gw salah satu warga yg sering lewat jalur ini... pluit - kamal - cengkareng - puri
soal pro jalan tol sih setuju2 saja. tapi ada beberapa hal keberatan, tapi bukan keberatan dengan dibangunnya tol ini.. tapi efeknya yg ga terlalu diberi solusi baik
sebelnya:
- harganya kemalahan untuk jarak segitu

mungkin mau cepet2 ngejar ROI

- lahan yg ada terlalu diprioritaskan pada jalan tol. akibatnya jalanan arteri yg udah sempit semakin sempit. setuju dengan sebelumnya, harusnya tolnya semua diatas saja. tapi ya.. mungkin demi hemat biaya...
- bangun jembatan penyeberangannya ngaco banget, entah apa alasannya. selepas cengkareng menuju perum taman palem, ada 1 jembatan penyeberangan yg tiangnya berada di tengah2 jalan banget... aneh...

beberapa tempat yg ramai dan seharusnya dibangun jembatan justru ga dibangun.
- putaran yg terlalu sedikit, akibatnya justru macet karena jalan arterinya ga lebar, hanya 2 jalur. skrng malahan tanah di rel kereta yg menuju kosambi dibuka untuk jalan memotong, akibatnya sesudah rel kereta justru suka macet karena ada persimpangan, sama seperti dulu.
- exit tol di depan ramayana terlalu dekat ke lampu merah, kalo keluar mau ke kiri arah grogol, motong arus banget. untungnya sekarang antrian di lampu merah sudah sedikit banget.
- persimpangan puri menuju ciledug bukannya diperbaiki/diperlebar, malah dibiarkan begitu saja. padahal itu terlalu sempit. baik arah dr depan bengkel nissan menuju cengkareng atau yg mau nyebrang menuju ciledug.
mungkin banyak lagi hal2 negatifnya kalo mau dicari2..

sepertinya pemerintah ga peduli sama rakyat. seharusnya pemerintah menggunakan/menekan investor jalan tol supaya turut memperbaiki jalan2 arteri dan aksesnya, kalo mau bikin tol. apalagi skrng tol sudah jadi, gw yakin banget yg kecil2 gitu ga akan diurus lagi...
salah satu manfaat yg paling besar yg saya rasakan pribadi justru adalah fly over cengkareng meskipun jalan arterinya jadi lebih sempit dikit
