
Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Iya nech...kayaknya harus lebih fokus ke SEL aja mengingat budget saya yg terbatas..dan juga karena pengetahuan saya tentang otomotif yg masih sangat minim...kecuali kalau emang dapat jodoh GTi yg kondisinya sangat fit dan murah...


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Nambahin....
Trauma ama Pug? Yup, jelas, mobil Eropa, BRAND APAPUN, mo injexi mo karbu jadul, tetep harus di bengkel spesifik. Dari banyak sekali kasus di mobil Euro tua, bisa dipastiin Pug GTI anda yang sakit2an itu pernah salah diagnosa oleh bengkel gak kompeten Euro brand. Salah troubleshoot > Salah diagnosa > Salah SOP > Paksa jalan walau blom sempurna sembuh > Amburadul Pug nya pas di tangan anda.
Jangankan Euro injexi. Wonk temen saya yang miara Fiat jadul karbu bermesin sederhana aja bilang memang Euro harus ditanganin bengkel spesialis, 'coz konstruksi karbunya rada nyeleneh (katanya sih.... Saya gak ngerti pastinya), dibanding karbu brand Jepang. OEM brand karbu Euro biasanya Solex, Pieburg, Zenith, yang mana gak semua bengkel ngerti nanganinnya.
So, hati2lah meminang. Jangan dapet duren busuk. Karena, IMO, 5 jeti untuk pembenahan PLUS audio itu, maaf sebesarnya, mefet loh bro....
Mending 5 jetinya jangan diapa2in dulu buat audio. Tar setelah waktu tertentu, sebulan kek, adaaaa aja penyakitnya muncul 1 1 yang tadinya blom muncul saat baru kita tebus. Itu udah aturan baku minang mobil seken/berumur. Tunggu beberapa saat.
Begitu....
OB sotoy....
Trauma ama Pug? Yup, jelas, mobil Eropa, BRAND APAPUN, mo injexi mo karbu jadul, tetep harus di bengkel spesifik. Dari banyak sekali kasus di mobil Euro tua, bisa dipastiin Pug GTI anda yang sakit2an itu pernah salah diagnosa oleh bengkel gak kompeten Euro brand. Salah troubleshoot > Salah diagnosa > Salah SOP > Paksa jalan walau blom sempurna sembuh > Amburadul Pug nya pas di tangan anda.
Jangankan Euro injexi. Wonk temen saya yang miara Fiat jadul karbu bermesin sederhana aja bilang memang Euro harus ditanganin bengkel spesialis, 'coz konstruksi karbunya rada nyeleneh (katanya sih.... Saya gak ngerti pastinya), dibanding karbu brand Jepang. OEM brand karbu Euro biasanya Solex, Pieburg, Zenith, yang mana gak semua bengkel ngerti nanganinnya.
So, hati2lah meminang. Jangan dapet duren busuk. Karena, IMO, 5 jeti untuk pembenahan PLUS audio itu, maaf sebesarnya, mefet loh bro....
Mending 5 jetinya jangan diapa2in dulu buat audio. Tar setelah waktu tertentu, sebulan kek, adaaaa aja penyakitnya muncul 1 1 yang tadinya blom muncul saat baru kita tebus. Itu udah aturan baku minang mobil seken/berumur. Tunggu beberapa saat.

Begitu....


Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Siiiiiiipp...terimakasih banyak untuk advise-nya..sambil pelan2 berburu..hati2..dan yang jelas ga malu bertanya kepada yg sudah lebih berpengalaman ya Om..dan jangan kapok kalau sewaktu2 saya repotiin dengan banyak pertanyaan...hehehehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Pengalaman ane NOL di Twincam loh om.... 

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
hehe...Nightster Guy wrote:Nambahin....
Trauma ama Pug? Yup, jelas, mobil Eropa, BRAND APAPUN, mo injexi mo karbu jadul, tetep harus di bengkel spesifik. Dari banyak sekali kasus di mobil Euro tua, bisa dipastiin Pug GTI anda yang sakit2an itu pernah salah diagnosa oleh bengkel gak kompeten Euro brand. Salah troubleshoot > Salah diagnosa > Salah SOP > Paksa jalan walau blom sempurna sembuh > Amburadul Pug nya pas di tangan anda.
Jangankan Euro injexi. Wonk temen saya yang miara Fiat jadul karbu bermesin sederhana aja bilang memang Euro harus ditanganin bengkel spesialis, 'coz konstruksi karbunya rada nyeleneh (katanya sih.... Saya gak ngerti pastinya), dibanding karbu brand Jepang. OEM brand karbu Euro biasanya Solex, Pieburg, Zenith, yang mana gak semua bengkel ngerti nanganinnya.
So, hati2lah meminang. Jangan dapet duren busuk. Karena, IMO, 5 jeti untuk pembenahan PLUS audio itu, maaf sebesarnya, mefet loh bro....
Mending 5 jetinya jangan diapa2in dulu buat audio. Tar setelah waktu tertentu, sebulan kek, adaaaa aja penyakitnya muncul 1 1 yang tadinya blom muncul saat baru kita tebus. Itu udah aturan baku minang mobil seken/berumur. Tunggu beberapa saat.
Begitu....![]()
OB sotoy....
ane seneng dengan Statement ente yg ane bold itu bro NG.
Duren itu buah yg manis, enak dan legit. Tapi kalo busuk ???... walohhuallam deh.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Saya tambahin ya, kursi GTi itu bucket seat, dan ada gauge2 tambahan seperti buat suhu oli dll (apa aja aku lupa.... Udah 20 tahun yg lalu punyanya). Kalau eksterior cuma beda pernak pernik gak guna.
Kalau bensin dulu pakai premium aja kok gak masalah, tinggal setel timing aja khan. Mesin bukan ajut2an tapi krn mainnya di rpm atas doang, jadi kurang enak dipakai. Di rpm bawah ngempos banget. Untuk itu gak diajurkan deh. Mending Lancer GTi atau Gallant. Kalau harus Toyota, ya ambil Twincam aja.
Kalau gak salah corolla twincam dan GTi juga pakai AFM lho. Itu tuh, yang dikeluhkan di Peugeot 505GTi di atas. Kalau di Peugeot harganya 2,5 juta baru, atau 500 ribu kalau cabut dari kampakan BMW 318i (barangnya sama). Kalau untuk Corolla GTi saya gak kopi harganya.
Jadi untuk Peugeot 505GTi bukan ECUnya yang error tapi AFMnya yang udah aus. Mahal ya, 500 ribu. Ribet lagi, untuk bongkar dan pasang perlu 60 menit tuh. Bos Chris99 ini pasti kena bengkel amatiran deh. Padahal mobil tua injeksi itu mudah banget.
Justru kalau karbu sekarang udah susah cari kitnya.
Kalau bensin dulu pakai premium aja kok gak masalah, tinggal setel timing aja khan. Mesin bukan ajut2an tapi krn mainnya di rpm atas doang, jadi kurang enak dipakai. Di rpm bawah ngempos banget. Untuk itu gak diajurkan deh. Mending Lancer GTi atau Gallant. Kalau harus Toyota, ya ambil Twincam aja.
Kalau gak salah corolla twincam dan GTi juga pakai AFM lho. Itu tuh, yang dikeluhkan di Peugeot 505GTi di atas. Kalau di Peugeot harganya 2,5 juta baru, atau 500 ribu kalau cabut dari kampakan BMW 318i (barangnya sama). Kalau untuk Corolla GTi saya gak kopi harganya.
Jadi untuk Peugeot 505GTi bukan ECUnya yang error tapi AFMnya yang udah aus. Mahal ya, 500 ribu. Ribet lagi, untuk bongkar dan pasang perlu 60 menit tuh. Bos Chris99 ini pasti kena bengkel amatiran deh. Padahal mobil tua injeksi itu mudah banget.
Justru kalau karbu sekarang udah susah cari kitnya.
Ready to Race
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Terimakasih atas masukan Om darsono..mungkin emang bener karena trauma pernah direpotkan si 505GTi yg menyebabkan saya agak takut memilih mesin injeksi yg sudah tua..tapi mmg mungkin dulu saya salah pilih bengkel..karena di tahun pertama ga pernah ada masalah..tapi krn saya pindah otomatis saya pindah bengkel..sejak saat itu si 505 GTi jadi bermasalah..hampir tiap minggu harus apel ke bengkel karena overheat..ga bisa langsam..di putaran rendah sering mati..AC tiba2 ga dingin..steer jadi berat..dan terakhir ta jual karena si montir bilang harus diganti ECU-nya..makanya rencana ambil mobil yang berikut ini saya bener2 harus ekstra hati2 dan rajin bertanya..memang susah sih nyari mobil tua yang bisa dipakai harian dengan budget yg terbatas..tapi atas petunjuk Om Om di forum ini semoga saya bisa menemukan mobil yg tepat..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Ya Om Chris, kalau mau cobain kaleng Jepun silahkan saja. Semoga dapet yang sehat dan terutama bisa dapat bengkel yang profesional. Banyak sekali bengkel yang kacau.
505nya mau dilepas berapa nih?
505nya mau dilepas berapa nih?
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
pake sebulan atau 500 km baru kelihatan penyakitnya ganNightster Guy wrote:Nambahin....
Trauma ama Pug? Yup, jelas, mobil Eropa, BRAND APAPUN, mo injexi mo karbu jadul, tetep harus di bengkel spesifik. Dari banyak sekali kasus di mobil Euro tua, bisa dipastiin Pug GTI anda yang sakit2an itu pernah salah diagnosa oleh bengkel gak kompeten Euro brand. Salah troubleshoot > Salah diagnosa > Salah SOP > Paksa jalan walau blom sempurna sembuh > Amburadul Pug nya pas di tangan anda.
Jangankan Euro injexi. Wonk temen saya yang miara Fiat jadul karbu bermesin sederhana aja bilang memang Euro harus ditanganin bengkel spesialis, 'coz konstruksi karbunya rada nyeleneh (katanya sih.... Saya gak ngerti pastinya), dibanding karbu brand Jepang. OEM brand karbu Euro biasanya Solex, Pieburg, Zenith, yang mana gak semua bengkel ngerti nanganinnya.
So, hati2lah meminang. Jangan dapet duren busuk. Karena, IMO, 5 jeti untuk pembenahan PLUS audio itu, maaf sebesarnya, mefet loh bro....
Mending 5 jetinya jangan diapa2in dulu buat audio. Tar setelah waktu tertentu, sebulan kek, adaaaa aja penyakitnya muncul 1 1 yang tadinya blom muncul saat baru kita tebus. Itu udah aturan baku minang mobil seken/berumur. Tunggu beberapa saat.
Begitu....![]()
OB sotoy....
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Weees, 5 jeti mah, bisa bikin 505 lancar lagi.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
asudarsono wrote:Weees, 5 jeti mah, bisa bikin 505 lancar lagi.
om Asu bisa baikin , wah hebat dong
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Wadowh...505-nya diambil saudara sendiri di Semarang..505 GTi 1989 warna Grey, body utuh tanpa keropos..cat 70 %.. HU Pioneer (serinya lupa, CD MP3) power lupa..mid and twiter vocal..subwoofer 12" JBL..jok dan doortrim mbtech..semua indikator masih berfungsi..velg dan ban semua baru 205 16 45..per dah diatur ulang jadi kesan ceper..dengan kondisi mengidap penyakit seperti yg saya sebutkan diatas..2 bulan yg lalu tanpa buka harga dikasih duit 20jt..ga tau kemahalan atau kemurahan tuh..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Kalo sehat, Pug GR dan GTI kenyamanannya, handling dan stabilitasnya di atas kelas Corona/Accord y om? Seumur2 blom pernah naek GR GTI.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Ya bisa dong,solar_kerosen wrote:asudarsono wrote:Weees, 5 jeti mah, bisa bikin 505 lancar lagi.
om Asu bisa baikin , wah hebat dong
AC 3 jt, AFM 1 jt, seal power steering 300 ribu, ongkos kerja 750 ribu. Longgar kok, yg mahal ACnya doank. Tapi gpp, dengan kondisi gitu dibeli 20 juta juga udah cocok deh.
Lumayan nambah beberapa duit bisa berjaya dapat kaleng Jepun yang sama usianya. Di Semarang juga banyak bengkel Peugeot yang baik.
Yang penting juga hati2 cari bengkelnya, om Chris. Sayang mobilnya. Twincam itu bagus kok.
Good luck ya.
Ready to Race
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Betul Om Dar..kalau ngomongin pas sehat..bukannya memuji si 505..mobil tu mantap sekali..handling dan kestabilannya luar biasa..saya ga bs bandingin corona karena belum pernah nyoba corona..yg jelas kalu dibanding cressida menurut saya lebih nyaman si pug..baik saat dibawa lari di track lurus ataupun saat dipakai nikung..ga ada limbungnya sama sekali..btw itu versi saya lho ya..hehehehe
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Kalo mau mobil Eropa tua kuat ambil Mercedes aja. Mobil Eropa bukan satu merek/kasta...gak bisa pukul rata disamain.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Gak perlu lebay om

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
maap numpang tanya.... sbenernya definisi dr GTi tu ap si???
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
kalo mau dijual lagi... kasih kabar ya oom...chris99 wrote:Wadowh...505-nya diambil saudara sendiri di Semarang..505 GTi 1989 warna Grey, body utuh tanpa keropos..cat 70 %.. HU Pioneer (serinya lupa, CD MP3) power lupa..mid and twiter vocal..subwoofer 12" JBL..jok dan doortrim mbtech..semua indikator masih berfungsi..velg dan ban semua baru 205 16 45..per dah diatur ulang jadi kesan ceper..dengan kondisi mengidap penyakit seperti yg saya sebutkan diatas..2 bulan yg lalu tanpa buka harga dikasih duit 20jt..ga tau kemahalan atau kemurahan tuh..


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Grand Touring injection, k4ngak4ng wrote:maap numpang tanya.... sbenernya definisi dr GTi tu ap si???

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
jadi pilihan TS apa Toyota Ji Ti Ay atau masih tetap Peot GTI 505




Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Fri Sep 02, 2011 3:42
Re: Twincam SE Limited atau GTi untuk pemakaian harian?
Wah...kayaknya mau bener2 mau dipelihara ama saudara saya tu om..karena udah lama dia tertarik ama ex mobil saya tersebut..pas denger saya mau lepas mobil itu karena sakit2an langsung dia ambil..poeticmind wrote:kalo mau dijual lagi... kasih kabar ya oom...chris99 wrote:Wadowh...505-nya diambil saudara sendiri di Semarang..505 GTi 1989 warna Grey, body utuh tanpa keropos..cat 70 %.. HU Pioneer (serinya lupa, CD MP3) power lupa..mid and twiter vocal..subwoofer 12" JBL..jok dan doortrim mbtech..semua indikator masih berfungsi..velg dan ban semua baru 205 16 45..per dah diatur ulang jadi kesan ceper..dengan kondisi mengidap penyakit seperti yg saya sebutkan diatas..2 bulan yg lalu tanpa buka harga dikasih duit 20jt..ga tau kemahalan atau kemurahan tuh..