Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by VanzMatic »

dubz wrote:A very nice and fair review. Saya juga pernah nyewa xenia di bali...ok ok aja nih mobil...gak hancur lebur kaya kata beberapa orang.
Anak anak saya juga pada terlelap kok.. Tergantung yang bawa juga sih...
Kalo yang bawa lulusan kenek metro, yaaa............. :mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by kklover »

ahahahahah banyak yg lebay sih kayaknya, saya punya avanza 1.3 matic 2010 lari 120 adem ayem, pernah lariin sampe 160 juga yah serem mah serem tapi gak seserem itulah, dulu bokap jual beli mobil seken, tiap kali dapet jatah td pasti dicobain larinya dulu secara sopan santun yah, kalo bicara avanzanya lari 160 di bawa slalom mah ya iya serem, tapi kalo trek sepi n jalanan bagus n lurus mah biasa2 ajahlah.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by imingwahyudi »

Honest yet deep through kinda review om :mky_02: !

Memang next gen sampan dapet rombakan suspensi belakang yang jauh lebih yahud, dan entah feeling atau engga, rasanya chassis lebih kaku daripada predecessornya, which is great :mky_02: ..neubie udah sempet dikasih coba batch pertama ANX, modal lowering kit dan ban tapak lebar, nyamaannn apalagi kalo dipasangin underbrace, makin sedan like dah hehehehe

Kudos! :big_grin:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

@ Bro Felix_Yaris, buset deh, bantu dorong? wkwkwkw... tanjakan dimana itu bro?
@ Bro Mamang555, Betul... kita memang harus menyesuaikan ekspektasi, susah cari mobil sempurna... gak ada kaya nya sih hehe.
@ Bro Dubz, Yup, ane juga ngerasa gituh, pas ane tanya ke istri, dia OK OK aja koq...
@ Bro VanzMatic, hehehe... sama... selama perjalanan kemaren, anak istri ane tidur juga... kecuali pas perjalanan pulang, karena ane sibuk ngindarin lubang jalanan.
@ Bro KKLover, yoi... sampe 120kpj masih oke... diatas itu ane nggak mau hehe... pake mobil apapun kae nya ane nggak mau kalau jalan terlalu cepet.
@ Bro Imingwahyudi, thanks bro... itu juga salah satu ane bikin review Xenia ini, penasaran dengan ride quality nya, kan image nya jelek bener tuh hehe, padahal sih yg model tahun 2013 ini masih tolerable koq.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ChZ »

dubz wrote:A very nice and fair review. Saya juga pernah nyewa xenia di bali...ok ok aja nih mobil...gak hancur lebur kaya kata beberapa orang.
yep betul.... banyak orang begitu denger avania imej nya langsung jelek... padahal aslinya ya ga seburuk itu juga :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by walid_007 »

padahal ane seneng boil ini


krn bisa ane siksa bagaikan kerja rodi wkwkwkwkk

+buat hajar ke lukot
+buat angkut barang bagaikan pikup angkut besi
+buat tabrak2 an... masuk gang2 sempit sana sini
engine roaring!
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ibar78 »

DDR wrote:Dear Friends,
Ane mau review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe keluaran 2013 akhir (tapi beli nya sih tahun 2014) boleh kan? Boleh dooong hehe. Anyhow ane ambil shortcut aja yaks langsung ke review selama perjalanan ane kemaren.

Exterior
Biar kata ane udah sering banget ngeliat ini mobil di jalanan, bosen dikit, tapi lama lama diliat di garasi enak juga, padahal bukan model tertinggi nya Xenia lho (yg tertinggi kan Attivo yah).
Kita mulai dari bagian depan, R Deluxe sudah tentu bertampang serupa dengan varian varian Xenia lainnya, hanya saja pada model ini hanya terdapat satu bilah chrome, cukup, tidak berlebih seperti Ertiga Elegant ane hehe. Sisi depan model ini juga sudah dilengkapi dengan Fog Lamp yang terbukti cukup membantu dikala cuaca hujan dan agak gelap.
Beralih ke samping, unit ini sudah dilengkapi dengan side moulding, handle pintu sewarna dengan body, serta spion electric samping sewarna body lengkap dengan turn signal LED. Side visor, Mudguard dan kaca film CPF1 sepertinya sudah standar juga. Oh iya, velg nya sudah velg alloy dengan ban berukuran 14”. Untuk selera ane sih ya segala nya serba cukup…
Bagian belakangnya, pastinya tidak se-seksi pesaing baru nya Mobilio, tapi yang satu ini sudah cukup menggugah selera juga koq… hehe… toh ane yakin mobil seperti Xenia ini bakal lebih banyak dijadikan sebagai kuda beban, lebih mengarah ke mobil yang fungsional seperti hal nya saudaranya Daihatsu GranMax, memang proporsinya sedikit berbeda, kalau boleh ane bilang sih Xenia itu untuk 60% penumpang, 40% barang… sedangkan GranMax itu (bukan yang Angkot ye hehe) 40% penumpang, 60% barang. Di bagian belakang R Deluxe ini ada dua garis chrome, satu dekat kaca belakang, sedangkan satunya lagi dekat dengan plat nomor belakang. Cukup manis.
Tidak lupa pula Daihatsu melengkapi model ini dengan wiper belakang serta sensor parkir.

Image Image Image

Image Image Image

Interior
Masuk ke bagian interior mobil ini, meter cluster dengan background warna oranye terdiri dari tiga bagian utama, paling kiri sebagai RPM meter, bagian tengah sebagai Speedometer, dan paling kanan sebagai panel informasi BBM serta Odometer. Ane sempat kebingungan mencari cari panel pengukur suhu mesin, namun ternyata pada model ini hanya dilengkapi dengan lampu tanda overheat jika sampai terjadi ke-tidak normalan sistem pendingin. Pengaturan wiper cukup lengkap, dengan kehadiran mode intermittent, serta dua mode kecepatan wiper depan dan satu mode kecepatan wiper belakang. Pengaturan AC standard, hanya terdiri dari pengatur suhu dan kecepatan blower AC, belum ada pengaturan arah semburan AC seperti pada pesaing nya. Port power standar pastinya sudah tersedia juga disini.
Kualitas bahan dashboard jauh dibawah Ertiga tapi secara model/desain sih oke, gak masalah untuk mata ane biar berjam jam di dalem mobil juga hehe.
Dual Airbag pada sisi pengemudi dan penumpang depan sudah hadir disini, lumayan meningkatkan safety feeling walaupun tetap ane nggak nganjurin bawa mobil ini secara menggila yah. ABS memang belum tersedia.
Audio yang diberikan oleh Daihatsu untuk model ini hanya berupa Headunit single DIN dengan pemutar CD Audio, tapi untungnya sudah dilengkapi dengan port USB dan Aux in bagi pengguna yang memiliki koleksi lagu yang tersimpan dalam gadget nya. Kualitas suara? Hmm… ane sih udah berusaha utak atik sound system 4 speaker ini (tanpa tweeter terpisah), gak puas sih, tapi yah lagi lagi telinga ane masih mau menerima kekurangan kekurangan yang ada. Toh mungkin Daihatsu (dan saudara dekatnya) lebih memilih melakukan penghematan fitur sana sini demi membangun jaringan Aftersales service yang mau tidak mau kita harus akui saat ini masih lebih baik daripada para pesaingnya. So untuk ane sih ini masih hal yang bisa diterima.
Oh iya… sebagai bonus dari Daihatsu, ada GPS generik berukuran sekitar 5 inchi. Peta nya lumayan up to date, layarnya cukup jelas di siang hari, hanya saja response layar terhadap sentuhan kurang, ditambah dengan tingkat akurasi titik sentuh yang kurang. Tapi namanya gratis. So cukup deh. :D

Image Image Image

Image Image Image

Image Image Image


Eh ampir lupa... Bagasi cukupan deh biarpun bangku row 3 nggak dilipet, tapi lebih luas daripada Ertiga.

Image

Driving Impressions
Jumat 31 Januari 2014
Masuk ke mobil, yang pertama ane lakukan ya ngatur ngatur posisi duduk, gampang dapet posisi nyaman, oh iya setir juga bisa dinaik turunkan untuk kenyamanan lebih. Terus ane mulai atur atur spion interior dan atur spion kiri kanan yang sudah elektrik. Kursi nya empuk (sepertinya memang Daihatsu sudah mempertebal kursi kursi nya).
Jalanin mesin, suara mesin halus, khas banget suara mesin Daihatsu deh. Injak kopling, hmmm… nggak keras sih, tapi nggak terlalu enteng juga, asal jangan macet keterlaluan sih ngga pegel banget deh. Pindah ke R untuk keluar car port, sempet agak kagok karena settingan kopling hrs diangkat agak tinggi baru mobil menggelinding. Tapi gapapa, penyesuaian kebiasaan sebentar doang koq.
Masuk ke gigi 1… tekan gas… masih di jalan sempit, response mesin terhadap injakan pedal gas oke juga yah, tapi karena masih di jalanan sempit sekitar rumah, ane nggak bisa ngebut, cuman jalan pelan merayap… daaaaannn seperti pengalaman mobil Daihatsu Terios ane sebelumnya, kalau pas clutch AC nyala/mati, mobil akan kerasa ndut-ndutan… tapi ah ane udah biasa nyetir mobil begini selama 6 tahun dulu, jadi ya cuek aja hehe… mungkin untuk pengguna Xenia yang baru pertama kali pegang, bakal agak komplen sih.
Oke, masuk ke jalan besar, injak gas lebih dalam, wuih… bener kata orang orang… memang settingan rasio gigi Xenia ini mementingkan tarikan awal di gigi 1-2-3 nya… Ertiga ane sih kalah dah, ya mungkin karena Ertiga ane matic sih… tapi Xenia ini cuma 1300cc dan ane isi premium doang lho… sementara Ertiga ane kan 1400cc dan nenggak V-Power…
Selama perjalanan ke kota Bandung via tol Cipularang, ane panteng mobil di kecepatan sekitar 80-100 kpj, sambil sesekali naik ke 120kpj untuk nyusul doang. Akselerasi dari 80-120kpj enteng, gak tau deh kecepatan maksimalnya berapa, ane nggak niat nyoba. Untuk ane asal mobil bisa jalan enak di 80-120kpj itu udah cukup. Dan Xenia ini sudah membuktikan bahwa dia cukup handal di rentang kecepatan itu. Tanjakan Cipularang bisa ditaklukan hanya dengan gigi 4 & 5, nggak perlu turun ke gigi lebih rendah, itu pun ane udah hampir selalu ada di jalur paling kanan selama tanjakan, berarti lumayan oke deh kemampuannya menanjak di Tol ini.
Guncangan di jalan Tol yang sekarang ini banyak berlubang bisa cukup diredam, peredaman tidak sebaik Ertiga tapi tidak seburuk yang dibilang orang orang juga. Mungkin karena ane pernah bawa GranMax kali yah yang jelas jelas lebih keras suspensi nya dibandingkan dengan Xenia ini. Suara mobil di luar masih masuk cukup jelas, suara mesin juga masih masuk jelas, begitu pula dengan suara raungan kipas radiator agak masuk ke kabin, lagi lagi dibawah kemampuan Ertiga meredam suara suara eksternal. Tapi please jangan dibilang suara yang masuk ke kabin itu keterlaluan, ya nggak juga koq… ane masih bisa ngobrol dengan volume suara normal dengan anak istri ane selama perjalanan. Sepertinya Daihatsu sudah melakukan banyak perbaikan di sektor kenyamanan, jadi jangan bandingkan lagi dengan Xenia generasi dahulu yang bisa jadi memang tidak nyaman (sayang ane nggak pernah ngerasain Xenia generasi awal… tapi yang jelas, kalau dibandingkan dengan Terios ane tahun 2007 wah jauh deh… Xenia 2013 ini jauuh lebih nyaman… tarikkan juga lebih ringan… Oh iya sebagai side note, Xenia ini dari Daihatsu nya sudah dilengkapi peredam suara semprot yang katanya sekaligus berfungsi sebagai antikarat, jadi mungkin hal ini berkontribusi terhadap tingkat peredaman yang lebih baik daripada Terios ane yang dulu.

Sabtu 1 Februari 2014
Sabtu pagi. Setelah nginep semalem di rumah nyokap, ane lanjutin perjalanan ke Subang via Lembang. Perjalanan cukup lancar karena masih relatif pagi (jam 6.30 pagi), nggak ada kendala… perjalanan ke Lembang ditempuh dengan menggunakan gigi 4-5, sesekali ke gigi 3 untuk menyusul angkot yang melambat. Mobil mulai terasa agak terengah engah ketika memasuki tanjakan sebelum Tangkuban Perahu, selama tanjakan itu, posisi persneling banyak di angka 2 dan 3, kadang masuk ke gigi 1 karena ada mobil di depan yang lambat cenderung hampir berhenti.
Lewat dari area Tangkuban Parahu menuju Subang ditempuh dengan lancar jaya, karena mayoritas jalan menurun. Kinerja rem cukup baik, tapi jelas tidak sebaik Ertiga, mungkin karena Ertiga dilengkapi dengan Ventilated Disc, sedangkan Xenia masih menggunakan Solid Disc. Tapi ini subjective feeling sih hehehe… yang jelas ane lebih ngerasa rem Ertiga lebih menggigit walaupun harus dipergunakan berulang kali.
Tuntas ane jemput anak ane di Boarding School Subang, ane kembali mengarahkan Xenia ini ke arah Lembang untuk cari tempat makan yang nyaman. Naahhh sepanjang perjalanan dari Subang ke Lembang inilah kinerja mesin mobil benar benar diuji… di jalur ini tuh banyak tanjakan yang kalau sepintas mungkin tidak terlihat curam… tapi durasi tanjakannya itu panjang banget, ditambah dengan jalan berkelok dan jalan nggak mulus juga… ini bikin banyak mobil mati matian nanjak… Xenia ane kemaren ini sepanjang jalan sering pake gigi 1-2, konstan… pake gigi 3 paling cuman sebentar, percuma, karena begitu masuk gigi 3, RPM mesin akan langsung drop lagi… dan kalau RPM sampe drop dibawah 3000 RPM, jangan harap dapet tarikan bagus deh… jadi terpaksa banyak manteng di 1-2. Ertiga rasa nya lebih mending disini… memang kalau diliat dari posisi persneling, Ertiga pun harus menempuh perjalanan dengan gigi (Matic) L dan 2, tapi tarikan lebih berisi sedikit.
Selesai lunch, ane sekeluarga menginap semalam di Subang. Perjalanan kembali dari Lembang ke Subang ane rasa tidak perlu diceritakan karena sama dengan pengalaman perjalanan awal diatas.

Minggu 2 Februari 2014
Sekitar jam 1-an siang ane kembali ke Bekasi melalui jalur Subang, disini nih value nya punya Xenia itu terlihat jelas. Sepanjang perjalanan sampai dengan perempatan sebelum masuk pintu Tol Sadang dipenuhi dengan jalan yang super rusak dan kotor berlumpur. Xenia seperti dalam habitat asli nya, dia bisa dengan lincah meliuk liuk diantara lubang jalanan dan kalau toh terpaksa harus melalui lubang cukup dalam pun nggak ada rasa khawatir di benak ane. Ane lebih pede bawa mobil ini dibandingkan bawa Ertiga ane… entah kenapa ane lebih yakin kalau kaki kaki Xenia lebih siap menghadapi medan jalan jelek dan berlumpur seperti ini dibandingkan dengan Ertiga, bukan berarti Ertiga nggak sanggup lewat lho, terbukti ada beberapa Ertiga juga yang menempuh jalur yang sama. Tapi ini murni karena perasaan ane aja… ane lebih pede pake Xenia di jalanan seperti ini. Rasa yakin karena Ground Clearance lebih tinggi (200mm) ditambah dengan struktur Xenia yang memang menganut Unibody (kombinasi antara monocoque bagian depan dan ladder frame pada bagian belakang, CMIIW) bikin hati lebih tenang untuk kondisi seperti itu.
Lengkap deh, karena sepanjang jalan, ada lubang, ada lumpur, daaaan macet dimana mana.
Minggu sore, kami sampai dengan selamat kembali di rumah kami. Tapi pas ane parkir di carport, mobil masih idle, ada suara “krrrrrrrr” kasar dari kompartemen mesin, suara itu hilang kalau pedal kopling ane injek… ane browsing di Internet ternyata kemungkinan bearing kopling masalah… KM masih menunjukkan angka sekitar 550KM, apa mungkin karena nggak kuat disiksa ane sepanjang perjalanan? Hehehe… ane nggak tau deh… tapi hari ini (Senin 3 Februari 2014), ane abis melipir ke BeRes Tunas Daihatsu Pondok Gede dan mereka confirm bahwa bearing kopling bermasalah dan langsung diganti… gak pake ba-bi-bu mereka langsung ganti part yang rusak… ini yang bikin ane dulu bertahan dengan berbagai masalah di Terios lama ane… Aftersales service nya mantap (terutama BeRes Pondok Gede ini)… salut deh…

udeh dicoba bawa ke bromo atau dieng belum....dicoba deh..... :big_peace: salam ya

[img]http://cdn.kaskus.com/images/2014/02
:popcorn:
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ibar78 »

ricz wrote:Nice review om... Congratz buat mbl barunya ya! :mky_02:

Mending beli ini drpd Papanjah E yak... :big_think:

Btw, free jasa ini mbl ampe brp ribu KM?
kalo beli emang langsung ke toyota ye...ga masuk ke dai dulu? ane si test dulu baru beli...xenia, r3, cx-5, new crv, golf, ...tes dulu baru beli...pgn tes xv juga...kayanya lucu juga warna oranye :big_grin:
:popcorn:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

@ Bro Walid, setuju bro... untuk disiksa lebih meyakinkan... sampe sekarang ane masih nggak tega nyiksa Ertiga ane wkwkwkwk, kesannya gampang sakit, eh, semoga nggak ding hehe.
@ Bro Ibar, waaah belum bro... pingin kapan kapan ke Bromo sana... semoga ada waktu dan ada rejeki bareng keluarga naek mobil kesono...
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by djia »

DDR wrote:Dear Friends,
Ane mau review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe keluaran 2013 akhir (tapi beli nya sih tahun 2014) boleh kan? Boleh dooong hehe. Anyhow ane ambil shortcut aja yaks langsung ke review selama perjalanan ane kemaren.

Exterior
Biar kata ane udah sering banget ngeliat ini mobil di jalanan, bosen dikit, tapi lama lama diliat di garasi enak juga, padahal bukan model tertinggi nya Xenia lho (yg tertinggi kan Attivo yah).
Kita mulai dari bagian depan, R Deluxe sudah tentu bertampang serupa dengan varian varian Xenia lainnya, hanya saja pada model ini hanya terdapat satu bilah chrome, cukup, tidak berlebih seperti Ertiga Elegant ane hehe. Sisi depan model ini juga sudah dilengkapi dengan Fog Lamp yang terbukti cukup membantu dikala cuaca hujan dan agak gelap.
Beralih ke samping, unit ini sudah dilengkapi dengan side moulding, handle pintu sewarna dengan body, serta spion electric samping sewarna body lengkap dengan turn signal LED. Side visor, Mudguard dan kaca film CPF1 sepertinya sudah standar juga. Oh iya, velg nya sudah velg alloy dengan ban berukuran 14”. Untuk selera ane sih ya segala nya serba cukup…
Bagian belakangnya, pastinya tidak se-seksi pesaing baru nya Mobilio, tapi yang satu ini sudah cukup menggugah selera juga koq… hehe… toh ane yakin mobil seperti Xenia ini bakal lebih banyak dijadikan sebagai kuda beban, lebih mengarah ke mobil yang fungsional seperti hal nya saudaranya Daihatsu GranMax, memang proporsinya sedikit berbeda, kalau boleh ane bilang sih Xenia itu untuk 60% penumpang, 40% barang… sedangkan GranMax itu (bukan yang Angkot ye hehe) 40% penumpang, 60% barang. Di bagian belakang R Deluxe ini ada dua garis chrome, satu dekat kaca belakang, sedangkan satunya lagi dekat dengan plat nomor belakang. Cukup manis.
Tidak lupa pula Daihatsu melengkapi model ini dengan wiper belakang serta sensor parkir.

Image Image Image

Image Image Image

Interior
Masuk ke bagian interior mobil ini, meter cluster dengan background warna oranye terdiri dari tiga bagian utama, paling kiri sebagai RPM meter, bagian tengah sebagai Speedometer, dan paling kanan sebagai panel informasi BBM serta Odometer. Ane sempat kebingungan mencari cari panel pengukur suhu mesin, namun ternyata pada model ini hanya dilengkapi dengan lampu tanda overheat jika sampai terjadi ke-tidak normalan sistem pendingin. Pengaturan wiper cukup lengkap, dengan kehadiran mode intermittent, serta dua mode kecepatan wiper depan dan satu mode kecepatan wiper belakang. Pengaturan AC standard, hanya terdiri dari pengatur suhu dan kecepatan blower AC, belum ada pengaturan arah semburan AC seperti pada pesaing nya. Port power standar pastinya sudah tersedia juga disini.
Kualitas bahan dashboard jauh dibawah Ertiga tapi secara model/desain sih oke, gak masalah untuk mata ane biar berjam jam di dalem mobil juga hehe.
Dual Airbag pada sisi pengemudi dan penumpang depan sudah hadir disini, lumayan meningkatkan safety feeling walaupun tetap ane nggak nganjurin bawa mobil ini secara menggila yah. ABS memang belum tersedia.
Audio yang diberikan oleh Daihatsu untuk model ini hanya berupa Headunit single DIN dengan pemutar CD Audio, tapi untungnya sudah dilengkapi dengan port USB dan Aux in bagi pengguna yang memiliki koleksi lagu yang tersimpan dalam gadget nya. Kualitas suara? Hmm… ane sih udah berusaha utak atik sound system 4 speaker ini (tanpa tweeter terpisah), gak puas sih, tapi yah lagi lagi telinga ane masih mau menerima kekurangan kekurangan yang ada. Toh mungkin Daihatsu (dan saudara dekatnya) lebih memilih melakukan penghematan fitur sana sini demi membangun jaringan Aftersales service yang mau tidak mau kita harus akui saat ini masih lebih baik daripada para pesaingnya. So untuk ane sih ini masih hal yang bisa diterima.
Oh iya… sebagai bonus dari Daihatsu, ada GPS generik berukuran sekitar 5 inchi. Peta nya lumayan up to date, layarnya cukup jelas di siang hari, hanya saja response layar terhadap sentuhan kurang, ditambah dengan tingkat akurasi titik sentuh yang kurang. Tapi namanya gratis. So cukup deh. :D

Image Image Image

Image Image Image

Image Image Image


Eh ampir lupa... Bagasi cukupan deh biarpun bangku row 3 nggak dilipet, tapi lebih luas daripada Ertiga.

Image

Driving Impressions
Jumat 31 Januari 2014
Masuk ke mobil, yang pertama ane lakukan ya ngatur ngatur posisi duduk, gampang dapet posisi nyaman, oh iya setir juga bisa dinaik turunkan untuk kenyamanan lebih. Terus ane mulai atur atur spion interior dan atur spion kiri kanan yang sudah elektrik. Kursi nya empuk (sepertinya memang Daihatsu sudah mempertebal kursi kursi nya).
Jalanin mesin, suara mesin halus, khas banget suara mesin Daihatsu deh. Injak kopling, hmmm… nggak keras sih, tapi nggak terlalu enteng juga, asal jangan macet keterlaluan sih ngga pegel banget deh. Pindah ke R untuk keluar car port, sempet agak kagok karena settingan kopling hrs diangkat agak tinggi baru mobil menggelinding. Tapi gapapa, penyesuaian kebiasaan sebentar doang koq.
Masuk ke gigi 1… tekan gas… masih di jalan sempit, response mesin terhadap injakan pedal gas oke juga yah, tapi karena masih di jalanan sempit sekitar rumah, ane nggak bisa ngebut, cuman jalan pelan merayap… daaaaannn seperti pengalaman mobil Daihatsu Terios ane sebelumnya, kalau pas clutch AC nyala/mati, mobil akan kerasa ndut-ndutan… tapi ah ane udah biasa nyetir mobil begini selama 6 tahun dulu, jadi ya cuek aja hehe… mungkin untuk pengguna Xenia yang baru pertama kali pegang, bakal agak komplen sih.
Oke, masuk ke jalan besar, injak gas lebih dalam, wuih… bener kata orang orang… memang settingan rasio gigi Xenia ini mementingkan tarikan awal di gigi 1-2-3 nya… Ertiga ane sih kalah dah, ya mungkin karena Ertiga ane matic sih… tapi Xenia ini cuma 1300cc dan ane isi premium doang lho… sementara Ertiga ane kan 1400cc dan nenggak V-Power…
Selama perjalanan ke kota Bandung via tol Cipularang, ane panteng mobil di kecepatan sekitar 80-100 kpj, sambil sesekali naik ke 120kpj untuk nyusul doang. Akselerasi dari 80-120kpj enteng, gak tau deh kecepatan maksimalnya berapa, ane nggak niat nyoba. Untuk ane asal mobil bisa jalan enak di 80-120kpj itu udah cukup. Dan Xenia ini sudah membuktikan bahwa dia cukup handal di rentang kecepatan itu. Tanjakan Cipularang bisa ditaklukan hanya dengan gigi 4 & 5, nggak perlu turun ke gigi lebih rendah, itu pun ane udah hampir selalu ada di jalur paling kanan selama tanjakan, berarti lumayan oke deh kemampuannya menanjak di Tol ini.
Guncangan di jalan Tol yang sekarang ini banyak berlubang bisa cukup diredam, peredaman tidak sebaik Ertiga tapi tidak seburuk yang dibilang orang orang juga. Mungkin karena ane pernah bawa GranMax kali yah yang jelas jelas lebih keras suspensi nya dibandingkan dengan Xenia ini. Suara mobil di luar masih masuk cukup jelas, suara mesin juga masih masuk jelas, begitu pula dengan suara raungan kipas radiator agak masuk ke kabin, lagi lagi dibawah kemampuan Ertiga meredam suara suara eksternal. Tapi please jangan dibilang suara yang masuk ke kabin itu keterlaluan, ya nggak juga koq… ane masih bisa ngobrol dengan volume suara normal dengan anak istri ane selama perjalanan. Sepertinya Daihatsu sudah melakukan banyak perbaikan di sektor kenyamanan, jadi jangan bandingkan lagi dengan Xenia generasi dahulu yang bisa jadi memang tidak nyaman (sayang ane nggak pernah ngerasain Xenia generasi awal… tapi yang jelas, kalau dibandingkan dengan Terios ane tahun 2007 wah jauh deh… Xenia 2013 ini jauuh lebih nyaman… tarikkan juga lebih ringan… Oh iya sebagai side note, Xenia ini dari Daihatsu nya sudah dilengkapi peredam suara semprot yang katanya sekaligus berfungsi sebagai antikarat, jadi mungkin hal ini berkontribusi terhadap tingkat peredaman yang lebih baik daripada Terios ane yang dulu.

Sabtu 1 Februari 2014
Sabtu pagi. Setelah nginep semalem di rumah nyokap, ane lanjutin perjalanan ke Subang via Lembang. Perjalanan cukup lancar karena masih relatif pagi (jam 6.30 pagi), nggak ada kendala… perjalanan ke Lembang ditempuh dengan menggunakan gigi 4-5, sesekali ke gigi 3 untuk menyusul angkot yang melambat. Mobil mulai terasa agak terengah engah ketika memasuki tanjakan sebelum Tangkuban Perahu, selama tanjakan itu, posisi persneling banyak di angka 2 dan 3, kadang masuk ke gigi 1 karena ada mobil di depan yang lambat cenderung hampir berhenti.
Lewat dari area Tangkuban Parahu menuju Subang ditempuh dengan lancar jaya, karena mayoritas jalan menurun. Kinerja rem cukup baik, tapi jelas tidak sebaik Ertiga, mungkin karena Ertiga dilengkapi dengan Ventilated Disc, sedangkan Xenia masih menggunakan Solid Disc. Tapi ini subjective feeling sih hehehe… yang jelas ane lebih ngerasa rem Ertiga lebih menggigit walaupun harus dipergunakan berulang kali.
Tuntas ane jemput anak ane di Boarding School Subang, ane kembali mengarahkan Xenia ini ke arah Lembang untuk cari tempat makan yang nyaman. Naahhh sepanjang perjalanan dari Subang ke Lembang inilah kinerja mesin mobil benar benar diuji… di jalur ini tuh banyak tanjakan yang kalau sepintas mungkin tidak terlihat curam… tapi durasi tanjakannya itu panjang banget, ditambah dengan jalan berkelok dan jalan nggak mulus juga… ini bikin banyak mobil mati matian nanjak… Xenia ane kemaren ini sepanjang jalan sering pake gigi 1-2, konstan… pake gigi 3 paling cuman sebentar, percuma, karena begitu masuk gigi 3, RPM mesin akan langsung drop lagi… dan kalau RPM sampe drop dibawah 3000 RPM, jangan harap dapet tarikan bagus deh… jadi terpaksa banyak manteng di 1-2. Ertiga rasa nya lebih mending disini… memang kalau diliat dari posisi persneling, Ertiga pun harus menempuh perjalanan dengan gigi (Matic) L dan 2, tapi tarikan lebih berisi sedikit.
Selesai lunch, ane sekeluarga menginap semalam di Subang. Perjalanan kembali dari Lembang ke Subang ane rasa tidak perlu diceritakan karena sama dengan pengalaman perjalanan awal diatas.

Minggu 2 Februari 2014
Sekitar jam 1-an siang ane kembali ke Bekasi melalui jalur Subang, disini nih value nya punya Xenia itu terlihat jelas. Sepanjang perjalanan sampai dengan perempatan sebelum masuk pintu Tol Sadang dipenuhi dengan jalan yang super rusak dan kotor berlumpur. Xenia seperti dalam habitat asli nya, dia bisa dengan lincah meliuk liuk diantara lubang jalanan dan kalau toh terpaksa harus melalui lubang cukup dalam pun nggak ada rasa khawatir di benak ane. Ane lebih pede bawa mobil ini dibandingkan bawa Ertiga ane… entah kenapa ane lebih yakin kalau kaki kaki Xenia lebih siap menghadapi medan jalan jelek dan berlumpur seperti ini dibandingkan dengan Ertiga, bukan berarti Ertiga nggak sanggup lewat lho, terbukti ada beberapa Ertiga juga yang menempuh jalur yang sama. Tapi ini murni karena perasaan ane aja… ane lebih pede pake Xenia di jalanan seperti ini. Rasa yakin karena Ground Clearance lebih tinggi (200mm) ditambah dengan struktur Xenia yang memang menganut Unibody (kombinasi antara monocoque bagian depan dan ladder frame pada bagian belakang, CMIIW) bikin hati lebih tenang untuk kondisi seperti itu.
Lengkap deh, karena sepanjang jalan, ada lubang, ada lumpur, daaaan macet dimana mana.
Minggu sore, kami sampai dengan selamat kembali di rumah kami. Tapi pas ane parkir di carport, mobil masih idle, ada suara “krrrrrrrr” kasar dari kompartemen mesin, suara itu hilang kalau pedal kopling ane injek… ane browsing di Internet ternyata kemungkinan bearing kopling masalah… KM masih menunjukkan angka sekitar 550KM, apa mungkin karena nggak kuat disiksa ane sepanjang perjalanan? Hehehe… ane nggak tau deh… tapi hari ini (Senin 3 Februari 2014), ane abis melipir ke BeRes Tunas Daihatsu Pondok Gede dan mereka confirm bahwa bearing kopling bermasalah dan langsung diganti… gak pake ba-bi-bu mereka langsung ganti part yang rusak… ini yang bikin ane dulu bertahan dengan berbagai masalah di Terios lama ane… Aftersales service nya mantap (terutama BeRes Pondok Gede ini)… salut deh…
Mobil (yang baru) semata wayang ane sodaranya, papanja e. Dulu beli dah dapat HU tocskrin yg meski unbranded tpi mantaplah, + dikasi bonus rearcam sama sales.

Pilih gen avania memang krn baru mobil semata wayang, jadi memang musti tahan disiksa, dimuati banyak, dibawa ke mana saja, dan (semoga) awet.

Dan alhamdulillah semua prasyarat itu (kecuali awet yg belum ketahuan) ternyata berguna di hari2 kemudian. Disiksa di pantura berlubang / fully tambalan aspal / nerabas banjir situbondo kemarin, sering dimuati banyak orang + barang, dibawa ke kota hutan jalan pegunungan terjal juga pernah.

Sekarang dah km >10rb usia 6 bulan.

Pilih papanja daripada xenia salah satunya krn beresnya lebih banyak krn ane mobile. 3x mampir BeRes di 3x kota berbeda. Maklum baru mobil pertama, jadi masih BeRes minded.
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

djia wrote: Mobil (yang baru) semata wayang ane sodaranya, papanja e. Dulu beli dah dapat HU tocskrin yg meski unbranded tpi mantaplah, + dikasi bonus rearcam sama sales.

Pilih gen avania memang krn baru mobil semata wayang, jadi memang musti tahan disiksa, dimuati banyak, dibawa ke mana saja, dan (semoga) awet.

Dan alhamdulillah semua prasyarat itu (kecuali awet yg belum ketahuan) ternyata berguna di hari2 kemudian. Disiksa di pantura berlubang / fully tambalan aspal / nerabas banjir situbondo kemarin, sering dimuati banyak orang + barang, dibawa ke kota hutan jalan pegunungan terjal juga pernah.

Sekarang dah km >10rb usia 6 bulan.

Pilih papanja daripada xenia salah satunya krn beresnya lebih banyak krn ane mobile. 3x mampir BeRes di 3x kota berbeda. Maklum baru mobil pertama, jadi masih BeRes minded.
Betul bro... value nya Avania ya memang kehandalan, mau disiksa, sama kualitas dan kuantitas BeRes... memang sih Toyota lebih banyak, tapi ada dealer Daihatsu tetanggaan sama kantor ane hehehe... berhubung ane males pergi pergi jauh... jadi tinggal ngelangkah ke ruko sebelah deh wkwkwkwkwkwk...
coffee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Tue Jun 14, 2011 1:50
Location: Solo-Semarang

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by coffee »

Nice repiu om
Mau pilih avanza atau xenia, mereka di lahirkan dari line produksi yang sama (kecuali avanza G hitam, CMIIW), jd tinggal lihat budget saja.
soal Beres, skr Daihatsu sudah ngejar outlet/diler..di daerah sudah mulai muncul diler2 daihatsu, termasuk kampung ane...bentar lagi launching.
Belum lama ini melipir ke Diler Dai, "SOP" nya di dealer juga sudah baik...ramah dan seperti biasa, ktm sales cew yg ga bisa njelasin product nya dengan detail...hehe
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by omsafety »

coffee wrote:Nice repiu om
Mau pilih avanza atau xenia, mereka di lahirkan dari line produksi yang sama (kecuali avanza G hitam, CMIIW), jd tinggal lihat budget saja.
soal Beres, skr Daihatsu sudah ngejar outlet/diler..di daerah sudah mulai muncul diler2 daihatsu, termasuk kampung ane...bentar lagi launching.
Belum lama ini melipir ke Diler Dai, "SOP" nya di dealer juga sudah baik...ramah dan seperti biasa, ktm sales cew yg ga bisa njelasin product nya dengan detail...hehe
Baru tau saya, kebeneran pake yang G 1.3L A/T 2010, tapi apa iya sih? rasanya sama punya kawan yang beda warna kok gak ada perbedaan yang signifikan yah :big_think:
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by abrof »

tapi AvXen gen 2 ini peningkatan kenyamanan suspensi dijalan halus meningkat, tapi klo jalan jelek dan lobang geolannya kadang lebih terasa daripada gen 1, untuk Avanza gen 2 tipe E kualitas peredamannya kalah sama Xenia Xi facelift gen 1, dan klo test parkir pinggir jalan terus ada motor lewat lebih goyang kena tiupan angin di gen 2
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by walid_007 »

jadi kesimpulanny om aborf

gen 2 lebih parah dari gen 1 gitu?
engine roaring!
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by Andrian »

DDR wrote:Dear Friends,


Driving Impressions
Jumat 31 Januari 2014
Masuk ke mobil, yang pertama ane lakukan ya ngatur ngatur posisi duduk, gampang dapet posisi nyaman, oh iya setir juga bisa dinaik turunkan untuk kenyamanan lebih. Terus ane mulai atur atur spion interior dan atur spion kiri kanan yang sudah elektrik. Kursi nya empuk (sepertinya memang Daihatsu sudah mempertebal kursi kursi nya).
Jalanin mesin, suara mesin halus, khas banget suara mesin Daihatsu deh. Injak kopling, hmmm… nggak keras sih, tapi nggak terlalu enteng juga, asal jangan macet keterlaluan sih ngga pegel banget deh. Pindah ke R untuk keluar car port, sempet agak kagok karena settingan kopling hrs diangkat agak tinggi baru mobil menggelinding. Tapi gapapa, penyesuaian kebiasaan sebentar doang koq.

mantap ripiunya om DDR. Ternyata settingan kopling sutandardny emang begitu ya?

kirain cuma apanja kantor yayang ane doang yg kek gitu (apanja 1.3 G) :mky_01:
Image
Anemone
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Feb 25, 2014 0:53

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by Anemone »

om..., kalau diamatin Xenia yg baru kok kagak ada emblem belakang "sporty", "deluxe", "attivo", ?, dahulu kan mesti ada tertempel dibawah emblem tulisan Xenia
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by WongZo »

Anemone wrote:om..., kalau diamatin Xenia yg baru kok kagak ada emblem belakang "sporty", "deluxe", "attivo", ?, dahulu kan mesti ada tertempel dibawah emblem tulisan Xenia
Klw yg sudah airbag version mmng gaad bro. Emblemnya dipindahin di side body moulding bagian driver. :big_grin:
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by aerotourersora »

coffee wrote:Nice repiu om
Mau pilih avanza atau xenia, mereka di lahirkan dari line produksi yang sama (kecuali avanza G hitam, CMIIW), jd tinggal lihat budget saja.
soal Beres, skr Daihatsu sudah ngejar outlet/diler..di daerah sudah mulai muncul diler2 daihatsu, termasuk kampung ane...bentar lagi launching.
Belum lama ini melipir ke Diler Dai, "SOP" nya di dealer juga sudah baik...ramah dan seperti biasa, ktm sales cew yg ga bisa njelasin product nya dengan detail...hehe
afaik, papanjah yang pernah keluar dari line produksi tmmin itu 1.3G gen 1 fl ke 2 model year 2008-2010 warna silver metallic sama dark steel metallic (black mica tetap diproduksi daihatsu) gegara over demand kalo gasalah cmiiw :big_think:


bedanya? kaca logo toyo-dai bukan mulia glass, ban bs bukan dunlop, ada center glovebox cmiiw, maaf kalo sotau :big_childish:

tapi satu2nya avanza yang buat ane nengok cuma gen 1 1.3S, udah vvt-i (e sama g dulu belum vvt-i) ada pilihan fresh dan recirculate air sama mode ac atas bawah depan (all new aja cuma fan speed ama temp :big_slap: ) rear defogger, srs airbag sama abs, dan di indo cuma ada 3000 unit :cool:
continuously-variable
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by VanzMatic »

aerotourersora wrote:-cut-

tapi satu2nya avanza yang buat ane nengok cuma gen 1 1.3S, udah vvt-i (e sama g dulu belum vvt-i) ada pilihan fresh dan recirculate air sama mode ac atas bawah depan (all new aja cuma fan speed ama temp :big_slap: ) rear defogger, srs airbag sama abs, dan di indo cuma ada 3000 unit :cool:
Betul

Limited banget.

Dan versi Ekspor itu..
:mky_02: :mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by walid_007 »

ada penampakan ... 1.3 S
engine roaring!
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by eresiie »

Sorry kalo OOT dikit....

Kalo compare Avanza E dgn Xenia R STD lebih worth mana ya secara harganya beda tipis banget......
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by VanzMatic »

eresiie wrote:Sorry kalo OOT dikit....

Kalo compare Avanza E dgn Xenia R STD lebih worth mana ya secara harganya beda tipis banget......
Delaernya lebih dekat kemana?
Lebih suka yang sudah ada asesoris, atau demen mampir toko variasi pilah pilih asesoris?
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by walid_007 »

avanza aja
engine roaring!
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by jason28 »

R standar maksudnya R dlx? :big_grin: ane sih demennya R dlx :big_comfort:
Avanza E msh velg dop kan? :big_childish:
CMIIW :ngacir: