ChZ wrote:billyd1773dz wrote:
iya penyempurnaan om

klw uda mainin isi head *desain sampai valve n cam* imho uda signifikan bedanya hehe....
K20 aja beda head rentang outputnya dari 155ps sampai 220ps
desain head bisa berpengaruh sampai kompresi mesin,innovasi sistem injeksi juga di head, sebagian besar tech implementasinya memang di head bukan di block.
L15Z1 intake plastik bisa jadi yg bikin suaranya beda, ga selantang metal.. headnya sih pasti metal ga bisa pke plastik hehe.....
yaa kaya mitsu malah kodenya sama aja dri taun 80-90an isinya uda beda banget......
haha atoyot sih... ya gtu deh... dont changes a winning team...
fortuner setelah di sundulin PS aja bru di updet..

ungg.. iya bro... syerem itu K20, dari mesin sopan sampe versi super-[cencored] juga ada... Civic MugenRR.
240PS, bore-up sampe 2200cc... sinting itu Mugen
how i miss honda back then.... yang skrg... hopeless

K-enjin yang terkenal sbg salah 1 enjin setan (salah satunya di Odyssey RB1 Absolute... 200HP) jadi impoten... thanks to that "EarthDreams"....
ah ya, intake plastik maksudnya... yah mungkin ini yg bikin suara enjin Honda skrg cempreng seperti peresan tebu... nggak ada kesan "berat dan nge-bass" spt old hondas
mungkin yang cukup gila skrg itu Mazda, SKYACTIV kan teknologi yang bener-bener baru, bukan sekedar "improvement" dari enjin MZR jaman purba....

enjin blok, piston, ruang bakar, dll semua pasti baru krn kompresi super-tinggi 14:1 (kalo versi sini 13:1)
maybe di RC1 ahond memang orientasinya robah dri accousticnya dibikin sedemikian rupa agar jd intrusive kedalam kabin dan kuat terdengar agar bisa pumping andrenaline, kemudian di rubah jadi dibekem suara mesinya biar hanya sayup2 terdengar dan kesannya kalem? wkwkw
kebanyakan diesel modern malah lebih flat lagi suaranya saat teriak.

terselamatkan jika spool turbonya kedenger... tp uda jarang sih tinggal sayup2 dibawah peredam, beda dgn turbo diesel lama. yg spool turbonya terdengar jernih.
yup... klw skyactiv bahkan bukan mesin aja kan hehe sampai chassis n body juga.

jika skyactiv engine + gb only d biante tetap tidak sebaik skyactiv yg full hehe
klw yg sya baca di mesinnya sendiri, kuncinya di desain kepala cyld,direct injection dan header 4-2-1 untuk dapeting kompresi tinggi tampa menyebapkan knock.

di biate karna keterbatasan ruang header tetep 4-1 dan CR 12.5:1 sekalipun block mesin sama hasilnya tidak sebaik yang implementasinya sempurna.
terus ada yang ganti mesin all new seperti kia/hyuna dri theta engine jd nu engine, tapi g ada fitur baru yg ground breaking jadi kesanya biasa saja, di spec sheet malah peak powernya berkurang. *kebanyakan orng biasanya liat langsung ke peak power* improvisasi di peaktorque yg bisa di dapat di rev lebih rendah yg seharusnya could got better fc, n better drive ability. all new engine tp efeknya tampak tidak terlalu signifikan,apalagi di mata awam yg jarang liat peaktorque nya.
bandingkan dengan update Theta II yang sudah pakai GDI 2.4 ltr 176ps jadi 192ps.... same block new head and fuelsystem... atau yaaa 4D56 elsapek dgn dakar yg bedanya terlalu banyak untuk di tulis.. wkwkw

well it sold better.
jd balik ke pertanyaan om andy, imho kode mesin tidak jadi patokan mutlak, yg utama adalah apa yang ada di sistem motor itu sendiri bukan mesin saja dan tentu hasil akhirnya jd seperti apa hehe
kode mesin sih uda suka2 pabrikan....

ada yg nambah kode extensi setiap nambah major fitur, ada yg ngasih kode revisi aja, ada yg kaga ganti sama sekali kodenya sekalipun partnya uda beda banget.
yg seru bgtu cari sparepart g cukup tw kode mesin aja, lebih baik liat VIN atau tau partnumbernya. karna kode mesin sama blm tentu semua sparepart sama,mobil domestic sih masih mudah, mobil atau mesin import yg di jual di pasar lain, sekalipun tahun dan type sama kadang2 partnya suka beda2 hehehe
cmiiw
