Another Review Of FD1 Civic

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote:wah mantap abis reviewnya om.. emang fd ini masih cakep banget even di era kekinian masa kini. dapet barangnya jg bagus banget.. liat dari jok nya masih terawat.

ngmg2 civic vs corolla.. kalo era si fd ini sih jelas megang fd.. tapi kalo dibanding fb, kayanya saya kok masih prefer corolla baru ya. cuma entah kenapa, corolla baru sesporty2 apapun tetep aja nggak bisa ngalahin populasi si fb...............
IMHO.. Driving Feel, Handling & Position-nya FB better than Corolla baru sekalipun :mrgreen:

& selain itu, deruman mesin FD/FB lbh enak didenger drpd mesinnya corolla yg cenderung parau klo diajak lari :roll:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by grandscenic »

nice review,, klo udah test drive mobil2 baru tapi akhirnya memutuskan ambil second car,, you've got a taste, TS nya tau apa yg di cari dari sebuah kendaraan.
Believe me, review anda akan membuat para civic owner berasa spesial, berasa bangga dg civicnya,,

dulu pernah bawa civic fd1, dan dapet rental,, rasanya ancur banget, krn ini rent car emang agak jorok keliatannya, mobil ga terawat, civic yg ane sewa ini ga enak dalam banyak hal,, satu kelebihan yg masih ane rasain wkt itu,, ya cuma mesinnya yg cukup powerful.

Tapi ane rasa Civic yg om TS punya,, msh oke ya..
Etme Bulma Dünyası
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by fizrmen »

reviewnya keren gan :big_exellent: untuk mobil tahun segitu emg kalo diliat dijalanan itu emang ni mobil ganteng bgt :mky_02: , lebih ganteng drpd FB malah
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by ChZ »

Suryaputra wrote:
IMHO.. Driving Feel, Handling & Position-nya FB better than Corolla baru sekalipun :mrgreen:

& selain itu, deruman mesin FD/FB lbh enak didenger drpd mesinnya corolla yg cenderung parau klo diajak lari :roll:
Blom coba Corolla baru... *ko mike... mana ko mike* tapi kalo pengalaman saya coba Civic baru dan bandingin sama Peugeot 408, Civic memang kerasa lebih nice to drive walau kenyamanan dan build quality masih menang 408.

Malah karena bobotnya berkurang, FB kerasa lebih lincah daripada FD walau steering feedback nya berkurang jauh.

Selling point di Corolla baru menurut saya di ban Michelin Pilot Sport 3 nya di tipe G CVT, kalau mesin masih sama dengan Corolla lama, transmisi CVTnya juga masih sama. Dashboard menurut saya layout nya bagusan Civic, walau bahannya keliatan sangat murah di Civic. Penyakit Honda masa kini bahan dasbornya murahan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by fizrmen »

ChZ wrote:
Suryaputra wrote:
IMHO.. Driving Feel, Handling & Position-nya FB better than Corolla baru sekalipun :mrgreen:

& selain itu, deruman mesin FD/FB lbh enak didenger drpd mesinnya corolla yg cenderung parau klo diajak lari :roll:
Blom coba Corolla baru... *ko mike... mana ko mike* tapi kalo pengalaman saya coba Civic baru dan bandingin sama Peugeot 408, Civic memang kerasa lebih nice to drive walau kenyamanan dan build quality masih menang 408.

Malah karena bobotnya berkurang, FB kerasa lebih lincah daripada FD walau steering feedback nya berkurang jauh.

Selling point di Corolla baru menurut saya di ban Michelin Pilot Sport 3 nya di tipe G CVT, kalau mesin masih sama dengan Corolla lama, transmisi CVTnya juga masih sama. Dashboard menurut saya layout nya bagusan Civic, walau bahannya keliatan sangat murah di Civic. Penyakit Honda masa kini bahan dasbornya murahan...
kalo FB masih pake K20 mungkin lebih ganas dari FD2 kali ya... :big_smoking:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by egibaio »

Suryaputra wrote:
iamwewe wrote:wah mantap abis reviewnya om.. emang fd ini masih cakep banget even di era kekinian masa kini. dapet barangnya jg bagus banget.. liat dari jok nya masih terawat.

ngmg2 civic vs corolla.. kalo era si fd ini sih jelas megang fd.. tapi kalo dibanding fb, kayanya saya kok masih prefer corolla baru ya. cuma entah kenapa, corolla baru sesporty2 apapun tetep aja nggak bisa ngalahin populasi si fb...............
IMHO.. Driving Feel, Handling & Position-nya FB better than Corolla baru sekalipun :mrgreen:

& selain itu, deruman mesin FD/FB lbh enak didenger drpd mesinnya corolla yg cenderung parau klo diajak lari :roll:
Untuk desain sih yang skrg memang corolla lebih baik. Tapi sporty ane rasa sih cangkangnya aja, suspensi belakang independent punya FB pasti masih lebih enak untuk nikung dibanding torsion beam punya corolla. Nanti kalau ada kesempatan mau TD corolla baru deh biar tau rasanya
grandscenic wrote:nice review,, klo udah test drive mobil2 baru tapi akhirnya memutuskan ambil second car,, you've got a taste, TS nya tau apa yg di cari dari sebuah kendaraan.
Believe me, review anda akan membuat para civic owner berasa spesial, berasa bangga dg civicnya,,

dulu pernah bawa civic fd1, dan dapet rental,, rasanya ancur banget, krn ini rent car emang agak jorok keliatannya, mobil ga terawat, civic yg ane sewa ini ga enak dalam banyak hal,, satu kelebihan yg masih ane rasain wkt itu,, ya cuma mesinnya yg cukup powerful.

Tapi ane rasa Civic yg om TS punya,, msh oke ya..
Thanks om grandscenic :frm_salut:
Di FD ini memang banyak hal yang mudah benerinnya namun hrs diperhatikan misalnya power steering hydraulic yang hrs rajin cek olinya. Kalau oli udah jelek dipastikan stir berat, agak getar, dan ada suara whining. Rem jg agak mudah bergetar yang sebenernya benerinnya cukup dibubut dikit aja. Nah kalau engine mounting emang ane pas kmrn cari2 barang bekasnya lumayan banyak yang kena tuh. Rental company ya mana sempet dan mau untuk merhatiin hal hal ini wkwk
donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by donoseraya »

Review yang bagus, bakat menjadi jurnalis om, boleh sedikit menambahkan, kebetulan saya menggunakan FD1 2011 MT Km 30.[cencored], kebetulan service record lengkap, dan kondisi fisik sesuai dengan km, terus terang civic sudah turun temurun di keluarga, mulai dari Excellent, Wonder, Grand, Genio, sempat City Z, hingga sekarang FD1.

Secara teknologi mesin, banyak perkembangan, namun kalau boleh sedikit share pengalaman, mesin VTEC yang paling enak ada di City Z, simply tradisional, rev putaran atas, dan low-mid cenderung powerless, tapi terbayar dengan begitu mesin meraung di atas 4000 rpm. Hanya saja disayangkan, konstruksi kaki Type Z tidak seperti Genio dan Grand yang menggunakan double wishbone pada suspensinya untuk depan dan belakang.

Anyway, kembali ke FD1, untuk manual, feelnya agak eropa-ish, setir berat, pedal kopling ga enteng2 amat, FC so-so tapi menjadi lebih irit daripada GE8, konstan di tol 100 kpj, angka yang tertera di MID kisaran 1:13, worth enough for car with 1.8 displacement. Dan memang betul, pantat ga lari-lari ketika mobil diajak zigzag.

Akomodasi untuk lima orang dewasa cukup baik, barang pun bisa dibawa banyak di bagasi, meskipun harus diakui bahwa bagasinya tidak terlalu luas. Bila bicara masalah keiritan feature, nampaknya sisi ini Honda harus diakui, harga makin meroket, feature semakin berkurang. Untuk MT tahun 2011, belum dikasih foglamp, wiper pun tidak ada intermittent time, AC belum auto climate control. Dan trend ini berlanjut ke Honda masa kini, saya sendiri agak complain, ketika all new jazz diluncurkan di sini. Mesin mengandalkan L15A, no climate control, no 6 speed MT, padahal versi JDM mesin DOHC dan manual 6 speed.

Namun ya itu tadi, semua keiritan feature terbayar dengan driving experience yang menurut saya cukup reasonable. Mesinnya bukan mesin yang cepat, namun dibantu dengan rasio gigi yang baik, tenaga bisa tersalur sempurna, sehingga overtaking ataupun uphill cukup menyenangkan.

Tapi, diatas kita berbicara beberapa strong point dari FD1 ini, ada beberapa weak points, yang bisa dianggap sebagai cacat produksi dari seri ini, mudah2an mobil om baik-baik saja. Okay, first weak point, discbrake material are soooo baddd, mudah sekali bergelombang, saya tidak habis pikir, mobil dengan tenaga besar tidak dibekali dengan pengereman yang baik. Sorry to say, sebelumnya saya menggunakan FD1 2006 MT juga, sempat kejadian dengan discbrake yang bergelombang, masih bisa dibubut, namun tidak mungkin dilakukan berulang kali.

Kalaupun harus dilakukan penggantian, harga parts ori nya terhitung mahal. Penyakit yang sama pun saya temukan di FD1 2011 ini, waktu sempat dibubut di Honda IBRM, sempat membaik, namun hanya sebentar, sebelum dibubut hard braking diatas 140 kpj, gemuruh dan setir getar, setelah bubut, agak lumayan, tapi sekarang saya merasakan hal yang sama lagi.

Sedang hunting discbrake oem, kemungkinan akan menggunakan B****o yang oem. Ini ternyata kejadian juga dengan GE8 adik saya, padahal km baru 35.[cencored], tapi sudah menunjukkan gejala gelombang. What a shame Honda.

Weak point kedua, mounting depan supir, mounting paling besar di engine bay, kemungkinan karena tumpuan terbesar ada titik tersebut, maka seringkali karetnya sobek, mengakibatkan bunyi "duk..duk..duk", awalnya saya pikir komponen shock absorber, atau kaki, setelah dicek, kaki2 aman, dan sumber masalahnya ada di mounting tersebut.

Kemudian saya pernah mengalami masalah dengan thermostat, ketika cruising speed, temp malah turun, tapi berangsur kembali naik ketika mobil berakselerasi penuh, atau kena macet. Alhamdulillah belum pernah overheat, setelah ganti thermostat, problem solved.

Maaf saya agak "nyampah" di threadnya om, sekedar sharing. Apapun yang terjadi I'll stick with my civic. Old Hondas never die, they just get faster. Selamat menikmati FD nya ya om.

Salam kenal.
Another FD user lives in Bandung :big_deal:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by egibaio »

donoseraya wrote:Review yang bagus, bakat menjadi jurnalis om, boleh sedikit menambahkan, kebetulan saya menggunakan FD1 2011 MT Km 30.[cencored], kebetulan service record lengkap, dan kondisi fisik sesuai dengan km, terus terang civic sudah turun temurun di keluarga, mulai dari Excellent, Wonder, Grand, Genio, sempat City Z, hingga sekarang FD1.

Secara teknologi mesin, banyak perkembangan, namun kalau boleh sedikit share pengalaman, mesin VTEC yang paling enak ada di City Z, simply tradisional, rev putaran atas, dan low-mid cenderung powerless, tapi terbayar dengan begitu mesin meraung di atas 4000 rpm. Hanya saja disayangkan, konstruksi kaki Type Z tidak seperti Genio dan Grand yang menggunakan double wishbone pada suspensinya untuk depan dan belakang.

Anyway, kembali ke FD1, untuk manual, feelnya agak eropa-ish, setir berat, pedal kopling ga enteng2 amat, FC so-so tapi menjadi lebih irit daripada GE8, konstan di tol 100 kpj, angka yang tertera di MID kisaran 1:13, worth enough for car with 1.8 displacement. Dan memang betul, pantat ga lari-lari ketika mobil diajak zigzag.

Akomodasi untuk lima orang dewasa cukup baik, barang pun bisa dibawa banyak di bagasi, meskipun harus diakui bahwa bagasinya tidak terlalu luas. Bila bicara masalah keiritan feature, nampaknya sisi ini Honda harus diakui, harga makin meroket, feature semakin berkurang. Untuk MT tahun 2011, belum dikasih foglamp, wiper pun tidak ada intermittent time, AC belum auto climate control. Dan trend ini berlanjut ke Honda masa kini, saya sendiri agak complain, ketika all new jazz diluncurkan di sini. Mesin mengandalkan L15A, no climate control, no 6 speed MT, padahal versi JDM mesin DOHC dan manual 6 speed.

Namun ya itu tadi, semua keiritan feature terbayar dengan driving experience yang menurut saya cukup reasonable. Mesinnya bukan mesin yang cepat, namun dibantu dengan rasio gigi yang baik, tenaga bisa tersalur sempurna, sehingga overtaking ataupun uphill cukup menyenangkan.

Tapi, diatas kita berbicara beberapa strong point dari FD1 ini, ada beberapa weak points, yang bisa dianggap sebagai cacat produksi dari seri ini, mudah2an mobil om baik-baik saja. Okay, first weak point, discbrake material are soooo baddd, mudah sekali bergelombang, saya tidak habis pikir, mobil dengan tenaga besar tidak dibekali dengan pengereman yang baik. Sorry to say, sebelumnya saya menggunakan FD1 2006 MT juga, sempat kejadian dengan discbrake yang bergelombang, masih bisa dibubut, namun tidak mungkin dilakukan berulang kali.

Kalaupun harus dilakukan penggantian, harga parts ori nya terhitung mahal. Penyakit yang sama pun saya temukan di FD1 2011 ini, waktu sempat dibubut di Honda IBRM, sempat membaik, namun hanya sebentar, sebelum dibubut hard braking diatas 140 kpj, gemuruh dan setir getar, setelah bubut, agak lumayan, tapi sekarang saya merasakan hal yang sama lagi.

Sedang hunting discbrake oem, kemungkinan akan menggunakan B****o yang oem. Ini ternyata kejadian juga dengan GE8 adik saya, padahal km baru 35.[cencored], tapi sudah menunjukkan gejala gelombang. What a shame Honda.

Weak point kedua, mounting depan supir, mounting paling besar di engine bay, kemungkinan karena tumpuan terbesar ada titik tersebut, maka seringkali karetnya sobek, mengakibatkan bunyi "duk..duk..duk", awalnya saya pikir komponen shock absorber, atau kaki, setelah dicek, kaki2 aman, dan sumber masalahnya ada di mounting tersebut.

Kemudian saya pernah mengalami masalah dengan thermostat, ketika cruising speed, temp malah turun, tapi berangsur kembali naik ketika mobil berakselerasi penuh, atau kena macet. Alhamdulillah belum pernah overheat, setelah ganti thermostat, problem solved.

Maaf saya agak "nyampah" di threadnya om, sekedar sharing. Apapun yang terjadi I'll stick with my civic. Old Hondas never die, they just get faster. Selamat menikmati FD nya ya om.

Salam kenal.
Another FD user lives in Bandung :big_deal:
makasih om! :mky_01:

Wah makasih loh sharingnya apalagi ane blm baca review yg MT hehe, cuma pernah bawa sekali dengan kondisi mobil yg udah ancur ancuran :wkkk: Untuk feel memang vtec tradisional yg ada di mesin honda jadul atau K series memang paling enak, tenaga ngejambak pas dimana kita meng expect akan ada tenaga tambahan disitu.

Untuk disc brake ane skrg bubut dulu om, kesananya mungkin ganti disc dengan yg lebih baik. Minta info dan harganya ya om kalo udah nemu OEM yang bagus hehe. mounting sih alhamdulillah ane belum kena, cuma skrg ane jaga jaga kalo ada lubang ga pernah maen sikat aja.

Salam kenal juga om donoseraya :big_deal:

Oiya nambahin dikit, ane kagum dengan loyalitas om terhadap civic ini :big_exellent: Ada rencana mau ganti FB kah om?
donoseraya
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Fri Nov 21, 2014 2:35

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by donoseraya »

FB? untuk sementara kayanya i'll stick with FD, feel power steering lebih enak, mungkin krn hidrolik kali ya, compare to EPS,
casing luarnya juga lebih gahar FD, disamping itu juga interiornya FB plastic everywhere, masih mending FD kemana-mana, factor subjectivelah.

Sip, nanti kalo jadi ganti discbrake depan diupdate infonya.

Enjoy your civic.
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by iwidiyanto »

ada review khusus FD2 ga ya? nemu 2 review tpi FD1 semua
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by Suryaputra »

Klo bicara rem, jangankan honda, Brand Toyota aja klo sering dipake hard-braking, mudah gelombang :frm_bang_head:

Pengalaman saya sebagai user Innova & Yaris... di KM >15rb dah berasa gelombang (saya gak bisa pelan klo bawa mobil di tol, dan ngerem otomatis agak hard, padahal dah dibantu downshift engine brake)

Intinya, klo sering2 hard-braking jgn pake brakepad standard, harus ganti aftermarket dgn spec hi-performance.

Klo gakmau gelombang dan pakemnya mantep, ya ganti brembo, tp kudu ganti ban yg gigit jg :mrgreen:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by lemonadelovers »

iwidiyanto wrote:ada review khusus FD2 ga ya? nemu 2 review tpi FD1 semua
saya dulu punya dan sempet sharing sedikit (nyelip di bbrp post) tahun 2006 akhir KM72 rb tp dah saya jual setahun lalu, mobil enak kok tarikan dan suara mesinnya mantab, FC wajar dalkot 1L 8km pake pertamax klo pas macet lbh berasa borosnya hehe
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by madcat015 »

Nice review, nice car... I couldn't ask for more... :mky_02:

Civic FD inilah yang bikin ane makin tergila2 dengan Honda dan dapat beberapa kali kesempatan nyetir. Sebuah mobil yang sangat2 menyenangkan, eksterior cakep, interior membuat betah dengan multiplex meter... Dan saat itu dia ditemani oleh Accord CP... What a good day back then... Begitu FB keluar, well, errr... begitulah... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by iwidiyanto »

kalau cp3 vs cp2 gmn om madcat?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by DOHC »

sdikit bersebrangan ama mods whiskas...

the best accord bagi ane. tetep CM5.... bentuk, enjin dll, interior dan kualitas kabin dll.... tetep the best..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by sanfip77 »

bagus banget reviewnya..om, lanjut mobil yang lain

Sent from my MI NOTE LTE using Tapatalk
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Another Review Of FD1 Civic

Post by Pboyz97 »

Nice review oom
Civic FD ini salah satu civic yang desainnya timeless menurut saya selain Estilo & Grand Civic, selain itu mobil ini enak buat dimodif & masih mewarisi resep tradisonal Honda yang terkenal fun to drive dengan suara engine Vtec yang mengungah adrenalin, belom lagi harga 2ndnya sekarang cukup menggiurkan hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11