kurang lebih berarti kasus esemka ini 11-12 ama produk karoseri dong

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Kalau tidak OOT, maka yang dilakukan pabrik karoseri hanya rekabentuk sendiri body mobil dan kreasi interior tambah asesoris ini-itu.Primatech wrote:OOT dikit ni, jadi misal suatu pabrikan rumahan, pake chassis mobil a, dimasukin mesin b, kemudian dilengkapi interior dan body dengan design sndiri, itu sebenarnya diizinkan ngga ya?
kurang lebih berarti kasus esemka ini 11-12 ama produk karoseri dong
btw om, emang ga ada gitu atpm yg bikin bis?Primatech wrote:waks bisa gtu?c_adhi_k wrote:Rata2 efisiensi sekarang pakai hino rg apa rk ya lupa
Yang mesin belakang
Tulisn mercedes mah tempelan doang![]()
Tapi ada yg asli, yg jelas kalau mau bedakan ya lihat stir dan yang deket pintu masuk
Soal harga tergantung embernya sih![]()
kira2 merk yg paling bagus apa ya? nah kira2 sbenerny ada kerja sama g sih atau beli putus aj tu bus2 yg ada disni?
kerja sama maksudnya ada atpm jelasnya, atau gman? soalnya setau ane nih bus2 yg ngeluarin smua dari karoseri, kalo dari atpm kok ane ngeblank ya
Clue-nya mencegah adanya permainan harga ya omPrimatech wrote:Wah thanks listnya om, ane jadi gampang ni ngesortingnya..RVR wrote:Sebaiknya dijelaskan dulu om kebutuhan bisnya dari beberapa aspek seperti:Primatech wrote:Dear suhu2 skalian,
mau nanya dong kebetulan mau ada project transportasi nih yg melibatkan bus2..
karena belum ada pengalaman, mau nanya nih, segala macam tentang alur produksi bus di indo seperti apa ya? secara garis besar aja, atau mungkin ada link2 ke produsen/
Karena sepaham saya produksi bus mulai dari bahan mentah, chassis, mesin dll itu semua diimpor, kemudian dbawa ke karoseri untuk dibangun, nah berarti semua desain mulai dari bodi, lampu dll itu smua hasil design karoseri atau gmana?
Please advise yah? bingung nih cuma pernah narik angkot belum pernah ngenek bus nih..
- kapasitas penumpang
- kategori penumpang (karyawan, umum, turis, ato yg lain...)
- perlengkapan yg diperlukan (ac, karaoke, toilet, dll)
- rute pd umumnya yg akan dilalui
- dll
Semua aspek tsb bisa dibicarakan dulu dg karoseri yg paling diminati, perihal bus chassis apa yg sesuai justru karoseri lebih tahu & mereka punya koneksi yg kiat dg semua atpm sehingga ga perlu pusing mendapatkan bus chassisnya.
Sekedar rating karoseri yg saya tahu:
1 adiputro - malang
2 laksana - semarang
3 new armada - magelang
4 rahayu santosa - bogor
5 restu ibu - bogor
6 delima mandiri - bogor
7 delima jaya - bogor
8 tentrem - malang
9 tri sakti - magelang
10 tri jaya union - tangerang
11 dll
ini sebenerny nantinya untuk kebutuhan feeder bisjalan om, tapi ane dari sisi survey lapangan untuk bandingkan alternatif pembelian guna mencegah ada permainan harga om..![]()
kurang lebih sih garis besar kebutuhanny sperti itu, kalau kebutuhan detilnya dari klien belum keluar, kita bantu bener2 di survey pasar om, tentunya dengan range spek yg compare dengan feeder2 di luar ..
udah janjian sama salah satu pabrikan korea dan beberapa po bus swasta dan bumd..mudah2an nantinya bisa dapet lebih banyak sampel lagi.
KERENNNN , pasti hitungannya puluhan m nih...ak4ng wrote:AFAIK, ATPM cuma menjual mesin dan sasis ajaa, body exterior dan interior bserta pernik2 nya buatan karoseri yg disesuaikan dengan keinginan konsumen,. sasis dan mesin untuk truk dan bis (yg full size) jelas bedaaa,. ATPM menyediakan pilihan2 mesin, sasis, kaki2 ini jga tergantung konsumennya, misal hino ada pilihan mesin yg 210,235,260, pilihan mesin depan atau belakang, mau yg berapa ban, nah kl konsumennya uda sreg sama pilihannya baru deh mau dibikin apa tu sasis+mesin, mau jadi bis eksekutif seat 1-1 atau ekonomi 2-3, mau pake AC apa engga, mau jendela model gimana, atau malah mau dibikin rumah2an komplit dengan kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga,. nih contoh nya bis tapi rumah:
nah semuanya ya tergantung konsumennya,. maunya gimana bisa mesen sesuka hati ya tentu budget nya jga harus sesuai,. CMIIW yaa
Kendala cuma 1 bro, harga ga worthedJambangan wrote:Btw kenapa ya ATPM disini ga ada yg masukin microbus yg emang didesain ama principal nya langsung??
Contoh kyk toyota coaster atau mitsubishi rosa
Pernah naik 2 bus diatas lebih cakep dan lebih nyaman dibandingkan microbus karoseri lokal kyk isuzu elf microbus
Mungkin pakar bus & truk di SM, om RVR bisa menjawab
wah itu rosa udh independent suspension bro??RVR wrote:Kendala cuma 1 bro, harga ga worthedJambangan wrote:Btw kenapa ya ATPM disini ga ada yg masukin microbus yg emang didesain ama principal nya langsung??
Contoh kyk toyota coaster atau mitsubishi rosa
Pernah naik 2 bus diatas lebih cakep dan lebih nyaman dibandingkan microbus karoseri lokal kyk isuzu elf microbus
Mungkin pakar bus & truk di SM, om RVR bisa menjawab
Contoh rosa, udah monoque body & independent suspension, harganya bisa 2.5x bis colt diesel di sini
Demikian juga bis yg lebih gede juga berlaku hal yg sama
Betul, dan statusnya CBU..Jambangan wrote:wah itu rosa udh independent suspension bro??RVR wrote:Kendala cuma 1 bro, harga ga worthedJambangan wrote:Btw kenapa ya ATPM disini ga ada yg masukin microbus yg emang didesain ama principal nya langsung??
Contoh kyk toyota coaster atau mitsubishi rosa
Pernah naik 2 bus diatas lebih cakep dan lebih nyaman dibandingkan microbus karoseri lokal kyk isuzu elf microbus
Mungkin pakar bus & truk di SM, om RVR bisa menjawab
Contoh rosa, udah monoque body & independent suspension, harganya bisa 2.5x bis colt diesel di sini
Demikian juga bis yg lebih gede juga berlaku hal yg sama
Wah mantap pantesan nyaman![]()
oh ternyata gara2 harga ya yg bikin ATPM ga mau masukin bus2 tersebut
diijinkan kok Om tetapi harus lolos uji Dephub...contoh bis gandeng trans jakarta merk Inobus dan Komodo. Inobus chasisnya dirakit Inka, mesinnya Cummins bodinya dibuat di Laksana/Trisakti. Komodo chasisnya dibuat Asian Auto International, mesin Cummins/Doosan, bodi dibuat di Rahayu Santosa...Primatech wrote:OOT dikit ni, jadi misal suatu pabrikan rumahan, pake chassis mobil a, dimasukin mesin b, kemudian dilengkapi interior dan body dengan design sndiri, itu sebenarnya diizinkan ngga ya?
kurang lebih berarti kasus esemka ini 11-12 ama produk karoseri dong
Rasanya blm ada yg bisa penuhi deh omPrimatech wrote:Thanks infonya suhu2 smua,
So far ane udah dapet data2 dari MB, PPD, BB, Kopa, Metromi, dan bintang biru dari sisi perusahaan, dari sisi pabrikan, ane baru dapet h miring, H tegak elips, dan three pointed star, kalo untuk karoseri karena terkendala masalah lokasi, ane belum sempet, tapi mungkin bakal conf call.
Kalo udah kelar projectny ane bakal share, kebutuhan dari klien sepertinya akan lebih berat ke medium bus, low floor, rear engine. hehe udah kaya spec sportcar ajkarena memang diperuntukkan untuk feeder yg akan masuk k jalan lebih kecil dari busway.