OK, sekarang mari kita investigasi resale value volkswagen seperti apa sih ? apakah seperti pikiran banyak orang, bahwa vw di indonesia, beli baru 300-400 juta, pakai 2 tahunan, paling sisa 100-150 juta ?
saya sih pakai logika aja, selama ini vw di indonesia ngak ada berita kena kasus seperti carnival dulu yang bikin panic selling, dan nilai pasarnya anjlok habis. makanya saya yakin ngak bakal hancur. cuman selama ini orang di indo banding merek eropa seperti audi vs toyota, selalu bilang audi jeblok.
tentu saja ! silahkan lihat line-up audi selama ini di indo, rata rata unitnya mahal banget. 600 juta atau lebih, banyak yang 1 M lebih malah ! Kalau udah gini, gimana mau fight ama toyota yang mayoritas unitnya barunya cuman range harga 150-400 juta doang ?
buktinya begitu saya selidiki resale value toyota yang barunya 600 juta atau lebih, sama juga babak belur ! bahkan malah lebih hancur banding audi iya. contoh previa, sedan lexus, camry 3.5, habis tuh banyak duit hilang paska baru pakai 2-4 tahun.
jadi jangan banding merek eropa macam audi ama model toyota yang banyak di pakai orang seperti avanza, innova gituan. hasilnya pasti jauh ! not fair sama sekali !
vw juga sama, selama ini sering jual model yang barunya mahal sekali, otomatis resale valuenya ngak bisa kuat. tapi belakangan ini mulai muncul berapa vw yang barunya lebih masuk akal harganya, dan saya yakin resale valuenya otomatis jadi lebih kuat. tapi jangan dengar kata saya, mari kita tanya pasar, apakah harga vw yang " terjangkau " juga di banting pasar ? :
vw golf tsi 2012. barunya dulu +-350 juta. bekasnya di jual :
325 juta
http://mobil.tokobagus.com/volkswagen/v ... 97339.html
touran juga ngak ada yang mau banting harga :
touran 2010. dulu barunya 373 juta. di jual
299 juta
http://mobil.tokobagus.com/volkswagen/v ... 67429.html
rugi 74 juta. normal kok. lihat crv 2.4 2010 aja hilang 100 juta lebih juga.
golf tsi 2011. dulu barunya 350 juta. di jual
295 juta
http://mobil.tokobagus.com/volkswagen/v ... 27275.html
rugi 55 juta
mobil ginian hatchback bukan suv, bukan 3 baris lagi, tentu resale valuenya ngak bakal super banget seperti diesel suv 3 baris, namun di banding ama merek jepang bensin lain, ngak beda jauh kok ruginya. masih sangat masuk akal gitu.
yang penting kan ngak bikin jantung berhenti dimana nilainya habis pakai 1-2 tahunan ngak terjun bebas ke 100-150 juta gitu. rugi sih pasti, tapi normal gitu.
satu lagi golf tsi 2011,
290 juta
http://mobil.tokobagus.com/volkswagen/v ... 86300.html
nih ada golf merah lagi, tsi, tahun 2010. di jual showroom. harganya juga masuk akal, ngak hancur gitu. masih di level 285 juta. rugi 65 juta. not bad lagi, banding crv yang tahun 2010 udah hilang 100 juta lebih.
http://mobil.tokobagus.com/volkswagen/v ... 25269.html
kalau vw caravelle, ya jangan di lihat deh, barunya 1 M lebih, what do you expect ? pasti awalnya turun banyak resale valuenya. mobil jepang juga ngak beda jauh nasipnya jika udah bicara 1 M ke atas.
yang penting, harga tiguan ini sekarang udah sangat masuk akal, cuman 420 juta untuk spek tinggi, irit, kencang, suv lagi bukan hatchback kate.
pakai common sense aja, golf aja lumayan resale valuenya, apalagi tiguan ?
sedikit contoh lagi supaya lengkap :
golf tsi 2011. di jual
308 juta
http://mobil.kapanlagi.com/volkswagen_g ... 04476.html
golf tsi putih cakep 2010. di jual showroom mobkas. lagi, nilainya masuk akal sekali :
280 juta
http://mobil.kapanlagi.com/volkswagen_g ... 7_skw.html
rugi 70 juta. banding crv 100 juta lebih. ini golf yah, jika beli tiguan juga ruginya segini, udah senyum lebar deh. malah saya duga bisa lebih kuat, karena suv jerman terjangkau, banyak yang cari nanti. bisa lebih kuat banding golf malah.
sudah lihat banyak kasus di atas, saya rasa sudah ngak perlu takut lagi beli tiguan ginian pakai 2 tahunan akan tinggal dapat 100-150 juta. no way. golf aja ternyata perkasa.
ingat, di indonesia, suv jauh lebih di sukai banding hatchback apalagi harganya ngak beda jauh, orang pasti mayoritas carinya suv.