Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

ChZ wrote:
alvin23 wrote:
Terkadang mobil yang baru masuk Indo emang gitu... Kalo dulu sokbreker yang gampang jebol itu Grand Livina keluaran awal.. haha, entah ya mungkin jalan indonesia emang masih jelek banyak poldur...

Setau saya yang FL dengan muka baru emang udah jauh reliable dibanding versi punya om chz... keluhan yang banyak sekarang biasanya sih rattle dashboard depan aja...

Buat Biaya Servis, Wow Honda semurah itu ya? Itu serius udah termasuk oli? Maklum udah 3 tahun lebih gapegang Toyota.
Biaya servis kenapa diatas saya bilang wajar, karena sebelum pake GL, captiva ini barengan makenya sama Mazda 2... dan Mazda lumayan mahal kalo menurut saya servisnya, kalo keluarga muda masih punya bayi mobilnya mazda 2 saya ngebayangin aja ngeliat tagihan servisnya kayak gimana :big_biglaugh: rebutan uangnya sama susu bayi
Naaa itu ada yang bilang FL lebih reliabel, ada yang bilang PFL malah lebih reliabel girboksnya karena yang PFL pakai Aisin, yang FL pakai punya Chevy Hydramatic 6-Speed. Tapi report pemilik FL sih memang lebih minim masalah

Serius oom... servis berkala kalau cuma ganti oli, tune-up + setel klep, dan service rem baru deh sejuta lebih dikiiit.... Ganti oli aja cuma 400ribu. Genuine oil filter Honda kan cuma 40rebu, filter udara 200rebu, oli pakai Blue 5-30 juga 99ribu/liter sudah PPn, ongkos tune-up paling 200ribuan, ongkos service rem sekitar 150ribuan kalau pakai kuras minyak rem tambah bayar 3 botol minyak rem @24rebu...

Tapi Captiva VCDi kalau ganti oli mahal sih wajar, mobil diesel olinya 6-7liter bo'... bensin paling mentok 4-5 liter kalau sama-sama 4 silindernya. Saya ngga tau kalo Mazda, gak pernah piara sih.

Pengalaman sih Honda sebenernya gak mahal-mahal amat... Suzuki beberapa partnya masih lebih mahal malah. Mitsubishi kalau yang baru-baru juga gak mahal-mahal amat... Jadi bingung mananya Honda yang dibilang mahal sama orang-orang :e-think:
Haha benerr om serpis honda ane juga ngerasa bersahabat dikantong sih..kebetulan miara jugaa crv re 2.4 2010 oli pake epro gold 0w-20 seliter 120rb aja. Kalo pake blue 5w-30 cuma 90rb seliter :big_cat: bbm cukup pertamax. Running cost nya lebih murah..

Dibandingin sm captiva per liter 165ribuan terus butuh 6 liter (Q8 special G long life 5w-30 atau total quartz ineo mc3). Dari oli saja udh nyaris sejuta. Filter oli fl 300ribuan sudah turun harga..dulu malah 600ribuan geblek bener :big_bored:
sintoni wrote:
gaspol wrote:
sintoni wrote:Nice review om.

Yang 2014 ini cuma beda di output power aja ya?

Selain itu ada perbedaan lain?

Captiva ini bagus sih, sayang interiornya membosankan sama sederhana banget. Belom jok kulit jg kan?
Beda stoplamp, bemper depan dan belakang beda juga. Interior udh dual climate control. Yang AWD beda speedometer, keyless entry, jok kulit, cruise control, 8 speaker, 6 airbags, fender sewarna body, ada esp, tc, hdc, cruise control, blower ac controller via steering switch.

Untuk VIN 2015 info terbaru yang fwd juga sudah dilengkapi esp, tc, hdc, speedometer sama dgn awd, head unit bisa buat nelpon dikontrol via steer. harga naik 10jt jadi 390jt. :big_smile]
Kalo HU nya om? Masih kayak model lama yang FWD?

Yang belom ada tivi sama touchscreen nya?
Belum lihat untuk versi terbaru om..belum sempet main ke diler.
infonya udh beda dari yang tahun sebelumnya.
alvin23 wrote:
gaspol wrote:Nice review om alvin :big_smile]

Salam kenal, saya juga user captiva vcdi 2013, sebelumnya miara captiva awd 2009 pakai sampai 2014 awal.
Pengalaman yang ane rasain sejak miara captiva 2009 ternyata ngga seperti yang orang orang bilang tentang reliability nya..ditangan ane itu mobil sehat bener, setiap hari jalan dan beberapa kali join turing dengan club nya yang pada hobi ke pelosok2 daerah untuk nyari jalanan jelek, dicekokin racechip pro, solar pake bio sampai 60rb km dan sampai dijual 110rb km pakai dex + aditip crc 1tank. :mky_02:
Problem yang pernah muncul hanya puli alternator sama fanbelt pernah putus dijalan tapi untungnya mesin dkk aman. Sisanya hanya ganti fast moving parts saja. Shock depan ganti ditahun ke 4, shock belakang masih bagus belum ada rembes.

Sekarang pakai yang 2013 overall puas banget..problem hanya recall ganti fuelpump yg berdenging (gak enak didenger sama kuping), sama oli ada rembes dikit dari karter. Sisanya aman :mky_02: untuk power standard nya udh sangat mencukupi menurut saya..handling bagus walau tidak selincah cx5 (curb weight si badak ini nyaris 2 ton). Untuk bawa keluarga juga enak banget..lega & nyaman. Diisi penuh, pantat ngga amblas karena ada self leveling :big_love: speaker bawaan udah bagus :big_smile]
Salam Kenal juga om gaspol. Wow, setia sampe ganti mobil masih captiva ya hehe..
Saya juga puas banget dengan captiva ini, mungkin bakal mempertimbangkan ganti lagi habis warranty selesai (akhir tahun ini) atau dipake ampe 5 tahun sekalian... Siapa tau ada captiva generasi baru lagi hehe
ChZ wrote:
alvin23 wrote:
Terkadang mobil yang baru masuk Indo emang gitu... Kalo dulu sokbreker yang gampang jebol itu Grand Livina keluaran awal.. haha, entah ya mungkin jalan indonesia emang masih jelek banyak poldur...

Setau saya yang FL dengan muka baru emang udah jauh reliable dibanding versi punya om chz... keluhan yang banyak sekarang biasanya sih rattle dashboard depan aja...

Buat Biaya Servis, Wow Honda semurah itu ya? Itu serius udah termasuk oli? Maklum udah 3 tahun lebih gapegang Toyota.
Biaya servis kenapa diatas saya bilang wajar, karena sebelum pake GL, captiva ini barengan makenya sama Mazda 2... dan Mazda lumayan mahal kalo menurut saya servisnya, kalo keluarga muda masih punya bayi mobilnya mazda 2 saya ngebayangin aja ngeliat tagihan servisnya kayak gimana :big_biglaugh: rebutan uangnya sama susu bayi
Naaa itu ada yang bilang FL lebih reliabel, ada yang bilang PFL malah lebih reliabel girboksnya karena yang PFL pakai Aisin, yang FL pakai punya Chevy Hydramatic 6-Speed. Tapi report pemilik FL sih memang lebih minim masalah

Serius oom... servis berkala kalau cuma ganti oli, tune-up + setel klep, dan service rem baru deh sejuta lebih dikiiit.... Ganti oli aja cuma 400ribu. Genuine oil filter Honda kan cuma 40rebu, filter udara 200rebu, oli pakai Blue 5-30 juga 99ribu/liter sudah PPn, ongkos tune-up paling 200ribuan, ongkos service rem sekitar 150ribuan kalau pakai kuras minyak rem tambah bayar 3 botol minyak rem @24rebu...

Tapi Captiva VCDi kalau ganti oli mahal sih wajar, mobil diesel olinya 6-7liter bo'... bensin paling mentok 4-5 liter kalau sama-sama 4 silindernya. Saya ngga tau kalo Mazda, gak pernah piara sih.

Pengalaman sih Honda sebenernya gak mahal-mahal amat... Suzuki beberapa partnya masih lebih mahal malah. Mitsubishi kalau yang baru-baru juga gak mahal-mahal amat... Jadi bingung mananya Honda yang dibilang mahal sama orang-orang :e-think:
Itu sih beneran murah om servisnya.. Apalagi oli 99rb/liter termasuk PPN... Sekarang Fastron Full synthetic aja udah 1xxrb/ liter :big_slap:
Kalau dulu Honda dibilang mahal sebenarnya capital cost diawalnya sih om, jadi di tiap kelas mobil produk dia ada "premium" sampe 10-30 juta dengan fitur yg gabeda jauh... makanya ane sampe sekarang blm pernah punya Honda :big_biglaugh:

Tapi saya bisa bilang sekarang Honda yang baru2 (Mobilio dan HR-V) udah reasonably priced :big_exellent: , mungkin nanti HR-V bisa lah jadi Honda pertama hahaha. Sekarang yang sangat overpriced itu Toyota (Yaris) dan Duo Korea (sepertinya gara2 dolar)

Kebetulan saat abis jual yang captiva lama udh keliling TD santa fe, sorento, ps dakar, crv rm, cx5 2.5, forester XT gen 3 sama 4, subaru xv, sama mazda6 baru. Diantara semua itu yang paling menarik cuma santa fe, forester gen 3, sama cx5 2.5. Santa fe coret karena out of budget bgt :ungg: forester XT gen 3 entah knp mau ambil itu rasanya berat banget walaupun cocok sm power & kelegaan kabin, cx5 2.5 gak sreg sama row 2 nya. Yasudah balik lagi ke captiva diesel lebih pas dengan powernya dan kelegaan row 2 nya buat bawa keluarga apalagi dari segi harga paling murah (371jt diskon 30) :big_love:
GunturSon wrote:Konon yang fl turbo nya made by gm,
Ada yg pake 2thn jebol ya?
Atau kali emang dapat unit apes ya?
Konon Repair nya 30jtan haha

Pingin 7 seater diesel selain innova, tp kok ringkih katanya si captiva.

untuk yang pernah tau tentang problem ini mohon info ya.
Turbo fl inhouse GM, yang nfl pakai garret.

2 tahun jebol itu kita mesti lihat dulu service history dan cara pemakaian orang tsb seperti apa. Soalnya temen2 rata2 aman sih om udh masuk tahun ketiga dan keempat masih pada sehat.

Pengalaman piara non fl awd 2009-2014 sampe dijual 110rb km alhamdulillah sehat om turbo aman ga masalah sama sekali. Ane juga pernah nemu yang baru 60rb km ganti turbo. Balik lagi ke service history & cara pemakaian nya juga sih..atau memang "apes" :drinking:

Kunci perawatan turbodiesel cuma di filter (udara, oli, solar), oli yang sesuai spek, sama bahan bakar. Ketiga itu terjaga pasti sehat om walaupun biaya service & bahan bakar jd lebih mahal :mky_03:
bisa diakalin kok kalo join di komunitas suka dapet groupbuy oli atau spare parts fast moving ori harga miring bahkan bbrp kali hanya setengah harga. Jadi bisa menghemat pengeluaran :big_smile]

30 juta ngapain di repair om..beli baru 20juta kok harganya turbo fl, nfl lebih murah. Kalo masih dicover warranty sih ga masalah :e-wall: :e-wall:
sprint07
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Sat May 10, 2014 13:56
Location: Surabaya

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by sprint07 »

Utk captiva yg turbonya kena itu apanya ya? Apa bisa repair per bagian2 tidak perlu utuh?
Sebagai gambaran saya ada truk kecil 2011 ada 1 kena di fannya perbaikan abis 2juta. Yg lain dr 2008 sampai 2014 tak apa2. Pemakaian 150km per hari. Oli drum2an meditran 15w40
klo innova dr 2009 sampe skrg baek2 saja km150rb kasi oli meditran itu juga.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

sprint07 wrote:Utk captiva yg turbonya kena itu apanya ya? Apa bisa repair per bagian2 tidak perlu utuh?
Sebagai gambaran saya ada truk kecil 2011 ada 1 kena di fannya perbaikan abis 2juta. Yg lain dr 2008 sampai 2014 tak apa2. Pemakaian 150km per hari. Oli drum2an meditran 15w40
klo innova dr 2009 sampe skrg baek2 saja km150rb kasi oli meditran itu juga.
Nah kalo itunya saya kurang ngerti om... tapi turbo sangat2 ngaruh ke performa karena pada dasarnya mesin diesel itu butuh banget tekanan tinggi buat nyemprot solarnya, dan peran turbo itu buat menciptakan tekanannya CMIIW

Olinya captiva ini speknya Dexron II kalo gasalah om, Full Synth , gatau juga kalo meditran setaranya apa om, kurang hafal kalo standar oli mesin diesel..
Kalo Fastron kan sintetis tapi buat bensin kl gasalah
Rocky R ADS CVT 2021
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

sprint07 wrote:Utk captiva yg turbonya kena itu apanya ya? Apa bisa repair per bagian2 tidak perlu utuh?
Sebagai gambaran saya ada truk kecil 2011 ada 1 kena di fannya perbaikan abis 2juta. Yg lain dr 2008 sampai 2014 tak apa2. Pemakaian 150km per hari. Oli drum2an meditran 15w40
klo innova dr 2009 sampe skrg baek2 saja km150rb kasi oli meditran itu juga.
Belum pernah ada laporan yang berhasil repair turbo captiva (atau ane yang kurang apdet perkembangan baru ada yang sukses ngerepair & bisa awet)..kalo info yang pernah repair ada, kena biaya 6jt an tapi selang bbrp bulan (gasampe setaun) jebol lagi jadi ujung2nya ganti turbo baru aja :big_dunno:

Wahh jangan dikasih meditran dunks om..spek dari pabrikan pakai dexos2 5w-30. Di beres ada Q8 special G long life atau total quartz ineo mc3.
Pakai diluar dexos 2 gapapa asal sama sama 5w-30 kayak shell helix ultra 5w-30 MB229,5 :big_smile]

Captiva nfl 2009 vcdi ane sampai dijual di 110rb km taun lalu turbo masih bagus ga ada masalah apa apa :mky_02:
alvin23 wrote:
sprint07 wrote:Utk captiva yg turbonya kena itu apanya ya? Apa bisa repair per bagian2 tidak perlu utuh?
Sebagai gambaran saya ada truk kecil 2011 ada 1 kena di fannya perbaikan abis 2juta. Yg lain dr 2008 sampai 2014 tak apa2. Pemakaian 150km per hari. Oli drum2an meditran 15w40
klo innova dr 2009 sampe skrg baek2 saja km150rb kasi oli meditran itu juga.
Nah kalo itunya saya kurang ngerti om... tapi turbo sangat2 ngaruh ke performa karena pada dasarnya mesin diesel itu butuh banget tekanan tinggi buat nyemprot solarnya, dan peran turbo itu buat menciptakan tekanannya CMIIW

Olinya captiva ini speknya Dexron II kalo gasalah om, Full Synth , gatau juga kalo meditran setaranya apa om, kurang hafal kalo standar oli mesin diesel..
Kalo Fastron kan sintetis tapi buat bensin kl gasalah
Peran turbo "memaksa" masukin udara sebanyak banyaknya kedalam mesin..namanya juga forced induction. Kalau yg om jelasin diatas sih perannya injectors. Fuel rail pressure or frp captiva fl 1800bar (stock). Yang nfl 1600bar.

Spek oli dexron itu untuk transmisi om..captiva fl pakai dexron6 untuk transmisi matik dan minyak power steering, captiva nfl pakai T-IV. :big_smile]
Kalo oli mesin udh ane jelasin diatas.

CMIIW
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

alvin23 wrote:
sprint07 wrote:Utk captiva yg turbonya kena itu apanya ya? Apa bisa repair per bagian2 tidak perlu utuh?
Sebagai gambaran saya ada truk kecil 2011 ada 1 kena di fannya perbaikan abis 2juta. Yg lain dr 2008 sampai 2014 tak apa2. Pemakaian 150km per hari. Oli drum2an meditran 15w40
klo innova dr 2009 sampe skrg baek2 saja km150rb kasi oli meditran itu juga.
Nah kalo itunya saya kurang ngerti om... tapi turbo sangat2 ngaruh ke performa karena pada dasarnya mesin diesel itu butuh banget tekanan tinggi buat nyemprot solarnya, dan peran turbo itu buat menciptakan tekanannya CMIIW

Olinya captiva ini speknya Dexron II kalo gasalah om, Full Synth , gatau juga kalo meditran setaranya apa om, kurang hafal kalo standar oli mesin diesel..
Kalo Fastron kan sintetis tapi buat bensin kl gasalah
Peran turbo "memaksa" masukin udara sebanyak banyaknya kedalam mesin..namanya juga forced induction. Kalau yg om jelasin diatas sih perannya injectors. Fuel rail pressure or frp captiva fl 1800bar (stock). Yang nfl 1600bar.

Spek oli dexron itu untuk transmisi om..captiva fl pakai dexron6 untuk transmisi matik dan minyak power steering, captiva nfl pakai T-IV. :big_smile]
Kalo oli mesin udh ane jelasin diatas.

CMIIW[/quote]

Wadaw maap2 salah :big_slap: , iya oli mesin Dexos 2 namanya, kalo dexron itu buat Transmisi dan Power steering , sama2 dex hahaha
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by billyd1773dz »

Disebelah ada yg owner fl2012 katanya uda 3x turbonya rusak, ngorok gtu..... semuanya d ganti beres free tp masalah ngoroknya selalu keluar lg...

Gtwnya gara2 filter KnN yg g ada lapisan kavasnya jd bunyi enjinya keluar... bgtu di ganti filter yg std ilang suaranya bkn salah turbo, itupun bru ketauan 3tahun kemudian dan 3 turbo kemudian


Gmn tu kta suhu2 yg pasti beresny rada bego diagnosany.. dan boros amet hrs ngegantiin 3turbo which is 60jt padahl bukan itu rusaknya

Seengakny itu yg gw tangkep dri postingany, barangkli ada suhu yg bisa jelasin

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote:Disebelah ada yg owner fl2012 katanya uda 3x turbonya rusak, ngorok gtu..... semuanya d ganti beres free tp masalah ngoroknya selalu keluar lg...

Gtwnya gara2 filter KnN yg g ada lapisan kavasnya jd bunyi enjinya keluar... bgtu di ganti filter yg std ilang suaranya bkn salah turbo, itupun bru ketauan 3tahun kemudian dan 3 turbo kemudian


Gmn tu kta suhu2 yg pasti beresny rada bego diagnosany.. dan boros amet hrs ngegantiin 3turbo which is 60jt padahl bukan itu rusaknya

Seengakny itu yg gw tangkep dri postingany, barangkli ada suhu yg bisa jelasin

:beer:
Kan Turbo bekasnya bisa dijual lagi ama yg bersangkutan.......

apalagi setelah diperiksa gak ada yg rusak.....serasa dapat lotere dah.....hahahahaha
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by Turboman »

sprint07 wrote:Utk captiva yg turbonya kena itu apanya ya? Apa bisa repair per bagian2 tidak perlu utuh?
Sebagai gambaran saya ada truk kecil 2011 ada 1 kena di fannya perbaikan abis 2juta. Yg lain dr 2008 sampai 2014 tak apa2. Pemakaian 150km per hari. Oli drum2an meditran 15w40
klo innova dr 2009 sampe skrg baek2 saja km150rb kasi oli meditran itu juga.
Utk truk better kasih Turbo timer aja om.....soalnya kerja berat - EGT tinggi
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by Turboman »

Utk parts2 Captiva sampe Turbo-nya yg stok lengkap si JCO motor

0818 9191 38 / 08111 9191 38

si JCO bahkan berani setok Garret VGT utk captiva gen.1.......... Garret VGT genuine, ada peneng merah-nya....ane pernah liat

kalo yg FL mungkin bisa ditanyakan juga
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

Turboman wrote:Utk parts2 Captiva sampe Turbo-nya yg stok lengkap si JCO motor

0818 9191 38 / 08111 9191 38

si JCO bahkan berani setok Garret VGT utk captiva gen.1.......... Garret VGT genuine, ada peneng merah-nya....ane pernah liat

kalo yg FL mungkin bisa ditanyakan juga
+1 buat Jco motor :big_okay:
Rocky R ADS CVT 2021
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

billyd1773dz wrote:Disebelah ada yg owner fl2012 katanya uda 3x turbonya rusak, ngorok gtu..... semuanya d ganti beres free tp masalah ngoroknya selalu keluar lg...

Gtwnya gara2 filter KnN yg g ada lapisan kavasnya jd bunyi enjinya keluar... bgtu di ganti filter yg std ilang suaranya bkn salah turbo, itupun bru ketauan 3tahun kemudian dan 3 turbo kemudian


Gmn tu kta suhu2 yg pasti beresny rada bego diagnosany.. dan boros amet hrs ngegantiin 3turbo which is 60jt padahl bukan itu rusaknya

Seengakny itu yg gw tangkep dri postingany, barangkli ada suhu yg bisa jelasin

:beer:
Aahh ya ane tau kasus itu om..memang sejak captiva nfl sampai fl kalau pakai airfilter replacemen (knn/ferrox/sakura racing) pasti ada bunyi grookkk grookk kalo ngegas nanggung atau lepas gas..

sempet dulu ane ngeluh juga ke beres, dicek turbonya aman ga ada meler atau apa, dicek pake scanner dr beres juga semua normal, terus buka boks filter si mekanik sama kabengnya liat ane pake filter knn. Kata kabengnya coba dilepas dulu distandarin (kebetulan ane bawa filter std nya) dites keliling lagi agak lama udh ga muncul bunyi ngorok itu. Jadi diambil kesimpulan bahwa bunyi tsb muncul gara2 airfilter replacemen. :big_deal: sudah sempet parno takut turbo kenapa napa padahal :mky_05: filter udara yang fl dibawahnya ada semacam lapisan busa yang sering sama temen2 disebut karpet. Karpet itu dilepas pun pasti muncul bunyi ngorok itu :big_dunno:

Jadi menurut ane kasus diatas si mekanik nya kemungkinan kurang mendetail periksanya :big_peace:
colision
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Wed Jan 08, 2014 10:13

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by colision »

ane pernah disuruh pake captiva 2008 yg awd punya boss selama 1 tahun, kesimpulannya ini mobil sangat layak beli dan price to performance nya oke banget...
tarikan oke, fitur berlimpah (sensor cahaya, sensor ujan, fitur stability saat hujan biar gk kepleset pas ngebut), jok enak dll
sayang itu mobil boss ane, kalo punya ane sih enak banget hahaha...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by imingwahyudi »

Nice review bro alvin23 :mky_01:


karib saya pakai Captiva AWD 2010 dengan odometer circa 48000 km. Naikan enak untuk pantat saya, walaupun jok baris kedua agak...susah jelasinnya tapi serasa terlalu datar penopangnya :ungg:
problems so far masih dalam taraf wajar untuk mobil umur 5 tahun. Yang agak mengganggu adalah temperatur mesin hobi naik ketika sedang menanjak dengan kecepatan menengah ke atas. Mungkin pengaruh dari kombinasi piggyback dan mesin standard (intercooler gede mana ya :ngacir: )
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

colision wrote:ane pernah disuruh pake captiva 2008 yg awd punya boss selama 1 tahun, kesimpulannya ini mobil sangat layak beli dan price to performance nya oke banget...
tarikan oke, fitur berlimpah (sensor cahaya, sensor ujan, fitur stability saat hujan biar gk kepleset pas ngebut), jok enak dll
sayang itu mobil boss ane, kalo punya ane sih enak banget hahaha...
Yang AWD emang berlimpah fitur oom, apalagi yg sekarang haha..
imingwahyudi wrote:Nice review bro alvin23 :mky_01:
karib saya pakai Captiva AWD 2010 dengan odometer circa 48000 km. Naikan enak untuk pantat saya, walaupun jok baris kedua agak...susah jelasinnya tapi serasa terlalu datar penopangnya :ungg:
problems so far masih dalam taraf wajar untuk mobil umur 5 tahun. Yang agak mengganggu adalah temperatur mesin hobi naik ketika sedang menanjak dengan kecepatan menengah ke atas. Mungkin pengaruh dari kombinasi piggyback dan mesin standard (intercooler gede mana ya :ngacir: )
Iya, jok baris keduanya rada datar gitu yah, saya juga ngerasain, bukan keras, bukan empuk seperti kurang suport aja...
Wah kalau itunya saya gatau om, haha, captiva ane mesin full std, temperatur anteng...
Rocky R ADS CVT 2021
jco
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Sep 25, 2012 6:26

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by jco »

Turboman wrote:Utk parts2 Captiva sampe Turbo-nya yg stok lengkap si JCO motor

0818 9191 38 / 08111 9191 38

si JCO bahkan berani setok Garret VGT utk captiva gen.1.......... Garret VGT genuine, ada peneng merah-nya....ane pernah liat

kalo yg FL mungkin bisa ditanyakan juga
:big_blushing:

thx rekomendasi dari sesepuh :big_cat:

alvin23 wrote:
Turboman wrote:Utk parts2 Captiva sampe Turbo-nya yg stok lengkap si JCO motor

0818 9191 38 / 08111 9191 38

si JCO bahkan berani setok Garret VGT utk captiva gen.1.......... Garret VGT genuine, ada peneng merah-nya....ane pernah liat

kalo yg FL mungkin bisa ditanyakan juga
+1 buat Jco motor :big_okay:
:big_deal:
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by dream_theater »

Ikutan nimbrung ah... :mrgreen:
Adik ane miara Captiva FL, pernah ane cobain seharian saat di jkt. Kesannya, handlingnya mantap bingit... :big_exellent: mesin dieselnya halus, kabin kedap, torsinya nendang...temen ane yg miara forty diesel saat nyobain juga angkat jempol... Ane malah lupa gak sempet nyobain tiptronicnya, karena pake D + kickdown udah cukup. JIka melihat bagian bokongnya yg garis jendelanya melengkung, otak ane lgsg mengklaim kalo interior blakangnya sempit...namun ternyata baris ke-3 & bagasinya diluar dugaan cukup lega, apalagi joknya bisa dilipet rata dgn lantai. Pernah dulu saat nganter naek kereta adik + istri + bayi dgn mertuanya (1), ane + istri + anak 5th, dijemput supir pake captiva, dgn barang lumayan banyak (namanya jg pindahan ke jkt): koper super gede 1, kopor sedang 4, blom tas2 kecil. Ane udah underestimate & mau manggil taxi, tapi ternyata semua terangkut, cukup ngelipet jok ke-3 sebelah aja.. :frm_tumbleft:

Selama ini gak pernah timbul masalah yg aneh2. Tiap tahun dipake mudik ke semarang - surabaya - malang. Minumnya biosolar oplos DEX, kalo gak ada DEX ya biosolar aja. Oya, kmaren katanya baru ganti oil cooler atau apa gitu (ATF cooler?), untung masih dicover warranty. Cuman nunggu partsnya datang itu seminggu, katanya nunggu dikirim dari negeri vijay... :frm_bang_head:
Secara keseluruhan, ane liat mobil ini worthed. Suspensi & handlingnya yg ane suka. Pernah ane naek fortuner 2.7 di tol soetta, supirnya ngebut krn ngejar boarding. Walau cuma lari 100-110 kpj, koq udah gak enak rasanya..? Captiva ini di tol dalkot lari 140kpj masih anteng2 aja :frm_tumbright: (sama2 jalan beton, yg naek 2 orang & suspensi masih standar). Pernah juga numpang Santafe diesel yg ngebut di tol beton, torsinya emang gila, tp masih kalah naikannya dibanding captiva. Satu hal yg kurang dari captiva ini modelnya, walau moncongnya ane masih suka, terkesan macho. kalo bokong memang dari pertama kurang menggairahkan...

Audio standarnya sudah bagus. Punya adek ane udah diganti Caska karena pengen GPS indash. Katanya yg aslinya (Arkamis) suaranya lebih bagus. Sepertinya mobil2 chevy audionya sudah mumpuni, apalagi kabin chevy cukup kedap. Temen ane punya Orlando, audio standarnya jg bagus, saat iseng bongkar tweeternya baru ketahuan kalo merknya Morel... :off_good_job: Gak tahu kalo captiva ini pake spiker merk apa..
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

imingwahyudi wrote:Nice review bro alvin23 :mky_01:


karib saya pakai Captiva AWD 2010 dengan odometer circa 48000 km. Naikan enak untuk pantat saya, walaupun jok baris kedua agak...susah jelasinnya tapi serasa terlalu datar penopangnya :ungg:
problems so far masih dalam taraf wajar untuk mobil umur 5 tahun. Yang agak mengganggu adalah temperatur mesin hobi naik ketika sedang menanjak dengan kecepatan menengah ke atas. Mungkin pengaruh dari kombinasi piggyback dan mesin standard (intercooler gede mana ya :ngacir: )

Problem ini juga kejadian di 4 unit awd nfl yang ada di rombongan touring ke zero point, sabang, aceh..setau ane yaa mereka memang pada bejek gas teruuss rada kenceng dijalur pegunungan menjelang perbatasan masuk aceh (lupa namanya) rada ekstrem emang rute nya.
namun ane sendiri yang ex user captiva awd 2009 yang mungkin kalau sampai skrg masih ane pakai kilometernya +-140rb km an. Tahun lalu dijual bulan februari 110rb km. Belum pernah ngalamin kejadian kayak gitu sih. Atau jalannya kurang ekstrem, jalur pegunungan paling subang, gunung pancar, atau puncak pass laahh :mky_01: pakai tuningbox juga, race chip pro diset rada tinggi.

Menurut ane sih kemungkinan besar pas nanjak dgn kecepatan tinggi cooling system bawaan ga mampu ngehandle kenaikan temp. Mesti diperiksa cooling system nya secara menyeluruh soalnya pas ane kuras radiator di 100rb km wahh airnya keluar spt ada endapan warna orange (karat?) untung gak sampai menyumbat. Berabe dah :big_dunno:
EGT juga naik signifikan (apalagi udh pasang piggyback), tapi pelepasan nya masih terganjal oleh catalis std nya. Jadi lah makin panas tuuhh :mky_01:
Ngegasnya santai sajaa Juga udh ngacir enaak itu mobil..ga perlu ngotot ngegasnya :big_smile]

Cmiiw
dream_theater wrote:Ikutan nimbrung ah... :mrgreen:
Adik ane miara Captiva FL, pernah ane cobain seharian saat di jkt. Kesannya, handlingnya mantap bingit... :big_exellent: mesin dieselnya halus, kabin kedap, torsinya nendang...temen ane yg miara forty diesel saat nyobain juga angkat jempol... Ane malah lupa gak sempet nyobain tiptronicnya, karena pake D + kickdown udah cukup. JIka melihat bagian bokongnya yg garis jendelanya melengkung, otak ane lgsg mengklaim kalo interior blakangnya sempit...namun ternyata baris ke-3 & bagasinya diluar dugaan cukup lega, apalagi joknya bisa dilipet rata dgn lantai. Pernah dulu saat nganter naek kereta adik + istri + bayi dgn mertuanya (1), ane + istri + anak 5th, dijemput supir pake captiva, dgn barang lumayan banyak (namanya jg pindahan ke jkt): koper super gede 1, kopor sedang 4, blom tas2 kecil. Ane udah underestimate & mau manggil taxi, tapi ternyata semua terangkut, cukup ngelipet jok ke-3 sebelah aja.. :frm_tumbleft:

Selama ini gak pernah timbul masalah yg aneh2. Tiap tahun dipake mudik ke semarang - surabaya - malang. Minumnya biosolar oplos DEX, kalo gak ada DEX ya biosolar aja. Oya, kmaren katanya baru ganti oil cooler atau apa gitu (ATF cooler?), untung masih dicover warranty. Cuman nunggu partsnya datang itu seminggu, katanya nunggu dikirim dari negeri vijay... :frm_bang_head:
Secara keseluruhan, ane liat mobil ini worthed. Suspensi & handlingnya yg ane suka. Pernah ane naek fortuner 2.7 di tol soetta, supirnya ngebut krn ngejar boarding. Walau cuma lari 100-110 kpj, koq udah gak enak rasanya..? Captiva ini di tol dalkot lari 140kpj masih anteng2 aja :frm_tumbright: (sama2 jalan beton, yg naek 2 orang & suspensi masih standar). Pernah juga numpang Santafe diesel yg ngebut di tol beton, torsinya emang gila, tp masih kalah naikannya dibanding captiva. Satu hal yg kurang dari captiva ini modelnya, walau moncongnya ane masih suka, terkesan macho. kalo bokong memang dari pertama kurang menggairahkan...

Audio standarnya sudah bagus. Punya adek ane udah diganti Caska karena pengen GPS indash. Katanya yg aslinya (Arkamis) suaranya lebih bagus. Sepertinya mobil2 chevy audionya sudah mumpuni, apalagi kabin chevy cukup kedap. Temen ane punya Orlando, audio standarnya jg bagus, saat iseng bongkar tweeternya baru ketahuan kalo merknya Morel... :off_good_job: Gak tahu kalo captiva ini pake spiker merk apa..
Bener bgt om untuk HU aslinya yang berasal dari clarion itu lebih bagus sound quality nya dibanding caska (kebetulan pernah pakai caska juga). Better upgrade ke 2din branded seperti sony, pioneer, kenwood dkk :big_smile]

Menurut hasil pengamatan temen2 yang udh bongkar/upgrade audio captiva dibagian belakang tertera merek Sonavox.

http://www.sonavox.com/ourCompany.htm
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by imingwahyudi »

gaspol wrote:
imingwahyudi wrote:Nice review bro alvin23 :mky_01:


karib saya pakai Captiva AWD 2010 dengan odometer circa 48000 km. Naikan enak untuk pantat saya, walaupun jok baris kedua agak...susah jelasinnya tapi serasa terlalu datar penopangnya :ungg:
problems so far masih dalam taraf wajar untuk mobil umur 5 tahun. Yang agak mengganggu adalah temperatur mesin hobi naik ketika sedang menanjak dengan kecepatan menengah ke atas. Mungkin pengaruh dari kombinasi piggyback dan mesin standard (intercooler gede mana ya :ngacir: )

Problem ini juga kejadian di 4 unit awd nfl yang ada di rombongan touring ke zero point, sabang, aceh..setau ane yaa mereka memang pada bejek gas teruuss rada kenceng dijalur pegunungan menjelang perbatasan masuk aceh (lupa namanya) rada ekstrem emang rute nya.
namun ane sendiri yang ex user captiva awd 2009 yang mungkin kalau sampai skrg masih ane pakai kilometernya +-140rb km an. Tahun lalu dijual bulan februari 110rb km. Belum pernah ngalamin kejadian kayak gitu sih. Atau jalannya kurang ekstrem, jalur pegunungan paling subang, gunung pancar, atau puncak pass laahh :mky_01: pakai tuningbox juga, race chip pro diset rada tinggi.

Menurut ane sih kemungkinan besar pas nanjak dgn kecepatan tinggi cooling system bawaan ga mampu ngehandle kenaikan temp. Mesti diperiksa cooling system nya secara menyeluruh soalnya pas ane kuras radiator di 100rb km wahh airnya keluar spt ada endapan warna orange (karat?) untung gak sampai menyumbat. Berabe dah :big_dunno:
EGT juga naik signifikan (apalagi udh pasang piggyback), tapi pelepasan nya masih terganjal oleh catalis std nya. Jadi lah makin panas tuuhh :mky_01:
Ngegasnya santai sajaa Juga udh ngacir enaak itu mobil..ga perlu ngotot ngegasnya :big_smile]

Cmiiw
waduh :big_think: same problem juga

tanjakan yang bikin suhu panas sepengalaman si empunya itu nagrek dan tanjakan sepanjang cipularang arah Bandung oom...pun sebetulnya ga terlalu pejek, hanya berkisar setengah throttle...lari di circa 80kmh. Air radiator sudah flush di circa 30k km odo sekalian lepas thermostat( :big_slap: ), dan ternyata udah jebol downpipe juga. anehnya kalo hajar vmax di jalanan datar anteng anteng aja suhu nya :big_biglaugh:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by billyd1773dz »

pertanyaan lama,

captiva ada DPFnya kah?



selain cat dpf jg bisa mampet

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

imingwahyudi wrote:
gaspol wrote:
imingwahyudi wrote:Nice review bro alvin23 :mky_01:


karib saya pakai Captiva AWD 2010 dengan odometer circa 48000 km. Naikan enak untuk pantat saya, walaupun jok baris kedua agak...susah jelasinnya tapi serasa terlalu datar penopangnya :ungg:
problems so far masih dalam taraf wajar untuk mobil umur 5 tahun. Yang agak mengganggu adalah temperatur mesin hobi naik ketika sedang menanjak dengan kecepatan menengah ke atas. Mungkin pengaruh dari kombinasi piggyback dan mesin standard (intercooler gede mana ya :ngacir: )

Problem ini juga kejadian di 4 unit awd nfl yang ada di rombongan touring ke zero point, sabang, aceh..setau ane yaa mereka memang pada bejek gas teruuss rada kenceng dijalur pegunungan menjelang perbatasan masuk aceh (lupa namanya) rada ekstrem emang rute nya.
namun ane sendiri yang ex user captiva awd 2009 yang mungkin kalau sampai skrg masih ane pakai kilometernya +-140rb km an. Tahun lalu dijual bulan februari 110rb km. Belum pernah ngalamin kejadian kayak gitu sih. Atau jalannya kurang ekstrem, jalur pegunungan paling subang, gunung pancar, atau puncak pass laahh :mky_01: pakai tuningbox juga, race chip pro diset rada tinggi.

Menurut ane sih kemungkinan besar pas nanjak dgn kecepatan tinggi cooling system bawaan ga mampu ngehandle kenaikan temp. Mesti diperiksa cooling system nya secara menyeluruh soalnya pas ane kuras radiator di 100rb km wahh airnya keluar spt ada endapan warna orange (karat?) untung gak sampai menyumbat. Berabe dah :big_dunno:
EGT juga naik signifikan (apalagi udh pasang piggyback), tapi pelepasan nya masih terganjal oleh catalis std nya. Jadi lah makin panas tuuhh :mky_01:
Ngegasnya santai sajaa Juga udh ngacir enaak itu mobil..ga perlu ngotot ngegasnya :big_smile]

Cmiiw
waduh :big_think: same problem juga

tanjakan yang bikin suhu panas sepengalaman si empunya itu nagrek dan tanjakan sepanjang cipularang arah Bandung oom...pun sebetulnya ga terlalu pejek, hanya berkisar setengah throttle...lari di circa 80kmh. Air radiator sudah flush di circa 30k km odo sekalian lepas thermostat( :big_slap: ), dan ternyata udah jebol downpipe juga. anehnya kalo hajar vmax di jalanan datar anteng anteng aja suhu nya :big_biglaugh:
Waduuhh kalo dijalur situ sih pengalaman ane ngga pernah naik om..di cipularang arah bandung sering diatas 80 ga masalah. Teman2 lainnya juga ngga bermasalah lewat jalur nagrek atau di cipularang :big_smile] kalau sampe temp naik sudah pasti ramai di group :mky_01:

Nah kalau teman2 yang 4 unit awd itu didaerah sekitar mau masuk Aceh om, ane kurang tau pasti nama daerahnya yg pasti bukan jalur bis atau jalur utama dan rada terjal banyak tanjakan panjang :big_childish:

Kok dilepas itu thermostat?m :big_dunno:

billyd1773dz wrote:pertanyaan lama,

captiva ada DPFnya kah?



selain cat dpf jg bisa mampet

:beer:
Di fl Tidak ada
Namun di nfl ada tabung segitiga panjang yang menurut manual book pdf punya rekan di grup namanya DPF, tapi dilihat part number nya bukan dpf melainkan CC. Dicabut pun tidak apa apa karena ga ada kabel/sensor2 disana :big_smile]

menurut om bijimane nih? Hehe :big_childish:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

Baru beres Servis Berkala 50.000 KM (Odo 54000)

Ganti Oli, Filter Oli, Minyak Rem sama Drive Belt, total abis 2,7 Jt (Beres)

Sepertinya kewajiban ke Beres yang terakhir nih wkwk, nanti yang selanjutnya udah bisa lebih bebas karena garansi abis


Sekalian tadi klaim Fuel Pump karena ada bunyi ngiing, nanti balik begitu ada stoknya langsung pasang.. (ini berarti yang ke 2 dalam waktu 3 tahun)

Selebihnya insya Allah masih no problemo mobilnya , sokbreker masih aman :mky_04: , mudah2an gakena jackpot :big_biglaugh:
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

gaspol wrote: Di fl Tidak ada
Namun di nfl ada tabung segitiga panjang yang menurut manual book pdf punya rekan di grup namanya DPF, tapi dilihat part number nya bukan dpf melainkan CC. Dicabut pun tidak apa apa karena ga ada kabel/sensor2 disana :big_smile]

menurut om bijimane nih? Hehe :big_childish:
sorry ngequote om gaspol...
mau nanya nih, ente kan udah pengalaman miara 2 badak...

kalo perawatan AC gimana yah?
perasaan kalo servis di beres gaada item checklist tentang AC tuh... apa dibawa ke bengkel AC?

selama ini servis di beres paling ganti filter AC aja tuh soalnya

kalo hrus ke bengkel khusus AC, dimana yah yg bisa nanganin Captiva?
Rocky R ADS CVT 2021
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by gaspol »

alvin23 wrote:
gaspol wrote: Di fl Tidak ada
Namun di nfl ada tabung segitiga panjang yang menurut manual book pdf punya rekan di grup namanya DPF, tapi dilihat part number nya bukan dpf melainkan CC. Dicabut pun tidak apa apa karena ga ada kabel/sensor2 disana :big_smile]

menurut om bijimane nih? Hehe :big_childish:
sorry ngequote om gaspol...
mau nanya nih, ente kan udah pengalaman miara 2 badak...

kalo perawatan AC gimana yah?
perasaan kalo servis di beres gaada item checklist tentang AC tuh... apa dibawa ke bengkel AC?

selama ini servis di beres paling ganti filter AC aja tuh soalnya

kalo hrus ke bengkel khusus AC, dimana yah yg bisa nanganin Captiva?
Perawatan ac sih ane hanya rutin ganti filter ac ajaa om..skrg pakai sakura carbon diganti tiap serpis (10rb km) :mky_01:

Di bonjer itu ada yg terkenal (lupa namanya), atau didaerah haji nawi..nnti ane tny rekan ane yg udh pernah kesitu yah untuk info lengkapnya. Lupa euuy
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Long Term Review Chevrolet Captiva 2.0 VCDi FWD 2012

Post by alvin23 »

gaspol wrote:
Perawatan ac sih ane hanya rutin ganti filter ac ajaa om..skrg pakai sakura carbon diganti tiap serpis (10rb km) :mky_01:

Di bonjer itu ada yg terkenal (lupa namanya), atau didaerah haji nawi..nnti ane tny rekan ane yg udh pernah kesitu yah untuk info lengkapnya. Lupa euuy
Oke om gaspol, no worries
Rocky R ADS CVT 2021