Haha benerr om serpis honda ane juga ngerasa bersahabat dikantong sih..kebetulan miara jugaa crv re 2.4 2010 oli pake epro gold 0w-20 seliter 120rb aja. Kalo pake blue 5w-30 cuma 90rb seliterChZ wrote:Naaa itu ada yang bilang FL lebih reliabel, ada yang bilang PFL malah lebih reliabel girboksnya karena yang PFL pakai Aisin, yang FL pakai punya Chevy Hydramatic 6-Speed. Tapi report pemilik FL sih memang lebih minim masalahalvin23 wrote:
Terkadang mobil yang baru masuk Indo emang gitu... Kalo dulu sokbreker yang gampang jebol itu Grand Livina keluaran awal.. haha, entah ya mungkin jalan indonesia emang masih jelek banyak poldur...
Setau saya yang FL dengan muka baru emang udah jauh reliable dibanding versi punya om chz... keluhan yang banyak sekarang biasanya sih rattle dashboard depan aja...
Buat Biaya Servis, Wow Honda semurah itu ya? Itu serius udah termasuk oli? Maklum udah 3 tahun lebih gapegang Toyota.
Biaya servis kenapa diatas saya bilang wajar, karena sebelum pake GL, captiva ini barengan makenya sama Mazda 2... dan Mazda lumayan mahal kalo menurut saya servisnya, kalo keluarga muda masih punya bayi mobilnya mazda 2 saya ngebayangin aja ngeliat tagihan servisnya kayak gimanarebutan uangnya sama susu bayi
Serius oom... servis berkala kalau cuma ganti oli, tune-up + setel klep, dan service rem baru deh sejuta lebih dikiiit.... Ganti oli aja cuma 400ribu. Genuine oil filter Honda kan cuma 40rebu, filter udara 200rebu, oli pakai Blue 5-30 juga 99ribu/liter sudah PPn, ongkos tune-up paling 200ribuan, ongkos service rem sekitar 150ribuan kalau pakai kuras minyak rem tambah bayar 3 botol minyak rem @24rebu...
Tapi Captiva VCDi kalau ganti oli mahal sih wajar, mobil diesel olinya 6-7liter bo'... bensin paling mentok 4-5 liter kalau sama-sama 4 silindernya. Saya ngga tau kalo Mazda, gak pernah piara sih.
Pengalaman sih Honda sebenernya gak mahal-mahal amat... Suzuki beberapa partnya masih lebih mahal malah. Mitsubishi kalau yang baru-baru juga gak mahal-mahal amat... Jadi bingung mananya Honda yang dibilang mahal sama orang-orang

Dibandingin sm captiva per liter 165ribuan terus butuh 6 liter (Q8 special G long life 5w-30 atau total quartz ineo mc3). Dari oli saja udh nyaris sejuta. Filter oli fl 300ribuan sudah turun harga..dulu malah 600ribuan geblek bener

Belum lihat untuk versi terbaru om..belum sempet main ke diler.sintoni wrote:Kalo HU nya om? Masih kayak model lama yang FWD?gaspol wrote:Beda stoplamp, bemper depan dan belakang beda juga. Interior udh dual climate control. Yang AWD beda speedometer, keyless entry, jok kulit, cruise control, 8 speaker, 6 airbags, fender sewarna body, ada esp, tc, hdc, cruise control, blower ac controller via steering switch.sintoni wrote:Nice review om.
Yang 2014 ini cuma beda di output power aja ya?
Selain itu ada perbedaan lain?
Captiva ini bagus sih, sayang interiornya membosankan sama sederhana banget. Belom jok kulit jg kan?
Untuk VIN 2015 info terbaru yang fwd juga sudah dilengkapi esp, tc, hdc, speedometer sama dgn awd, head unit bisa buat nelpon dikontrol via steer. harga naik 10jt jadi 390jt.
Yang belom ada tivi sama touchscreen nya?
infonya udh beda dari yang tahun sebelumnya.
alvin23 wrote:Salam Kenal juga om gaspol. Wow, setia sampe ganti mobil masih captiva ya hehe..gaspol wrote:Nice review om alvin![]()
Salam kenal, saya juga user captiva vcdi 2013, sebelumnya miara captiva awd 2009 pakai sampai 2014 awal.
Pengalaman yang ane rasain sejak miara captiva 2009 ternyata ngga seperti yang orang orang bilang tentang reliability nya..ditangan ane itu mobil sehat bener, setiap hari jalan dan beberapa kali join turing dengan club nya yang pada hobi ke pelosok2 daerah untuk nyari jalanan jelek, dicekokin racechip pro, solar pake bio sampai 60rb km dan sampai dijual 110rb km pakai dex + aditip crc 1tank.![]()
Problem yang pernah muncul hanya puli alternator sama fanbelt pernah putus dijalan tapi untungnya mesin dkk aman. Sisanya hanya ganti fast moving parts saja. Shock depan ganti ditahun ke 4, shock belakang masih bagus belum ada rembes.
Sekarang pakai yang 2013 overall puas banget..problem hanya recall ganti fuelpump yg berdenging (gak enak didenger sama kuping), sama oli ada rembes dikit dari karter. Sisanya amanuntuk power standard nya udh sangat mencukupi menurut saya..handling bagus walau tidak selincah cx5 (curb weight si badak ini nyaris 2 ton). Untuk bawa keluarga juga enak banget..lega & nyaman. Diisi penuh, pantat ngga amblas karena ada self leveling
speaker bawaan udah bagus
![]()
Saya juga puas banget dengan captiva ini, mungkin bakal mempertimbangkan ganti lagi habis warranty selesai (akhir tahun ini) atau dipake ampe 5 tahun sekalian... Siapa tau ada captiva generasi baru lagi hehe
Itu sih beneran murah om servisnya.. Apalagi oli 99rb/liter termasuk PPN... Sekarang Fastron Full synthetic aja udah 1xxrb/ literChZ wrote:Naaa itu ada yang bilang FL lebih reliabel, ada yang bilang PFL malah lebih reliabel girboksnya karena yang PFL pakai Aisin, yang FL pakai punya Chevy Hydramatic 6-Speed. Tapi report pemilik FL sih memang lebih minim masalahalvin23 wrote:
Terkadang mobil yang baru masuk Indo emang gitu... Kalo dulu sokbreker yang gampang jebol itu Grand Livina keluaran awal.. haha, entah ya mungkin jalan indonesia emang masih jelek banyak poldur...
Setau saya yang FL dengan muka baru emang udah jauh reliable dibanding versi punya om chz... keluhan yang banyak sekarang biasanya sih rattle dashboard depan aja...
Buat Biaya Servis, Wow Honda semurah itu ya? Itu serius udah termasuk oli? Maklum udah 3 tahun lebih gapegang Toyota.
Biaya servis kenapa diatas saya bilang wajar, karena sebelum pake GL, captiva ini barengan makenya sama Mazda 2... dan Mazda lumayan mahal kalo menurut saya servisnya, kalo keluarga muda masih punya bayi mobilnya mazda 2 saya ngebayangin aja ngeliat tagihan servisnya kayak gimanarebutan uangnya sama susu bayi
Serius oom... servis berkala kalau cuma ganti oli, tune-up + setel klep, dan service rem baru deh sejuta lebih dikiiit.... Ganti oli aja cuma 400ribu. Genuine oil filter Honda kan cuma 40rebu, filter udara 200rebu, oli pakai Blue 5-30 juga 99ribu/liter sudah PPn, ongkos tune-up paling 200ribuan, ongkos service rem sekitar 150ribuan kalau pakai kuras minyak rem tambah bayar 3 botol minyak rem @24rebu...
Tapi Captiva VCDi kalau ganti oli mahal sih wajar, mobil diesel olinya 6-7liter bo'... bensin paling mentok 4-5 liter kalau sama-sama 4 silindernya. Saya ngga tau kalo Mazda, gak pernah piara sih.
Pengalaman sih Honda sebenernya gak mahal-mahal amat... Suzuki beberapa partnya masih lebih mahal malah. Mitsubishi kalau yang baru-baru juga gak mahal-mahal amat... Jadi bingung mananya Honda yang dibilang mahal sama orang-orang![]()
Kalau dulu Honda dibilang mahal sebenarnya capital cost diawalnya sih om, jadi di tiap kelas mobil produk dia ada "premium" sampe 10-30 juta dengan fitur yg gabeda jauh... makanya ane sampe sekarang blm pernah punya Honda![]()
Tapi saya bisa bilang sekarang Honda yang baru2 (Mobilio dan HR-V) udah reasonably priced, mungkin nanti HR-V bisa lah jadi Honda pertama hahaha. Sekarang yang sangat overpriced itu Toyota (Yaris) dan Duo Korea (sepertinya gara2 dolar)
Kebetulan saat abis jual yang captiva lama udh keliling TD santa fe, sorento, ps dakar, crv rm, cx5 2.5, forester XT gen 3 sama 4, subaru xv, sama mazda6 baru. Diantara semua itu yang paling menarik cuma santa fe, forester gen 3, sama cx5 2.5. Santa fe coret karena out of budget bgt


Turbo fl inhouse GM, yang nfl pakai garret.GunturSon wrote:Konon yang fl turbo nya made by gm,
Ada yg pake 2thn jebol ya?
Atau kali emang dapat unit apes ya?
Konon Repair nya 30jtan haha
Pingin 7 seater diesel selain innova, tp kok ringkih katanya si captiva.
untuk yang pernah tau tentang problem ini mohon info ya.
2 tahun jebol itu kita mesti lihat dulu service history dan cara pemakaian orang tsb seperti apa. Soalnya temen2 rata2 aman sih om udh masuk tahun ketiga dan keempat masih pada sehat.
Pengalaman piara non fl awd 2009-2014 sampe dijual 110rb km alhamdulillah sehat om turbo aman ga masalah sama sekali. Ane juga pernah nemu yang baru 60rb km ganti turbo. Balik lagi ke service history & cara pemakaian nya juga sih..atau memang "apes"

Kunci perawatan turbodiesel cuma di filter (udara, oli, solar), oli yang sesuai spek, sama bahan bakar. Ketiga itu terjaga pasti sehat om walaupun biaya service & bahan bakar jd lebih mahal

bisa diakalin kok kalo join di komunitas suka dapet groupbuy oli atau spare parts fast moving ori harga miring bahkan bbrp kali hanya setengah harga. Jadi bisa menghemat pengeluaran
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
30 juta ngapain di repair om..beli baru 20juta kok harganya turbo fl, nfl lebih murah. Kalo masih dicover warranty sih ga masalah

