Klw ga mau resiko, saran saya agak gila sih, tuker aja semua mesin transmisi nya sekalian... Karena ga mau tuker mobil ya tuker jeroannya aja
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
klw saya mesin dan transmisi di swap dgn milik hilux dari halfcut.. jd literaly jeroan hilux masuk ke cj.... termasuk wiringnya. dan CJ7 sendiri sangat minim wiring dan fitur jd lebih mudah prosesnya.aabx wrote:Thanks a lot responnya ombillyd1773dz wrote: Ya bisa aja.... Asal mau bayarin swap komponenya.. terus bisa jadi beli masalah juga dr komponen yg di tukar dan timbul dari proses swap.
Sya owner cj7 81 sudah saya swap jadi matic.
![]()
Untuk cj7 om ada kendala juga kah dalam proses swap maupun ketika udah running?
sofar running well.. meski bohong jika dibilang langsung bebas masalah, dan sama baiknya seperti mbl keluar dari pabrik, terutama estetika, indikator, dan reliability
jika mbl simpanan/mainan tdk masalah, masalah yg timbul sedikit2 di perbaikin part of the fun.
tp jika workhorse apalagi mbl satu2nya.. resikonya lebih besar..
jgn sampe cuma ingin ganti matic, mbl jd bermasalah dan lebih banyak tinggal di bengkel, trutama klw mblnya harus dpke harian

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Thanks om pugman dan om doge masukannyaPugman wrote:Kalau mobil dianggap sekadar transporter maka tukar mobil adalah hal yang paling logis.doge wrote:Jujur aja, aku sependapat sm om FMEAKD...
Klo bs tuker mobil aja ngapain repot" ngeswap...
Karena: g keluar duit bnyk (paling kluar duit bwt gnti selisih hrg jual barang sm gnti nama di surat), g ada resiko klo smpe somehow ada yg slh dlm proses swapping, g ruwet ngurusi surat"mobil klo smpe trnyt ada ket transmisi di suratnya(kecuali klo sdh biasa g ngurusin legalitas dll) krn klo smpe mobilnya mw dijual lg mungkin bakal nyulitin proses negonya (klo buyernya teliti)
Dan bner kata om billy... namanya swap ada resikonya...
At ke mt sih relatif aman... tp klo mt ke at ini agak risiko... apa ecunya nyambung ke tcu? Apa ecu mt sm ecu at sama? Apa ada lg yg beda?
Tapi kalau dianggap sebagai lebih dari itu ya memang hal2 yang lebih logis akan dikesampingkan dan resiko yang lebih besar harus diambil. Kalau siap dengan semua itu ya please.. Go ahead..
Dibengkel langganan saya bahkan ada orang yang swap dari diesel AT ke bensin MT dan fine2 aja.
Oya kalau kalau mau tuker transmisi setau saya bukan cm mekanikal transmisi, ecu, tcu/tcm yang ditukar. Bahkan shift knob dan konsol speedometer juga ikut ditukar.
Ya om pugman, untuk perintilan masih ngelengkapin liat apa aja yang ikut ditukar, so far di list udah cukup banyak, dan dari forum2 luar juga cukup info untuk swap di tipe mobil saya
Di jakarta om, mungkin bisa dikasih tau bengkel2 mana aja nih om? By pm mungkin kalau takut dibilang promosi hehe, thanks omidlamahilang wrote:lokasi civic2nya dimana tuh? kalo di jakarta ada bbrp bengkel yang bisa. malah kalo 2 mobil dateng barengan, mereka suka karena bisa langsung digarap ga perlu nunggu parts2 lain.
Thanks om ChZ, untuk perintilan emang cukup banyak yang diganti, dan betul kalau exhaust juga akan ikut ditukar. So far perintilan diluar engine udah cukup banyak infonya, namun masih mau mastiin kalau internal engine sama hehe.ChZ wrote:A bit risky... Tapi kalo 2 mobil identik, better ECU/TCU nya dituker semua...
Krn pernah kejadian di mobil temen sy honda jazz gd3 swap cvt ke manual ga bisa lebih dari rpm 3000 krn entah ecu apa tcu nya masih default setting nya CVT... Jd dia di limit di rpm 3000 krn dianggap masih gigi netral.
Di mobil yang sama, terkadang sama sama at dan mt juga bisa beda di design komponen lain misal exhaust... ukuran exhaust at biasa lebih kecil dari mt...
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Siap om Omnibus, saya catat masukannya, thanks.Omnibus wrote:jangan lupa wiring harness nya beda atau sama identik. nanti sdh cape2 pindahin parts taunya beda .... apalagi kl yg dibutuhkan jd 1 sama body harness lainnya.
ujung2nya diakalin tarik kabel baru sana sini .... udah ga ori look fire hazard pula
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Sebenernya gak gila juga sih om, karena salah satu rencana prosesnya subframe ikutan ditukar juga, malah jadi lebih simpel hehe. Sayangnya pihak donor masih lebih sayang sama enginenya.ChZ wrote:Klw ga mau resiko, saran saya agak gila sih, tuker aja semua mesin transmisi nya sekalian... Karena ga mau tuker mobil ya tuker jeroannya aja
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Paham om, berarti dari pengalaman swap om banyak ubahan terutama di mountingnya kah? Thanks masukannya om, kebetulan kedua mobil juga bisa dibilang semi project car hehe.billyd1773dz wrote:klw saya mesin dan transmisi di swap dgn milik hilux dari halfcut.. jd literaly jeroan hilux masuk ke cj.... termasuk wiringnya. dan CJ7 sendiri sangat minim wiring dan fitur jd lebih mudah prosesnya.
sofar running well.. meski bohong jika dibilang langsung bebas masalah, dan sama baiknya seperti mbl keluar dari pabrik, terutama estetika, indikator, dan reliability
jika mbl simpanan/mainan tdk masalah, masalah yg timbul sedikit2 di perbaikin part of the fun.
tp jika workhorse apalagi mbl satu2nya.. resikonya lebih besar..
jgn sampe cuma ingin ganti matic, mbl jd bermasalah dan lebih banyak tinggal di bengkel, trutama klw mblnya harus dpke harian
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Sebenernya gak gila juga sih om, karena salah satu rencana prosesnya subframe ikutan ditukar juga, malah jadi lebih simpel hehe. Sayangnya pihak donor masih lebih sayang sama enginenya.ChZ wrote:Klw ga mau resiko, saran saya agak gila sih, tuker aja semua mesin transmisi nya sekalian... Karena ga mau tuker mobil ya tuker jeroannya aja
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Paham om, berarti dari pengalaman swap om banyak ubahan terutama di mountingnya kah? Thanks masukannya om, kebetulan kedua mobil juga bisa dibilang semi project car hehe.billyd1773dz wrote:klw saya mesin dan transmisi di swap dgn milik hilux dari halfcut.. jd literaly jeroan hilux masuk ke cj.... termasuk wiringnya. dan CJ7 sendiri sangat minim wiring dan fitur jd lebih mudah prosesnya.
sofar running well.. meski bohong jika dibilang langsung bebas masalah, dan sama baiknya seperti mbl keluar dari pabrik, terutama estetika, indikator, dan reliability
jika mbl simpanan/mainan tdk masalah, masalah yg timbul sedikit2 di perbaikin part of the fun.
tp jika workhorse apalagi mbl satu2nya.. resikonya lebih besar..
jgn sampe cuma ingin ganti matic, mbl jd bermasalah dan lebih banyak tinggal di bengkel, trutama klw mblnya harus dpke harian
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ganti Transmisi MT ke AT atau sebaliknya, bisakah?
Klw kasus saya jelas mounting rubah semua,
Klw kasus om yg dri donor mbl yg sama bisa jd lebi minim ubahany, meski karna lebih canggih komponen bisa jd lebi banyak

Klw kasus om yg dri donor mbl yg sama bisa jd lebi minim ubahany, meski karna lebih canggih komponen bisa jd lebi banyak
