abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by y_anjasrana »

ane sih lebih milih airbag, terutama cup B ke atas........ :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by andy1800 »

@adhi
EBD...Brake Distribution, dlm bentuk sderhana sdh ada di mobil kelas peugeot 504/505, ane sebut sderhana tu skrg ya, tp klo wkt 80an itu tentulah sdh termasuk canggih.
BD mekanis, dg adanya sensor ketinggian suspensi blkg. Dia tentunya mensense beban yg ada dlm mobil, termasuk jg kenunggingan mobil bila ngerem mnddak.
Sensor mekanis tsb lalu diumpan ke suatu distributor minyak rem.
Ane blm amati mendlm klo utk mobil2 skrg, tp ane duga, terutama utk mobil2 toyota umumnya...EBD jg gak canggih2 amat. Gak komplikated amat...tp ya sama dg BD mekanis yg ane ceritakan tsb, lalu dielektronikkan. As simple as that.

Dan spt kebiasaan toyota, dia pasti mikir bikin mekanismenya sesederhana mgkin shg minimize failure.


BA...slh satu peneliti awalnya adlh Merc. Dia simpulkan bhw pd saat pengereman mendadak, srgkali pengerem dlm menjejak pedal rem tu kurang tenaganya.
Oleh krn itu, dia mikir, ya klo terdeteksi ini pengereman mendadak, maka dia akan tambahkan kekuatan "injakan" ke rem tsb. As simple as that jg bukan?


ABS...yg ane bongkar, itu di msg2 as roda akan ada spt bilah2 kipas dg kerapatan kipas yg ckup. Dia lah yg akan menginformasikan kecepatan putar roda tsb ke pickup-sensor (yg berkabel itu)...dan lalu meneruskan sinyal tsb ke prosesor. Ckup simple jg bukan?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by madcat015 »

c_adhi_k wrote:Perumpamaannya aneh2 :mky_05:

Sebenernya udah ada yang pernah ngalamin berhasil melewati kecelakaan karena ada fungsi Abs, atau juga sebaliknya pernah kecelakaan tetapi sangat tertolong menggunakan airbag?
Betul. Sampe otak panas... :upss:

Ane pernah ngalami rem mendadak near accident pake 3 mobil berbeda spek: *untungnya ga pernah kecelakaan*
- CityZ (no abs, no ebd, no ba, no srs). Waktu ujan, meleng liat makhluk bening di pinggir jalan pake payung. Nyaris nubruk Altis. Ane pompa rem kaki, tarik rem tangan, pindah ke gear rendah. Kecepatan 40kpj. Selamat. Ga nubruk. Tapi bumper belakang di tubruk spd motor. Bah. :big_slap:

- SX4 (ABS+EBD). Ngantuk sambil nyetir di perumahan, ane nyaris menyodomi bokong Yaris. Injak rem kuat2, ABS aktif (pedal rem getar) dan ban ga berdecit. Aman... Tapi abis itu mampir ke McD, beli kopi. :big_slap: kecepatan kira2 30an kpj.

- R3, eh, M8 (ABD+EBD+BA). Lagi utak atik menu DVD, nyaris mencium bokong Harrier. Injak rem habis, ABS aktif (pedal getar, bonus sumpah serapah penumpang). Jarak pengereman cukup pendek untuk kecepatan sekitar 35kpj. :upss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by newrubble »

kalo sy liat fakta produksi ...sy blm pernah liat mobil yg tanpa feature abs tapi terpasang airbag ...mungkin krn sy awam perkembangan otomotif

kalo sebaliknya malah banyak (terpasang abs tapi tdk ada airbag) ...trmsk bus antar kota yg sering sy naik ...goldcoast-bne v.v.

active airbag yg multi airbag mampu selamatkan manusia dlm cabin meski konstruksi mobil alami disintegrasi dan tdk terbakar...sy pernah liat saat traffic full stop tdk jauh dari zurich
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by dieselkiki »

pak ruble, jd lebih mahal mana untuk mengomplementasilan airbag atau abs ke sebuah mobil ? single airbag atau abs ? dan kalo dua airbag atau abs ebd ba ?
- faith humanity freedom -
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by DOHC »

kalo ane sehhh abs aja... uda kbukti berguna di kebo ane yg berat nya nyaris 1.6 ton dgn rem bawaan yg seadanya... pas turunan cipularang lg ujan deras mendadak ada truk pindah lajur... pas di rem ga ngunci dan masi bsa ane kontrol tuh mobil...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by AD74YA »

Kalau saya justru pengalaman dengan mobil ABS+EBD+BA+TC mengalami salah bacaan waktu manuver.. Rem kiri depan nge lock, dan mobil terseret ke samping.. Roda hilang grip karena slippery, rem gak mau di kocok karena langsung mengeras setelah ABS error.. Untung berhenti di bahu jalan kira2 5 meter dari jurang..

Setelah itu jadi serem sendiri.. Saya baru nyadar kalau ABS+EBD+BA itu sistem yang sangat delicate, dan nggak selalu bisa diandalin.. Dan yang jelas kalau udah error, ngocok rem pun nggak bisa, kalau udah spin, narik rem tangan malah bisa terjungkal..

Result: cidera engkel karena maksa nekan pedal rem... 1 bulan pakai supporter engkel.
Last edited by AD74YA on Thu Feb 28, 2013 2:53, edited 1 time in total.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by POS VETT »

Kalau di Amrik, airbag harus ada di mobil dan truk ringan; jadi ada juga mobil/truk yang dijual ada airbag-nya tapi tidak ada ABS.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by AD74YA »

Kalau di Amrik kalau gak salah waktu beli mobil bisa milih ya oom Vett? ABS dan Airbag dimasukkan sebagai option?

Tapi denger2 kalau truk nggak ada ABS nya gak bakal susah dijual lagi...

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
bimbimsalabim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Oct 31, 2012 16:27
Location: dipelukan gunung kembar

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by bimbimsalabim »

seingat saya, secara teknis ABS bekerja diatas 40 km/jam. Kalau airbag bekerja karena ada benturan tinggi >> berarti terjadi juga dikecepetan tinggi. Yahh kalau sering mobil dipake di dalam kota, menurut saya sih sia sia. Lah untuk jalan 50 km/jam sudah jarang sekali, kecuali buat luar kota, mungkin penting hal hal seperti ini. ABS juga bisa diciptakan, di mobil non abs, dengan di kocok-kocok kalau sudah berdecit... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by VanzMatic »

c_adhi_k wrote:Perumpamaannya aneh2 :mky_05:

Sebenernya udah ada yang pernah ngalamin berhasil melewati kecelakaan karena ada fungsi Abs, atau juga sebaliknya pernah kecelakaan tetapi sangat tertolong menggunakan airbag?
Sayangnya mobil saya kesundul dari belakang oleh Kijang Innova yang ngerem ngunci alias ngga pake ABS.
Saya tidak tau apakah kalau kijang yg sia'ul itu pake abs ngga jadi nyundul mobil saya?
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by c_adhi_k »

madcat wrote: Betul. Sampe otak panas... :upss:

Ane pernah ngalami rem mendadak near accident pake 3 mobil berbeda spek: *untungnya ga pernah kecelakaan*
- CityZ (no abs, no ebd, no ba, no srs). Waktu ujan, meleng liat makhluk bening di pinggir jalan pake payung. Nyaris nubruk Altis. Ane pompa rem kaki, tarik rem tangan, pindah ke gear rendah. Kecepatan 40kpj. Selamat. Ga nubruk. Tapi bumper belakang di tubruk spd motor. Bah. :big_slap:

- SX4 (ABS+EBD). Ngantuk sambil nyetir di perumahan, ane nyaris menyodomi bokong Yaris. Injak rem kuat2, ABS aktif (pedal rem getar) dan ban ga berdecit. Aman... Tapi abis itu mampir ke McD, beli kopi. :big_slap: kecepatan kira2 30an kpj.

- R3, eh, M8 (ABD+EBD+BA). Lagi utak atik menu DVD, nyaris mencium bokong Harrier. Injak rem habis, ABS aktif (pedal getar, bonus sumpah serapah penumpang). Jarak pengereman cukup pendek untuk kecepatan sekitar 35kpj. :upss:
Disini ditulis kec 35 ABS jalan
sedangkan
abrakadabra wrote: seingat saya, secara teknis ABS bekerja diatas 40 km/jam. Kalau airbag bekerja karena ada benturan tinggi >> berarti terjadi juga dikecepetan tinggi. Yahh kalau sering mobil dipake di dalam kota, menurut saya sih sia sia. Lah untuk jalan 50 km/jam sudah jarang sekali, kecuali buat luar kota, mungkin penting hal hal seperti ini. ABS juga bisa diciptakan, di mobil non abs, dengan di kocok-kocok kalau sudah berdecit... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
ditulis diatas 40 baru fungsi
yang bener yang mana neh?
nubie nunggu jawaban sambil ngudud :big_smoking:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by DOHC »

mengenai airbag... ane perna ketemu 2 kasus mobil yg berairbag tp ga ngembang stelah nabrak... salah satu nya malah ane pas lg jd penumpangnya... subjek mobil honda accord vti-l lansiran 98... dan xtrail t31... yg accord itu sebelah kiri hajar truk engkel ampe dudukan lampu ancur mblesek... radiator retak... tp airbag ga ngembang... dan ane cedera dada karena kena seatbelt.. kalo yg t31, kpunyaan paman ane, krn ngantuk, meleng hajar pembatas tol... kondisi depan sebalah kanan yg ancur ampe bemper sbelah kanan lepas...

kedua kejadian tsb kecepatan diatas 40 kph... dan dua dua nya ga ngembang air bag... apa airbag itu ngembang hanya pada tabrakan frontal tengah kah ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by c_adhi_k »

DOHC wrote:mengenai airbag... ane perna ketemu 2 kasus mobil yg berairbag tp ga ngembang stelah nabrak... salah satu nya malah ane pas lg jd penumpangnya... subjek mobil honda accord vti-l lansiran 98... dan xtrail t31... yg accord itu sebelah kiri hajar truk engkel ampe dudukan lampu ancur mblesek... radiator retak... tp airbag ga ngembang... dan ane cedera dada karena kena seatbelt.. kalo yg t31, kpunyaan paman ane, krn ngantuk, meleng hajar pembatas tol... kondisi depan sebalah kanan yg ancur ampe bemper sbelah kanan lepas...

kedua kejadian tsb kecepatan diatas 40 kph... dan dua dua nya ga ngembang air bag... apa airbag itu ngembang hanya pada tabrakan frontal tengah kah ??
tergantung sensor airbagnya om, kalau belum nubruk sensor ya ga ngembang
penempatan sensor ini juga penting
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by AD74YA »

DOHC wrote:mengenai airbag... ane perna ketemu 2 kasus mobil yg berairbag tp ga ngembang stelah nabrak... salah satu nya malah ane pas lg jd penumpangnya... subjek mobil honda accord vti-l lansiran 98... dan xtrail t31... yg accord itu sebelah kiri hajar truk engkel ampe dudukan lampu ancur mblesek... radiator retak... tp airbag ga ngembang... dan ane cedera dada karena kena seatbelt.. kalo yg t31, kpunyaan paman ane, krn ngantuk, meleng hajar pembatas tol... kondisi depan sebalah kanan yg ancur ampe bemper sbelah kanan lepas...

kedua kejadian tsb kecepatan diatas 40 kph... dan dua dua nya ga ngembang air bag... apa airbag itu ngembang hanya pada tabrakan frontal tengah kah ??
Kalau di negara kita, yang mana sangat mementingkan safety pengguna kendaraan, biasanya sensor dipotong dari 4 di depan, menjadi 2. Dan keduanya hanya bereaksi ke tabrakan frontal tepat di bagian tengah bumper dengan limiter kecepatan tertentu.

Kalau mobil CBU, contohnya CX-9, sensornya ada 6: tengah bumper depan 2, bawah bumper depan 2, kiri kanan bumper depan 2.

M6 sendiri memiliki 4 sensor. Makanya safety nya disertai curtain airbags segala..

Itulah bedanya.. Kalau negara kita kan, perhatian banget masalah safety... Banget...

*mainkan lagu sedih..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by POS VETT »

Seharusnya ABS bekerja di kecepatan di bawah 35 kph (tidak masuk akal juga); kalau ndak salah ingat, pernah baca di mana ABS bekerja di atas 5 mph (8 kph).

Di Amrik, mobil dan truk ringan harus ada airbag-nya (peraturan pemerintah federal) tapi ABS tidak harus. **TAPI** stability control jadi peraturan pemerintah federal juga (terutama soal rollover mitigation di SUV dan truk ringan) dan stability control butuh kemampuan untuk mengerem ban secara individual yang biasanya (yang gw tau) dikontrol oleh ABS.

Ada satu hal yang paling penting. Mobil bisa ada ABS (+EBD +BA), airbags, stability control, traction control, crash prevention, seatbelt pretensioner, dan tetek bengek elektronik lainnya tidak bisa berkelit dari hukum2 fisika. Kebanyakan kecelakaan bisa dihindarkan tanpa bantuan alat2 elektronik ini, jadi jangan terpana dan jadi tergantung. Driving skill harus tetap tajam.

Menurut gw - "idiot-proof systems create idiots".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by AD74YA »

POS VETT wrote: Menurut gw - "idiot-proof systems create idiots".
Setuju banget..

Ini yang dari kemarin saya coba diskusikan di tret sebelah.. Tapi melebar-lebar... Wkwkwkw..

Pengalaman saya di safety system failure bener2 bikin aware kalau more is NOT always better.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by MitshuToyo »

c_adhi_k wrote:
madcat wrote: Betul. Sampe otak panas... :upss:

Ane pernah ngalami rem mendadak near accident pake 3 mobil berbeda spek: *untungnya ga pernah kecelakaan*
- CityZ (no abs, no ebd, no ba, no srs). Waktu ujan, meleng liat makhluk bening di pinggir jalan pake payung. Nyaris nubruk Altis. Ane pompa rem kaki, tarik rem tangan, pindah ke gear rendah. Kecepatan 40kpj. Selamat. Ga nubruk. Tapi bumper belakang di tubruk spd motor. Bah. :big_slap:

- SX4 (ABS+EBD). Ngantuk sambil nyetir di perumahan, ane nyaris menyodomi bokong Yaris. Injak rem kuat2, ABS aktif (pedal rem getar) dan ban ga berdecit. Aman... Tapi abis itu mampir ke McD, beli kopi. :big_slap: kecepatan kira2 30an kpj.

- R3, eh, M8 (ABD+EBD+BA). Lagi utak atik menu DVD, nyaris mencium bokong Harrier. Injak rem habis, ABS aktif (pedal getar, bonus sumpah serapah penumpang). Jarak pengereman cukup pendek untuk kecepatan sekitar 35kpj. :upss:
Disini ditulis kec 35 ABS jalan
sedangkan
abrakadabra wrote: seingat saya, secara teknis ABS bekerja diatas 40 km/jam. Kalau airbag bekerja karena ada benturan tinggi >> berarti terjadi juga dikecepetan tinggi. Yahh kalau sering mobil dipake di dalam kota, menurut saya sih sia sia. Lah untuk jalan 50 km/jam sudah jarang sekali, kecuali buat luar kota, mungkin penting hal hal seperti ini. ABS juga bisa diciptakan, di mobil non abs, dengan di kocok-kocok kalau sudah berdecit... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
ditulis diatas 40 baru fungsi
yang bener yang mana neh?
nubie nunggu jawaban sambil ngudud :big_smoking:
Saya pernah baca buku manual mbl saya ; masih inget ditulis di bawah 10 kmh (5-10 kmh ) kalau gak salah.. logikanya begitu roda berputar sensor seharusnya langsung bisa membaca..
Lagi nginjek rem..
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by POS VETT »

Sensor bisa membaca putaran roda di bawah 5 mph, ndak masalah. Tapi kalau ABS terus berfungsi sampai kecepatan rendah sekali, logikanya ABS-nya jalan terus (selama pedal rem diinjak) karena roda tidak boleh berhenti. Makanya ada threshold speed untuk ABS.

Kalau untuk airbag mungkin benar untuk kecepatan di bawah 35 atau 40 kph ndak jalan karena impact sensornya butuh momentum tertentu dan deselerasi tertentu. Kalau enerji tabrakan diserap oleh crumple zone, deselerasi impact sensornya tidak cukup untuk trigger.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by andy1800 »

Tull...pada dasarnya rotor-sensor n pickup-sensor bs mendeteksi kecepatan brppun.
Cm, masalah prosesor mengolah data mentah tsb dg algoritma spt apa, itu dah terserah msg2 pabrikan.
*bbrp mobil tooyta sistem remnya dibikin oleh Advics.

Ane kdg di kec rendah pun abs bekerja, misalnya, ngerem mendadak tp diatas aspal yg berkerikil/pasir/dirt/slipeery. Jd intinya, itu utk menggambakan bhw masalah algoritma processing, itu tergantung msg2 pabrikan n vendornya...tentu saja berdasar riset mereka mengenai perilaku mobil shubungan dg pengeremannya.
Detailnya bagaimana? Tentu saja bisa dipelajari bersama..


Now, knp ane pernah bongkar subsystem ABS? ...krn terjadi kekliruan bilah kipas di rotor sensor, shg mengakibatkan supply data ke prosesor salah. Prosesornya ketipu. Membuat di kecepatan brppun, asal ngerem, abs nya jd bekerja.
Pada dasarnya pPeluang failure di prosesor nya sendiri tu kecil.
Jd klo ada yg bilang mobil gw dah abs kok pas direm msh miring2 trus itu dianggap abs nya failure, ya nggak juga...blm tentu.

Jg perlu diingat bhw sistem abs tu ya spt yg ane share diatas, gak complicated amat. Intinya, dia bekerja berdasar INPUT dr sensor, dan ada jg FEEDBACK dr jalur hidrolik.
Jd bukan utk menstabilkan mobil ketika, tp cm mencegah terjadinya locking, yg notabene bs mengakibatkan slide.
Sdgkan klo yg lbh canggih, itu ditambahkan subsystem lain, misalnya ESC, VSC, AM-EPS n nama2 sistem proprietary lainnya.

Maksudnya jgn ekspek bhw anda dg ABS EBD BA lalu ngarep mobil direm kencang trus pasti lurus...ya blm tentu...sblm ada Electronic Stability Control, ya kemampuan pengemudi menghadapi situasi krisis swktu pengereman gitu, tetap mash lbh diperlukan.


Klo dah dg stability control, bahkan dg traction control, dsb, itu barulah peran kemampuan nyetir jd less diperlukan.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by VanzMatic »

POS VETT wrote:Sensor bisa membaca putaran roda di bawah 5 mph, ndak masalah. Tapi kalau ABS terus berfungsi sampai kecepatan rendah sekali, logikanya ABS-nya jalan terus (selama pedal rem diinjak) karena roda tidak boleh berhenti. Makanya ada threshold speed untuk ABS.

Kalau untuk airbag mungkin benar untuk kecepatan di bawah 35 atau 40 kph ndak jalan karena impact sensornya butuh momentum tertentu dan deselerasi tertentu. Kalau enerji tabrakan diserap oleh crumple zone, deselerasi impact sensornya tidak cukup untuk trigger.
Jadi keinget nih om vett, pernah ane nonton salah satu stasiun tv lokal indo, menayangkan sebuah mercy model cabriolet (lupa serinya), saat memberi jalan nenek untuk menyeberang, ternyata si nenek2 itu pelan banget nyebrangnya. Nah si driver mengklakson sekali si nenek, ternyata si nenek malah esmosi..eh..emosi, tas tangannya langsung dipakai memukul si mercy, tepat di bumper depannya (bukan kena grille), langsung... BOOFFF!! mengembang lah airbagnya...

berarti, at V=0, airbag juga bisa mengembang ya, asalkan ada momen energi yang diterima sensor yang memicu keluarnya airbag? Bumpernya ngga rusak tuh di tayangan tv nya.
:mky_01:
andy1800 wrote:Tull...pada dasarnya rotor-sensor n pickup-sensor bs mendeteksi kecepatan brppun.
Cm, masalah prosesor mengolah data mentah tsb dg algoritma spt apa, itu dah terserah msg2 pabrikan.
*bbrp mobil tooyta sistem remnya dibikin oleh Advics.

Ane kdg di kec rendah pun abs bekerja, misalnya, ngerem mendadak tp diatas aspal yg berkerikil/pasir/dirt/slipeery. Jd intinya, itu utk menggambakan bhw masalah algoritma processing, itu tergantung msg2 pabrikan n vendornya...tentu saja berdasar riset mereka mengenai perilaku mobil shubungan dg pengeremannya.
Detailnya bagaimana? Tentu saja bisa dipelajari bersama..


Now, knp ane pernah bongkar subsystem ABS? ...krn terjadi kekliruan bilah kipas di rotor sensor, shg mengakibatkan supply data ke prosesor salah. Prosesornya ketipu. Membuat di kecepatan brppun, asal ngerem, abs nya jd bekerja.
Pada dasarnya pPeluang failure di prosesor nya sendiri tu kecil.
Jd klo ada yg bilang mobil gw dah abs kok pas direm msh miring2 trus itu dianggap abs nya failure, ya nggak juga...blm tentu.

Jg perlu diingat bhw sistem abs tu ya spt yg ane share diatas, gak complicated amat. Intinya, dia bekerja berdasar INPUT dr sensor, dan ada jg FEEDBACK dr jalur hidrolik.
Jd bukan utk menstabilkan mobil ketika, tp cm mencegah terjadinya locking, yg notabene bs mengakibatkan slide.
Sdgkan klo yg lbh canggih, itu ditambahkan subsystem lain, misalnya ESC, VSC, AM-EPS n nama2 sistem proprietary lainnya.

Maksudnya jgn ekspek bhw anda dg ABS EBD BA lalu ngarep mobil direm kencang trus pasti lurus...ya blm tentu...sblm ada Electronic Stability Control, ya kemampuan pengemudi menghadapi situasi krisis swktu pengereman gitu, tetap mash lbh diperlukan.


Klo dah dg stability control, bahkan dg traction control, dsb, itu barulah peran kemampuan nyetir jd less diperlukan.
Noted, mbah, sudah saya catet...

Menyimak lagi... :off_good:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2198
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by c_adhi_k »

Jadi kesimpulannya driving skill adalah yang paling penting?
ABS+EBD+BA hanya sitem pembantu yang sebenernya tidak terlalu membantu jika sang driver sendiri tidak mempunyai skill yang mumpuni?
Last edited by c_adhi_k on Fri Mar 01, 2013 6:55, edited 1 time in total.
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by MitshuToyo »

andy1800 wrote:Tull...pada dasarnya rotor-sensor n pickup-sensor bs mendeteksi kecepatan brppun.
Cm, masalah prosesor mengolah data mentah tsb dg algoritma spt apa, itu dah terserah msg2 pabrikan.
*bbrp mobil tooyta sistem remnya dibikin oleh Advics.

Ane kdg di kec rendah pun abs bekerja, misalnya, ngerem mendadak tp diatas aspal yg berkerikil/pasir/dirt/slipeery. Jd intinya, itu utk menggambakan bhw masalah algoritma processing, itu tergantung msg2 pabrikan n vendornya...tentu saja berdasar riset mereka mengenai perilaku mobil shubungan dg pengeremannya.
Detailnya bagaimana? Tentu saja bisa dipelajari bersama..


Now, knp ane pernah bongkar subsystem ABS? ...krn terjadi kekliruan bilah kipas di rotor sensor, shg mengakibatkan supply data ke prosesor salah. Prosesornya ketipu. Membuat di kecepatan brppun, asal ngerem, abs nya jd bekerja.
Pada dasarnya pPeluang failure di prosesor nya sendiri tu kecil.
Jd klo ada yg bilang mobil gw dah abs kok pas direm msh miring2 trus itu dianggap abs nya failure, ya nggak juga...blm tentu.

Jg perlu diingat bhw sistem abs tu ya spt yg ane share diatas, gak complicated amat. Intinya, dia bekerja berdasar INPUT dr sensor, dan ada jg FEEDBACK dr jalur hidrolik.
Jd bukan utk menstabilkan mobil ketika, tp cm mencegah terjadinya locking, yg notabene bs mengakibatkan slide.
Sdgkan klo yg lbh canggih, itu ditambahkan subsystem lain, misalnya ESC, VSC, AM-EPS n nama2 sistem proprietary lainnya.

Maksudnya jgn ekspek bhw anda dg ABS EBD BA lalu ngarep mobil direm kencang trus pasti lurus...ya blm tentu...sblm ada Electronic Stability Control, ya kemampuan pengemudi menghadapi situasi krisis swktu pengereman gitu, tetap mash lbh diperlukan.


Klo dah dg stability control, bahkan dg traction control, dsb, itu barulah peran kemampuan nyetir jd less diperlukan.
Ic..ic.. tfs.. tapi pak andy sendiri pilih mana ?
kabarnya kalau nyetir selalu anti rem.. entah pas lewat perlintasan KA atau poldur.. :big_weee:
Lagi nginjek rem..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by andy1800 »

lha ini ....kena mantra2 slh seorang karib neeh... jdnya gak sadar deh otomatis kaki gerak2 ndiri "Lagi nginjek rem.."
:frm_bang_head:

:big_weee:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: abs atau srs airbag lebih penting mana ?

Post by POS VETT »

VanzMatic wrote:Jadi keinget nih om vett, pernah ane nonton salah satu stasiun tv lokal indo, menayangkan sebuah mercy model cabriolet (lupa serinya), saat memberi jalan nenek untuk menyeberang, ternyata si nenek2 itu pelan banget nyebrangnya. Nah si driver mengklakson sekali si nenek, ternyata si nenek malah esmosi..eh..emosi, tas tangannya langsung dipakai memukul si mercy, tepat di bumper depannya (bukan kena grille), langsung... BOOFFF!! mengembang lah airbagnya...

berarti, at V=0, airbag juga bisa mengembang ya, asalkan ada momen energi yang diterima sensor yang memicu keluarnya airbag? Bumpernya ngga rusak tuh di tayangan tv nya.
:mky_01:
Walah, yang begini sih buat lelucon.
c_adhi_k wrote:Jadi kesimpulannya driving skill adalah yang paling penting?
Ndak ada habisnya driving skills.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"