Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Bensin

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by Yusaku »

Review Grand New Kijang Innova 2012 Bensin V A/T

Smua Review mungkin dipengaruhi dari kendaraan newbie sebelumnya yaitu Honda Jazz RS M/T 2010

Alasan mengapa memilih Innova Bensin sebagai kendaraan 2 adalah:

- Sasis Ladder frame yang terkenal tangguh dan kaki kaki yang lebih tahan jalan rusak dibandingkan Jazz (Terima kasih buat Sepuh SM yang sudah bagi ilmu menegenai Sasis Monocoque dan Ladder Frame tentang kelebihan serta kekuranganya)
- Ground Clearance yang tinggi sehingga sangat membantu untuk di bawa ke mana saja, slama bukan tanjakan 60 derajat dan turunan 60 derajat ato buat off road atau masuk kawah bromo.
- Transmisi Matik sebagai langkah frustasi terhadap kemacetan Surabaya dan dengan kode Transmisi A/T seri A45DE yang bisa dibilang reliable karena dipakai sejak jaman Lexus IS 98-00 dan oleh Hiace Bensin di jepang sampai sekarang.
- Sudah standar fitur keamanan di SRS Airbag dan ABS
- MID dan multi switch di setir juga sudah ada
- Sering sebagai sarana "antar jemput" dengan muatan "berlebih" dalam event2 tertentu
- Jaringan Servis dan Jaminan Part yang harusnya bisa dijadikan jaminan dan mantab karena TOYOTA Indonesia meraih posisi teratas dalam suvei JD Power 2010 dan 2012.
- Terakhir masih kemakan omongan "kalau di rumah tidak ada kijang berarti belum bisa dibilang punya mobil"

Model
GNKI menurut newbie mempunyai bentuk yang lebih manis dan elegan kalau dibandingkan dengan Innova Gen 1, walaupun memang bisa dibilang beberapa bentuk dasar bodi, pintu sebagaian besar masih sama dengan Innova Gen 1, tapi dengan adanya facelift ini (terumata di Bumper, Lampu depan , Grill, Lampu Belakang, Spion)maka bisa dibilang sukses untuk buat Innova terlihat segar untuk masuk lobby Mall dan Hotel di Kota besar, penting skali untuk mobil yang di launch di Tahun 2004.

Image
Jarak antara Grill dengan Mesin yang besar sekali !! ( bisa buat tempat pasang klakson kapal laut)

Pengendalian dan first drive
kesan pertama adalah setir berat !! ( beda ama Sepuh ZombiEE yang bilang ringan) di sini newbie merasakan setir GNKI ini lebih berat dari mobil newbie sebelumnya (faktor mungkin karena dari sisi mekanisme Power steering Hidraulis dan Dimensi bobot GNKI jika dibandingkan Jazz yang telah menganut EPS dan Bobot lebih ringan) tetapi tetap memungkinkan untuk memutar setir dengan satu tangan selama Anda sudah sarapan, makan siang dan makan malam ato ngemil atau tidak dalam kondisi lemah ( lemah hati, lemah iman, lemah tenaga, lemah gemulai, lemah syah..)

Body roll ada, dan semakin heboh body roll tersebut kalau Anda terapkan cara menyetir anak SMA di dalam mobil city car hatcback 1500cc, selama Anda masuk tikungan dalam kecepatan normal 40km/h dan tikungan patah 20km/h dijamin Penumpang belakang Anda pasti akan sangat berterima kasih kepada Anda, dan bisa dibilang jumlah putaran setir beda jauh dengan mobil newbie sebelumnya. contoh kalau mau masuk tikungan siku 90 derajat ke kanan, kalau di jazz cukup puter setir ke kanan anatara 1/4 ampe 1/2 putaran itu mobil sudah bisa clear tikungan tersebut, sedangkan di GNKI maka newbie harus putar setir lebih banyak, itu juga berlaku dalam parkir darimana jumlah setir dari lurus sampai mentok kanan ato kiri lebih banyak jika dibandingkan dengan Jazz, jadi bayangkan kalau GNKI ini ikut slalom dijamin Anda kelihatakan kaya orang yang heboh banget dalam hal muter setir dan itu juga kalau GNKInya nurut diajak zigzag kaya Bus Sumber Kencana.

Guncangan lebih lembut jika dibandingkan dengan Jazz, di sini newbie mendapatkan pencerahaan, kalau bobot mobil dan sasis dan supensi dan jumlah penumpang memang mempengaruhi peredaman guncangan, walau memang kalau dalam kondisi kosong dengan driver saja yang naik, terus melindas pita kejut berjejer yang biasa di perumahan dan Jalan Tol kerasa GNKI keras dan kocak, mungkin kalau Anda suka makan snack mie kering anak emas (80-90 Kids pasti tahu), di mana Anda harus mencampurkan bumbu ama mie keringnya dengan cara diguncang guncang bungkusnya, mungkin kalau pakai GNKI cukup naikin satu orang sambil campur mie kering ama bumbunya, trus coba lindas pita kejut pasti dijamin bumbunya campur rata tanpa perlu dikocok lagi. Tekanan angin sudah di cek dan tidak terlalu keras yaitu 33 belakang 30 depan jenis Nitro pada saat penegetesan.

Image
Performa
Mesin 1TR-FE Bensin ini dipakai di Hiace dan Crown Comfort kalau di Jepang, dan memang mesin 1TR ni menang di torsi alias mesin pekerja kasar, walaupun kalau dibandingkan 2KD-FTV yang di Innova diesel, mesin 1TR ini mesti hormat grak ama 2KD, tapi kalau soal kehalusan dan getaran tidak ada yang bisa mengalahkan mesin bensin, dan Soal tenaga Mesin 1TR ini cukup (pas-pasan) dan suka berteriak kasar kaya tokoh Mail dalam komedi OB tidak ada enaknya di telinga, terutama kalau newbie kickdown flat ke lantai, dan terutama kalau nyalip di luar kota, jangan harap setelah kickdown trus Anda bisa melet ngece ama 1 buah Bus lemot yang barusan Anda salip, bisa bisa sebelum selesai nyalip, sudah ada dari arah berlawanan kendaraan yang siap nyambut, sebelum Anda bisa kembali ke jalur Anda lagi dan lebih parah lagi kalau Anda gantian disalip ama Bus lemot tadi. intinya sabar aja kalau pakai mobil ini. jadi ini yang bikin penasaran newbie ama Super Innova 2.7, apakah ngalami kaya gini juga ?

Transmisi
Transmisi jadul 4speed yang sudah electronic sih tetap tetap kurang pintar dan kadang mesti dituntun kalau mau nyalip dengan cara oper ke D3 atau D2 trus naikin ke D3 biar menolong sedikit dalam kondisi genting (Dipepet Tronton, bus, nyalip angkot). dan untuk perpindahan Giginya paling kerasa sentakan atau jendul waktu pindah dari Gear 1 ke 2 dan sebaliknya serta kerasa transmisi ini suka sekali start dari 1 begitu ada kesempatan GNKI berhenti di bawah 10km/h, jadi bisa dibayangkan rasa jendul2 itu paling kerasa kalau di jalan yang merambat sedang (0-15 km/h) jadi hati hati kalau Anda lagi nyruput wedang Jahe anda waktu macet sedang, di GNKI dijamin mlocot dan tumpah, sedangkan di Gear2->3->4 dan sebaliknya sudah halus dan bahkan kalau tidak agresif ama Gas kadang malah tidak kerasa. dan karena ini matik konvensional seharusnya tahan banting daripada CVT.

Interior dan kapasitas muat
Image
Image
Memang ini GNKI bener bener ngerti Orang Indonesia, di mana butuh mobil gede dan bisa angkut apa saja, bahkan kalau bisa angkut Rumah tipe 21, pasti diangkut juga, ( newbie pernah lihat ada orang pindah rumah pake Jazz ha7x), semua Lega bahkan di baris 2, duduk 3 orang ukuran normal tetep nyaman, walaupun di tengah tidak ada headrestnya, kalau baris 3 rasanya 2 orang aja lebih dari itu kaya Ikan Pindang. warna interior yang beige menimbulkan kesan kalem dan ditambah beberapa laci penyimpanan dan penyimpan kacamata di dekat spion tengah dan cup holder di beberapa tempat membuat mobil ini praktis dan usefull,
Image
seperti yang Sepuh ZombiEE keluhkan di mana kunci di laci penyimpanan bawah disunat, memang sangat disayangkan seperti dalam pic di atas, kelihatanya fitur kunci ini jarang absen di mobil mewah eropa dan sedan mpv era 00 90 80, eman saja Toyota menghilangkan fitur tambahan yang berguna di GNKI ini.

Head Unit dan TV tambahan (dilengkapi remote)
Image
Image
Head unit ini okelah suaranya, dengan adanya tweeter juga suara yang dihasilkan jelas dan dentuman bass juga ngejedug walaupun ndak heboh banget, terbantu juga dengan adanya fitur maintenance quick guide dan daftar dealer serta nomor telepon customer sevice di menu HU. koneksi iPod via USb dan kabel data iPod berjalan baik bisa milih pakai mode Artis, Album, Lagu dan mode Shuffle serta random juga disediakan dan koneksi Aux juga ada, cuma disaayangakan untuk video yang bisa ditampilkan di HU dan TV hanya yang bersumber dari DVD, kalau dimasukin cd isinya klip/film format mkv ato divx tidak terbaca sama sekali. dan TV tambahan di sini sifatnya mirroring image yang ada di HU depan saja. dan kelihatanya ini TV kok build qualitynya sama dengan TV pasangan yang dijual variasi di luar, sayang sekali.

Corner Sensor dan Back up Sensor
Image
fungsinya membantu Anda parkir maju dan mundur dengan kecepatan di bawah 10k/h, karena di atas itu sensor ini mati, ditandai dengan matinya lampu orange di tombol sensor, dan bisa juga dibuat ngukur jarak antar sepeda motor di lampu merah dengan bemper depan Anda, karena semakin dekat jarak motor tersebut semakin panjang bunyinya, dan bisa juga dibuat mengukur adanya penampakan yang tak terlihat (soalnya di newbie sensornya yang pojok kanan kadang bisa bunyi sendiri, padahal tidak ada objek yang menghalangi).

Kamera Parkir
Fitur ini biasanya optional dealer dan usahakan kalau bisa dapet karena bantu banget buat parkir GNKI yang bodinya kayak gardu ini( kalu fortuner mungkin kaya besarnya truk gandeng ban dobel), hasil kamera bagus di malam hari kebantu sama lampu mundur di stop lamp yang terang benderang, kamera ini aktif begitu posisi tuas Matik di R, dan hasil kamera tampak di layar Hu beserta garis pemandu walaupun Garis pemandu ini cuma penggembira saja dan sama sekali tidak dapat dijadikan patokan pasti.

Alarm
Image
alarm di GNKI sudah ada speakernya sendiri dan sudah tidak ndompleng ama klakson lagi, cuma bunyinya masih kaya tembak mainan anak kecil yang ada lampunya

Build Quality
Image
Image
spoiler belakang kelihatan kaya buatan lokal, di mana ada celah dan kurang rapi jauh dari kesan OEM Toyota, jarak Gap celah antar panel bodi di bagian Luar cukup besar, kalau menurut newbie dalam foto di atas, coba kalau saluran gorong gorong di Mall terkemuka di Jakarta sebesar ini, pasti tidak ada bencana banjir karena air pasti mengalir lancar.
Image
Image
Image
dan Masuk ke dalam Interior seperti Sepuh ZombiEE keluhkan, ada beberapa sambungan plastik interior kasar banget dan tidak konsisten bahkan kelihatan sekali kalau mangap dan ada celah atau lebih naik dan menonjol. untuk Toyota yang sudah sepuh dalam buat mobil, ini merupakan kasus memalukan, di mana Hyundai aja lebih ceto(ngerti dan ahli) gimana nimbukan kesan solid dan rapi walaupun masih pakai hard plastic.
Image
Belum lagi aksen wood panel di sekitar Interior ampun kaya beli di Luaran bukan asli Toyota, motif woodnya kelihatan palsu banget dan kasar serta kabur, motif kayunya kaya asal ambil di Google image, trus tetap maksa di print karena nemunya resolusi rendah. sempat newbie berikir buat ganti ke solid color kaya di tipe G, cuma dijamin keluar biaya tidak sedikit karena fake wood ini tersebar di berbagai area (setir, door trim, dekat head unit).

Terlepas dari semua itu Newbie bersyukur dan beterima kasih atas kehadiran kendaraan GNKI ini dan berharap bisa ikut newbie dalam waktu yang belum bisa ditentukan dan mendukung newbie dalam melakukan aktifitas sehari hari (kaya kata@ pembuka dalam Tugas akhir aja)
Last edited by Yusaku on Fri Jun 07, 2013 4:12, edited 1 time in total.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by ricz »

Stir Ipah mmg lebih berat dari Jazz, itu gue rasakan sendiri, agak berat tp gk terlalu berat, sedang2 lah...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by Xous »

Ikut majang ahh. Ni satu2nya mbl yg buat ane g bs selingkuh k yg laen, ud pake sampe bosen ipah 05, dr baru, cukup umur, 2012 wktnya peremajaan, eh ipah pula lg, 05 pula, dgn odometer lbh ngeri (114 ribuan vs 210 ribuan). Cm hasrat ingin memiliki yg mesin disel n rasa ramah d kantong selama punya si item E, membuat ane kepincut memilikinya *poke bro madcat yg perna liat penampakan buluk setir ipah ane. Slama 8 bulan pemakaian, ipah "baru" saya msh sehat2 saja*
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by ilhami »

Kalo truck innova setir nya ringan, saya khawatir sopir nya keasyikan belak belok tapi penumpang nya mual serasa naik angkot.
Wajar lah jumlah putaran setir truck innova dibuat banyak. untuk mengurangi keugal-ugalan sopir nya.
Jumlah putaran setir nggak terlalu masalah kalau yang bawa eks mayasari bhakti.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by NYoman »

Mesin bensin seri 2.7 (seperti milik fortuner) belum pernah coba cuma pernah lihat pas lari di tol, memang gila kayak setan.. seri 2.7 itu sekitar 160Hp bukan ya?

Satu lagi, kalo aja mobil ini lebih hening terutama versi diesel.. pasti jadi mpv yang nyaman, walaupun gw bilang mobil ini udah nyaman bgt berhubung mobil yg gw naikin sblmnya "bumpy".. :big_weee:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by ricz »

Kunci di laci sptnya cuman ada di type manual, py gue yg manual ada tuh kunci di lacinya, cuman py oom gue yg matic gk ada...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by DOHC »

perihal setir berat... itu minyak power steeringnya coba dkuras berkala... ane tiap setaon skali kuras.. dan ini ckup membantu mengurangi bunyi ngeeeengg nyaring pas muter setir dan agak sdikit mengurangi berat nya putaran setir...

dan kalo soal enteng berat nya.. mnurut bengkel2 spooring, itu bsa distel koq... cuman konsekuensi nya kaya lg bawa panther kotak... enteng tapi super limbung... nahh the choice is yours..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
stanley
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Dec 28, 2004 6:35

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by stanley »

Mau nanya donk, kalo GNKI yg manual injakan kopling msh berat kaya yg lama gak?
Ipah ane thn 08 makin hari makin berat, udh ke beres jg bgt jg. Jawabannya emg bgt dr sananya:(
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by ricz »

Bukannya kopling itu bisa disetel ya om?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by DOHC »

stanley wrote:Mau nanya donk, kalo GNKI yg manual injakan kopling msh berat kaya yg lama gak?
Ipah ane thn 08 makin hari makin berat, udh ke beres jg bgt jg. Jawabannya emg bgt dr sananya:(
parts kopling setnya sehh masi sama bro ama ipah lama jadi yahh ujung2 nya jg bakal sama berat nya... apalagi kalo uda dipake diatas 40an rebu... dijamin tuh kopling pasti uda berat.. coba di kuras dulu aja minyak rem dan kopling nya... ini sdikit menolong..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by ricz »

Ipah diesel gue ngak terlalu berubah beratnya, padahal udh mau 50 ribu km...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
P 13 QA
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Thu Dec 13, 2012 7:27
Location: Warehouse

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by P 13 QA »

oalah masalah kopling berat tu dah dari sonony ternyata :mky_06:

pantesan ipah 2010 ane tmbh lama tmbh berat koplingnya...

skrg dah masuk 120rb jarak tempuhnya..
Bonera: "Cassano? He said that above Inter there's only the sky, maybe at Parma he'll find the satellites." LOL !!!
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by NYoman »

ipah saya baru, jauh lebih enteng koplingnya dari terios yg dulu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:perihal setir berat... itu minyak power steeringnya coba dkuras berkala... ane tiap setaon skali kuras.. dan ini ckup membantu mengurangi bunyi ngeeeengg nyaring pas muter setir dan agak sdikit mengurangi berat nya putaran setir...

dan kalo soal enteng berat nya.. mnurut bengkel2 spooring, itu bsa distel koq... cuman konsekuensi nya kaya lg bawa panther kotak... enteng tapi super limbung... nahh the choice is yours..
Power steering setahun sekali ya om.ok noted :frm_salut:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Bensin

Post by DOHC »

dicatat yah om nug... pake kertas ama pulpen :big_smoking: :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Bensin

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:dicatat yah om nug... pake kertas ama pulpen :big_smoking: :big_smoking:
Siap Mod as per your order :ungg:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review Grand New Kijang Innova Diesel by ZombiEE and Ben

Post by htannis »

NYoman wrote:ipah saya baru, jauh lebih enteng koplingnya dari terios yg dulu..
ipah saya gak ada pedal kopling
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares