
btw yg saya posting itu gambar diagram mesin Chrysler HEMI...OHV tapi dng posisi valve miring karena menyesuaikan dng bentuk ruang bakar model kubah (HEMI-spherical)

http://en.wikipedia.org/wiki/Chrysler_Hemi_engine
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
masa ane pakar sih, perasaan kemaren ngikut nanya dehHansen wrote:salut ama pakar yg posting di bawah ane ini...![]()
![]()
biasanya pakar kalo mau ngetes muridnya sih dengan cara pura2 ngikut nanya dehscorpio wrote:masa ane pakar sih, perasaan kemaren ngikut nanya dehHansen wrote:salut ama pakar yg posting di bawah ane ini...![]()
![]()
Yaa memang waktu post link itu, ngga bisa di klik.jalu wrote:nahh...gambar diatas itu yg saya posting sebelumnya & gak bs diliat sm VM
tp kok di browser saya bisa ya![]()
![]()
Kalo gak salah ini istilah bawaan dr masa lalu, krn sebelum OHV, mesin Pushrod dulu katup-nya di samping (Side valve)scorpio wrote: OHV itu = yg pushrod itu ya?
lantas kenapa bisa dikasi nama Over Head Valve yah??
Kalo DOHC banci dan asli itu apa gan? Kalo twincam itu apa?VanzMatic wrote:Yaa memang waktu post link itu, ngga bisa di klik.jalu wrote:nahh...gambar diatas itu yg saya posting sebelumnya & gak bs diliat sm VM
tp kok di browser saya bisa ya![]()
![]()
Nah, gimana k4ng..? Sudah jelas?
Coba ak4ng cari literatur lagi, ada pertanyaan menarik:
1. Mengapa sekarang jarang digunakan sistem OHV (dgn sistem pushrod)? Apa kelemahannya, kok sampai jarang yang makai, kecuali karena memakai kubah berdesain HEMI Spherical?
2. Kenapa ada DOHC Banci dan DOHC Asli? DOHC banci itu istilah di kalangan anak klub, kepada sebuah mesin yang memang benar2 memakai dua noken as, TAPI gir penggerak dOHC itu hanya SATU. Sedangkan DOHC asli, gir penggerak nokken as dobel nya ada dua juga.
Pe Er dikumpulkan hari Sabtu ya..
Maaf ya boss, berhubunga gambar agak sulit di link, jadi ana jadikan attachment aja ya,gmx wrote:
Kalo DOHC banci dan asli itu apa gan? Kalo twincam itu apa?
Sepengetahuan ane, DOHC itu pasti Twincam, tapi twincam belum tentu DOHC.gmx wrote:Wah terima kasih om gambarnya.. Kalo twincam gimana om?
Saya bukan master, tapi pernah belajar hal ini waktu SMP-awal SMA.doq wrote:selain dr perbedaan mekanisme dan parts yg ada pada mesin2 OHV, SOHC dan DOHC, mungkin master2 bisa tolong di jelaskan jg perbedaan karakter tenaga yg di hasilkan oleh masing2 type?? karena setau saya utk mesin SOHC umum nya bagus dalam menghasilkan tenaga di putaran bawah, DOHC di putaran atas, dan OHV dengan torsi yg besar di putaran bawah............. penjelasan teknis nya gimana?
Pantesan, Kijang super sampe Grand Extra, kuatnya main RPM bawah....Cloud wrote:Banyak juga mesin2 modern pake pushrod ato ohv, umumnya buat mesin2 cc besar yang memiliki rpm lebih rendah, karena pake pushrod justru lebih menguntungkan dibanding pake ohc/dohc. konstruksi mesin dapat lebih kompak, kerugian mekanis lebih kecil.
buat mesin cc kecil dengan putaran tinggi malah merugikan, rpm yang tinggi akan mengakibatkan kerugian inersia yang cukup besar pada valvetrain, mengakibatkan rpm lambat naik, getaran yang tinggi, dan kurang efisien.