Mau urun rembuk pengalaman beli mobkas nih.
Sorry kalo rada oot dan tidak memecahkan masalah ya.
Yang paling utama kalo beli mobkas itu perhatiin history nya, sukur2 bisa dapet semacam service log book nya,
biasanya kalo pemilik awalnya apik log book bisa minta diprint di beres.
Kalo history nya bagus (blom pernah tabrakan, blom pernah turun mesin, dsb.) jangan ragu untuk beli dgn harga
sedikit diatas pasaran. Jangan sekali2 tergiur dgn mobkas harga murah/jauh di bawah pasar, kecuali lungsuran sodara atau
orang yg kita kenal baik (dan tentu saja apik).
Orang2 tua bilang "harga ngga pernah bo'ong" (soalnya yg bo'ong mah pasti penjualnya

).
Mau buat long term kan?
Berarti cari merk yg bengkelnya banyak, sparepartnya gampang, dan mesinnya relatif ngga canggih2 amat biar kalo
ada apa2 sebagian besar montir jalanan bisa benerin. Lupakan mesin V6 atau boxer (kalo ada itu juga).
Nah yg terakhir, bujet 120 juta? Kalau saya sudah pasti bakalan milih... MOBIL BARU, LCGC juga ngga masalah.
Pengalaman punya mobkas dari thn '95 ,gonta ganti merk dari vw kodok+kombi+variant, fiat uno, honda accord, mercy tiger, renault 18,
suziku katana dll. lupa lagi, beuuuh capeknyaaaa mikirin maintenance mobkas.
Baru pas 2004 punya duit 'dingin' 100 jeti, ngga pake banyak mikir langsung beli apepeh (di tahun itu duit segitu cuman bisa beli itu).
Ngga ada modis2an, ngga ada nyaman2an, pokoknya kudu punya mobil MaF alias Maintenace almost Free, bosen bolak balik ngebengkel soalnya.
Sampe detik ini si apepeh kagak pernah merongrong maupun membona. Cuman isi bensin, ganti oli sama bayar pajak doang.
Duit jadi lebih sering dipake pelesiran daripada ke bengkel (hehe).
Setelah tau nikmatnya punya mobil baru, selanjutnya ngga kepengen beli mobkas lagi. Penderitaan selama punya mobkas
cukup untuk diceritain ke anak cucu aja.
Punya mobkas itu capek, hilang waktu, hilang duit, ujung2nya hilang semangat karena ngga pd kalo mau jalan jauh/luar kota.
Satu2nya hal positif yg saya dapet selama punya mobkas: jadi dapet ilmu dan skill dadakan, bisa bongkar karburator sendiri
(dan iseng gonta ganti spuyer), bisa troubleshooting sendiri kalo tiba2 mobil mogok, dan kalo ke bengkel kita yg mendikte montir bukan
sebaliknya.
(tapi kalo keukeuh pengen mobkas matic, saran saya pilih Yaris AT aja, bandel, irit, lincah, modis dan enakeun lah. jangan lupa periksa curriculum vitae nya. bekas sih bekas, tapi jangan bekas dicium truk tronton donk. kalo pengen merk Honda, coba cari itu jazz bekasnya VITALIA SHESYA, dijamin wangi

).