Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
om_arsu wrote:
ndut2 an itu artinya semprotan bbm gak konstan bro. perlu di cek fuel pump - saringan bensin - injektor. paling gampang kocok dulu saringan bensin trus tuangin ke aqua gelas. kalo udah kaya kopi ganti aja. umumnya solved
BBM selalu pertamax neh om. akhir2 ini malah ane cekokin pertamax plus mulu soalnya pengalaman di mobil lama dicekokin pertaplus ngeltik berkurang jauh & tarikan jadi enak. terbukti sih di swift ane sekarang tapi ya itu ndut-ndutannya nih ga ilang2
kalo saringan bensin emang ada kemungkinan kotor om walaupun jarak tempuh mobil ane baru 6400 KM??
ane juga gitu barusan, tapi mesin karburator. yang sudah dilakukan:
- fuel pump: ok, baru setaun ganti
- ganti busi baru: ok
- cek kabel busi tahanannya : masih ok
- cek dsitributor + amplas kontaknya: masih ok
- ganti saringan bensin: nah kotor bgt, ganti baru ,,endut2 an agak kurang, tp masih ada
- servis karburator: 1/2 overhaul. nah ini biangnya, mobil skrg udah alus lagi dan lbh nendang tarikannya
kalau injektor: ya ikutin aja yg diatas, dimulai dari yg paling murah... good luck gan..
imsus2c wrote:Analisa awam saja ya..., jadi silahkan dikoreksi
Kalau carb/injector cleaner memang sifatnya abrasif, makanya salah satu fungsinya ngikis deposit
Kalau untuk bersihin perangkat elektronik, mustinya ya sekedar membersihkan dan membuang lemak/kotoran, makanya kalau untuk perangkat elektronik pakainya contact cleaner atau electronic contact cleaner.
Termasuk buat sensor MAF ini, rasanya masih sejenis dengan contact cleaner
okeh nih bos buat info nya. ane baru tau kl sensor air flow kena carburator spray bisa rusak hehehehhe
thanks ya buat infonya
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
swift nya sayang banget tuh dipakein 10W-40... tanggung... mending balik ke SGO 5-30 atau naek in kelas ke motul atau q8 yg tingkatan 5-30... ada 2 temen ane yg make swift ama sx4, ane rekomen utk naek kelas oli nya ke 5-30... dan mreka puas walaupun masing2 pake beda merek oli...
Jambangan wrote:
DOHC wrote:waduh... kalo soal ndut2an.. mungkin master2 sesepuh dsini yg lebi jago bsa lebi memberikan arahann...
itu busi uda bener blom gap nya, bsa pake feeler gap gauge (ga tau bener ga namanya) buat di cek.. trus pake oli nya apa, kalo masi pake kabel busi, coba dicek kenceng ga nancep nya... filter udara gmana kondisi nya.. jakarta kan super kotor udaranya.. trus terakhir yahh kualitas bensin nya gmana...
kalo itu smua kondisi nya masi bagus yahh emang karakter mobil nya gt...
mobil ane livina jg terkenal kategori ndut2an parah bro.. gigi 1 ndut2an.. gigi 2 lemot.. tp sejak ane ganti ke oli yg agak bagusan, rutin bersihin busi ama filter udara... gejala ndut2an berkurang walaupun masi ada sehh..
coba besok ane bawa ke bengkel bro biar dicek sama mereka tapi kyknya ga ke beres suzuki deh soalnya baru 2 kali servis disitu udh dapet pengalaman ga ngenakin
oli pake mobil super 10W-40 nih bro. sebelumnya pake SGO 5W-30 tapi gara2 waktu itu ganti oli di beres dipakein engine flush tanpa ganti filter oli makanya ane ganti tuh oli pake mobil super 10W-40 diluaran bro
om_arsu wrote:
ndut2 an itu artinya semprotan bbm gak konstan bro. perlu di cek fuel pump - saringan bensin - injektor. paling gampang kocok dulu saringan bensin trus tuangin ke aqua gelas. kalo udah kaya kopi ganti aja. umumnya solved
BBM selalu pertamax neh om. akhir2 ini malah ane cekokin pertamax plus mulu soalnya pengalaman di mobil lama dicekokin pertaplus ngeltik berkurang jauh & tarikan jadi enak. terbukti sih di swift ane sekarang tapi ya itu ndut-ndutannya nih ga ilang2
kalo saringan bensin emang ada kemungkinan kotor om walaupun jarak tempuh mobil ane baru 6400 KM??
@DOHC
haha.. Sayang ya bro dikasih oli 10-40
Iya neh rencana servis 10rb KM mo ane ganti lagi ke SGO 5-30
Waktu itu ane ganti ke 10-40 gara2 darurat aja bro soalnya pas ganti oli di beres dikasiin engine flush tapi filter oli ga diganti
Tapi emang lebih kebiasa pake 10-40 neh bro suara mesin lebih halus
teori nya sehh pd blg oli tingkatan 5W atau yg lebi encer bikin suara mesin lebi ksar... dulu ipah ane jg pake 5-30 dan 5-40 beda suaranya pas awal2... tp skrg, malah lebi enak pake 5-30... suara mesin dari pas baru nyala ampe mesin panas ga terlalu berisik... malah pake 10-40 dulu, pas baru nyala ad bunyi tek tek tek dulu beberapa detik..