Resale value mobil ngak ada yang namanya setahun rugi sekian konstan. Hampir semua mobil ruginya paling besar tahun pertama, berikutnya tahun ke 2 mendingan. Decelerasi. Waktu itu ada yang bilang estimasi dia sportage baru akan rugi 50 juta setahun. Wah, kalau gitu 6 tahun nilainya udah habis, ENOL dong ?
Wah jika gitu ya udah saya ambil deh semua unit sportage bekas yang sudah gratis. Bisa piara 50 aja lumayan. Paling di jadikan kado ulang tahun untuk saudara / teman. Mobil gratis ! Siapa yang ngak mau ? Meskipun nilainya sudah enol ? Masuk akal ngak ?
Biasanya mobil depresiasinya gini, contoh estimasi saya (perlu di cross cek nanti), sportage baru, tahun pertama hilang misalnya 15%, tahun pertama hilang 45 juta, tahun ke 2 hilang lagi mungkin 30 juta, tahun ke 3 cuman hilang 20-25 juta, tahun ke 4 hilang 15 juta.
Cuman saya perhatiin, mobil yang barunya < 200 juta, apalagi jika non-sedan dan 3 baris, cepat sekali decelerate ke penurunan cuman sekitar 5-10 juta setahun doang. Karena udah terjangkau banyak orang, pasarnya jadi ramai, permintaannya tinggi, jadi turunnya dikit berikutnya.
Sebaliknya, mobil yang barunya mahal banget, apalagi jika bensin cc gede, sedan, ya pattern depresiasinya bisa misalnya yr 1 : 80 juta, yr 2 : 70 juta, yr 3 : 60 juta, yr 4 : 40 juta ? Lebih tajam terus turunnya sebelum memang pasti akan bottom out juga turun cuman 10-20 juta setahun, cuman entah tahun / usia ke berapa.
Namun kadang ada pengecualian. Contoh, mercy c class yang baru yang irit itu, meskipun sedan, dan memang tahun pertama paling kejam depresiasinya, tapi mulai dari tahun ke 3 turunnya udah lumayan pelan untuk ukuran sedan. Mungkin karena citra mercy, nama besar, image mercy, dan fakta bahwa mesin cginya sangat irit (torsi maxnya mulai ada di rpm 1800 mirip diesel common rail) jadi resale valuenya termasuk lumayan bagus untuk ukuran sedan. Biasanya sedan bensin kan torsi maxnya lebih dari 4000 rpm baru dapat. Dengar mercy c class cgi dalam kota bisa 1:9-10 gampang.
Tergantung modelnya dan harga saat barunya juga. Gampang kok mau tau pattern depresiasi mobil apapun yang sudah lama beredar di pasar, tinggal lihat nilai bekasnya misalnya tahun 2012, 2011, 2010, 2009. Ketahuan kok makin tua turunnya makin dikit.
Dengan assumsi kenaikan harga barunya normal. Namun jika dalam 2 tahun kedepan, harga toyota dan honda naik lagi 70%, ya siap menikmati untung deh yang beli mereka sekarang. Seperti kasus avanza / fortuner / crv dll. orang yang beli sebelum tahun 2008-2010.
bali_juventino wrote:klo crv gen 3 kyknya jelek juga..
setahun rata2 depresi brp bnyk?