Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Oom m4rio, sekarang ane pake yang 15W-40, jadi maksudnya coba pake yang 10W-40 gitu ? untuk mobil taon segitu emang ga ada epeknya ya terhadap lifetime mesin ?
soalnya gini, menurut ane suara itu kan karena oli telat naik ke atas dan melumasi komponen mesin, nah di sini banyak faktor untuk hal itu seperti :
1. pompa oli ( kalo udah lemah otomatis oli bakalan telat naiknya )
2. kekentelan oli ( kalo oli terlalu kentel juga otomatis bakalan susah menembus celah2 mesin yang rapat )
3. jalur olinya sendiri ( kalo jalur olinya mampet atau lubangnya mengecil juga otomatis oli bakalan telat naiknya )
ini sih menurut analisa ane aja....
toh sebenernya penggunaan filter oli original di kendaraan pasti sudah diperhitungkan oleh masing2 pabrikan dengan perhitungan yang detail.. gk mgkin dnk pabrikan mobil kasih ukuran oli filter asal2an..
kalo menurut ane.. bisa2 aja oli 10W-40 dipake di mesin kijang kapsul..
kalo efek buruk sih rasanya gk ada ya, toh kan yang penting oli itu kan bersifat pelindung dan melumasi.. paling efeknya mesin agak berisik aja..
kapsul 97 wrote:kalu untuk 10-40W ... udah ada yang pengalaman lom ya dipake di kapsul 97 ?
kalu kita pake kira-kira ada efek buruknya ga ya ?
klo kondisi mesinnya msh bagus, maksudnya olinya ga berkurang secara drastis dlm kurun waktu tertentu, misalkan 2000 Km..... maka ga masalah dipakein oli dg sae tsb..... tp klo olinye berkurang dlm kurun waktu tertentu, sebaiknya pakein yg lbh kental......krn hal ini menandakan ada yg kurang baik pada mesinnya, misalkan ring sehernya udah terkikis......jadi mesti diperbaiki dulu atau pakein oli yg lbh kental atau single grade, misalkan sae 40w...... jangan yg multi grade spt 10 w-40, krn oli spt ini lbh encer dibandingkan dg yg single grade......