pembubutan cakram
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: pembubutan cakram
setaau saya sebagai nubie..
disc brake gelombang dan perlu di bubut klo pedal rem bergetar atau setir bergetar pada saat rem diinjak pada kecepatan 60-100 kmh... klo ga sampe getar mestinya blm perlu dibubut.. mungkin bisa setel kaliper dan bersihin rem dulu...
disc brake gelombang dan perlu di bubut klo pedal rem bergetar atau setir bergetar pada saat rem diinjak pada kecepatan 60-100 kmh... klo ga sampe getar mestinya blm perlu dibubut.. mungkin bisa setel kaliper dan bersihin rem dulu...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Sun May 11, 2008 20:11
- Location: somewhere i belong
Re: pembubutan cakram
Mobilnya ipin matic um, mileage 50k an. Cek kondisi kampas udah tifis (normalkah? Secara pegangan nyonyah)
Saya sempet argument sm mekanik soal perlu tidaknya dibubut karena mereka berpendapat harus dibubut untuk menyamakan/me re set permukaan cakram dengan kampas. Yowes lah saya ikutin aja.
Saya sempat komplen setelah perjalanan sekitar 800km. Mrk buka dan pasang lagi tapi ttp suara terkutuk itu eksis dan tidak ada keluhan lain secara fisik baik itu getaran atau ngebuang dsb (cerita ulang deh hehe...)
Kesimpulan pertama saya adalah kampas yg bukan ori tp mrk blg ori.
Biarlah minggu depan saya kroscek ke beres soal ori atau ngga nya.
Bengkel lokasi di cilegon (cabang dr jekardah)
Nanti saya update beritanya.
Saya sempet argument sm mekanik soal perlu tidaknya dibubut karena mereka berpendapat harus dibubut untuk menyamakan/me re set permukaan cakram dengan kampas. Yowes lah saya ikutin aja.
Saya sempat komplen setelah perjalanan sekitar 800km. Mrk buka dan pasang lagi tapi ttp suara terkutuk itu eksis dan tidak ada keluhan lain secara fisik baik itu getaran atau ngebuang dsb (cerita ulang deh hehe...)
Kesimpulan pertama saya adalah kampas yg bukan ori tp mrk blg ori.
Biarlah minggu depan saya kroscek ke beres soal ori atau ngga nya.
Bengkel lokasi di cilegon (cabang dr jekardah)
Nanti saya update beritanya.
racing is living,
everything else is just waiting
everything else is just waiting
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: pembubutan cakram
^^ipin ini spin om? gantinya di Beres bukan?
sebenernya kalau sebelum ganti kampas rem tdk ada keluhan seperti bunyi dan bergetar, tidak perlu dibubut.. apalagi KMnya masih 50rb dan msh ada garansi, kalau bunyi atau geter juga masih bisa coba diclaim..
kalau baca keluhan om yg tidak ada getar kemudian sudah cb dicek lagi tp belum ada perubahan, mungkin kampasnya yg bermasalah om.. mungkin ya, hehehe..
sebenernya kalau sebelum ganti kampas rem tdk ada keluhan seperti bunyi dan bergetar, tidak perlu dibubut.. apalagi KMnya masih 50rb dan msh ada garansi, kalau bunyi atau geter juga masih bisa coba diclaim..
kalau baca keluhan om yg tidak ada getar kemudian sudah cb dicek lagi tp belum ada perubahan, mungkin kampasnya yg bermasalah om.. mungkin ya, hehehe..
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: pembubutan cakram
Nggak minat coba merk bendix? Daripada bingung brake pad ori atau bukan... Dan setau saya, semua brake pad mobil jepun bahannya jauh lebih keras ketimbang piringan remnya. Maka dari itu banyak yang piringan rem menipis bergelombang sementara brake pad-nya masih tebel.
*bukan sales bendix*
*bukan sales bendix*
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: pembubutan cakram
Merk yang gw suka Brembo. Ini bukan Brembo rotornya doang, tapi pads-nya juga. Yang ada di Cadillac CTS-V itu bagus ngepasin wear di pads dan di rotor, dua2nya habis bersamaan.
Karenanya, pads-nya tahan lama, tapi begitu mesti diganti, rotor ikut. Menurut gw ini lebih pintar prinsipnya, remnya jadi lebih jarang dibongkar dan permukaan rotor jadi lebih "bersih" karena ikut terpakai.
Karenanya, pads-nya tahan lama, tapi begitu mesti diganti, rotor ikut. Menurut gw ini lebih pintar prinsipnya, remnya jadi lebih jarang dibongkar dan permukaan rotor jadi lebih "bersih" karena ikut terpakai.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: pembubutan cakram
ganti pads ganti rotor? weks... mahal jadinya ya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: pembubutan cakram
Iya, tapi gantinya setiap kira2 100-120k km. Rotor gak pernah bergelombang, gak pernah ada bunyi2, remnya pakem gak pernah blong kalau jalan turun, dan rotornya gak ada baret2nya.
Udah gitu mau ganti pads cuma butuh tang dan obeng minus dua biji; gak perlu kunci2 soket. Butuh waktu cuma 15-20 menit gantinya.
Udah gitu mau ganti pads cuma butuh tang dan obeng minus dua biji; gak perlu kunci2 soket. Butuh waktu cuma 15-20 menit gantinya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: pembubutan cakram
Bisa di share picture Do It Yourself nya Om Vett ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: pembubutan cakram
Walah, waktu itu gak foto2, rada buru2 soalnya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: pembubutan cakram
Brembo...?POS VETT wrote:Iya, tapi gantinya setiap kira2 100-120k km. Rotor gak pernah bergelombang, gak pernah ada bunyi2, remnya pakem gak pernah blong kalau jalan turun, dan rotornya gak ada baret2nya.
Udah gitu mau ganti pads cuma butuh tang dan obeng minus dua biji; gak perlu kunci2 soket. Butuh waktu cuma 15-20 menit gantinya.
Ya ngga heran kalau performanya segitu, pak
Apalagi yg tipe upgrade/performance
Disini, kalau musti ganti set Brembo (rotor+pads) di 4 roda tipe upgrade, duitnya setara beli motor pasaran kondisi baru beberapa biji, atau 1 mobil bekas thn 80-90an

Tapi kalau sekedar brembo2an oem replacement, mending genuine parts/oem saja
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: pembubutan cakram
Saya pernah pakai Bendix (tipe Metal King)marmut wrote:Nggak minat coba merk bendix? Daripada bingung brake pad ori atau bukan... Dan setau saya, semua brake pad mobil jepun bahannya jauh lebih keras ketimbang piringan remnya. Maka dari itu banyak yang piringan rem menipis bergelombang sementara brake pad-nya masih tebel.
*bukan sales bendix*
Kayaknya ngga kompatible sama rotor oem (di santi tuwir)
Performanya ngga konsisten, kadang enak kadang fade
Yang jelas, pads cukup agresif, makan rotor nya cepet banget, dibanding pads genuine dan beberapa pads lain yg pernah saya coba (ferodo & valeo)
Kalau sudah panas/jalan lama dan jauh, kadang timbul bunyi mendecit
Tapi ngga tau juga kalau dipakai buat rotor pabrikan lain, mungkin malah cocok

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: pembubutan cakram
Saya sering baca-baca otomotifnet, biasanya kampas rem aftermarket lebih keras sehingga cepat mengikis cakram. Solusinya, cakram nya juga diganti dengan merek aftermarket tersebut.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: pembubutan cakram
@ imsus, dulu waktu saya masih pakai peugeot, pad bendix lebih cepat habis dan bikin banyak debu di velg, tapi piringan rem aman tetep mulus nggak ada gelombang sedikitpun. Beda waktu pake merk mintex, justru piringan rem jadi terkikis bergelombang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: pembubutan cakram
@ ilhami, mungkin aftermarket yang harganya dibawah O.E. Kalau aftermarket yang lebih mahal dari O.E rasanya nggak seperti itu.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: pembubutan cakram
Bendix yg dijual di Indo ada 4 type
- General CT
- Metal King
- 4WD
- Ultimate
Masing2 punya karakter sendiri2 jadi ga bisa dipukul rata
Metal King kadar metallic-nya tinggi, ya resiko makan disc rotor
Ultimate juga kadar metallic-nya tinggi.
kalu buat daily drive yg cocok si General CT (pengganti standard) dan 4WD (High Performance)
*Bukan seles bendix*
- General CT
- Metal King
- 4WD
- Ultimate
Masing2 punya karakter sendiri2 jadi ga bisa dipukul rata
Metal King kadar metallic-nya tinggi, ya resiko makan disc rotor
Ultimate juga kadar metallic-nya tinggi.
kalu buat daily drive yg cocok si General CT (pengganti standard) dan 4WD (High Performance)
*Bukan seles bendix*
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: pembubutan cakram
Temen ane ada yg pernah pasang Willwood di Ipah D4 D nya, disc rotor / caliper & pad kumplit, barang2-nya aja habisnya USD 2000imsus2c wrote: Brembo...?
Ya ngga heran kalau performanya segitu, pak
Apalagi yg tipe upgrade/performance
Disini, kalau musti ganti set Brembo (rotor+pads) di 4 roda tipe upgrade, duitnya setara beli motor pasaran kondisi baru beberapa biji, atau 1 mobil bekas thn 80-90an
Tapi kalau sekedar brembo2an oem replacement, mending genuine parts/oem saja
Diameternya lupa, tapi pake pelek minimum mesti 17" (krn diameter disc rotornya gede)
Last edited by Turboman on Thu Jan 30, 2014 9:15, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: pembubutan cakram
wow ... jadi yang namanya upgrade, biayanya jadi eksponensial. Upgrade pelek, harus upgrade ban tipis, kampas rem dan rotor/disc. Nggak masalah toh sepanjang yang punya enjoy.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: pembubutan cakram
Betul pak,Turboman wrote:Temen ane ada yg pernah pasang Willwood di Ipah D4 D nya, disc rotor / caliper & pad kumplit, barang2-nya aja habisnya USD 2000imsus2c wrote: Brembo...?
Ya ngga heran kalau performanya segitu, pak
Apalagi yg tipe upgrade/performance
Disini, kalau musti ganti set Brembo (rotor+pads) di 4 roda tipe upgrade, duitnya setara beli motor pasaran kondisi baru beberapa biji, atau 1 mobil bekas thn 80-90an
Tapi kalau sekedar brembo2an oem replacement, mending genuine parts/oem saja
Diameternya lupa, tapi pake pelek minimum mesti 17"
Tempohari di bengkel temen, ada paspor dokar yg upgrade rem depannya gila2an.
1 set komplit (tapi roda depan saja, yg belakang masih bawaan pabrik), habisnya lebih dari 30 jutaan

Dari ngobrol itu, selain diameter velg, ternyata yg harus diperhatikan juga off set dan desain jari2 velg-nya
Customer temen saya itu akhirnya ganti velg juga
Diameternya sih masuk, tapi ternyata palang/jari2 velg nya nyangkut di kaliper Brembo yg memang buessarrr (sekilas saya lihat pakai yg kaliper 6 piston)

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: pembubutan cakram
Collateral Costilhami wrote:wow ... jadi yang namanya upgrade, biayanya jadi eksponensial. Upgrade pelek, harus upgrade ban tipis, kampas rem dan rotor/disc. Nggak masalah toh sepanjang yang punya enjoy.
Kalau beli kopi, ya mesti siap2 beli gula, susu dan krimer juga

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: pembubutan cakram
Nah itu pak,marmut wrote:@ imsus, dulu waktu saya masih pakai peugeot, pad bendix lebih cepat habis dan bikin banyak debu di velg, tapi piringan rem aman tetep mulus nggak ada gelombang sedikitpun. Beda waktu pake merk mintex, justru piringan rem jadi terkikis bergelombang.
Seperti yg saya tulis di post2 awal trid ini
Pads dan rotor mesti compatible
Kalau beda merk, ya mesti trial dan error dulu

Sampai sekarang, di mobil santi, saya belum nemu pads aftermarket yg compatible sama rotor bawaan pabrik, akhirnya ya balik pakai pads genuine dulu
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: pembubutan cakram
mank disc brake kalo dipake normal suka gelombang ya ( kampas rem original, gk pernah telat ganti kampas dan rem secara halus ) ? soalnya ane punya mobil perasaan gk pernah ada keluhan ampe harus bubut disc brake dah, mobil ane tahun 2000, bokap beli tahun 2007, nah sejak 2007 itu gk pernah nemu keluhan rem geter sih. ane bingung kalo mobil yang ampe bubut disc brake pakenya gimana itu 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: pembubutan cakram
saya pernah dengar klo bubut cakram jd masalah...mending ganti piringan..secara biaya jg gak beda jauh..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: pembubutan cakram
Brembo yang di CTS-V memang orisinil, tapi ini yang kaliper 4 piston dan fixed (bukan sliding). Semua depan belakang fixed 4-piston tapi yang belakang lebih kecil sweep area-nya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: pembubutan cakram
@ kompresorz, ada mobil tertentu yang harga piringan remnya cukup mahal. Bubut jadi salah satu alternatif karena lebih terjangkau harganya, dan selama hasil pembubutan tidak melewati minimum thickness, nggak akan masalah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: pembubutan cakram
oh ya betul bro marmut..emang klo yang spek kompetisi super mahal ya terpaksa dibubut...klo yang biasa mending ganti aja..gak beda jauh dr harga bubut..
saya pernah di sarankan mekanik lepasan bubut awal2 masuk kemayoran kena cas 250ribu...lah saya tanya kebengkel spesialis ganti piringan depan 450ribu/set..
saya pernah di sarankan mekanik lepasan bubut awal2 masuk kemayoran kena cas 250ribu...lah saya tanya kebengkel spesialis ganti piringan depan 450ribu/set..
