GULF MAX SL om..Turboman wrote:Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisaMI16 wrote:Om Turbo, ane masih penasaran dg oli dikemasanya tertera API SL ACEA A3/B3 MB229.1 ILSAC GF3 apakah boleh untuk mesin flat tappet?
btw olinya merek apa ?
Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
nah om turbo, kalo flat tappet yg dah aus gara2 pake oli yg salah itu ciri2nya apa??Turboman wrote: Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa
btw olinya merek apa ?
Btw sebetulnya oli low SAPS buat flat tappet juga kalo cuman sekali aja gak masalah, yg membuat cam aus khan kalo dipake secara terus menerus dan interval ganti olinya sgt jauh, kalo interval ganti olinya pendek2 kayaknya gak masalah juga utk mesin2 flat tappet buatan generasi terkini.
CMIIW
Apa harus buka cover head baru ketauan kalo cam aus??
Dulu soalnya waktu msh pake mobil yg lama kalo servis di beres selalu dicekokin oli API SM mulu padahal mesin mobil ane msh flat tappet. Dari odo 5rb KM ampe sekitar 57rb KM. Abis itu ane ganti yg udh comply ke 229.1
Dulu belum gabung SM jadi kirain ane semua oli bagus buat mesin hehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
itu total yg mana ya om??wenD wrote:Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN
Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
sama nih kyk motul h-tech 5w-30. TBN untuk oli yg API SM lebih tinggi dibanding yg API SN
Sampe sekarang msh ragu pake oli ini yg API SN

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 145
- Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Hehehe... Berarti bener2 susah ya...Turboman wrote:Nah buat yg 1 ini mystery bagi iniwenD wrote:Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN
Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
buat enaknya sih jika ada yg pake en jalan 7500 Km sample oli bekasnya bawa ke Corelab utk check, kita liat brp TBN akhir-nya
kalo test oli baru-nya akan lebih baik lagi
Bukan hanya dilihat dari sugesti pemakai,, tapi diatas kertas pun data produk langsung jg susah dipilih,,,,
Makanya No One Best Oil
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 145
- Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Sry dopost,,,
Berarti teori API SN bakal lebih menjadi perdebatan dung yaa...
Berarti teori API SN bakal lebih menjadi perdebatan dung yaa...
Last edited by wenD on Tue Jul 23, 2013 8:50, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 145
- Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Total quartz yg 9000 bro...Jambangan wrote:itu total yg mana ya om??wenD wrote:Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN
Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
sama nih kyk motul h-tech 5w-30. TBN untuk oli yg API SM lebih tinggi dibanding yg API SN
Sampe sekarang msh ragu pake oli ini yg API SN
Yup,,, motul jg sama,,, TBNny lbh kcl... Hahahaa
Hayooo, standart baru malah dibwh Keinginan konsumen
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
sebetulnya sih simple aja, cukup lihat buku manualwenD wrote: Hehehe... Berarti bener2 susah ya...
Bukan hanya dilihat dari sugesti pemakai,, tapi diatas kertas pun data produk langsung jg susah dipilih,,,,
Makanya No One Best Oil
kalau saya dan bbrp rekan di sini sampai melihat detail API Service / ACEA krn kita ingin cari yg d best value for money aza.....en demi kenikmatan berkendara / long drain interval.....xixixixiixxiixx
Kalo misal pakek mesin flat tappet dan jarang maen RPM tinggi ya pakek low SAPS juga gak masalah, asalkan gak pernah maen RPM tinggi ya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 145
- Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
sebetulnya sih simple aja, cukup lihat buku manual
kalau saya dan bbrp rekan di sini sampai melihat detail API Service / ACEA krn kita ingin cari yg d best value for money aza.....en demi kenikmatan berkendara / long drain interval.....xixixixiixxiixx
Kalo misal pakek mesin flat tappet dan jarang maen RPM tinggi ya pakek low SAPS juga gak masalah, asalkan gak pernah maen RPM tinggi ya[/quote]
Yup...
Karena buku manualny tertera 5w-30
Makanya saya cari tau info ttg oli,,,
Karena oli 5w-30, termasuk oli "mahal"
Jadi,, bener kata bro turbo,,, yg paling sesuai dan worth to buy tentuny
kalau saya dan bbrp rekan di sini sampai melihat detail API Service / ACEA krn kita ingin cari yg d best value for money aza.....en demi kenikmatan berkendara / long drain interval.....xixixixiixxiixx
Kalo misal pakek mesin flat tappet dan jarang maen RPM tinggi ya pakek low SAPS juga gak masalah, asalkan gak pernah maen RPM tinggi ya[/quote]
Yup...
Karena buku manualny tertera 5w-30
Makanya saya cari tau info ttg oli,,,
Karena oli 5w-30, termasuk oli "mahal"
Jadi,, bener kata bro turbo,,, yg paling sesuai dan worth to buy tentuny

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
5W30 harga miring ada....Suzuki Genuine Oil 5W30 harga sekitar 60 - 65 rebuan / L
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Menunggu jawaban pertanyaan berikut....
Jambangan wrote:nah om turbo, kalo flat tappet yg dah aus gara2 pake oli yg salah itu ciri2nya apa??Turboman wrote: Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa
btw olinya merek apa ?
Btw sebetulnya oli low SAPS buat flat tappet juga kalo cuman sekali aja gak masalah, yg membuat cam aus khan kalo dipake secara terus menerus dan interval ganti olinya sgt jauh, kalo interval ganti olinya pendek2 kayaknya gak masalah juga utk mesin2 flat tappet buatan generasi terkini.
CMIIW
Apa harus buka cover head baru ketauan kalo cam aus??
Dulu soalnya waktu msh pake mobil yg lama kalo servis di beres selalu dicekokin oli API SM mulu padahal mesin mobil ane msh flat tappet. Dari odo 5rb KM ampe sekitar 57rb KM. Abis itu ane ganti yg udh comply ke 229.1
Dulu belum gabung SM jadi kirain ane semua oli bagus buat mesin hehe..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
gejala aus = Di Cam-nya ada tapak memanjang spt pita, selebar luas kontak permukaan dgn tappet atau rocker armJambangan wrote:nah om turbo, kalo flat tappet yg dah aus gara2 pake oli yg salah itu ciri2nya apa??Turboman wrote: Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa
btw olinya merek apa ?
Btw sebetulnya oli low SAPS buat flat tappet juga kalo cuman sekali aja gak masalah, yg membuat cam aus khan kalo dipake secara terus menerus dan interval ganti olinya sgt jauh, kalo interval ganti olinya pendek2 kayaknya gak masalah juga utk mesin2 flat tappet buatan generasi terkini.
CMIIW
Apa harus buka cover head baru ketauan kalo cam aus??
Dulu soalnya waktu msh pake mobil yg lama kalo servis di beres selalu dicekokin oli API SM mulu padahal mesin mobil ane msh flat tappet. Dari odo 5rb KM ampe sekitar 57rb KM. Abis itu ane ganti yg udh comply ke 229.1
Dulu belum gabung SM jadi kirain ane semua oli bagus buat mesin hehe..
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
seinget ane ini oli SGO 5w30 masih api SL , harga nya beti sma 10w40 api SM TGMO skitar 60an rebu jg cmiiwTurboman wrote:5W30 harga miring ada....Suzuki Genuine Oil 5W30 harga sekitar 60 - 65 rebuan / L
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Om turboman, gimana dengan oli spek DEXOS 2? DEXOS 2 ini setara dengan spek ACEA / MB berapa ya om? Jujur aja rekan2 di komunitas agak bingung nyari substitusi oli yang setara DEXOS 2 selain Q8 special G long life 5w-30 yang dijual di beres...ada rekomendasi om?
Ane cari cari info diweb luar kebanyakan adanya DEXOS 1 for gasoline engine yang setara dengan API SN/GF 5 (sama seperti yang om turbo bilang di halaman depan)
Mohon bantuannya
Ane cari cari info diweb luar kebanyakan adanya DEXOS 1 for gasoline engine yang setara dengan API SN/GF 5 (sama seperti yang om turbo bilang di halaman depan)
Mohon bantuannya

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jun 17, 2008 1:05
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
oli apawa2nlinux wrote:Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
merek ?
type ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Nov 25, 2017 10:30
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
mau tanya nih.... ada yg pernah pake oli gulf multi vehicle atf di captiva diesel
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Nov 25, 2017 10:30
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
mau tanya nih.... ada yg pernah pake oli gulf multi vehicle atf di captiva diesel
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jun 17, 2008 1:05
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.Turboman wrote:oli apawa2nlinux wrote:Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
merek ?
type ?
Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Konsep awal-nya memang spt ituwa2nlinux wrote:Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.Turboman wrote:oli apawa2nlinux wrote:Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
merek ?
type ?
Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe
But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh
Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya

* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Bearti ada lembaga khusus yg memberikan sertifikat donut logo ini ya om turbo?Turboman wrote: Sun Dec 03, 2017 3:18Konsep awal-nya memang spt ituwa2nlinux wrote:Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.Turboman wrote: oli apa
merek ?
type ?
Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe
But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh
Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya
![]()
Ane pernah liat dibuku manual sepeda motor matic di situ tertulis malah harus hindari oli yg ada tertulis "resocure conversing" kenapa bgtu ya om?
Bukan nya di mesin mobil gasoline malah bagus ada "resocure conversing " bgtu?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
APIEliteguard wrote:Bearti ada lembaga khusus yg memberikan sertifikat donut logo ini ya om turbo?Turboman wrote: Sun Dec 03, 2017 3:18Konsep awal-nya memang spt ituwa2nlinux wrote: Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.
Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe
But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh
Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya
![]()
Ane pernah liat dibuku manual sepeda motor matic di situ tertulis malah harus hindari oli yg ada tertulis "resocure conversing" kenapa bgtu ya om?
Bukan nya di mesin mobil gasoline malah bagus ada "resocure conversing " bgtu?
kalo motor kan butuh oli yg antiwear tinggi.....beda case
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Jun 17, 2008 1:05
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Berarti API mengeluarain 2 jenis "sertifikasi" S* dan Donut ?Turboman wrote:Konsep awal-nya memang spt ituwa2nlinux wrote:Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.Turboman wrote: oli apa
merek ?
type ?
Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe
But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh
Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Turboman wrote: Mon Nov 15, 2010 8:14 Point plus dr si API SN / GF-5 ini juga ada mandatory "Turbocharger Protection"
Dimana dia harus memiliki kemampuan mencegah terbentuknya "coking" (endapan) di saluran oli ke Turbo, ini utk mengantisipasi jika mesin Turbo sehabis lari kencang lalu dimatikan tanpa tunggu 30 detik.
mandatory ini dengan pertimbangan bahwa populasi mesin2 Gasoline dgn Turbo / GDI Turbo di masa depan akan terus bertambah.
http://www.gf-5.com/
Sementara GM sendiri juga mengembangkan standard dimana merp penyempurnaan dr API SN / GF-5, yaitu Dexos-1, dimana Dexos-1 mensyaratkan kemampuan "anti-wear" yg lebih baik lagi.
Realitanya nanti bagaimana ? tentu kita harapkan hal2 ini bukan hanya sekedar "janji manis"
CMIIW yaks
threat menarik nih masa tenggelem ahahaha
berarti Standard tertinggi dan terbaik saat ini apakah bisa disimpulkan yaitu Dexos-1 Gen 2?
atau tahun 2020 ini udah ada lagi yang lebih joss?
Api SN+ itu gimana?
apakah suhu2 ada yang bisa urutin timeline standard2 ini keluarnya kapan aja? dan yang paling update trakhir kuar itu siapa..
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
https://www.lubrizoladditives360.com/sp ... lsac-gf-6/12punch wrote: Thu Feb 27, 2020 12:13Turboman wrote: Mon Nov 15, 2010 8:14 Point plus dr si API SN / GF-5 ini juga ada mandatory "Turbocharger Protection"
Dimana dia harus memiliki kemampuan mencegah terbentuknya "coking" (endapan) di saluran oli ke Turbo, ini utk mengantisipasi jika mesin Turbo sehabis lari kencang lalu dimatikan tanpa tunggu 30 detik.
mandatory ini dengan pertimbangan bahwa populasi mesin2 Gasoline dgn Turbo / GDI Turbo di masa depan akan terus bertambah.
http://www.gf-5.com/
Sementara GM sendiri juga mengembangkan standard dimana merp penyempurnaan dr API SN / GF-5, yaitu Dexos-1, dimana Dexos-1 mensyaratkan kemampuan "anti-wear" yg lebih baik lagi.
Realitanya nanti bagaimana ? tentu kita harapkan hal2 ini bukan hanya sekedar "janji manis"
CMIIW yaks
threat menarik nih masa tenggelem ahahaha
berarti Standard tertinggi dan terbaik saat ini apakah bisa disimpulkan yaitu Dexos-1 Gen 2?
atau tahun 2020 ini udah ada lagi yang lebih joss?
Api SN+ itu gimana?
apakah suhu2 ada yang bisa urutin timeline standard2 ini keluarnya kapan aja? dan yang paling update trakhir kuar itu siapa..
ILSAC GF-6,
- better fuel economy & emission vs GF-5
- prevent LSPI di mesin turbo kekinian
ketika sudah release, maka lendir viscocity 0w16 & 0w8 untuk mesin2 hybrid dan EV+genset,
akan mulai banyak beredar

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14
Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4
Kebetulan sebentar lagi ganti oli nih..mau tanya2 dikit y suhu..
Kalo 0-20 kan memang untuk cuaca yg ekstrim dingin,nah adik ipar nyaranin pake 5-30 untuk suhu indonesia.apakah bener?sy pake mazda 2.selama ini sih bengkel resmi juga kasi 0-20..trims jawabannya yah
Kalo 0-20 kan memang untuk cuaca yg ekstrim dingin,nah adik ipar nyaranin pake 5-30 untuk suhu indonesia.apakah bener?sy pake mazda 2.selama ini sih bengkel resmi juga kasi 0-20..trims jawabannya yah