Kalo dari sisi ana yang secara operasional masi make motor bebekku, memang para bikers murni, yang engga atau belum dapet rejeki untuk beli mobil, merasakan bangeth kecemburuan sosial dengan para drivers. Itu alamiah, dan banyak fakta di lapangan yang semakin melebarkan jurang kesenjangan sosial itu..
Misalnya, sama2 mau ke mall, kok masuknya dibedain? Memangnya kelas motor adlh kelas truk barang?? Sangat mungkin orang yang bawa motor sedang bawa duit buat beli laptop seharga 5 jutaan. Dari pengelola mall sudah membedakan kemampuan finansial secara 'penampakan'. Padahal, yang bawa Alphard blm tentu mblnya sndiri, wong skrg modal 1,5jt aja udh bisa sewa Alphard sehari deng..
Fakta di lapangan, pengendara mobil demikian angkuhnya kalau sudah bicara motong jalan untuk keluar jalur atau masuk jalur. Maen srobot jalur motor. Siapa bilang yang salip kanan n tusuk kiri tuh cuman bikers? Huu, banyak gaan pemilik mobil yang gitu! Rumangsa udah diasuransiin sih..

Padahal, JELAS-JELAS, arus lalu lintas yang lurus yang DIUTAMAKAN, artinya, yang mau motong jalur untuk masuk atau keluar, harus mengalah. Tapi nyatanya, pernah saya nyupirin temen, dengan konsep begitu, malah dibilang,"Tungguin aja terus seharian, kalo eloe nungguin gitu", saya jawab aja,"Nalar dikit ngomongnya, napa? Nunggu gini juga kagak bakal abis 1 ronde tinju! Yang lurus yang menang, bro... Nih gw juga pelan2 maju minta jalan. Kalau belum dikasih, ya ga boleh maksa, coz kalo sampe tabrakan, yang belok pasti kalah, biar gimanapun posisinya saat itu. Emangnya demen apa nyari ribut di jalan? Kalo gw mah ogah ribut di jalan!".. Karena belum bisa motong jalur, ana buka jendela, tangan melambai, sambil lempar senyum dikit, dapet lah jalan buat motong jalur... Tuh, kan! Terbukti, kalo kita engga sombong, mau nyapa orang buat minta jalur, pasti dikasih. Itu salah satu bukti bhw di kalangan non mobiler, sudah melekat stigma, pengemudi mobil tuh orang kaya yang sombong! Temenku masih ngledek juga,"wah, model tangan juga loe ya?" Ana jawab,"Ya iya lah, pokoknya terbukti bisa nembus motong jalan tanpa srempetan kan! Terbukti pa ngga??" Gitu aja ana jwbnya.
Yang lain, masih dalam topik, adlh diskriminasi jalan tol thd pengendara motor. Ini hanya karena pemerintah kerepotan membuat jalur untuk motor. Kalau orang orang pada koar2 wawasan luar negeri, saya juga bisa bilang, di luar negeri, di Malaysia n S'Pore, motor boleh masuk tol kok! Nah Lo! Sama2 ngeyel luar negeri ya?
Motor dipaksa untuk melalui jalur yang berputar2... Padahal kalau tidak begitu, dg kata lain, motor bisa melalui jalur lain yang tidak dipaksa mutar, justru malah agar mengurai kepadatan lalulintas yang terkonsentrasi dengan sepeda motor.
Dari hal2 tsb diatas, sebenernya bisa dilaksanakan, hanya saja, masalahnya hanya satu: Aparat tidak mau mengawasi terus menerus kepatuhan lalulintas warga, dan aparat masih doyan duit. Itu aja! Di jalur busway salemba ke Utara (ke arah Atrium Senen), ada mobil SUV plat merah trabas busway. Saya liat dari spion motor saya. Sy juga liat dicegat polisi. Eh, ga sampe 1 menit, udah kabur lagi, DENGAN TETAP BERADA DI JALUR BUSWAY..! Kayak gini nih yang bikin kecemburuan sosial, bro2!
Belum lagi jalur sepeda motor yang engga steril dari mobil. Dari bundaran HI menuju Sarinah, dan engga belok ke arah barat aja, masih tega ambil jalur motor! Kalo motor terpaksa ke tengah karena kehalang mobil yang berebut antre masuk FX, Gedung Topas, atau Plaza Indo, kalo ampe ditilang, bener bener tuh polisi minta di DOR bener!
Saya sendiri pernah waktu kerja masih di bilangan thamrin, saya sudah ada di lajur motor tapi di sisi timur, yang deket jalur mobil, karena banyak bus Mayasari minggir. Eeeeehh.... ada Alphard putih dengan sombongnya mepet saya, maksa masuk lajur motor. Ya sudah, saya keukeuh engga minggir, hasilnya .... CKIIIIITTT....bodi alphard kegores stabilizer stang motor saya yang dari bahan besi.... SUKUR KAPOOK!!
Segitu aja, semoga menjadikan kita lebih toleran, sopan dan santun di jalan...
