Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by artoodetoo »

Nissan Sunny 90 eks taksi

Ndak banyak yg bisa ane cerita soal mobil ini. Ubek2 koleksi foto juga ndak ada foto mobil itu.
Cuma ini yg ada:
Image

Ketika ane beli, kondisinya sudah dipermak jadi cantik, body mulus, bumper diganti pake bumper custom dari fiber, jok kain baru.
Trus jendela depan sudah dibuatkan power window, tapi yg belakang masih engkol.
Cuma ya ndak bisa bohong lah kalo bekas taksi. Rada cape juga miara mobil ini, ditambah dulu masih bener2 ijo dalam hal otomotif, seperti halnya warna mobilnya. :upss:
Tapi setidaknya lumayanlah, bisa jalan2 Jogja-Jakarta-Bandung-Jogja pake mobil ini. Top speed seingat ane cuma pernah sampai 120 km/jam, ngeri euy.
Soal nyaman sebenarnya nyaman, apalagi mobil ane sebelumnya Suzuki Carry 1986 :upss: Dibuat kenceng juga gak limbung.
Kelemahan lain: koplingnya keras dan boros BBM.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by walid_007 »

entahlah ada masalah apa dengan MB pada saat itu ,,, mungkin w210 sudah dibawah diamlerAG, jadi ada perbedaan ...

lagian avangarde ini juga full cbu klo ga salah , yg seharusnya untuk iklim dingin bukan tropis..

dipake 6 tahunan sm bokap
engine roaring!
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:Nissan Sunny 90 eks taksi

Ndak banyak yg bisa ane cerita soal mobil ini. Ubek2 koleksi foto juga ndak ada foto mobil itu.
Cuma ini yg ada:
Image

Ketika ane beli, kondisinya sudah dipermak jadi cantik, body mulus, bumper diganti pake bumper custom dari fiber, jok kain baru.
Trus jendela depan sudah dibuatkan power window, tapi yg belakang masih engkol.
Cuma ya ndak bisa bohong lah kalo bekas taksi. Rada cape juga miara mobil ini, ditambah dulu masih bener2 ijo dalam hal otomotif, seperti halnya warna mobilnya. :upss:
Tapi setidaknya lumayanlah, bisa jalan2 Jogja-Jakarta-Bandung-Jogja pake mobil ini. Top speed seingat ane cuma pernah sampai 120 km/jam, ngeri euy.
Soal nyaman sebenarnya nyaman, apalagi mobil ane sebelumnya Suzuki Carry 1986 :upss: Dibuat kenceng juga gak limbung.
Kelemahan lain: koplingnya keras dan boros BBM.
Thx for sharing om :mky_01:

Ex-taxi ya... Dibeli tahun brp om?

Pernah sakit apa aja si sunny?

Ditunggu share mobil-mobil sesudah si sunny :D
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by JESKONENG »

mobil th 90-an sy adalah Pug 306 ST yg masih sy gunakan sampai hari ini ... mgkn banyak teman di SM yg sudah tau mengenai mobil sy itu ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

JESKONENG wrote:mobil th 90-an sy adalah Pug 306 ST yg masih sy gunakan sampai hari ini ... mgkn banyak teman di SM yg sudah tau mengenai mobil sy itu ....
Mungkin boleh dishare ulang disini jika berkenan om :mky_01:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by JESKONENG »

amfibi wrote:
JESKONENG wrote:mobil th 90-an sy adalah Pug 306 ST yg masih sy gunakan sampai hari ini ... mgkn banyak teman di SM yg sudah tau mengenai mobil sy itu ....
Mungkin boleh dishare ulang disini jika berkenan om :mky_01:
oke, awalnya, 4 th y.l. sy blom ngeh soal Peugeot .. dan karna kondisi kemampuan dana yg terbatas, sy langsung fokus mencari 306 aja... padahal kalok mau lebih sabar, mau belajar lebih banyak dari forum2 komunitas Pug, ada pilihan lebih bagus dan lebih murah, yaitu Pug 405 STi 95/96 !

singkat cerita, akhir th 2012 ketauan blok mesin si 306 itu mengalami osteoporosis parah, kropos2 dan di beberapa bagian cyl block mesin, bahkan ada spot kropos yg hampir membuat dinding cyl block itu bolong... dan dari pembicaraan dng bengkel langganan sy, sy baru tau bhw bahan cyl block itu adalah almunium.. kelebihannya, bobot lebih ringan daripada besi. Kekurangannya : jika utk cairan radiator enggak pake radiator coolant (misalnya air mineral, air tanah, air sungai) maka resikonya ya mesin kropos itu..

Lalu sy ditanya oleh bengkel : mobil mau dijual atau dipake sendiri utk jangka waktu lama .. kalok mau dijual ya biarkan apa adanya. Kalok mau dipake lama, ya sebaiknya dilakukan swap engine, dan pilihan terbaik adalah mesin 405STi. Keuntungannya : hampir Plug n Plek di engine bay 306, power lebih besar, spareparts tersedia melimpah, harga enggak mahal. Maintenance enggak repot. Berhubung kalok misalnya mobilnya dijual, harga sangat menyedihkan, maka sy putuskan utk memilih opsi engine swap.

Dan kemudian sy putuskan utk sekalian upgrade utk meningkatkan performa mesin hasil swap itu secara bertahap, sampai saat ini yg sudah dilakukan adalah :
- papas head utk meningkatkan angka rasio kompresi mesin
- ganti injector pake ex Volvo960
- ganti FPR pake ex Pug 406D9
- remap ECU
- ganti kopling set milik 405 STi
- ganti camshaft high performance (lift 12mm, duration 272 drjt)
- pasang header lokal

rencananya dlm waktu dekat ini akan naik mesin dyno utk mengetaui berapa peak power/torque ekarang ini. Dulu saat pake mesin std 306 pernah dynotest di Rev Eng, hasilnya 110hp/160nm. Dan target skarang ini adalah skitar 135-140hp/180-an nm.. Bobot mobil sekitar 1100 kg.

Karna bobot mesin hasil swap yg lebih berat, maka dilakukan modif pada suspensi depan :
- per pake ex Pug 505 yg dimodif
- shock absorber pake standarnya 306 yg direkondisi jadi lebih keras
Hasilnya, moncong mobil jadi lebih rendah, tapi bantingan tetap nyaman khas Pug
Last edited by JESKONENG on Sat Dec 07, 2013 10:41, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by Felixz_Yaris »

Om Jes emang mantab.. :big_exellent: master mesin...
Ane mah belum pernah upgrade mesin. :big_childish:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

JESKONENG wrote:
amfibi wrote:
JESKONENG wrote:mobil th 90-an sy adalah Pug 306 ST yg masih sy gunakan sampai hari ini ... mgkn banyak teman di SM yg sudah tau mengenai mobil sy itu ....
Mungkin boleh dishare ulang disini jika berkenan om :mky_01:
oke, awalnya, 4 th y.l. sy blom ngeh soal Peugeot .. dan karna kondisi kemampuan dana yg terbatas, sy langsung fokus mencari 306 aja... padahal kalok mau lebih sabar, mau belajar lebih banyak dari forum2 komunitas Pug, ada pilihan lebih bagus dan lebih murah, yaitu Pug 405 STi 95/96 !

singkat cerita, akhir th 2012 ketauan blok mesin si 306 itu mengalami osteoporosis parah, kropos2 dan di beberapa bagian cyl block mesin, bahkan ada spot kropos yg hampir membuat dinding cyl block itu bolong... dan dari pembicaraan dng bengkel langganan sy, sy baru tau bhw bahan cyl block itu adalah almunium.. kelebihannya, bobot lebih ringan daripada besi. Kekurangannya : jika utk cairan radiator enggak pake radiator coolant (misalnya air mineral, air tanah, air sungai) maka resikonya ya mesin kropos itu..

Lalu sy ditanya oleh bengkel : mobil mau dijual atau dipake sendiri utk jangka waktu lama .. kalok mau dijual ya biarkan apa adanya. Kalok mau dipake lama, ya sebaiknya dilakukan swap engine, dan pilihan terbaik adalah mesin 405STi. Keuntungannya : hampir Plug n Plek di engine bay 306, power lebih besar, spareparts tersedia melimpah, harga enggak mahal. Maintenance enggak repot. Berhubung kalok misalnya mobilnya dijual, harga sangat menyedihkan, maka sy putuskan utk memilih opsi engine swap.

Dan kemudian sy putuskan utk sekalian upgrade utk meningkatkan performa mesin hasil swap itu secara bertahap, sampai saat ini yg sudah dilakukan adalah :
- papas head utk meningkatkan angka rasio kompresi mesin
- ganti injector pake ex Volvo960
- ganti FPR pake ex Pug 406D9
- remap ECU
- ganti kopling set milik 405 STi
- ganti camshaft high performance (lift 12mm, duration 272 drjt)
- pasang header lokal

rencananya dlm waktu dekat ini akan naik mesin dyno utk mengetaui berapa peak power/torque ekarang ini. Dulu saat pake mesin std 306 pernah dynotest di Rev Eng, hasilnya 110hp/160nm. Dan target skarang ini adalah skitar 135-140hp/180-an nm.. Bobot mobil sekitar 1100 kg.

Karna bobot mesin hasil swap yg lebih berat, maka dilakukan modif pada suspensi depan :
- per pake ex Pug 505 yg dimodif
- shock absorber pake standarnya 306 yg direkondisi jadi lebih keras
Hasilnya, moncong mobil jadi lebih rendah, tapi bantingan tetap nyaman khas Pug
Wow, sudah dimodifikasi ya mesinnya...

Gimana dgn performanya sekarang om? Mobil apa saja yg sudah diasapi oleh si SS1? :mky_02:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by Nightster Guy »

Kijang SGX 96 KF50 aka Kijang Grand Extra...

Beli dr baru, 42an jeti kl gak salah, harga di Manado bukan ane yg pake coz msh di Jakarta waktu itu.

Pros (+)

- Yah Innovanya jaman itu heeehehehe.. elitlah di Manado palagi trim tertinggi.. AC dobel blower jd opsi pamungkas..

- Improvement mayan banyak dibanding generasi Super Kijang. Bodi sih mostly sami mawon cm beda di kaca samping paling belakang :big_slap:, kekedapan sedikiiiiiit lebih baik dr previous gen, kualitas material bodi dan perakitan (konon) jg lebih baik..

Terminologi 'Toyota Full Pressed Body' pd generasi Super Kijang vs 'Toyota Original Body' pd generasi Grand jd gimmick utama. Ntah apa dan gimana sih realitasnya di pabriknya heeehehehe...

Luar biasa sangat mudah dipiara dan dirawat. Monyet aja bisa.. :mrgreen: Bandel..

Cons (-)

Saat itu gak kerasa cons nya, wong apgred dr mobil sebelumnya, Super Kijang.. Tp kl dr standar mobil sekarang ya jauh pak..

Lelet, yg plg utama. Yah teknologi mesin Toyota taun 60an (OHV pushrod), bayarannya ya lelet... Bahkan dibanding pesaing sejamannya misalnya minibus2 non bonnet (Zebra, Espass, t120SS)ato Kuda bensin..

Makin lelet saat blower AC kedua dinyalakan.. akirnya kl tiap mo nyalip, tuas temperatur AC mentokin ke kiri alias off dulu, jadinya si tuas temperatur tsb, pd posisi OFF, merangkap jd switch 'TURBO ON'..

:big_slap:

Bbrapa x iseng itung akselerasi 0-100nya pake stopwatch di Casio, hasilnya yah bgitulah, ngga pernah lebih bagus dr 17secs..

:wkkk:

Penyakit utama ya masih seputaran valve seal yg kl uda bocor, uap oli dr chamber merembes seputaran tutup busi. Kotor gak karuan. Plus khas mobil jaman itu radiator msh dr metal, jd kl kena air non coolant-added, bubarlah lama2.

Lack of audio quality.. HU sih Alpine tp spikernya itu loh.. :mrgreen: 2 ato 4 ya lupa.. Output suara standar banget bahkan bagi kuping cupu ane...
Das Beste oder nichts.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by JESKONENG »

amfibi wrote:
JESKONENG wrote:
amfibi wrote:
Mungkin boleh dishare ulang disini jika berkenan om :mky_01:
oke, awalnya, 4 th y.l. sy blom ngeh soal Peugeot .. dan karna kondisi kemampuan dana yg terbatas, sy langsung fokus mencari 306 aja... padahal kalok mau lebih sabar, mau belajar lebih banyak dari forum2 komunitas Pug, ada pilihan lebih bagus dan lebih murah, yaitu Pug 405 STi 95/96 !

singkat cerita, akhir th 2012 ketauan blok mesin si 306 itu mengalami osteoporosis parah, kropos2 dan di beberapa bagian cyl block mesin, bahkan ada spot kropos yg hampir membuat dinding cyl block itu bolong... dan dari pembicaraan dng bengkel langganan sy, sy baru tau bhw bahan cyl block itu adalah almunium.. kelebihannya, bobot lebih ringan daripada besi. Kekurangannya : jika utk cairan radiator enggak pake radiator coolant (misalnya air mineral, air tanah, air sungai) maka resikonya ya mesin kropos itu..

Lalu sy ditanya oleh bengkel : mobil mau dijual atau dipake sendiri utk jangka waktu lama .. kalok mau dijual ya biarkan apa adanya. Kalok mau dipake lama, ya sebaiknya dilakukan swap engine, dan pilihan terbaik adalah mesin 405STi. Keuntungannya : hampir Plug n Plek di engine bay 306, power lebih besar, spareparts tersedia melimpah, harga enggak mahal. Maintenance enggak repot. Berhubung kalok misalnya mobilnya dijual, harga sangat menyedihkan, maka sy putuskan utk memilih opsi engine swap.

Dan kemudian sy putuskan utk sekalian upgrade utk meningkatkan performa mesin hasil swap itu secara bertahap, sampai saat ini yg sudah dilakukan adalah :
- papas head utk meningkatkan angka rasio kompresi mesin
- ganti injector pake ex Volvo960
- ganti FPR pake ex Pug 406D9
- remap ECU
- ganti kopling set milik 405 STi
- ganti camshaft high performance (lift 12mm, duration 272 drjt)
- pasang header lokal

rencananya dlm waktu dekat ini akan naik mesin dyno utk mengetaui berapa peak power/torque ekarang ini. Dulu saat pake mesin std 306 pernah dynotest di Rev Eng, hasilnya 110hp/160nm. Dan target skarang ini adalah skitar 135-140hp/180-an nm.. Bobot mobil sekitar 1100 kg.

Karna bobot mesin hasil swap yg lebih berat, maka dilakukan modif pada suspensi depan :
- per pake ex Pug 505 yg dimodif
- shock absorber pake standarnya 306 yg direkondisi jadi lebih keras
Hasilnya, moncong mobil jadi lebih rendah, tapi bantingan tetap nyaman khas Pug
Wow, sudah dimodifikasi ya mesinnya...

Gimana dgn performanya sekarang om? Mobil apa saja yg sudah diasapi oleh si SS1? :mky_02:
ini masih nyari waktu utk ngetes performa mesin hasil swap dikombinasi dng cam (noken-as) dan header yg baru dipasang.. toll cipularang ... sambil nungguin event drag seri nasional Sentul, kabarnya bulan Februari nanti ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

Nightster Guy wrote:Kijang SGX 96 KF50 aka Kijang Grand Extra...

Beli dr baru, 42an jeti kl gak salah, harga di Manado bukan ane yg pake coz msh di Jakarta waktu itu.

Pros (+)

- Yah Innovanya jaman itu heeehehehe.. elitlah di Manado palagi trim tertinggi.. AC dobel blower jd opsi pamungkas..

- Improvement mayan banyak dibanding generasi Super Kijang. Bodi sih mostly sami mawon cm beda di kaca samping paling belakang :big_slap:, kekedapan sedikiiiiiit lebih baik dr previous gen, kualitas material bodi dan perakitan (konon) jg lebih baik..

Terminologi 'Toyota Full Pressed Body' pd generasi Super Kijang vs 'Toyota Original Body' pd generasi Grand jd gimmick utama. Ntah apa dan gimana sih realitasnya di pabriknya heeehehehe...

Luar biasa sangat mudah dipiara dan dirawat. Monyet aja bisa.. :mrgreen: Bandel..

Cons (-)

Saat itu gak kerasa cons nya, wong apgred dr mobil sebelumnya, Super Kijang.. Tp kl dr standar mobil sekarang ya jauh pak..

Lelet, yg plg utama. Yah teknologi mesin Toyota taun 60an (OHV pushrod), bayarannya ya lelet... Bahkan dibanding pesaing sejamannya misalnya minibus2 non bonnet (Zebra, Espass, t120SS)ato Kuda bensin..

Makin lelet saat blower AC kedua dinyalakan.. akirnya kl tiap mo nyalip, tuas temperatur AC mentokin ke kiri alias off dulu, jadinya si tuas temperatur tsb, pd posisi OFF, merangkap jd switch 'TURBO ON'..

:big_slap:

Bbrapa x iseng itung akselerasi 0-100nya pake stopwatch di Casio, hasilnya yah bgitulah, ngga pernah lebih bagus dr 17secs..

:wkkk:

Penyakit utama ya masih seputaran valve seal yg kl uda bocor, uap oli dr chamber merembes seputaran tutup busi. Kotor gak karuan. Plus khas mobil jaman itu radiator msh dr metal, jd kl kena air non coolant-added, bubarlah lama2.

Lack of audio quality.. HU sih Alpine tp spikernya itu loh.. :mrgreen: 2 ato 4 ya lupa.. Output suara standar banget bahkan bagi kuping cupu ane...
Thx for sharing, mod no.5 :mrgreen:

Pas ane lihat video iklan si grand extra, mobil ini terlihat bagus ya, baik interior & exterior :mky_02:
Jauh daripada aslinya yang jaman sekarang sudah pada kucel...

Walaupun lelet, mobil ini tetep nendang kan tarikan bawahnya? Kan karakter OHV bertenaga di tarikan bawah...

17secs? Masih mending lharr, daripada xenia 1.0 yang 22secs or panther kapsul yg 20secs... :upss:

Overall, sptnya mobil ini tidak menyusahkan ya perawatannya... :mrgreen:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

amfibi wrote:
JESKONENG wrote:
amfibi wrote:
Wow, sudah dimodifikasi ya mesinnya...

Gimana dgn performanya sekarang om? Mobil apa saja yg sudah diasapi oleh si SS1? :mky_02:
ini masih nyari waktu utk ngetes performa mesin hasil swap dikombinasi dng cam (noken-as) dan header yg baru dipasang.. toll cipularang ... sambil nungguin event drag seri nasional Sentul, kabarnya bulan Februari nanti ...
Ditunggu ya reportnya om jes... :big_grin:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by ricz »

amfibi wrote:
Thx for sharing, mod no.5 :mrgreen:

Pas ane lihat video iklan si grand extra, mobil ini terlihat bagus ya, baik interior & exterior :mky_02:
Jauh daripada aslinya yang jaman sekarang sudah pada kucel...

Walaupun lelet, mobil ini tetep nendang kan tarikan bawahnya? Kan karakter OHV bertenaga di tarikan bawah...

17secs? Masih mending lharr, daripada xenia 1.0 yang 22secs or panther kapsul yg 20secs... :upss:

Overall, sptnya mobil ini tidak menyusahkan ya perawatannya... :mrgreen:
Innova 2.5 G MT seh 15an.. :mrgreen:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

ricz wrote:
amfibi wrote:
Thx for sharing, mod no.5 :mrgreen:

Pas ane lihat video iklan si grand extra, mobil ini terlihat bagus ya, baik interior & exterior :mky_02:
Jauh daripada aslinya yang jaman sekarang sudah pada kucel...

Walaupun lelet, mobil ini tetep nendang kan tarikan bawahnya? Kan karakter OHV bertenaga di tarikan bawah...

17secs? Masih mending lharr, daripada xenia 1.0 yang 22secs or panther kapsul yg 20secs... :upss:

Overall, sptnya mobil ini tidak menyusahkan ya perawatannya... :mrgreen:
Innova 2.5 G MT seh 15an.. :mrgreen:
Jangan dibandingin ama panther lharr... :ungg:

Tapi, panther bisa mentokin speedo ke 180 lho... Cuma dengan sedikit modifikasi dgn biaya murah... :mrgreen:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by artoodetoo »

Corolla Twin Cam SE Limited 1600 1990

Sebenarnya waktu bisa beli mobil ini, ane girang gak karuan. Maklum, ini mobil idaman ane sejak SMP :upss:
Tapi ane apes, dapat mobil busuk :big_slap: Ternyata pernah tabrakan.
Alhasil merongrong terus sejak beli sampai akhirnya 8 bulan saja cukup, ane nyerah, ane jual lagi. :big_childish:
Meski begitu, setidaknya sempat merasakan "nama besar" Corolla yg gimanapun melekat pada mobil ini.
Kalo pas waras sih nyaman :upss:

Dan penggantinya adalah:

Corona Absolute 2000 cc 1993

Image

She was the best car I've ever had so far :big_exellent:
Model tak lekang oleh waktu. Pernah sebelahan sama Camry 3.5Q punya om ane, gak malu2in, meski kakek vs cucu :big_grin: woaaaa, cicit ding malahan
Fitur tergolong lengkap, retractable mirror, laci di bawah jok, lampu di balik laci dashboard, panel AC pake tombol2 (bukan saklar geser apalagi puter), lampu baca dan tempat kacamata di spion tengah, head rest di jok bisa naik turun dan maju mundur (duh, bener2 deh, kerasa banget downgradenya pake Mirage :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: )
Mobil ini stabil banget dipake kenceng. Pernah 140 km/jam di tol cipularang, ane yakin bisa lebih tapi speed limiter sudah teriak2 (istri ane maksudnya :mky_01: )
Karakter koplingnya empuk banget, makanya ane sempat heran kok si Felix Wasir ngeluh masalah kopling di Yarisnya, padahal sama2 Toyota, jauh lebih muda pula *puk puk Felix* :big_comfort:
Cuma yg rada heran, kalo dari gigi 2 mau turun ke gigi 1 kok rada sulit ya, seperti mental balik gitu, kecuali kalo mobil sudah benar2 berhenti baru gampang dimasukin ke 1. Ada yg pernah punya pengalaman serupa dengan mobil lain?
Konsumsi BBM tergolong irit untuk ukurannya yg gambot, dalkot 1:8-9, lukot pernah tembus 1:14.
Trus mobil cc besar yg mulai tua gini kudu sering dicek air dan kipas radiatornya. Ane pernah beberapa kali kena overheat soalnya :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by JESKONENG »

amfibi wrote:
amfibi wrote:
JESKONENG wrote:
ini masih nyari waktu utk ngetes performa mesin hasil swap dikombinasi dng cam (noken-as) dan header yg baru dipasang.. toll cipularang ... sambil nungguin event drag seri nasional Sentul, kabarnya bulan Februari nanti ...
Ditunggu ya reportnya om jes... :big_grin:
dng modifan sejauh ini, sy berharap si SS1 (julukan utk mobil Pug 306 sy) bisa mencatat 17 detik kecil atau syukur2 bisa 16 detik besar utk jarak 402m .... Kalok kelas 15 detik itu wilayahnya mobil2 3000 cc atau mobil2 turbo ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:Corolla Twin Cam SE Limited 1600 1990

Sebenarnya waktu bisa beli mobil ini, ane girang gak karuan. Maklum, ini mobil idaman ane sejak SMP :upss:
Tapi ane apes, dapat mobil busuk :big_slap: Ternyata pernah tabrakan.
Alhasil merongrong terus sejak beli sampai akhirnya 8 bulan saja cukup, ane nyerah, ane jual lagi. :big_childish:
Meski begitu, setidaknya sempat merasakan "nama besar" Corolla yg gimanapun melekat pada mobil ini.
Kalo pas waras sih nyaman :upss:

Dan penggantinya adalah:

Corona Absolute 2000 cc 1993

Image

She was the best car I've ever had so far :big_exellent:
Model tak lekang oleh waktu. Pernah sebelahan sama Camry 3.5Q punya om ane, gak malu2in, meski kakek vs cucu :big_grin: woaaaa, cicit ding malahan
Fitur tergolong lengkap, retractable mirror, laci di bawah jok, lampu di balik laci dashboard, panel AC pake tombol2 (bukan saklar geser apalagi puter), lampu baca dan tempat kacamata di spion tengah, head rest di jok bisa naik turun dan maju mundur (duh, bener2 deh, kerasa banget downgradenya pake Mirage :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: )
Mobil ini stabil banget dipake kenceng. Pernah 140 km/jam di tol cipularang, ane yakin bisa lebih tapi speed limiter sudah teriak2 (istri ane maksudnya :mky_01: )
Karakter koplingnya empuk banget, makanya ane sempat heran kok si Felix Wasir ngeluh masalah kopling di Yarisnya, padahal sama2 Toyota, jauh lebih muda pula *puk puk Felix* :big_comfort:
Cuma yg rada heran, kalo dari gigi 2 mau turun ke gigi 1 kok rada sulit ya, seperti mental balik gitu, kecuali kalo mobil sudah benar2 berhenti baru gampang dimasukin ke 1. Ada yg pernah punya pengalaman serupa dengan mobil lain?
Konsumsi BBM tergolong irit untuk ukurannya yg gambot, dalkot 1:8-9, lukot pernah tembus 1:14.
Trus mobil cc besar yg mulai tua gini kudu sering dicek air dan kipas radiatornya. Ane pernah beberapa kali kena overheat soalnya :upss:
Thx for sharing om droid :mrgreen:

Namanya juga corona, serba lembut, mulai dari suspensi, jok, sampe kopling... Beda lah dibandingkan yaris baru sekalipun :upss:

Hmm... Ane juga harus rajin ngecek air radiator di RAV4... Cepet bener berkurangnya... Untung sampe sekarang tidak pernah overheat :shrug:

BTW, Performa mobil ini gimana om?

& Penyakit apa aja yg sering mampir di mobil ini, selain overheat? :mky_01:
JESKONENG wrote:
dng modifan sejauh ini, sy berharap si SS1 (julukan utk mobil Pug 306 sy) bisa mencatat 17 detik kecil atau syukur2 bisa 16 detik besar utk jarak 402m .... Kalok kelas 15 detik itu wilayahnya mobil2 3000 cc atau mobil2 turbo ....
16 detik... :mky_02:

Cukup dengan mesin 8 valve ya...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16669
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by ChZ »

artoodetoo wrote: Corona Absolute 2000 cc 1993

Image

She was the best car I've ever had so far :big_exellent:
Model tak lekang oleh waktu. Pernah sebelahan sama Camry 3.5Q punya om ane, gak malu2in, meski kakek vs cucu :big_grin: woaaaa, cicit ding malahan
Fitur tergolong lengkap, retractable mirror, laci di bawah jok, lampu di balik laci dashboard, panel AC pake tombol2 (bukan saklar geser apalagi puter), lampu baca dan tempat kacamata di spion tengah, head rest di jok bisa naik turun dan maju mundur (duh, bener2 deh, kerasa banget downgradenya pake Mirage :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: )
Mobil ini stabil banget dipake kenceng. Pernah 140 km/jam di tol cipularang, ane yakin bisa lebih tapi speed limiter sudah teriak2 (istri ane maksudnya :mky_01: )
Karakter koplingnya empuk banget, makanya ane sempat heran kok si Felix Wasir ngeluh masalah kopling di Yarisnya, padahal sama2 Toyota, jauh lebih muda pula *puk puk Felix* :big_comfort:
Cuma yg rada heran, kalo dari gigi 2 mau turun ke gigi 1 kok rada sulit ya, seperti mental balik gitu, kecuali kalo mobil sudah benar2 berhenti baru gampang dimasukin ke 1. Ada yg pernah punya pengalaman serupa dengan mobil lain?
Konsumsi BBM tergolong irit untuk ukurannya yg gambot, dalkot 1:8-9, lukot pernah tembus 1:14.
Trus mobil cc besar yg mulai tua gini kudu sering dicek air dan kipas radiatornya. Ane pernah beberapa kali kena overheat soalnya :upss:
corabs... ngeliat tampang depannya ane agak sering ketuker ama greco :mky_01: maklum bukan pengamat toyota :big_slap:

cuma ini salah 1 sedan yg cantik di era 90an.... apalagi tail lampnya keren banget... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

ChZ wrote:
artoodetoo wrote: Corona Absolute 2000 cc 1993

Image

She was the best car I've ever had so far :big_exellent:
Model tak lekang oleh waktu. Pernah sebelahan sama Camry 3.5Q punya om ane, gak malu2in, meski kakek vs cucu :big_grin: woaaaa, cicit ding malahan
Fitur tergolong lengkap, retractable mirror, laci di bawah jok, lampu di balik laci dashboard, panel AC pake tombol2 (bukan saklar geser apalagi puter), lampu baca dan tempat kacamata di spion tengah, head rest di jok bisa naik turun dan maju mundur (duh, bener2 deh, kerasa banget downgradenya pake Mirage :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: )
Mobil ini stabil banget dipake kenceng. Pernah 140 km/jam di tol cipularang, ane yakin bisa lebih tapi speed limiter sudah teriak2 (istri ane maksudnya :mky_01: )
Karakter koplingnya empuk banget, makanya ane sempat heran kok si Felix Wasir ngeluh masalah kopling di Yarisnya, padahal sama2 Toyota, jauh lebih muda pula *puk puk Felix* :big_comfort:
Cuma yg rada heran, kalo dari gigi 2 mau turun ke gigi 1 kok rada sulit ya, seperti mental balik gitu, kecuali kalo mobil sudah benar2 berhenti baru gampang dimasukin ke 1. Ada yg pernah punya pengalaman serupa dengan mobil lain?
Konsumsi BBM tergolong irit untuk ukurannya yg gambot, dalkot 1:8-9, lukot pernah tembus 1:14.
Trus mobil cc besar yg mulai tua gini kudu sering dicek air dan kipas radiatornya. Ane pernah beberapa kali kena overheat soalnya :upss:
corabs... ngeliat tampang depannya ane agak sering ketuker ama greco :mky_01: maklum bukan pengamat toyota :big_slap:

cuma ini salah 1 sedan yg cantik di era 90an.... apalagi tail lampnya keren banget... :mrgreen:
pre-FL (seperti punya om droid)

Image

FL

Image

Setelah dimodif jadi tambah cakep... :cupss:

Image
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by ricz »

Guys...gw bole review kan?

Bokap dulu pernah py Taft Rocky taon 1993, beli bekas Jkt taon '96 dan dipake ampe taon '99-'00...

Plus:
-4WD, lewat jalan becek berlumpur pun ga takut
-Pake klakson truk, jd bs bikin jantungan motor2
-Ga ad yg berani motong (pake bullbar seh)
-Wkt itu termasuk mbl anak muda (skrg kek CRV, Xtrail gt dah)
-Masi rigid axle

Minus:
-Getaran mesin... :frm_bang_head:
-Stir berat (kt bokap)
-Bodi cpt karatan, bw ke bengkel bodi ttp ga beres2 neh masalah
-Seal penggerak 4WDnya cpt bocor / rembes gt (kt bokap)
-Bokap dpt unit yg ancur, setelah diperiksa kaki2 karatan kena banjir en pernah terbalik...
-Sering diberhentikan ama plokis gegara plat B (kt bokap gegara lg jaman2nya GAM)

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

ricz wrote:Guys...gw bole review kan?

Bokap dulu pernah py Taft Rocky taon 1993, beli bekas Jkt taon '96 dan dipake ampe taon '99-'00...

Plus:
-4WD, lewat jalan becek berlumpur pun ga takut
-Pake klakson truk, jd bs bikin jantungan motor2
-Ga ad yg berani motong (pake bullbar seh)
-Wkt itu termasuk mbl anak muda (skrg kek CRV, Xtrail gt dah)
-Masi rigid axle

Minus:
-Getaran mesin... :frm_bang_head:
-Stir berat (kt bokap)
-Bodi cpt karatan, bw ke bengkel bodi ttp ga beres2 neh masalah
-Seal penggerak 4WDnya cpt bocor / rembes gt (kt bokap)
-Bokap dpt unit yg ancur, setelah diperiksa kaki2 karatan kena banjir en pernah terbalik...
-Sering diberhentikan ama plokis gegara plat B (kt bokap gegara lg jaman2nya GAM)
Boleh lharr :upss:

Hmm Taft ya... Mobil nyokap ane jaman kuliah nih, dibeli gress tahun '93 seharga 50jt... (Taft GT)
Seneng bener nyokap bawa ini mobil :upss:
Dulu ini termasuk mobil wajib di kalangan anak USU '90an (selain starlet, VES, dsb.) :mrgreen:

Body Daihatsu jaman itu memang gampang karatan, di Espass jg begitu...

Taft Rocky ini sudah pake per keong ya... GT masih pake per daun... :D
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by ricz »

Rocky jg masi pake daon dpn blkg...

Yg pake keong itu Rocky IFS taon 2000an...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by amfibi »

ricz wrote:Rocky jg masi pake daon dpn blkg...

Yg pake keong itu Rocky IFS taon 2000an...
Ooh gitu, trus bedanya Rocky lama dengan GT cuma di atap belakang?
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by ricz »

Cmn atap blkg aja kekna...

Gw juga krg tau seh, hrs ty bokap ini...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sharing & Review mobil '90an yang pernah SMers miliki

Post by VanzMatic »

ricz wrote:Cmn atap blkg aja kekna...

Gw juga krg tau seh, hrs ty bokap ini...
Sudah betul
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "