Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
edward wrote:
Yup faktor perawatan ini memang sangat krusial,
namun apa daya biaya perawatan mobil mmg tidak sesuai dg kantong kebanyakan orang kita,shg terpaksa harus kompromi ke bengkel non authorised......
Kadang memang kita harus pintar-pintar mencari bengkel independent yg bagus (yg mechanicsnya itu pernah di-trained di dealer resmi merek mobil bersangkutan), misalnya carilah bengkel independent yg khusus melayani BMW, Mercedes, Volvo, Audi yg mechanicsnya atau pemiliknya itu pernah bekas di-trained di dealer resminya. Biasanya ada mechanics yg kerja di dealer resmi, terus kemudian quit, dan membuka bengkel mereka sendiri, nah carilah yg bagus dan berpengalaman. Memang tidak gampang, karena banyak bengkel yg sering men-claim bahwa bengkel mereka yg terbagus, carilah dan tanyakanlah kepada teman-teman atau di forum seperti SM ini, kalo misalnya ada yg tau bengkel independent yg bagus yg misalnya khusus melayani merek mobil yg bersangkutan kan lebih bagus daripada ke bengkel independent yg misalnya cuma terbiasa men-handle mobil jepang atau mobil korea.
Ada satu hal kekurangan bengkel independent, training mechanicsnya itu sering tidak di-update, unlike di bengkel resmi, oleh karena itu, apabila ada mobil, seperti katakanlah Honda, Toyota, BMW, Audi, MB yg mengalami perubahan teknologi secara drastis, nah mechanics di bengkel independent ini jadi kebingungan karena memang ilmu mereka sudah outdated dibandingkan dengan perkembangan teknologi di dunia otomotif yg kadang itu sering berkembang pesat. Kalau di bengkel resminya kan, para mechanicsnya secara berkala mengalami training routine untuk men-update mereka dengan cara-cara merawat dan memperbaiki teknologi baru merek mobil bersangkutan yg sudah lebih canggih.
bukan bmw nya pak cha,kalo bmw nya sih ok aja masih baru kalo panas juga mah saya komplain minta ganti baru aja.kalo bmw saya taun 2003 318 udah di dol males harga nya jatuh abis sama bmw indonesia ngak disediain parasut sih.
iya pak cha yang cepet panas nya ceroke nya kalo macet sampe 100 lebih punya saya keluaran pertama sih memang penuh problem dari rem nya yang bikin sport jantung,bracket stir nya rentan,cepat panas dll.
walah 2 ply sih asli nya ceroke pak di jkt katanya ada jual yang hard core 3 ply buat ceroke.punya saya sih udah di service radiator nya lalu di engine flush juga kemarin tapi tetap panas kayak nya electric fan nya (extra fan nya ngak mumpun in lagi udah) udah lemah tapi pas tanya gila harga nya 2.750 jt ck ck ck ck mapussss.bisa beli ac 1PK 1 biji tuh.
Oh ya, semua BMW yg meledak & terbakar smuanya produk dibawah tahun 2000. Nah kalo produksi yg baru kayanya ga ada masalah soal kelistrikan, tapi sekadar informasi BMW Seri 3 E36 (1992-1999) punya kaki2 yg lebih kuat (ini menurut mekanik bengkel resmi mereka lho) dibanding BMW seri 3 E46 (1999-...), jadi sekarang masalah mereka ada di kaki2?
WP wrote:Oh ya, semua BMW yg meledak & terbakar smuanya produk dibawah tahun 2000. Nah kalo produksi yg baru kayanya ga ada masalah soal kelistrikan, tapi sekadar informasi BMW Seri 3 E36 (1992-1999) punya kaki2 yg lebih kuat (ini menurut mekanik bengkel resmi mereka lho) dibanding BMW seri 3 E46 (1999-...), jadi sekarang masalah mereka ada di kaki2?
Tanggung amat cuma di kaki? Gak sekalian di keteknya juga?
Begitu seringnya mendengar BMW meledug, mungkin lama2 juga orang jadi bosan mendengarnya, sehingga sudah terbiasa tuh ! Jadi ngga seheboh dulu ketika pertama kali meledug.
Ya ... bagi yang beminat pada mobil bekas BMW apalagi tahun tua lebih baik jangan dulu deh. Gw sih saranin lebih baik beralih ke brand MB aja. Tapi untuk BMW bekas tahun muda sih boleh2 aja, apalagi harganya kan anjlok jadi ngga semahal MB bekas.
Kalo untuk mobil eropa berusia diatas 10 tahun, gue setuju dengan DigitALL untuk cari MB atau Volvo, karena model-model Volvo dan MB yg dulu-dulu itu memang badak (dari segi reliability-nya). Tapi kalo untuk model yg berusia lebih muda, gue gak akan men-recommend MB maupun Volvo, karena tingkat reliabilitynya yg sudah menurun.
Last edited by Chalupa on Sun Oct 03, 2004 21:52, edited 1 time in total.
nih saya ambilkan dari milis kemungkinan bmw terbakar
Sebenernya itu masalah orang sini aja sih.. Tipikal kali ya..
Hampir disemua merek mobil ada yang namanya cek rutin...
Di bmw malah dibuatin dari sonohnya Service Inspection Indicator di
dashboardnya... Kapan perlu ganti olie, general checkup, dst.
Pada masa kunjungan service tersebut udah ada listing yang harus di check
atau langsung ganti...
Itu berlaku di bengkel resmi.
Mungkin itu makanya di bengkel resmi service rutin bisa abis berjuta2....
(belon rusak kok udah diganti? Kalo orang awam pikir akan begitu).
Pada setiap inspection list ada perintah kudu periksa semua fuel line hose
(selang/pipa/sambungan saluran bensin).
Bahkan pada service tahunan selang tersebut kudu diganti.
Nah.. Umumnya yang kena musibah terbakar itu adalah BMW dengan mesin M10
atau M40, walau kadang ada juga M50 dsb.
Hal ini karena selain umur mobil udah cukup tua, pemiliknya pun mungkin
bukan lagi membawanya ke bengkel resmi.
Ditambah lagi mesin2 bmw dari pengamatan saya tidaklah rewel... Sehingga
otomatis si mobil tadi ke bengkel Cuma untuk ngurusin fast moving parts atau
ganti olie.
Jelas Inspection List yang kudunya diterapkan bertahun2 jadi terlewatkan.
Sialnya... Pada mesin M40, antara pipa saluran bensin yang dari besi menuju
Injector Rail dihubungkan oleh selang bensin, yang benar2 tertutup oleh
Intake Manifold sehingga sekilas tidak terlihat sama sekali.
Nah inilah yang membuat si selang tersebut semakin terlupakan untuk ditengok
atau diganti.
Hasilnya bisa ditebak... Lama2 getas pada klem nya... Dan seperti ilustrasi
oom Rivaldi di bawah... Terjadi 'Bensin Mancur' yang bisa saja akan tersulut
oleh pelistrikan yang bocor.
Di milis bmw sendiri pernah kuposting selang mana yang dimaksud.
Buat yang alergi buka kap mesin dengan dalih gak ngerti mesin, kubilang
untuk cobalah sesekali seminggu atau sebulan buat ngendus2 mesinnya apakah
berbau bensin... Atau kalau gak mau repot ya tinggal minta tolong orang lain
atau montir,... Atau kalo masih ngeri2 juga mending ganti BPKB aku bilang
gitu deh..
Buat merek lain gak menutup kemungkinan yang sama.... Kalau buka kap mesin
kudu sempatkan se-endus dua-endus untuk cari kebocoran2 bensin
kejadian ini hampir sama kayak ceroke saya waktu itu injector nya 2 biji bocor.jadi bensin ngumpul di blok mesin,malah waktu itu ngak ada bau bensin sama sekali.waktu itu sih ketahuan nya pas mau make supir suruh panas in mobil sama cek oli ngak tau nya dia liat ngucur tuh bensin kayak air mancur waktu itu beli injector nya lumayan juga yang baru @600 rb di jkt tapi di sby minta @900 rb.kebetulan ada yang ex singapore jadi coba ambil ternyata bagus cuman @350 untung aja ketahuan kalo ngak bisa jadi dendeng juga.
jadi mungkin yang punya mobil lama dan suka malas ke bengkel.kalo ngak ada kerjaan mobil nya bisa di cek cek bensin nya kalo ngak ntar jadi dendeng lo hehehe
waduh punya saya di yahoo group ngak pake individual email soalnya tiap hari di kirimin email capke hapus nya sedangkan di groups sendiri atachment tidak bisa lagi pak.
yang pasti sih selang selang dekat kabel busi itu.
kalo ceroke saya dulu yang bocor injector yang nyemprot bensin ke dalam mesin untung aja kabel kabel nya bagus semua jadi ngak konsleting
Wah3x.... ini sih ngajak berantem sama Bung Chalupa......
Gimana nih kalo bung Chalupa baca.....
Bung handling baca nih balasan bung Cha ...
Kalo untuk mobil eropa berusia diatas 10 tahun, gue setuju dengan DigitALL untuk cari MB atau Volvo, karena model-model Volvo dan MB yg dulu-dulu itu memang badak (dari segi reliability-nya). Tapi kalo untuk model yg berusia lebih muda, gue gak akan men-recommend MB maupun Volvo, karena tingkat reliabilitynya yg sudah menurun.
Jadi bung Cha setubuh eh setuju ama gw. Hehehe =) Cihuy !
Gw baru aja ngeliat BMW terbakar depan rumah gw di depan pasar kopro di tanjung duren 2 hari yang lalu. Padahal mobilnya masih lumayan baru cuman gw gak tau seri berapa. Orangnya cuman bisa bengong aja, gak lama kemudian pemadam kebakaran datang. Untung orangnya selamat.
liongkiky wrote:Gw baru aja ngeliat BMW terbakar depan rumah gw di depan pasar kopro di tanjung duren 2 hari yang lalu. Padahal mobilnya masih lumayan baru cuman gw gak tau seri berapa. Orangnya cuman bisa bengong aja, gak lama kemudian pemadam kebakaran datang. Untung orangnya selamat.
Wah kayanya langganan nih ... ada yg tau gara2 apa ?
liongkiky wrote:Gw baru aja ngeliat BMW terbakar depan rumah gw di depan pasar kopro di tanjung duren 2 hari yang lalu. Padahal mobilnya masih lumayan baru cuman gw gak tau seri berapa. Orangnya cuman bisa bengong aja, gak lama kemudian pemadam kebakaran datang. Untung orangnya selamat.
Wah kayanya langganan nih ... ada yg tau gara2 apa ?
dibawah intake manifold ada selang bensin pendek yg biasanya gak pernah diganti2 seumur mobil. nah selang yg berumur ini sering retak diujungnya, bensin jadi ngucur dari retakan ini. padahal harga selangnya murah tuh.
liongkiky wrote:Gw baru aja ngeliat BMW terbakar depan rumah gw di depan pasar kopro di tanjung duren 2 hari yang lalu. Padahal mobilnya masih lumayan baru cuman gw gak tau seri berapa. Orangnya cuman bisa bengong aja, gak lama kemudian pemadam kebakaran datang. Untung orangnya selamat.
Wah kayanya langganan nih ... ada yg tau gara2 apa ?
dibawah intake manifold ada selang bensin pendek yg biasanya gak pernah diganti2 seumur mobil. nah selang yg berumur ini sering retak diujungnya, bensin jadi ngucur dari retakan ini. padahal harga selangnya murah tuh.
hahahaha... selang cuma sepanjang jari kelingking ga nyampe 20rb perak ya bro?
TUFF Stough wrote:Kalau pengalaman mobilnya Bos gw (Esteem tahun 97), pernah ngebul keluar api dari kap mesin akibat korsleting kabel AC.
Dulu juga ada berita di koran ttg terbakarnya BMW yang memakan korban seorang dosen ITB (CMIIW) di Bandung. Konon katanya korsleting kabel AC juga.
Ga jelas tuh beritanya juga, gw baca di koran. Cuma disebutin ada suara berisik dari kap mesin, pas si dosen tsb buka kap mesin taunya "DUUUAAARRR !!!". Si dosen langsung meninggal. Jadi meledak dari apa ngga pernah ada beritanya lagi.
Kelihatannya banyak karet/plastik di mesin BMW yang cepet jadi tua ... alias keras dan getas. Pernah gantiin selang-selang untuk E39 ... pada gampang putus waktu mbukaknya.