyetir Q kerasa mantep kok. Dunlop Enasave bisa bikin mobil dengan chassis sebaik Mazda2 bisa gak enak handlingnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by Fiz »

tambahan buat atas ane,,
tadi ane liat q bensin, q bensin tetep pake enash*t,, mungkin karna sama sama r16 kayak seri G V :big_slap:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by nyotnyet »

Nah ngomong yg bensin, kmrn di jkt temen ane pas td ipah bensin, tiba2 mobilnya mogok, salesnya sampe bingung, mbl baru, bensin ada kok bisa mogok ya
Apa gara2 diisi premium?

Soul Red zoom zoom
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by HouseOfDetailing »

Ban tuker aja ama yang peruntukan untuk Grand Touring seperti Pirelli Cinturato P7.Jauh beda nyaman n gripnya
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by madcat015 »

Wah, nice ripiu om edibagio... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane suka banget dengan konsol AC di versi G ini... Keliatan robust dan fungsional... :mky_02:

Transmisi MT seperti nya menyenangkan... Must try MT... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
omDidit
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Fri Nov 02, 2012 3:16

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by omDidit »

Kayaknya nanti bakal ada opsi trim joknya nih.. banyak banget yg komen mengenai warna dan bahan jok
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by alexdonovan »

Excellent review Om. Mau nambahin dikiit aja... Buka kap depan, begitu ditutup lagi (drop dari +/- 20 cm) bunyinya "aneh"... Instead of "brakk", dia kayak "krompyangg". Kayak gak firm engsel kap-nya...

Entah, mungkin unit display disini saja
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by egibaio »

ChZ wrote:Nice review om... Memang menurut saya New Innova ini peningkatan sangat baik even di tipe entry level pun tetep peredaman lebih bagus dari V lama ya?

Padahal tipe V lama itu menurut saya sudah sangat kedap dibanding CR-V... Kemaren coba tipe Q juga kedap sekali. Ternyata tipe G kedap juga ya

Oiya urusan handling yang kayak kapal mungkin faktor ban saya rasa... tipe G dan V pakai Dunlop Enasave EC300... tipe Q pakai BS Turanza ER33 kayak punya Camry, waktu saya nyetir Q kerasa mantep kok. Dunlop Enasave bisa bikin mobil dengan chassis sebaik Mazda2 bisa gak enak handlingnya.
thanks om chz.

ya innova baru ini menurut saya peredamannya sama baiknya dgn innova v dulu kalau masalah isolasi suara dr luar, kalau isolasi suara mesin ane gabisa komentar banyak karena baru bawa innova v bensin, yg diesel cuma pernah disupirin jd ga tau gmn peredamannya di rpm tinggi. tipe G dan V ada 2 macem om ban nya, ecopia dan enasave, yg enasave ini ancur bgt memang. tapi dgn ecopia pun memang limbung tp ane masih bisa menerima. Nah mungkin ane hrs coba tipe Q biar mantap
madcat015 wrote:Wah, nice ripiu om edibagio... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Ane suka banget dengan konsol AC di versi G ini... Keliatan robust dan fungsional... :mky_02:

Transmisi MT seperti nya menyenangkan... Must try MT... :ngacir:
terimakasih om madcat.

betul om, saya jg memang tipe org yg ga begitu peduli gimmick yg penting rasa dr mobilnya gmn termasuk AC digital vs analog. yes, untuk driver seperti om madcat MT akan sgt cocok :big_grin:
alexdonovan wrote:Excellent review Om. Mau nambahin dikiit aja... Buka kap depan, begitu ditutup lagi (drop dari +/- 20 cm) bunyinya "aneh"... Instead of "brakk", dia kayak "krompyangg". Kayak gak firm engsel kap-nya...

Entah, mungkin unit display disini saja
terimakasih om alexdonovan.

wah ane ga nyoba kmrn, nanti ane coba kalo liat mobil ini lg wkwk
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by maastricht889 »

Ane bbrp kali keluar masuk duduk di ANKI ini rasanya kok kualitas body pintunya nurun yah terutama pintu depannya?
Ane tutup kok rasanya kyk avanza gen 1 tapi ini lbh tebel gitu. Ane ketuk ketuk bunyinya bukan dukdukduk, tapi kok gredek" gt ya?
Di Q diesel pun pintunya jg begitu feelnya.
(disini ane bukan vonis bodynya tipis nanti kl ketabrak remek banget gt, tapi lebih ke kualitasnya)
Just my opinion :mky_01:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by Suryaputra »

Tipe AT menggunakan enasave dan MT menggunakan ecopia. And trust me, keduanya terasa SANGAT BEDA. Enasave membuat handling berantakan, saya kehilangan percaya diri memacu mobil ini. Entah unit matic yang saya pakai cacat atau faktor ban, ridenya terasa seperti mobil dengan shock absorber rusak. Pergerakan berlebihan dan peredaman kurang baik saat menemui polisi tidur cukup bikin kepala saya pening. Pada unit MT dengan ecopia, segalanya terasa lebih manusiawi dan saya tidak merasa pening meski melaju dengan speed tinggi. Dengan ban ecopia barulah mobil ini terasa nyaman. Meski begitu, ban apapun yang dipakai sayangnya tidak bisa menutupi fakta kalau body roll mobil ini sangat terasa. Lumayan menurunkan kepercayaan diri si driver saat memacu.
Saya agak bingung sm atpm toyota, honda dan mazda.. Kenapa ban murahan spt enasave kyk gtu dipakai di lineup produk mereka ?.. -___-

Jujur jauh mending GT Radial Champiro Eco deh klo emang mau press harga.

Bicara Ecopia, itu pake yg seri MPV ya?..
Yg biasa aja udh nyaman tp agak empuk sidewallnya, konon ecopia mpv, sidewall sisi dalem dibuat agak keras untuk minimalisir limbung :D
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by Turboman »

Kalo yang TR-FE dikasih Enasep ya gpp

Kalo yg Diesel utk Press harga mestinya minimal GT Radial Savero SUV
* Bukan ajakan Beli *
Donigone
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Mon Dec 07, 2015 18:14

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by Donigone »

Kapan yah ada diskon nih yang tipe G matic
Innova saya dah minta ganti nih
Dr 2009 sampe skrg wkkwkw
Tapi satu hal yg bikn sy kagum, ketahanan ipah
Tetep masih enak buat mobil setua itu
Kaki kaki ga ada yg koplak, gak pernah rusak
Masih dipake supir tiap hari buat anter anak skolah
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by liep »

Kabarnya 55persen orderan ad di tipe G. Lbih laris yg G manual ato matic?
Sptnya tulisan posisi gigi tdk ad ya di G matic? Gmana bedakan posisi slain P dan D?
Pkiraan brp ya Fc G matic dieselnya?
Lbih worthed G ato V? Slisih maticnya lmayan jauh..40jt
Dpakai ibu2 anjem anak dalkot ap ga ksulitan ya utk cari posisi parkir dll?
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by 3mul »

liep wrote:Kabarnya 55persen orderan ad di tipe G. Lbih laris yg G manual ato matic?
Sptnya tulisan posisi gigi tdk ad ya di G matic? Gmana bedakan posisi slain P dan D?
Pkiraan brp ya Fc G matic dieselnya?
Lbih worthed G ato V? Slisih maticnya lmayan jauh..40jt
Dpakai ibu2 anjem anak dalkot ap ga ksulitan ya utk cari posisi parkir dll?
Ada R & N juga kok omLiep. Di panel meter juga ada lcd 7 segment kecil di antara spido n rpm yg tunjukin posisi gigi. Kecil banget kalo dibanding dg space kosong yg tersedia :big_childish:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by ginting »

oom egibao, mantap nich reviewnya.
satu yg masih penasaran adalah roomy atau kagak sih.

ada yg udah pernah ngitung pakai meteran, jangan feeling, interior ANKI dan GNKI ?
Misalnya :
1. Jarak Door trim kiri ke door trim kanan brp cm ?
2. Jarak kursi baris pertama dgn kedua (sama-sama dimentokin) berapa cm ?
3. Jarak kursi 2 ke kursi 3 berapa cm ?
4. Jarak lantai ke plafon brp cm ?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by nugroho bagor »

ginting wrote:oom egibao, mantap nich reviewnya.
satu yg masih penasaran adalah roomy atau kagak sih.

ada yg udah pernah ngitung pakai meteran, jangan feeling, interior ANKI dan GNKI ?
Misalnya :
1. Jarak Door trim kiri ke door trim kanan brp cm ?
2. Jarak kursi baris pertama dgn kedua (sama-sama dimentokin) berapa cm ?
3. Jarak kursi 2 ke kursi 3 berapa cm ?
4. Jarak lantai ke plafon brp cm ?
Freed tetap no 1............. :ngacir:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by egibaio »

ginting wrote:oom egibao, mantap nich reviewnya.
satu yg masih penasaran adalah roomy atau kagak sih.

ada yg udah pernah ngitung pakai meteran, jangan feeling, interior ANKI dan GNKI ?
Misalnya :
1. Jarak Door trim kiri ke door trim kanan brp cm ?
2. Jarak kursi baris pertama dgn kedua (sama-sama dimentokin) berapa cm ?
3. Jarak kursi 2 ke kursi 3 berapa cm ?
4. Jarak lantai ke plafon brp cm ?
kemaren pas ane td sih rasanya roomy om atau at least masih enak buat diem di dalemnya. ane bukan user innova lama tapi udah sering juga naik innova lama.

nah buat ane yang bisa dianggap "konsumen baru" sih mobil ini roomy, sayangnya atmosfer dalemnya terlalu gelap dan doortrim emang rasanya agak merangsek ke space occupants. mari kita tunggu komentar "konsumen setia" innova biar bisa dibandingkan dengan innova lama.
User avatar
Angular
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Mon Nov 02, 2015 2:06

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by Angular »

Salam kenal ,
Lama jd SR, akhirnya memberanikan diri bertanya ke suhu-suhu disini...
Saya kbtulan tertarik dgn G Diesel AT, dan dpt info dari salesnya kalau tipe G pun sdh Immobilizer. (Smpt dijelasin sama salesnya kalau yang dia mksud dgn immob. itu adalah ada chip di kuncinya, dan tdk bisa dipalsukan di tukang kunci) Saya sampai 2 kali minta konfirmasi dari sales mengenai ini, dan salesnya kekeuh sdh ada.. Apa benar demikian ? Apa ada SMers yg sdh dapt unit G yg bisa mengkonfirmasi ini ?..
thnks in advance
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by lemonadelovers »

Angular wrote:Salam kenal ,
Lama jd SR, akhirnya memberanikan diri bertanya ke suhu-suhu disini...
Saya kbtulan tertarik dgn G Diesel AT, dan dpt info dari salesnya kalau tipe G pun sdh Immobilizer. (Smpt dijelasin sama salesnya kalau yang dia mksud dgn immob. itu adalah ada chip di kuncinya, dan tdk bisa dipalsukan di tukang kunci) Saya sampai 2 kali minta konfirmasi dari sales mengenai ini, dan salesnya kekeuh sdh ada.. Apa benar demikian ? Apa ada SMers yg sdh dapt unit G yg bisa mengkonfirmasi ini ?..
thnks in advance
saya lihat d brosur untuk tipe G hanya ada tulisan Alarm, sedangkan tipe V dan Q Alarm+Immobilizer
atau lihat di speedometernya kalau ada immobilizer biasanya ada indikator lampu dengan tulisan KEY atau lambang kunci lebih enak cek di manual booknya
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by dieselman228 »

Angular wrote:Salam kenal ,
Lama jd SR, akhirnya memberanikan diri bertanya ke suhu-suhu disini...
Saya kbtulan tertarik dgn G Diesel AT, dan dpt info dari salesnya kalau tipe G pun sdh Immobilizer. (Smpt dijelasin sama salesnya kalau yang dia mksud dgn immob. itu adalah ada chip di kuncinya, dan tdk bisa dipalsukan di tukang kunci) Saya sampai 2 kali minta konfirmasi dari sales mengenai ini, dan salesnya kekeuh sdh ada.. Apa benar demikian ? Apa ada SMers yg sdh dapt unit G yg bisa mengkonfirmasi ini ?..
thnks in advance
Kalau bener ada immoblizer sih sy jd minat yg G AT diesel. Abs + airbag udah cukup. Gimmick" interior sama eksterior sih ga perlu yg penting performa ga ikutan disunat.
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by vipere »

dieselman228 wrote:
Angular wrote:Salam kenal ,
Lama jd SR, akhirnya memberanikan diri bertanya ke suhu-suhu disini...
Saya kbtulan tertarik dgn G Diesel AT, dan dpt info dari salesnya kalau tipe G pun sdh Immobilizer. (Smpt dijelasin sama salesnya kalau yang dia mksud dgn immob. itu adalah ada chip di kuncinya, dan tdk bisa dipalsukan di tukang kunci) Saya sampai 2 kali minta konfirmasi dari sales mengenai ini, dan salesnya kekeuh sdh ada.. Apa benar demikian ? Apa ada SMers yg sdh dapt unit G yg bisa mengkonfirmasi ini ?..
thnks in advance
Kalau bener ada immoblizer sih sy jd minat yg G AT diesel. Abs + airbag udah cukup. Gimmick" interior sama eksterior sih ga perlu yg penting performa ga ikutan disunat.
Yang G gak ada immobilizer. Bukannya immob itu lebih ke ECU nya ya ? jadi ada sinyal yang dipancarin dari kuncinya.
Jadi bukan sekedar gak bisa dipalsuin doang kuncinya. Kalo ipah lama bukannya gak bisa dipalsukan juga ya ? kan ada dapet PIN kalo mau bikin kunci duplikat.
Apa kalo gak ada pin itu gak bisa bikin duplikatnya ? agak bingung juga.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by Profith83 »

vipere wrote:
dieselman228 wrote:
Angular wrote:Salam kenal ,
Lama jd SR, akhirnya memberanikan diri bertanya ke suhu-suhu disini...
Saya kbtulan tertarik dgn G Diesel AT, dan dpt info dari salesnya kalau tipe G pun sdh Immobilizer. (Smpt dijelasin sama salesnya kalau yang dia mksud dgn immob. itu adalah ada chip di kuncinya, dan tdk bisa dipalsukan di tukang kunci) Saya sampai 2 kali minta konfirmasi dari sales mengenai ini, dan salesnya kekeuh sdh ada.. Apa benar demikian ? Apa ada SMers yg sdh dapt unit G yg bisa mengkonfirmasi ini ?..
thnks in advance
Kalau bener ada immoblizer sih sy jd minat yg G AT diesel. Abs + airbag udah cukup. Gimmick" interior sama eksterior sih ga perlu yg penting performa ga ikutan disunat.
Yang G gak ada immobilizer. Bukannya immob itu lebih ke ECU nya ya ? jadi ada sinyal yang dipancarin dari kuncinya.
Jadi bukan sekedar gak bisa dipalsuin doang kuncinya. Kalo ipah lama bukannya gak bisa dipalsukan juga ya ? kan ada dapet PIN kalo mau bikin kunci duplikat.
Apa kalo gak ada pin itu gak bisa bikin duplikatnya ? agak bingung juga.
Immobilizer adalah di kunci ada chip DAN harus diprogram dahulu kunci tersebut oleh Bengkel Resmi. Tanpa di program oleh Bengkel Resmi kunci tidak akan bias dipakai
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by DOHC »

ipah lama mahh ga ad immob sgala... ntuh pelat kecil brisi nomor pin jg cuman nomor identifikasi doank...

kunci nya tetep kunci mobil biasa... ane punya kunci ipah jg ad satu bkin di tukang kunci biasa... tetep bsa dipake koq, ga pake chip2an sgala... murah lg bkin nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review All New Kijang Innova G Diesel MT dan AT

Post by FRD »

kira2 utk tipe V diesel nya worth it ga ya? soalnya, anki masuk pertimbangan pengganti kapsul ane nih :mky_01:
:big_smoking: