SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

@modcing : ahhh nice review from you too :mky_02:

secara ride GK memang peningkatan dari GE, tapi secara build quality penurunan :big_slap: it's more than meets the eye right? :mky_02:

"meraba jalan pake bokong" kalimat oom sukribo yang paling lucu :mky_07:

ahh can't wait for saturday again... french beauties :cupss:
amfibi wrote:Mentang mentang ane yg tanya trus dikacangin

Ampyunnnn
sabar dong ah yang nanya banyak :big_weee: maklum selebritis :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by amfibi »

Explanationnya nda memuaskan, tapi nda papa lah direply jg :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

amfibi wrote:Explanationnya nda memuaskan, tapi nda papa lah direply jg :mky_08:
bagian mana yang ga puas? ayo didiskusikan baik-baik. di SM semua hal bisa didiskusikan. nggak ada yang lebih pintar atau lebih bego dimarih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by r12qiSonH4ji »

poik99 wrote:Btw kalo yang pernah tes all new yaris manual or punya, kayanya ada rasa aneh pas tarikan bawah seakan" kopling slip, jadi harus agak di rev lagi supaya ga mati mesin
Itu sih yang ane rasakan waktu TD 2 bulan yang lalu and ngecewain bgt sih driving impression-nya

Oya yaris tipe G buat sekarang bisa pilih mau kumis silver apa item, at least di jakarta bisa
Kebetulan adik ipar punya all new yaris M/T TRD, dan emg pas masuk gigi 1 rev nya harus agak tinggi, klo gak tinggi pasti bakalan ada gejala ndut2an, ane jg bingung soalnya ane disuruh mertua ngajarin ipar ane nyetir yaris, adik ipar ane hampir disetiap tanjakan klo pake yaris pasti hampir mati mesinnya, tp klo doi bawa avanza smooth2 aja klo lg nanjak

Jadi menurut kesimpulan ane, yaris m/t yg sekarang gak terlalu enak transmisinya dibanding old yaris,
Soalnya dlu pas ane kuliah, ane dipinjemin yaris m/t sm abang ane, gak pernah ane nemuin masalah di transmisi manualnya, ane enjoy2 aja,
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
technoholic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jun 11, 2014 12:15

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by technoholic »

r12qiSonH4ji wrote:
poik99 wrote:Btw kalo yang pernah tes all new yaris manual or punya, kayanya ada rasa aneh pas tarikan bawah seakan" kopling slip, jadi harus agak di rev lagi supaya ga mati mesin
Itu sih yang ane rasakan waktu TD 2 bulan yang lalu and ngecewain bgt sih driving impression-nya

Oya yaris tipe G buat sekarang bisa pilih mau kumis silver apa item, at least di jakarta bisa
Kebetulan adik ipar punya all new yaris M/T TRD, dan emg pas masuk gigi 1 rev nya harus agak tinggi, klo gak tinggi pasti bakalan ada gejala ndut2an, ane jg bingung soalnya ane disuruh mertua ngajarin ipar ane nyetir yaris, adik ipar ane hampir disetiap tanjakan klo pake yaris pasti hampir mati mesinnya, tp klo doi bawa avanza smooth2 aja klo lg nanjak

Jadi menurut kesimpulan ane, yaris m/t yg sekarang gak terlalu enak transmisinya dibanding old yaris,
Soalnya dlu pas ane kuliah, ane dipinjemin yaris m/t sm abang ane, gak pernah ane nemuin masalah di transmisi manualnya, ane enjoy2 aja,
Yaris bakpao ane m/t begitu juga lho om, kalau mulai jalan ngelepas kopling harus rev agak tinggi, bokap ane, temen ane yg gak biasa pake yaris begitu pake yaris ane langsung kayak orang baru belajar m/t, mati mati mulu :big_think:

Tapi gak tau ya kalau yaris abangnya om udah ditune gimana gitu koplingnya :mky_01:

Udah gitu koplingnya mayan bikin kaki kiri berotot, kalau mau ambil yaris please yg a/t aja :big_childish:
2E - 7K - 1NZ - 1TR - 2KD - 2GD
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by sandal »

:big_slap: :big_slap:
Mau baca review ente tiba2 badan ane pegel dimarih nih :big_slap: plus kaki2 pegel combo :big_slap:
Btw nice review bro chz :mky_02:
Kedua HB ini emang mantap2 :mky_02:
Kalo 2 HB ini dibandingin ama Fiesta EB gimana yah? :big_think:
Jazz GK emang rekomendasinya pilih manual transmission. Mantep bener, ane coba singkat aja udh mantep. Kalo Yaris manual belum sih, penasaran ane :big_chicken:
Dan satu hal yg ane masih kagok, pemakaian start stop.... :big_chicken: :big_chicken:
Ane masih ragu2 ama start stop button kedua mobil itu :ungg: :ungg:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

technoholic wrote: Yaris bakpao ane m/t begitu juga lho om, kalau mulai jalan ngelepas kopling harus rev agak tinggi, bokap ane, temen ane yg gak biasa pake yaris begitu pake yaris ane langsung kayak orang baru belajar m/t, mati mati mulu :big_think:

Tapi gak tau ya kalau yaris abangnya om udah ditune gimana gitu koplingnya :mky_01:

Udah gitu koplingnya mayan bikin kaki kiri berotot, kalau mau ambil yaris please yg a/t aja :big_childish:
ane nyetir Yaris M/T teman ane gampang sekali lompat dan enjin stall, terutama karena ane nggak biasa M/T :big_slap:

memang injek gasnya harus agak dalem dan ngelepas koplingnya harus ati-ati itu Yaris M/T

sedangkan kemaren di Jazz RS M/T ane nggak menemukan kendala berarti, cuma agak kagok seterusnya langsung fine-fine aja
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

sandal wrote::big_slap: :big_slap:
Mau baca review ente tiba2 badan ane pegel dimarih nih :big_slap: plus kaki2 pegel combo :big_slap:
Btw nice review bro chz :mky_02:
Kedua HB ini emang mantap2 :mky_02:
Kalo 2 HB ini dibandingin ama Fiesta EB gimana yah? :big_think:
Jazz GK emang rekomendasinya pilih manual transmission. Mantep bener, ane coba singkat aja udh mantep. Kalo Yaris manual belum sih, penasaran ane :big_chicken:
Dan satu hal yg ane masih kagok, pemakaian start stop.... :big_chicken: :big_chicken:
Ane masih ragu2 ama start stop button kedua mobil itu :ungg: :ungg:
thank you bro sandal :mky_02:

kalau sama Fiesta EB sih mau Jazz atau Yaris ya nggak ada apa-apanya atuh. Walaupun respon gb nya lebih cepet Jazz CVT daripada Fiesta EB DCT.

Yep, jiwa Honda sebenernya berada di M/T. Mobil Honda apapun yang M/T selalu mantap. CR-V 2.0 M/T stock bisa ngalahin CR-V 2.4 AT stock untuk sprint 200 meter.

start stop button kan tinggal pencet aja, injek kopling lalu pencet. Kemaren di dealer enjin stall karena masang kabel aki negatif nya kagak bener.

Oh iya di Yaris yang tersedia start/stop cuma TRD. Unit kita kemaren masih pake konvensional.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by r12qiSonH4ji »

technoholic wrote:
r12qiSonH4ji wrote:
poik99 wrote:Btw kalo yang pernah tes all new yaris manual or punya, kayanya ada rasa aneh pas tarikan bawah seakan" kopling slip, jadi harus agak di rev lagi supaya ga mati mesin
Itu sih yang ane rasakan waktu TD 2 bulan yang lalu and ngecewain bgt sih driving impression-nya

Oya yaris tipe G buat sekarang bisa pilih mau kumis silver apa item, at least di jakarta bisa
Kebetulan adik ipar punya all new yaris M/T TRD, dan emg pas masuk gigi 1 rev nya harus agak tinggi, klo gak tinggi pasti bakalan ada gejala ndut2an, ane jg bingung soalnya ane disuruh mertua ngajarin ipar ane nyetir yaris, adik ipar ane hampir disetiap tanjakan klo pake yaris pasti hampir mati mesinnya, tp klo doi bawa avanza smooth2 aja klo lg nanjak

Jadi menurut kesimpulan ane, yaris m/t yg sekarang gak terlalu enak transmisinya dibanding old yaris,
Soalnya dlu pas ane kuliah, ane dipinjemin yaris m/t sm abang ane, gak pernah ane nemuin masalah di transmisi manualnya, ane enjoy2 aja,
Yaris bakpao ane m/t begitu juga lho om, kalau mulai jalan ngelepas kopling harus rev agak tinggi, bokap ane, temen ane yg gak biasa pake yaris begitu pake yaris ane langsung kayak orang baru belajar m/t, mati mati mulu :big_think:

Tapi gak tau ya kalau yaris abangnya om udah ditune gimana gitu koplingnya :mky_01:

Udah gitu koplingnya mayan bikin kaki kiri berotot, kalau mau ambil yaris please yg a/t aja :big_childish:
Ohh begitu ya om, mungkin feeling ane aja kali om, soalnya yaris abang ane standar2 aja, tp emg ane pake tuh yaris udh lama bgt pas thn 2008, skrg sekalinya nyetir yaris lagi, jd agak kaget

Emg bikin berotot om, ane aja dipinjemin abang ane sebulan, ane ngerasa pegel jg,
Tp koplingnya lumayan enteng sh,,,
Tp ane punya kenangan manis sm old yaris, ane bawa pacaran mulu pas kuliah, tp sayang udh lama di lego,,,

Kesimpulannya nice review dari om chZ, sekarang ane lbh mengerti perbedaan yaris dan jazz
Tp klo boleh tau secara umum buat dalkot lebih hemat mana antara yaris dan jazz yg terbaru ?
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ola_comoesta »

Klo masalah MT ane lebih suka jenis yg agak soft seperti di vios, ketimbang ahond

Dan ini masalah selera, dan kalau gak salah si yusaku malah lebih suka yg "klek" lsg seperti di ahond
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by sandal »

ChZ wrote:
sandal wrote::big_slap: :big_slap:
Mau baca review ente tiba2 badan ane pegel dimarih nih :big_slap: plus kaki2 pegel combo :big_slap:
Btw nice review bro chz :mky_02:
Kedua HB ini emang mantap2 :mky_02:
Kalo 2 HB ini dibandingin ama Fiesta EB gimana yah? :big_think:
Jazz GK emang rekomendasinya pilih manual transmission. Mantep bener, ane coba singkat aja udh mantep. Kalo Yaris manual belum sih, penasaran ane :big_chicken:
Dan satu hal yg ane masih kagok, pemakaian start stop.... :big_chicken: :big_chicken:
Ane masih ragu2 ama start stop button kedua mobil itu :ungg: :ungg:
thank you bro sandal :mky_02:

kalau sama Fiesta EB sih mau Jazz atau Yaris ya nggak ada apa-apanya atuh. Walaupun respon gb nya lebih cepet Jazz CVT daripada Fiesta EB DCT.

Yep, jiwa Honda sebenernya berada di M/T. Mobil Honda apapun yang M/T selalu mantap. CR-V 2.0 M/T stock bisa ngalahin CR-V 2.4 AT stock untuk sprint 200 meter.

start stop button kan tinggal pencet aja, injek kopling lalu pencet. Kemaren di dealer enjin stall karena masang kabel aki negatif nya kagak bener.

Oh iya di Yaris yang tersedia start/stop cuma TRD. Unit kita kemaren masih pake konvensional.
Owh....
FEB masih oke nih :big_grin:
Soul Honda emang di MT..... Tp sayang MT hanya di entry level in aja :ngacir:
Errr.... Tergantung mobilnya jg sih. Jazz ane coba kudu injek rem plus kopling sih. Sangat2 cmiiw :big_peace:
Mmg ane kira bensin habis ternyata aki negatifnya masangnya gak bener :big_slap: :big_slap:
Owh.... Kalo jazz S pake konvensional yah start stopnya?
Btw, kalo misalnya start stop button gak berfungsi gimana yah? :ungg:
Maklum awam ane soal ini :mky_01:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by jason28 »

Nice review kak Chris :mky_02:
Detail amat reviewnya sampe enjin bay pun diamati :mky_03:
Btw itulah sm, berbeda" tetapi tetap satu :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

r12qiSonH4ji wrote: Ohh begitu ya om, mungkin feeling ane aja kali om, soalnya yaris abang ane standar2 aja, tp emg ane pake tuh yaris udh lama bgt pas thn 2008, skrg sekalinya nyetir yaris lagi, jd agak kaget

Emg bikin berotot om, ane aja dipinjemin abang ane sebulan, ane ngerasa pegel jg,
Tp koplingnya lumayan enteng sh,,,
Tp ane punya kenangan manis sm old yaris, ane bawa pacaran mulu pas kuliah, tp sayang udh lama di lego,,,

Kesimpulannya nice review dari om chZ, sekarang ane lbh mengerti perbedaan yaris dan jazz
Tp klo boleh tau secara umum buat dalkot lebih hemat mana antara yaris dan jazz yg terbaru ?
nah untuk kehematan ane sendiri belom test oom. tapi menurut ane akan sama aja, sama - sama 1500cc sih bedanya nggak akan signifikan, tinggal cara nyetir aja.

walaupun untuk Old Yaris sih menurut beberapa orang cukup hemat dibanding Jazz GE karena faktor karakter enjin yang buas di low rev :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

ola_comoesta wrote:Klo masalah MT ane lebih suka jenis yg agak soft seperti di vios, ketimbang ahond

Dan ini masalah selera, dan kalau gak salah si yusaku malah lebih suka yg "klek" lsg seperti di ahond
nah itulah olaopan. masalah selera aja sih. kalo ane jujur nggak terbiasa M/T dan sekali masuk M/T nya Ahond berasa langsung klop aja gitu :ngacir: plus, shortshift :mky_02:
sandal wrote: Owh....
FEB masih oke nih :big_grin:
Soul Honda emang di MT..... Tp sayang MT hanya di entry level in aja :ngacir:
Errr.... Tergantung mobilnya jg sih. Jazz ane coba kudu injek rem plus kopling sih. Sangat2 cmiiw :big_peace:
Mmg ane kira bensin habis ternyata aki negatifnya masangnya gak bener :big_slap: :big_slap:
Owh.... Kalo jazz S pake konvensional yah start stopnya?
Btw, kalo misalnya start stop button gak berfungsi gimana yah? :ungg:
Maklum awam ane soal ini :mky_01:
FEB dan Mazda2. Tinggal tunggu tanggal main aja ini. :mky_03:

yez, kemaren GK M/T harus injek kopling dan rem secara bersamaan.

Jazz S rasanya masih konvensional.

start/stop kagak berfungsi? hmmm ada yang pernah ngalamin gak ya... kalo yang model puter macam Mazda8 atau X-Trail sih tinggal mode konvensional aja pake anak kunci yang jadi satu dengan keylessnya.
jason28 wrote:Nice review kak Chris :mky_02:
Detail amat reviewnya sampe enjin bay pun diamati :mky_03:
Btw itulah sm, berbeda" tetapi tetap satu :ngacir:
thank you bro jason :mky_02:

somehow, ane sempet ngamatin enjin bay dan details pun karena ada madcat :ngacir: Honda, somehow, sangat payah soal detail. Toolkits memang dibuat rapi, nggak kayak CR-V RE ane yang toolkitsnya berantakan. Tapi detail interior bener-bener payah :shrug:

betul, beda pendapat boleh, tapi tetep harus akur dong yah :big_comfort:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by WongZo »

Nice reivew bro Chz :big_exellent: , ntah knp ane jd ga mnat HB" skrng, tpi entah next M2 hazumi.
Skrng mh mndingan pilih swift yg lebih murah deh, ane kn ga butuh lega" atau Golf MK6 Tsi '10/'11 yg jauh lbh jlas drpda 2 HB ini :big_grin: .
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by HouseOfDetailing »

Kalau bicara nyaman sporti,buat ane M2 masih juaranya.Saat jajal unit TD kondisi kinyis,terasa langit bumi dengan GE8 yang juga kinyis.M2 itu benchmark...sayangnya sama seperti buatan Jepun lainnya...mereka pasti akan oblak dan rattle di mana-mana.

Sorry ane males consider Ford Condie...ngambang ngga jelas feedback kemudi dan sasisnya...miaw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

WongZo wrote:Nice reivew bro Chz :big_exellent: , ntah knp ane jd ga mnat HB" skrng, tpi entah next M2 hazumi.
Skrng mh mndingan pilih swift yg lebih murah deh, ane kn ga butuh lega" atau Golf MK6 Tsi '10/'11 yg jauh lbh jlas drpda 2 HB ini :big_grin: .
thank you bro wongzo :mky_02:

nah, kalo di kelas ini masih ada :
- New Fiesta EcoBoost
- New Mazda2 - belom launch
- Duo Koreans Avega & Rio
- Chevy Aveo
- Nissan March 1.5L
- Suzuki Swift & Swift Sport

kalau sama-sama baru ane akan pilih Swift Sport M/T :mky_02: 297 diskon 15juta, jadi 282juta. that's one hell of driving experience with that car. yang CVT aja menyenangkan, apalagi yang M/T, sure is very fun :mky_02:

Jazz dan Yaris, otherwise, nggak akan jadi pilihan ane juga. walaupun ane akui Jazz tetep allrounder terbaik dan Yaris modelnya ganteng. Harganya itu loh, ndak nguati.

New Fiesta EcoBoost masih ragu sama ASS Ford. New M2 belom meluncur jadi gak mau kasih penilaian. Koreans? Forget them, mending Swift GX. Aveo model ganteng tapi lagi-lagi ASSnya. March 1.5? Forget it.
Budget 180-200? Swift GX 1.4
Budget 250-300? Swift Sport! :mky_02:

*penboi susuki detected :ngacir:

kalo seken ya jelas beda, Golf MK6 TSI 2012, atau sekalian Golf GTI MK5 2008, harganya sama dengan Swift Sport :mky_02:
HouseOfDetailing wrote:Kalau bicara nyaman sporti,buat ane M2 masih juaranya.Saat jajal unit TD kondisi kinyis,terasa langit bumi dengan GE8 yang juga kinyis.M2 itu benchmark...sayangnya sama seperti buatan Jepun lainnya...mereka pasti akan oblak dan rattle di mana-mana.

Sorry ane males consider Ford Condie...ngambang ngga jelas feedback kemudi dan sasisnya...miaw
aaa... betul sekali oom HoD. begimanepun, M2 masih lebih mantap daripada kedua HB ini.

kalo ngomongin benchmark untuk kelas ini ya Swift Sport oom... apalagi yang M/T :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by poik99 »

ChZ wrote:betul sekali oom poik. tapi masalahnya di mobil seperti ini yang performance nya juga biasa-biasa aja, stopping power antara drum dan disc tidak terlalu berpengaruh. drum brakes punya kelebihan di stopping power yang lebih baik malahan, tapi performanya akan turun kalau kotor atau banjir, itulah kenapa disc lebih baik secara overall.

nah, ane juga bandingkan dengan pengalaman nyetir old Yaris A/T dan M/T. Old yaris, low-rev torque nya begitu kuat. yang M/T kalo kita gak pas lepas kopling dan injekan gas bisa lompat mobilnya. Ane pertama bawa Yaris M/T temen aja kaget, segalak ini ternyata torque bawahnya :big_slap:
bukan bro bedanya bukan cuman belakang drum brake untuk tipe G tapi disc brake untuk TRD TAPI ukuran disc brake depan juga beda 1 inci lebih besar, jadi sudah pasti lebih pakem

and jangan salah juga drum brake bukan selalu lebih bagus karena kita liat truk pake drum brake, drum brake di truk bagus karena ukurannya sangat gede, kita ga bisa bandingin dengan mobil biasa karena drum brake ukuran mobil biasa itu kecil, coba kita bandingkan size yang sama sudah pasti disc brake saya yakin lebih bagus
sama satu lagi sistem di truk itu dibantu dengan angin bukan rem biasa jadi ga bisa disamain, tetep lebih bagus disc brake loh

lebih ke arah cutting cost kenapa di jazz ga ada option buat pake discbrake karena perbedaan cuman berapa ratus ribu tapi kalo diproduksi puluhan ribu mobil kan untungnya gede
r12qiSonH4ji wrote:
poik99 wrote:Btw kalo yang pernah tes all new yaris manual or punya, kayanya ada rasa aneh pas tarikan bawah seakan" kopling slip, jadi harus agak di rev lagi supaya ga mati mesin
Itu sih yang ane rasakan waktu TD 2 bulan yang lalu and ngecewain bgt sih driving impression-nya

Oya yaris tipe G buat sekarang bisa pilih mau kumis silver apa item, at least di jakarta bisa
Kebetulan adik ipar punya all new yaris M/T TRD, dan emg pas masuk gigi 1 rev nya harus agak tinggi, klo gak tinggi pasti bakalan ada gejala ndut2an, ane jg bingung soalnya ane disuruh mertua ngajarin ipar ane nyetir yaris, adik ipar ane hampir disetiap tanjakan klo pake yaris pasti hampir mati mesinnya, tp klo doi bawa avanza smooth2 aja klo lg nanjak

Jadi menurut kesimpulan ane, yaris m/t yg sekarang gak terlalu enak transmisinya dibanding old yaris,
Soalnya dlu pas ane kuliah, ane dipinjemin yaris m/t sm abang ane, gak pernah ane nemuin masalah di transmisi manualnya, ane enjoy2 aja,
itu dia pak yang saya rasakan pas dapet unit TD manual kok aneh sekali ini koplingnya kaya slip, harus di rev tinggi kalo ga kaya gejala mau mati mesin, masalahnya kalo saya baru belajar sih maklum tapi saya udah lumayan lama juga pake manual jadi berasa banget bedanya, tapi kalo udah ga stop and go sih enak aja nih

@technoholic
masak sih om saya kira cuman yang baru doank yang begitu ternyata yang lama juga gitu ya, ane pikir karena bawahnya dia bikin smooth jadi kaya transfer tenaga ke koplingnya agak telat

BTW bro chriz kapan review hazumi nih :big_grin: IIMS ikut apa tunggu pas di sana baru? :big_think:
orangsabar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Aug 11, 2014 5:18

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by orangsabar »

Nice review bro!
Setuju gw, syarat utama HB itu fun to ride. Yang lain datang belakangan.
Jangan lupa bahas swift gx, mazda 2 dan fiesta bro (non ecoboost)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

poik99 wrote: bukan bro bedanya bukan cuman belakang drum brake untuk tipe G tapi disc brake untuk TRD TAPI ukuran disc brake depan juga beda 1 inci lebih besar, jadi sudah pasti lebih pakem

and jangan salah juga drum brake bukan selalu lebih bagus karena kita liat truk pake drum brake, drum brake di truk bagus karena ukurannya sangat gede, kita ga bisa bandingin dengan mobil biasa karena drum brake ukuran mobil biasa itu kecil, coba kita bandingkan size yang sama sudah pasti disc brake saya yakin lebih bagus
sama satu lagi sistem di truk itu dibantu dengan angin bukan rem biasa jadi ga bisa disamain, tetep lebih bagus disc brake loh

lebih ke arah cutting cost kenapa di jazz ga ada option buat pake discbrake karena perbedaan cuman berapa ratus ribu tapi kalo diproduksi puluhan ribu mobil kan untungnya gede

BTW bro chriz kapan review hazumi nih :big_grin: IIMS ikut apa tunggu pas di sana baru? :big_think:
betul oom, memang ga bisa dibandingkan drum brake di truck dan di mobil kecil seperti Yaris. ane juga nggak bandingkan dengan truck. tapi dari beberapa pengujian bisa ane simpulkan kalo beda antara drum dan disc di mobil seperti Jazz atau Yaris itu sangat-sangat kecil pengaruhnya. buktinya Ford Fiesta dan Mazda2 juga masih pakai drum di belakang.

Secara teori drum brakes lebih kuat stopping powernya, itulah yang bikin rem ini dipake di truck. bisa diliat di gambar ini.

Image

brake pads nya segede gaban, bijimane nggak pakem?

Kelemahan drum brakes akan keliatan kalo kita habis hajar banjir atau habis dipake ngerem mendadak terus-terusan. karena gesekan terjadi di dalam, kemampuan melepas panasnya jelek, plus gampang kotor.

Sedangkan disc walaupun dengan stopping power tidak terlalu besar, tapi kemampuan melepas panasnya lebih baik. itulah kenapa secara overall performance untuk passenger cars disc lebih baik. inilah alasan kenapa supercars pake cross-drilled ventilated disc.

Di hatchback seperti Jazz/Yaris yang bobotnya ringan dan performanya juga standar, mau disc/drum juga nggak masalah. ya sukur-sukur dikasih, nggak dikasih ya gak papa.

Lain cerita kalo udah mobil macam BMW ///M5 atau Porsche 911, 4-disc is a must. Karena engineer berpikir ente bakal bawa mobil ini lebih dari 200 km/h, kalo rear drum selain jelek secara tampilan juga akan terjadi brake fatigue, rem jadi panas dan butuh waktu lama buat dinginin lagi.

coba ente liat video mobil-mobil balapan, itu kalo ngerem kan sampe remnya jadi memerah akibat gesekan yang sangat keras. andaikan nggak pake disc, what will happen next :shrug:

kalo Jazz... entah apa yang dipikirkan para engineer Ahond untuk sunat itu disc belakang :frm_bang_head: walaupun nggak berpengaruh secara performa cukup signifikan, tapi tetep aja. downspek. dan secara tampilan juga jelek :off_no:

ane ga datang IIMS bro, nunggu ada TD di dealer Sby aja :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by mbah_sby »

wow liga nya berlanjut dari LMPV ke hatchback...nice review :big_exellent:

emg secara desain exterior new jazz ini bikin otak berputar dulu mengidentifikasi nih mobil desainnya bagus apa gak..setelah otak puter2 sana sini akhirnya otak ane kirim sinyal ke mulut ane: bagus tapi blakangnya kurang..beda waktu ane pertama kali liat GE8 di koran: WOW (pada masa itu ya..)

kalo new yaris secara desain mirip kesimpulannya: bagus di depan n kurang di belakang..entah ini nanti jadi rumus ramuan mainstream para pabrikan mobil kali ya..dont know..
muncung yang panjang membuat ane bilang: nih mobil sebenarnya vios yg dipotong buntutnya karena kita tau kalo sedan emang kodratnya ya muncungnya panjang... coba googling dengan keywords vios yaris terus lihat di tab Images: its the same muncung man...

kalo soal angka penjualan sebenarnya penjualan jazz termakan yaris pada bulan2 ketika jazz mulai persiapan munculin new jazz dan habisin stok. tapi ketika new jazz launching, penjualan langsung melesat dan new yaris langsung turun. mari kita lihat data langsung:

sumber: http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... -indonesia

Top 20 bulan Juli 2014:

1. Toyota Avanza = 10.948 unit

2. Honda Mobilio = 6.225 unit

3. Daihatsu Xenia = 5.338 unit

4. Kijang Innova = 4.668 unit

5. Toyota Agya = 4.505 unit

6. Daihatsu Gran Max Pikap = 4.195 unit

7. Suzuki Ertiga = 3.671 unit

8. Daihatsu Ayla = 3.396 unit

9. Suzuki Carry MT Pikap = 3.250 unit

10. Honda Jazz = 2.758 unit

11. Mitsubishi T-120 SS mini Pikap = 2.375 unit

12. Honda Brio Satya = 2.126 unit

13. Datsun Go+ Panca = 2.063 unit

14. Toyota Rush = 2.053 unit

15. Mitsubishi L-300 Pikap diesel = 2.023 unit

16. Suzuki APV MT Pikap = 1.814 unit

17. Toyota Yaris = 1.750 unit

18. Toyota Fortuner = 1.631 unit

19. Suzuki Karimun Wagon R = 1.502 unit

20. Daihatsu Terios = 1.450 unit


penjualan bulan agustus 2014 belum nemu... :P
Last edited by mbah_sby on Thu Sep 11, 2014 1:45, edited 1 time in total.
asimo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2014 3:47

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by asimo »

Ane setuju sm nte yg bilang kalo stir di jazz makin tambah kecepatan makin berat dikit, itu sih yg ane rasain baru baru ini make ge8. Pas ke dealer honda yg pertama ane tanya stok jazz lama masih ada ato ga, soalnya emang dr awal jazz launching dan ngeliat di jalan ga ada bagus bagus nya menurut ane lho ya :D

Btw nice review bro !
mahesoo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by mahesoo »

Nice review om ChZ Ane user Ge8 niat awalnya sih pengen tuker guling sama hatchbak atau cuv baru, awalnya excited nunggu fiesta baru tapi kok tampangnya kurang sreg ya abis itu ada ecoboost jujur tertarik sama mesinnya tapi secara model sama ASS masih belum sreg menurut ane grill fiesta baru too much chrome ane sih lebih suka fiesta lama. Abis itu gosip new yaris keluar liat model okelah ganteng dashboard walaupun plastik dan fake stitching bikin illfeel tapi kualitasnya masih baik tapi pas liat enjin sama transmisi taun jebot jadi gimana gitu.

Pas Gk5 mau muncul ane nunggu2 bgt nih soalnya liat di luar kayaknya fitur oke liat kakaknya city juga gak pelit fiturnya eh pas keluar panel ac digital yg ane suka banget malah gak ada diganti jadi kenop kompor, rem belakang malah jadi tromol, built quality malah makin payah, fitur safety juga gak ada peningkatan.
Jatuhnya yg beda signifikan dari ge8 cuma lampu proyektor led, sama engine start stop sama cruise control doang berharap kalau memang jadi ada jazz RSZ ada peningkatan setidaknya ac touch screen dan rem belakang jadi disc brake.

Mudah mudahan mazda2 hazumi bisa ngasih kejutan dan warna berbeda dibanding rival rivalnya ini.

Bro ChZ tambahin dong rival rival lainnya hehehhee kan banyak tuh persaingan di kelas ini hehehhe
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by imingwahyudi »

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: wihiiii guuud one Chris!

Yaris lele :mky_01: , bulan lima yg lalu sempet short test drive TRD MT. Feelnya yaaa..... :mky_01:
isi limaan fully loaded kemarin, jadi ga bisa judging performance sm bantingan scr valid. Memang tad roomier than it was, tapi speedonya :big_cry: downgrade bener dari last modelnya.

GK5 kebetulan belom coba di jalan, tapi as my POV, lebih demen dashboard GK daripada Lele. Faux stitchingnya jijik, persis kaya Note 3 implementasinya, tanpa rubbery feel yang didapet macem S4 Black Edt. Design wise pun demen GK over Lele. Lele terlalu...plain sampingnya. Kaya Evo dilas sama Toyota Aqua jadinya :big_think: . MT is better option kalo di GK. Fluidnessnya nikmat, dan kalo disuruh pilih, I'll pick GK5 S MT :big_grin:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by axala »

Bro sandal ikutan ama bro cz pas review ya :big_chicken:

Baru tahu ane....ane kira ama modcat n om kribo aja :upss:
Pursuit of Perfection