Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by ChZ »

imingwahyudi wrote:Short Impression? :big_think: :big_think:

Bagus gini kok Chris :big_love:

setelah faffing dengan bbrp tipe transmisi, just IMO loh ya, rasanya any Italian pocket rocket should be equipped by either gated sticks, atau single clutch AMT :big_grin: . Gated sticks tau lah macem bagaimana, sedangkan AMT, by far yang paling pas mereplikasi sensasi stickshift. Jerkiness nya, yang khatam MT harusnya ga masalah menaklukkan bukaan gas dari diem. Jeda ganti giginya, ga terlalu cepet kaya DSG, berasa banget efek ambil nafasnya :big_love: .

Mungkin saya old-fashioned, but by far, ini yang terpikirkan :big_grin:
karena ngga ditest di track, mingki :big_cry: gw ngga berani klaim ini review, apalagi nanti ada beberapa oknum yang protes gue cuma TD 30 menit kok bikin review, TD kudu setengah hari lah, ngga objektif lah :big_weee: :big_weee: :big_weee:

yo wis, dikasih judul short review biar kagak ada yang protes :big_weee: :mky_03: buat yang ngerasa kesindir sori jekk... :big_weee:

ho oh.... single clutch AMT memang suits well untuk italian pocket rocket.... lambo, ferrari juga pake jenis transmisi yang sama pan, flappy paddle gearbox single clutch. memang feelingnya lebih natural dan lebih kerasa seperti MT dibanding DCT. ya disinilah bedanya italians dan jerrys....

germans selalu berpikir untuk memakai teknologi canggih, shifting in milisecs and very advanced tech, dimana italians selalu berusaha untuk tampil unique dan penuh sensasi :mrgreen:

ente nyetir Scirocco R walaupun in fact mobil itu melesat 0-100kph di angka 5secs tapi ente tetap merasa aman dan nyaman di dalam mobilnya. Abarth 595, walaupun 0-100kph nya di 7,4secs tapi feels faster dan thrilling... penuh dengan rasa fun! :mrgreen:

agree, sometimes old fashioned way is better.... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by montirangin »

tapi kalo ga salah itu fiat500 direview mobil sejuta umat di negara mana gitu gara2 itu termasuk mobil entry level (baca: murah). yg ini kan ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by ChZ »

ho oh... kalo di eropa atau itali AFAIK ini mobil pasaran kok... dan jadi fashion icon... maklum desainnya klasik.

Image

tapi kalo nyetir Fiat 500 sama nyetir Abarth 595 sih jangan disamain deh... kya nyetir Merc C200 sama Merc C63. Karakternya berubah total dari versi pelan nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by montirangin »

ChZ wrote: tapi kalo nyetir Fiat 500 sama nyetir Abarth 595 sih jangan disamain deh... kya nyetir Merc C200 sama Merc C63. Karakternya berubah total dari versi pelan nya.
:frm_tumbleft:
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by piterr »

ChZ wrote:
piterr wrote:Untuk kit esseesse disc brake nya lebih besar diameternya, caliper brembo, abarth jual brembo plus disc nya 40jt sebelum ppn. Saya udah nanya2 karena penge upgrade

mai gat... 40juta itu 4 biji atau sebiji doang oom? :big_slap:

anyway mobilnya di solo ya oom? kalo sempet nanti sekitaran akhir taun saya main2 deh ke solo... penasaran ui sama exhaust monza nya :big_love:
40jt satu set depan doank, disc dan caliper.
mobil sudah di solo, membuatnya satu2nya abarth di solo, bahkan di jawa tengah kecuali yg di showroom semarang yaaa hahahaha silakan kalo mau cobain sensasi record monza, saya sudah sempat rekam suara exhaustnya tapi gak ngerti cara uploadnya ke sini, ndeso bener
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by ChZ »

piterr wrote:
ChZ wrote:
piterr wrote:Untuk kit esseesse disc brake nya lebih besar diameternya, caliper brembo, abarth jual brembo plus disc nya 40jt sebelum ppn. Saya udah nanya2 karena penge upgrade

mai gat... 40juta itu 4 biji atau sebiji doang oom? :big_slap:

anyway mobilnya di solo ya oom? kalo sempet nanti sekitaran akhir taun saya main2 deh ke solo... penasaran ui sama exhaust monza nya :big_love:
40jt satu set depan doank, disc dan caliper.
mobil sudah di solo, membuatnya satu2nya abarth di solo, bahkan di jawa tengah kecuali yg di showroom semarang yaaa hahahaha silakan kalo mau cobain sensasi record monza, saya sudah sempat rekam suara exhaustnya tapi gak ngerti cara uploadnya ke sini, ndeso bener
jiaaah 40jt depan doang :big_slap:

wowh the only abarth di jawa tengah... :big_love:

hah di semarang showroom mana oom yang pegang abarth?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by montirangin »

aduh 40jt untuk itu .....set depan doang lagi
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by piterr »

ChZ wrote:
wowh the only abarth di jawa tengah... :big_love:

hah di semarang showroom mana oom yang pegang abarth?
Di semarang showroom abarth jadi satu dengan showroom harley davidson, planning nya sih mereka bikin one stop shopping include ferrari disana, entah realisasinya bagaimana
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by ChZ »

piterr wrote:
ChZ wrote:
wowh the only abarth di jawa tengah... :big_love:

hah di semarang showroom mana oom yang pegang abarth?
Di semarang showroom abarth jadi satu dengan showroom harley davidson, planning nya sih mereka bikin one stop shopping include ferrari disana, entah realisasinya bagaimana
oh ya kemaren pantes salesnya sempet ngomong... ho oh bener juga masih satu grup sama harley... :mky_01:

asik uiii kalo ferrari ikutan bikin dealer di smg :big_love:

*kapan belinyee tapi :big_childish:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by nugroho bagor »

piterr wrote:
ChZ wrote:
wowh the only abarth di jawa tengah... :big_love:

hah di semarang showroom mana oom yang pegang abarth?
Di semarang showroom abarth jadi satu dengan showroom harley davidson, planning nya sih mereka bikin one stop shopping include ferrari disana, entah realisasinya bagaimana
HD smg ?sama Lia putih anak parakan
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by montirangin »

ferrari disemarang?? my gosh................
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11865
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by marmut »

kok saya bolak balik disebut ya..... dapet royalti gak nih?
bravo ChZ buat reviewnya.
dan dashboardnya yang plastik putih mengkilat, keren banget. kenapa jepun ngga ada yang bikin kaya gitu ya? atau ada tapi saya ngga tau.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by y_anjasrana »

Ini yg sempat muncul di iims kemarin ya? cakep euy mobilnya. baru tau performanya segitu galak ya.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by montirangin »

y_anjasrana wrote:Ini yg sempat muncul di iims kemarin ya? cakep euy mobilnya. baru tau performanya segitu galak ya.....
iya ini mobil kalo ga salah ditaro disebelah mercedes ya?
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by piterr »

bukan bro, yang di iims kmrn disebelah mercedes dan Alfa romeo Fiat 500 biasa bermesin 1.4 twin air non turbo 100PS, cuman dipajang dikasih exhaust akrapovic dan pernik2 lainnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by ChZ »

marmut wrote:kok saya bolak balik disebut ya..... dapet royalti gak nih?
bravo ChZ buat reviewnya.
dan dashboardnya yang plastik putih mengkilat, keren banget. kenapa jepun ngga ada yang bikin kaya gitu ya? atau ada tapi saya ngga tau.
wadoh marmut beneran nongol.... :mky_01: royalti err anu ituuuuu.............. :ngacir:

thank you oom.... ho oh... itu salah satu cool thing yang membuat saya suka mobil ini, unique dan sangat classy. ya itulah oom, italians... kita ngga tau apa yang ada di otak mereka :mrgreen: sense of art mereka tinggi sekali, dan selera mereka sangat nyeleneh :mrgreen: beda dengan Jepang dan Jerman yang terjebak dengan pola interior itu-itu aja.

kebetulan mobil ane in-ext nya juga didesain oleh orang Italia (Giugiaro) tapi mekanikal tetap rasa jepang... Suzuki SX4. yang artinya best of both worlds :mrgreen: SX4 sendiri juga punya kembaran Italia, Fiat Sedici :mrgreen:

Image
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by imsus2c »

ChZ wrote:
piterr wrote:Untuk kit esseesse disc brake nya lebih besar diameternya, caliper brembo, abarth jual brembo plus disc nya 40jt sebelum ppn. Saya udah nanya2 karena penge upgrade

mai gat... 40juta itu 4 biji atau sebiji doang oom? :big_slap:

anyway mobilnya di solo ya oom? kalo sempet nanti sekitaran akhir taun saya main2 deh ke solo... penasaran ui sama exhaust monza nya :big_love:
Harga brake set (rotor+caliper) segitu untuk performance brake semacam Brembo atau Wilwood sih wajar, apalagi kalau kurs $ sdh Rp.12000an

Pasarannya utk brake set Brembo Performance (bukan OEM/replacement) ukuran 14"-15" dgn 4/6 pot, harga sekitar $3.500 - $4.500 an belum ongkir/pajak. Itu biasanya utk sepasang (depan saja atau belakang saja). Kalau set depan belakang ya... :e-whistle:

Bengkel teman saya kalau upgrade rem keluarga evo, sampai di lokasi harga rem sekitar 35-45an juta juga :e-whistle:

Copotan saja masih buka harga 25jt :e-think:

@pak Piterr, dealer Brembo disini kalau ngga salah dipegang sumber berkat. Kalau ada parts nr.-nya mungkin bisa dicek disitu buat perbandingan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by sandal »

piterr wrote:bukan bro, yang di iims kmrn disebelah mercedes dan Alfa romeo Fiat 500 biasa bermesin 1.4 twin air non turbo 100PS, cuman dipajang dikasih exhaust akrapovic dan pernik2 lainnya
Exhaust akrapovic??? :big_chicken: :big_chicken: :big_love: :big_love:
Sumpah naksir ama exhaust akrapovic ini :big_love:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by ChZ »

imsus2c wrote: Harga brake set (rotor+caliper) segitu untuk performance brake semacam Brembo atau Wilwood sih wajar, apalagi kalau kurs $ sdh Rp.12000an

Pasarannya utk brake set Brembo Performance (bukan OEM/replacement) ukuran 14"-15" dgn 4/6 pot, harga sekitar $3.500 - $4.500 an belum ongkir/pajak. Itu biasanya utk sepasang (depan saja atau belakang saja). Kalau set depan belakang ya... :e-whistle:

Bengkel teman saya kalau upgrade rem keluarga evo, sampai di lokasi harga rem sekitar 35-45an juta juga :e-whistle:

Copotan saja masih buka harga 25jt :e-think:

@pak Piterr, dealer Brembo disini kalau ngga salah dipegang sumber berkat. Kalau ada parts nr.-nya mungkin bisa dicek disitu buat perbandingan
ho oh om imsus.... kategori mobil performance gini tuning partsnya bisa bikin sakit jantung dan kantong... apalagi buat rakyat djelata macem saya :big_childish:

bukti kalo nyawa itu harganya sangat mahal.... padahal 45juta oprek ke ECU doang udah dapet ratusan horsepower. :big_slap:

jadi heran sama orang-orang yang upgrade mesin gila-gilaan tapi rem standar.... :e-think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by batumakam »

piterr wrote:
ChZ wrote:
piterr wrote:Untuk kit esseesse disc brake nya lebih besar diameternya, caliper brembo, abarth jual brembo plus disc nya 40jt sebelum ppn. Saya udah nanya2 karena penge upgrade

mai gat... 40juta itu 4 biji atau sebiji doang oom? :big_slap:

anyway mobilnya di solo ya oom? kalo sempet nanti sekitaran akhir taun saya main2 deh ke solo... penasaran ui sama exhaust monza nya :big_love:
40jt satu set depan doank, disc dan caliper.
mobil sudah di solo, membuatnya satu2nya abarth di solo, bahkan di jawa tengah kecuali yg di showroom semarang yaaa hahahaha silakan kalo mau cobain sensasi record monza, saya sudah sempat rekam suara exhaustnya tapi gak ngerti cara uploadnya ke sini, ndeso bener
kayaknya pernah lihat ni mobil, tapi lupa dimana :big_slap: sama pacar ane dibilang unyu2 gitu eh begitu tancap gas lha dalah banter tenan :big_biglaugh: ane coba kejar pake cbr 250 kagak ketangkep euy :big_slap:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by AD74YA »

Ini ketauan banget dari review nya short banget waktu yang dipakai untuk merasakan mobilnya.. Ada banyak point yang perlu ane koreksi, tapi biar lebih whole, ane short review aja sekalian ya 500 biasa sama Abarth 695 Tributo Ferrari.. Kebetulan sempat ada yang bawa ke garasi kedua-duanya.

Untuk 500, bisa dilihat di Liga LCGC; http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=20811
Ane review yang Lounge

Image

Image

Untuk short review 695 sebagai berikut;

Image

Oke, beberapa point penting tentang 695 Tributo Ferrari adalah; mobil merupakan mobil yang diproduksi dengan limited numbers; hanya 1999 unit di seluruh dunia. Sampai saat kencan, unit yang saya bawa merupakan mobil ke dua dari 2 695 Tributo Ferrari yang "sudah laku" di Indonesia. Saya kasih tanda kutip karena denger-denger 695 Tributo Ferrari masih ada unit (2012 atau 2013 gitu) yang belum laku di Indonesia.

Point kedua, mobil ini tenaganya sedikit lebih besar dari 595C ataupun Essesse, yaitu 230 Nm dan 180 HP (sekitar 10 HP lebih besar dari Essesse, CMIIW). Walaupun basically semua sama. 1400cc, dan gearbox Competizione (beberapa fanboy alay lebih suka nyebutnya sebagai F1-Superfast gearbox, padahal gak tau mereka ini gearbox basically sama aja sama Smart punya, cuman lebih beefy).

Jadi ane yakin, feelingnya 11-12 sama 595 dan Essesse punya ini 695, secara sama versi lounge juga steeringnya masih familier kok 695 (sedikit).

Oke, pertama, Abarth bukan hot hatch yang bisa dibilang "balanced". Paling terasa kalau dibawa ditengah hujan, ngebut 100 kpj aja di tol terus injek rem sedikit keras, udah belakangnya ilang. Dalam beberapa kasus, di jalan kering gripnya besar, tapi kalau hujan di bawa ngebut, mobil ini kerasa ada kemungkinan melintir. Mungkin efek ban, bisa jadi juga karena distribusi bobot atau apa, yang jelas elektronika keamanan seperti TTC ESP di mobil ini merupakan kontrol traksi paling stupid dari semua mobil yang pernah ane coba. Kayaknya orang-orang Itali yang buat cuman sengaja bikin tombol TTC tanpa tau kegunaannya apa. ESP sendiri ga bisa dimatikan.

Lalu gearbox-nya. Sebenarnya Comp gearboxnya (automated manual) udah jauh lebih baik dari yang bawaan Lounge, downshift di 695 langsung klik sekedipan mata disusul burbling exhaust, jauh lebih nikmat didengar daripada MINI Cooper punya. Akan tetapi setiap mau upshift, seakan-akan turbonya mau ngekick terus (seperti efek turbo spooling lalu mobil njendut-njendut kedepan) jadi mau nggak mau reflek kaki kanan sedikit melepas pedal gas biar gak jerky, tapi malah pada akhirnya memperkuat jerky nya upshift karena rpm nya jadi terlalu rendah untuk upshift.

Setelah beberapa kilometer jalan bareng dengan 695, baru ketauan trik nya kalau mau upshift rada halus dan kaki tetap di pedal gas, jarum RPM harus berada diantara 2500-3000 RPM, karena sinkronisasi rpm mesin antar gigi paling baik berada di range itu. Which is painful, karena jadi agak tricky kalau kita pakai di tengah kota yang sedikit ramai.

Lalu yang bilang steering Abarth itu feedback nya banyak, kayaknya masih perlu banyak latihan deh. Ya, setirnya Abarth berat karena minim EPS, akan tetapi feedback nya tidak melimpah, apalagi kalau dibandingkan sama MINI R56 series. Roda depan susah di prediksi posisinya, sedangkan bagian belakang gak berasa apa-apa. Hal ini diperparah dengan yang tadi itu, kebodohan TTC dan ESP. ESP nya selalu ON dan selalu ambil alih perintah untuk memutar roda bagian dalam lebih kencang dari roda bagian luar saat menikung. Ini efeknya bagus kalau fine tuning. Masalahnya, karena Abarth produk Italia, kayaknya engineernya lupa setting karena keburu istirahat makan siang.

Di kecepatan yang berubah-berubah, ESP nya rada idiot membuat berat setir berubah-berubah karena perputaran roda bagian luar dan dalam konstan berubah-berubah, jadi mobil ini kalau dipacu kencang, apalagi manuver, kerasa kayak gak punya patokan rasio setir. Akhirnya setir perlu di koreksi 100 persen dari 100 persen lamanya pengendaraan. Sekali lagi, ESP gak bisa dimatikan; saya yakin penyebabnya adalah engineer nya lupa masang tombolnya di mobil karena ngidam makan spaghetti.

Dan lucunya, Abarth itu lebih enak dikendarai secara sportif jika TTC nya dinyalakan karena efek understeer bisa di eliminasi secara maksimal, walau nggak bisa dibilang akurat juga. Ini juga mobil hatch pertama yang dalam kondisi normal TTC nya mati, dan kalau mau enak, kita harus manual nyalakan TTC dengan mencet tombol.

Lalu Abarth juga punya Comp suspension yang terlalu keras walau gak perlu. Kerasnya suspensi ini tidak memberikan damping yang lebih baik ataupun grip lebih melimpah, yang ada malah efek bouncy mobil kalau ngebut berasa banget. Di kecepatan tinggi lurus, bagian belakang mobil kerasa mentul-mentul kewalahan ngikutin depannya. Dalam kondisi cornering kencang, gantian depannya yang mentul-mentul yang menyebabkan berkali-kali traksi roda ada dan hilang, dan ESP mobil akhirnya bingung baca, akhirnya setirnya jadi bingung, pas masuk corner berat, pas di apex ringan tanpa feeling, pas keluar corner udah terlanjur understeer dan telat momennya untuk ngegas lagi.

Tapi, kesemua permasalahan diatas punya 1 jalan keluar.. Yaitu dengan nyetir Abarth sekencang mungkin kapanpun kondisinya memungkinkan. Karena tidak ada mobil kecil modern lain yang menawarkan sensasi bunuh diri dari awal mesin di start, sampai dimatikan lagi di tempat tujuan. Perasaan terancam ini dikemas dengan suara exhaust hatchback paling merdu yang pernah saya dengar, dan juga over-torque yang menyebabkan efek roket selalu tersedia.

695 merupakan hatchback paling fun yang pernah saya kendarai.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by ChZ »

Ini ketauan banget dari review nya short banget waktu yang dipakai untuk merasakan mobilnya.. Ada banyak point yang perlu ane koreksi, tapi biar lebih whole, ane short review aja sekalian ya 500 biasa sama Abarth 695 Tributo Ferrari.. Kebetulan sempat ada yang bawa ke garasi kedua-duanya.
wkwkwkwkwkw... sesuai dugaan ane responnya... bakal dikritik keras :big_slap:

ya makanya ane nggak berani klaim ini review karena kondisi nya sangat tidak memungkinkan. sebenernya nggak ada niat bikin review nya, tapi karena paksaan dari modket jadi ane terpaksa harus bikin... :ngacir: seperti yang ane state di awal
Kenapa kok judulnya Short Impression Review?

OK, awalnya ane sangat galau mau bikin reviewnya apa nggak.

To be honest, ane nggak bisa terlalu explore mobil ini karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung (macet di dalem kota, walaupun sebenernya ane sudah bisa mengenali karakter pengendaliannya dari 2x hard cornering dan beberapa kali hard acceleration. Tenang saja, walaupun kondisi tidak mendukung review ini tetep dilakukan ala ChZ :big_smoking: ).

Plus, berbagai faktor seperti : ane nggak khatam dengan mobil italia apalagi Fiat/Abarth, apalagi ada yang jauh lebih master soal knowledge mobil ini seperti om helm. jujur aja, ane sangat takut mis-interpretasi dan bikin review ini hancur seketika.

Tapi karena paksaan dari beberapa KuSeMers, termasuk modket, dan juga karena ini request langsung oleh pak bos admin tomket waktu ketemu di pameran.... OK, i'll do my best, tentu saja karena ini yang request langsung pak bos, i won't make him dissapointed :big_smoking:

Jadi atas dasar berbagai pertimbangan, ane memutuskan untuk membuat short impression review saja. Review jalan-jalan singkat menikmati mobil ini. Karena kalo mau in-depth akan lebih cocok dilakukan di atas track. Literally.
sekaligus mancing om helm biar sekalian review Tributo Ferarri :ngacir: :ngacir:

kayanya poin saya yang paling salah di bagian steeringnya... ya mungkin karena terbatasnya lokasi pengujian jadi feel setir nggak gitu terasa. ya once again ane punya alesan buat ngeles kalo review ini agak mis-interpretasi :ngacir: :ngacir:

soal grip, mungkin itu faktor ban kalo saya bilang. Pirelli PZero Neo ini kan bannya spesialis track ya AFAIK... jadi gripnya kurang bagus di hujan. Ya mungkin performance bannya sama kayak Yoko Advan Neova, di jalan kering superb, di hujan sucks

anyway kalo soal hatch paling fun ane setuju.... nggak pernah ane nyetir mobil apapun se-excited nyetir Abarth :frm_tumbleft: apalagi tendangan turbo nya waktu udah spool up di 3000 RPM beneran kayak roket.... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by montirangin »

don't play with the stifff....oops... the stig
asunu
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Mon Jul 23, 2007 1:10

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by asunu »

Nice ST review...
Kalau dibandingkan sama Swift Sport mana yg paling banyak produce smiles/hour? Ada yg pernah TD dua2nya? Emang suara Abarth merdu benerrrr...the sound itself justifies the price hahaha
Morris mini cooper mk1 (sold) : Honda HRV : Fiat 500 Abarth Esseesse : BMW X1 : Jeep JL Rubicon. Holy grail: karmann ghia type 14.
Jebmuldit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18

Re: Short Impression Review of 2014 Abarth 595c Turismo MTA

Post by Jebmuldit »

madcat015 wrote:Bravooooooo! Il magnifico bro chz! :mky_02:

A wonderful ripiu indeed... :mky_02:


Fiat 500 dan Abarth mmg benar2 future classic... suka dengan bentuknya, suka interiornya, dan menurut ane, cukup spacious untuk dua orang dengan head room lega dan kaca besar yang well, menambah kelegaan.


Sayangnya, ane yg terbiasa jadi nahkoda kapal2 super besar jadi merasa terintimidasi dengan form factor Abarth/Fiat yg kecil. Bagaikan lifeboat kekecilan... but a lifeboat that is so stylish indeed. :mky_02:


Sayangnya, unit 500 dan 595 sedang diseret utk Abarth day di showroom CBU temen ane di Sby Barat..., dan ane ga bs merasakan nostalgia jerkiness sebuah AMT yang somewhat exciting. :mrgreen:

Apart from its uniqueness, ane nyaris ga bs menentukan mana yg harus ane pilih seandainya diberikan pilihan antara sebuah Abarth atau sebuah MINI.

Damn! I will take them both! :cupss:



Anyway, kmrn kita tidak sengaja memberikan tamparan keras di booth Renault ya.

*setelah mengubek Megane RS 265*
N: "ko, tuh kemoceng" *baca Duster*
M: "DASCIAAAAAA!" :cupss:
*sales lgs tertunduk sedih*
N: "ko, itu Renault..."
M: "Ups... errr.. sorry..."
*beberapa menit kemudian*
M: "Sandero... mana Sandero" :ngacir:
*sambil mencari Clio RS*


:big_slap:
Lebayyyy.g penting amat untuk yang terakhir2 mod.
cats catcher