Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Ane kebetulan user sepupunya si i-dsi, beli dr taun 09 sampe skg, km dr 47 ribuan sampe skg 90 ribuan, plg terasa tuh rattling parah d pintu sisi driver, trus kaki2 glodakan. Klo soal geter2 yg ts rasakan sy rasa juga maybe krn penggunaan perium rutin sehingga isc kena, punya sy juga gitu. Panel silver nya g memudar om? punya ane ud pudar tuh, trus jg goresan halus muncul sekujur dasboard, HU skg g terang blas spt madcat blg plus kdg matot jd kudu d ketok2 dulu "halo?? oui bangun" baru nyala lg. Msh beruntung busa2 jok kaga kempis setelah sekian lama. Oy soal ATR ceprot, beberapa tmn blg klo rata2 klo ud umur 50% kemampuan grip menurun mayan n keras. Sy seh g perna pake archi, msh mahal buat ane so pake accel saja murmer.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Nice share om xous...Xous wrote:Ane kebetulan user sepupunya si i-dsi, beli dr taun 09 sampe skg, km dr 47 ribuan sampe skg 90 ribuan, plg terasa tuh rattling parah d pintu sisi driver, trus kaki2 glodakan. Klo soal geter2 yg ts rasakan sy rasa juga maybe krn penggunaan perium rutin sehingga isc kena, punya sy juga gitu. Panel silver nya g memudar om? punya ane ud pudar tuh, trus jg goresan halus muncul sekujur dasboard, HU skg g terang blas spt madcat blg plus kdg matot jd kudu d ketok2 dulu "halo?? oui bangun" baru nyala lg. Msh beruntung busa2 jok kaga kempis setelah sekian lama. Oy soal ATR ceprot, beberapa tmn blg klo rata2 klo ud umur 50% kemampuan grip menurun mayan n keras. Sy seh g perna pake archi, msh mahal buat ane so pake accel saja murmer.
Kalo HU sih emang kwaliteit gambarnya ga terlalu bagus... Trus ada gambar lumba2 lompat yg jelek...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Oli CVT jangan sampai telat ganti
Mesin ini masih pakai TPS, dulu temen saya punya disetel TPS nya jadi lebih gesit.
Kalo tarikan boyo ya coba di carbon Clean & purging injector
Shock keras ? jangan2 shock-nya mulai macet tuhhh.....wajar kalao shock udah 2 tahun / lebih
Trus oli mesin harus buntut 30
Mesin ini masih pakai TPS, dulu temen saya punya disetel TPS nya jadi lebih gesit.
Kalo tarikan boyo ya coba di carbon Clean & purging injector
Shock keras ? jangan2 shock-nya mulai macet tuhhh.....wajar kalao shock udah 2 tahun / lebih
Trus oli mesin harus buntut 30
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Wah pengalaman om ricz sama gd3 agak beda sama saya.
mo share sedikit ex jazz gd3 idsi a/t 2005, KM terakhir sebelum dijual 123000. BBM Kerang super dan oli buntut 30 spt saran dari om turbo.
Kalau gas dirunut cepat kok nyampai 80km/jam. Sampai 100/110 km/jam masih nyantai dan nyaman. Lewat itu tergantung jalan kalau mulus masih nyaman2 saja, tapi kalau byk tambalan memang gak nyaman karena bantingan yg keras.
Apabila kickdown transmisinya memang telmi, ada jeda 1-2 detik baru engage.
getaran mesin jg msh normal mgkn tergantung perawatan, termasuk perawatan CVT.
Yg saya suka dari jazz gd3 idsi adalah saat pedal gas dilepas akan terdengar suara mirip siulan dari mesin. Gak tau utk yg VTEC ada suara yg sama atau gak ya.
mo share sedikit ex jazz gd3 idsi a/t 2005, KM terakhir sebelum dijual 123000. BBM Kerang super dan oli buntut 30 spt saran dari om turbo.
Kalau gas dirunut cepat kok nyampai 80km/jam. Sampai 100/110 km/jam masih nyantai dan nyaman. Lewat itu tergantung jalan kalau mulus masih nyaman2 saja, tapi kalau byk tambalan memang gak nyaman karena bantingan yg keras.
Apabila kickdown transmisinya memang telmi, ada jeda 1-2 detik baru engage.
getaran mesin jg msh normal mgkn tergantung perawatan, termasuk perawatan CVT.
Yg saya suka dari jazz gd3 idsi adalah saat pedal gas dilepas akan terdengar suara mirip siulan dari mesin. Gak tau utk yg VTEC ada suara yg sama atau gak ya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Achilles nggak sekeras itu kok, GD8 ane dulu pas pake ban aslinya yg potenza, ama pas retak2 diganti jd achilles, kerasnya sama2 aja...
Cuma kalo grip baru beda...
Cuma kalo grip baru beda...

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
ahh berarti memang karakter bantingannya yg harshricz wrote: @hariy & chz : berarti harus ganti ban nih... Etapi gw pernah coba pas blm ganti ban (SP Sport LM703 klo ga salah bannya) juga mirip2 kerasnya...

mungkin kalo dimodalin toyo Proxes4 bisa lebih baik


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jun 21, 2014 23:05
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
jadi inget pernah pake jazz Vtec manual 2006, beli tahun 2012, cuma dipake 2 bulan trus dijual. model yg udah facelift(lampu sein belakang pindah diatas). paling suka sama ultraseat. bisa buat angkut barang banyak2. cuma karena mesin sohc, jadi musti main di rpm 3000an, biar tenaganya keluar. bantingannya lebih keras dari yg i-dsi. kyknya harga skrg lebih baik dari yg idsi. yg i-dsi 2004/2005 ada yg buka dibawah 100jutaan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
@chz : maunya diganti pake Mich Primacy LC aja... 
@wasir : thanks bro...

@wasir : thanks bro...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
DikenangChZ wrote:shall we get a TD on GK5?madcat015 wrote: Sekarang: Price Maximum-Everything Minimum...![]()
![]()
ane rasa 10th lagi JKT48 juga akan dikenang sebagai bintang iklannya Jazz

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
om tiptonic..yg vtec kan emang lebih mahal dari idsi..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Dec 19, 2013 23:54
- Location: In my little shell
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Great review oom, asli kocak banget bagian peresan tebunya, oh iya saya juga pernah ngerawat yang Vtec 2007 tapi manual (udah sold dua minggu lalu)
sama IDsI 2004 CVT (masih ada, KM baru 90ribu) 
Quick review selama pakai:
Vtec 2007 (jan2007-Juni 2014)
Pros:
-Manual....yeah....redline all the gears....!!! gear1=60 gear2=100......gear4=180
-Bantingan lumayan keras, kenapa ta masukin Pros, karena enak buat nyalip di tikungan, apalagi setelah saya pasang Strut Bar depan, belakang sama sway bar, eibach spring dan settingan camber depan -2
-Luas....bisa bawa sepeda gunung 3 buah di dalam kabin dengan kondisi kursi tengah rata dengan bagasi, ban depan sepeda dilepas semua... oh iya pernah juga saya pakai pindahan rumah....jazz ini serasa mobil pikap.
-Irit wajar, untuk premium campur pertamax 50:50 bisa dapet 1:14 dalam kondisi jalan tol konstan 80-100 kmh
-spare part masih terjamin dengan harga yang wajar, saya biasa beli di atrium trus pasang di bengkel langganan.
-model lumayan timeless IMO
-Dash Keren...kalau mati, clusternya ikutan mati lampunya
Cons:
-Karet Stopper suspensi depan rentan rusak (baru ganti dua kali)
-shockbreaker belakang cepet lemah (belum ganti sih)
-Engine mounting harap diperhatikan.
-Brake caliper belakang saya pernah nyangkut....dipaksa jalan sih dari Cempaka putih sampai halim
-Brake pad depan kalau nggak OEM susah masuk ke calipernya
-Berisik (dibanding T31)
-Torsi RPM di bawah 3000 agak lemes
Upgrade selama pakai:
-Slotted and drilled Disc Brake (runstop)
-Metal Braided brake lines
-Brake Pad (Bendix)
-Strut Bar depan, belakang, sama rear sway bar (Ultra Racing)
-HID (DS HID)
-Eibach Spring
-Defi Oil+water temp
-Caska HU
Yang pasti puas makainya, kadang kangen-kangen gimana gitu....yaaa udah dilepas sih...harus move on


Quick review selama pakai:
Vtec 2007 (jan2007-Juni 2014)
Pros:
-Manual....yeah....redline all the gears....!!! gear1=60 gear2=100......gear4=180

-Bantingan lumayan keras, kenapa ta masukin Pros, karena enak buat nyalip di tikungan, apalagi setelah saya pasang Strut Bar depan, belakang sama sway bar, eibach spring dan settingan camber depan -2

-Luas....bisa bawa sepeda gunung 3 buah di dalam kabin dengan kondisi kursi tengah rata dengan bagasi, ban depan sepeda dilepas semua... oh iya pernah juga saya pakai pindahan rumah....jazz ini serasa mobil pikap.
-Irit wajar, untuk premium campur pertamax 50:50 bisa dapet 1:14 dalam kondisi jalan tol konstan 80-100 kmh
-spare part masih terjamin dengan harga yang wajar, saya biasa beli di atrium trus pasang di bengkel langganan.
-model lumayan timeless IMO
-Dash Keren...kalau mati, clusternya ikutan mati lampunya
Cons:
-Karet Stopper suspensi depan rentan rusak (baru ganti dua kali)
-shockbreaker belakang cepet lemah (belum ganti sih)
-Engine mounting harap diperhatikan.
-Brake caliper belakang saya pernah nyangkut....dipaksa jalan sih dari Cempaka putih sampai halim
-Brake pad depan kalau nggak OEM susah masuk ke calipernya
-Berisik (dibanding T31)
-Torsi RPM di bawah 3000 agak lemes
Upgrade selama pakai:
-Slotted and drilled Disc Brake (runstop)
-Metal Braided brake lines
-Brake Pad (Bendix)
-Strut Bar depan, belakang, sama rear sway bar (Ultra Racing)
-HID (DS HID)
-Eibach Spring
-Defi Oil+water temp
-Caska HU
Yang pasti puas makainya, kadang kangen-kangen gimana gitu....yaaa udah dilepas sih...harus move on

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Thanks om pckupelan...
Gahar neh modifannya, sering liat di IG soalnya
Dijual ganti si biru ya om...
Gahar neh modifannya, sering liat di IG soalnya

Dijual ganti si biru ya om...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Dec 19, 2013 23:54
- Location: In my little shell
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
hahaha sama sama oom Ricz, modifnya nggak kenceng, handling orientedricz wrote:Thanks om pckupelan...
Gahar neh modifannya, sering liat di IG soalnya
Dijual ganti si biru ya om...

Hahaha iya gantinya si biru...move on gara gara harist......


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Yaa tapi kan gpp, bini senang krn cock magnet bukan nonik magnet...



Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Mon Nov 25, 2013 16:44
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Wah,ada yg review jazz gd3 juga akhirnya.salah satu mobil favorit sayah yg gak sempat kebeli gr2 serumah gak ada yg seneng mobil kecil kecuali sayah.semoga suatu saat bisa punya jazz gd3 vtec manual warna silverstone taun terakhir *amin
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
good one ricz!
CVT nya hati hati tuh, sensitif nya macam cici cicih lagi PMS
ni GD3 plus bodykit Ings +1 dan spoiler bebek Spoon...begh...sorga dunayeh



CVT nya hati hati tuh, sensitif nya macam cici cicih lagi PMS

ni GD3 plus bodykit Ings +1 dan spoiler bebek Spoon...begh...sorga dunayeh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
CVT GD3 = Cici" lgi PMSimingwahyudi wrote:good one ricz!![]()
![]()
![]()
CVT nya hati hati tuh, sensitif nya macam cici cicih lagi PMS![]()
ni GD3 plus bodykit Ings +1 dan spoiler bebek Spoon...begh...sorga dunayeh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Memang 
suka ngambek sendiri, geter geter kaya orang gila, diajak jalan malah diem


suka ngambek sendiri, geter geter kaya orang gila, diajak jalan malah diem


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
Ah, itu masi mending....karena matik jenis CVT lebih mengutamakan kehalusan (selip kopling) ketimbang akselerasi. jangan lupa juga oli tranny matiknya yg khusus CVT, bukan ATF biasa...jadi geter2 itu bisa jadi kampas koplingnya selip berlebihan...OOT dikit, saya pernah ketemu di beres Honda, owner GD3 vtec benerin jazz nya yg kadang2 ngga mau jalan meski sudah masuk persneling dan digas...manual punya !! mekaniknya sampe muak karena ngga ketemu problemnya, dalam 1 bulan sudah 3x ngapel bengkel terus. ECU sudah di reset, masih saja reseh...ini kasus kadang2 loh...jadi kata ownernya, kadang2 lancar, kadang waktu berenti di bangjo dan mulai jalan, jazznya ngga jalan....mesin hidup, rpm masih di 1000, injak kopling, masukkan gigi, digas ngga mau meraung....bikin setres...mungkin problem nya di pedal gas dan sistem injeksi yah?imingwahyudi wrote:Memang
suka ngambek sendiri, geter geter kaya orang gila, diajak jalan malah diem

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jun 21, 2014 23:05
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
malam mau tanya nih. untuk jazz GD3 matic.
kira2 CVT antara yg idsi sama vtec lebih awet yg mana ya?
trus umur CVT tergantung ama jarak tempuh apa umur pemakaian gt ga? belakangan liat iklan internet, jazz matic 2005-2007 dijual di rentang harga 110-120juta(km masih rendah ada yg 25rban sampe 60rban), apa layak dibeli?takutnya nanti malah sering minta servis.
makasih
kira2 CVT antara yg idsi sama vtec lebih awet yg mana ya?
trus umur CVT tergantung ama jarak tempuh apa umur pemakaian gt ga? belakangan liat iklan internet, jazz matic 2005-2007 dijual di rentang harga 110-120juta(km masih rendah ada yg 25rban sampe 60rban), apa layak dibeli?takutnya nanti malah sering minta servis.
makasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Test drive Honda Jazz GD3 VTEC Sports CVT
saya urun opini, tapi mengenai CVT saya kesampingkan dulu...soalnya blm pernah piara, jadi kurang fair kalo ditanya seberapa awet tranny CVT..tiptronic wrote:malam mau tanya nih. untuk jazz GD3 matic.
kira2 CVT antara yg idsi sama vtec lebih awet yg mana ya?
trus umur CVT tergantung ama jarak tempuh apa umur pemakaian gt ga? belakangan liat iklan internet, jazz matic 2005-2007 dijual di rentang harga 110-120juta(km masih rendah ada yg 25rban sampe 60rban), apa layak dibeli?takutnya nanti malah sering minta servis.
makasih
CVT jazz 7 speed, meski rasio pendek2, tapi lebih halus dibanding matik konvensional (4 speed). nah, yg 5 speed baru halus perpindahan giginya...
antara idsi vs vtec, kalo diliat dari tranny CVT saya rasa sama saja..asal perawatan benar, antara lain rajin ganti oli tranny CVT dg jenis CVT (bukan ATF biasa), lebih rajin ganti oli tranny dan mesin kalo sering kena macet, injak gas selalu beri jeda 3-5 detik setelah tuas dimasukkan ke D, kalo berenti lebih dari 50 detik tuas selalu digeser ke N (agar sirkulasi oli tranny lebih segar), dan perilaku positif lainnya..kalo kopling sudah terasa selip berlebih, ya mau tidak mau ganti 1 set sekalian matahari nya..
idsi busi 8, vtec hanya 4. fungsi busi 8, buat mengoptimalkan pembakaran sewaktu kecepatan konstan di tol, jadi idsi hanya irit di tol (bisa 22 kpl), tapi di rute dalam kota hanya di kisaran 12 kpl dan tarikan boyo/lelet. vtec lebih galak/responsif, konsumsi bbm dalam kota hampir sama dg idsi, di tol bermain di 12-14kpl...(tentang konsumsi bbm, sangat subyektif. tergantung dari driver dan situasi)
jangan terlalu percaya pada km rendah...lebih baik cross check dg buku & kuitansi servis di beres / bengkel terpercaya..hitungannya, sebuah mobil ideal menempuh jarak 10-20rb / tahun. lebih mantapnya, buka kap mesin, cabut dipstik oli mesin, periksa apakah terlalu kental dan keruh? kalo ya, jangan dibeli..kalo encer mirip tetes air dan jernih, lanjutkan dg menstarter mesin..kalo suara mesin masih halus & tidak ada ketukan logam di area mesin yg mencurigakan sewaktu rpm idle dan dinaikkan, berarti kondisi mesin masih OK..baiknya waktu cek unit seken, ditemani teman/saudara yg tau mobil terutama jazz..
soal harga, coba bandingkan dg rival sejenis...apakah harga seken jazz '05-'07 jatuh banyak dibanding barunya taun '05-'07 ? hanya turun sedikit dibanding rivalnya, kan? jadi, masih worth to buy....
semua mobil (apalagi seken) pasti ada kekurangan dan kelebihan, kita harus memaklumi dan menyesuaikan....selamat berburu jazz seken !!
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)