Bukan kurang, tapi secukupnya. Saya rasa made in india pun setahu saya cara pengujiannya juga sama.danangms wrote:Jadi motor baru yang dirakit di indonesia pengujiannya kurang ya? Untung motorku made in india, jadi berani langsung geber...esh wrote:Yang saya tahu sendiri di Indo tidak seperti itu. Memang setiap motor yang selesai dirakit dari assembly line akan melalui proses QC terlebih dahulu, melalui beberapa alat penguji kemudian baru ditest jalan di lingkungan pabrik (bukan test track khusus). Karena itu tidak ada motor baru yang odometernya benar2 0.danangms wrote:Aku pernah nonton dokumenter pembuatan motor. Di pabriknya, tuh motor sebelum dilepas ke pasar melalui pengetesan dulu. Cara testnya juga digeber-geber, malah ada yg ditest di track sirkuit pabriknya sebelum dilepas ke konsumen.
Aku ga tau juga kualitasnya motor indonesia di test seperti itu nggak...
Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
@neo, kalo langsung gigi 2 ke gigi 1 di 20kpj kayaknya gak masalah tuh, lagian kan 125cc, seandainya gak mau menghentak tahan aja persneling ke bawah sambil naikin gas dikit baru dibuka.
biasanya honda gak begitu menghentak dibanding suzuki.
biasanya honda gak begitu menghentak dibanding suzuki.
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Berkat teknologi kopling ganda honda.eNeR wrote:@neo, kalo langsung gigi 2 ke gigi 1 di 20kpj kayaknya gak masalah tuh, lagian kan 125cc, seandainya gak mau menghentak tahan aja persneling ke bawah sambil naikin gas dikit baru dibuka.
biasanya honda gak begitu menghentak dibanding suzuki.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Ribet juga ya kalo tiap 30 menit berhenti. Kalo kena macet, bisa berjam-jam baru nyampe...scorpio wrote:tambahan nih menurut manual motor ane sih..
- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
- setiap berkendara 30menit berenti dulu sampai mesin aga dingin
sekian..
Safety First
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Perasaan kalu motor bebek ga ada tachometernya deh...- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
Yg jelas kalu pake motor sewajarnya aja. Jgn digeber sampe 100kpj lebih. Bukan takut jebol, tapi bahaya aja.
Btw jgn lupa beli helm baru juga ya. Helm gratisan dari dealer biasanya ga aman.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
setujuuuu......y_anjasrana wrote: Yg jelas kalu pake motor sewajarnya aja. Jgn digeber sampe 100kpj lebih. Bukan takut jebol, tapi bahaya aja.
Btw jgn lupa beli helm baru juga ya. Helm gratisan dari dealer biasanya ga aman.
bukan ga aman, tp kurang bagus ajah........... so emang sebaiknya beli helm nyang baru............ nyang dah ada tulisan 'SII' nya........... wlp ga sebagus nyang bikinan 'sono', tp masih lbh baik deh drpd helm bawaan...............

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Setuju........ prop...... HELM man..k penting...tp CARA nYETIR... JAUH... LEBIH PENTING......

Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
sebelum ganti oli pertama (500 km), sebaiknya gk buat kerja berat. indikator kerja berat, misal, dipake tarik2an, dipake boncengan bertiga pada tanjakan, ato boncengan ber2 pada tanjakan curam.
pake gigi tinggi pada kecepatan rendah, ato pake gigi rendah pada kecepatan tinggi (misal, gigi 1 dipaksain hingga diatas 40 km/h).
untuk supra 125 kurang lebih,
gigi 1 (0 s.d. 30 km/h)
gigi 2 (10 km/h s.d. 40 km/h) --> pas jalan pelan, ngerem, gigi 2, hingga 10 km/h, mo jalan lagi boleh gk usah oper ke 1, asal beban ringan.
gigi 3 (30 s.d. 50)
gigi 4 (40 s.d. 70)
yah, itu cuma kira2 aja. gigi 4 jalan 40 juga masih bisa kok, cirinya, kopling sentrifugal udah menapak sempurna. kalo digas, tidak berdengung dulu, tapi langsung ngacir (kalo kec 20 pake gigi 4, digas pasti berdengung/ngeden).
patokan lagi, yaitu grip gas, kerja mesin ringan berarti ngegasnya sedikit. kalo gas lebih dari 1/2 berarti kerjanya udah gk ringan lagi (kira2 aja).
oya, biasanya ada indikator di speedometer (garis dibawah angka), pake aja indikator itu, tapi buat batas bawah aja, batas atasnya jangan dipake, misal gigi 4 batas atasnya 120 km/h, ya jangan sampai kecptn itu.
setelah 500 km n ganti oli, boleh dipake sepuasnya. meski demikian, gk berarti baru gk boleh geber lo, mo ditarik2 silakan, gk bakalan macet kok. usia pake juga gk jauh beda. beda ma motor dahulu, kalo masih baru dipake extreme, seringnya macet, ato kalo nggak, tiba2 drop, coz celah piston terlalu sempit (gk sampe macet sih). nah, itu yang bikin cepat ngebul, kan liner, piston, ma ring tergerus, meski cuma dikit.
yang penting lagi, dicek, apakah benar oli diganti saat 500 km/servis pertama. pernah kejadian motor adek servis pertama, gak diganti olinya. cuma servis aja. kata mekaniknya, olinya masih baru, masih bagus (ya iyalah, baru 500 km, motor baru lagi).
sayangnya, adek bilang itu pas mau servis kedua, saya jadi geregetan, tu bengkel resmi mau untungnya aja, ngibulin konsumen (maklum, adek kn cewek, n kurang ngerti mesin, jadi gampang dikibulin). harusnya kan dapat ganti oli gratis, eh malah enggak, dengan alasan [cencored].
just share aja, kan buat pencegahan,
pake gigi tinggi pada kecepatan rendah, ato pake gigi rendah pada kecepatan tinggi (misal, gigi 1 dipaksain hingga diatas 40 km/h).
untuk supra 125 kurang lebih,
gigi 1 (0 s.d. 30 km/h)
gigi 2 (10 km/h s.d. 40 km/h) --> pas jalan pelan, ngerem, gigi 2, hingga 10 km/h, mo jalan lagi boleh gk usah oper ke 1, asal beban ringan.
gigi 3 (30 s.d. 50)
gigi 4 (40 s.d. 70)
yah, itu cuma kira2 aja. gigi 4 jalan 40 juga masih bisa kok, cirinya, kopling sentrifugal udah menapak sempurna. kalo digas, tidak berdengung dulu, tapi langsung ngacir (kalo kec 20 pake gigi 4, digas pasti berdengung/ngeden).
patokan lagi, yaitu grip gas, kerja mesin ringan berarti ngegasnya sedikit. kalo gas lebih dari 1/2 berarti kerjanya udah gk ringan lagi (kira2 aja).
oya, biasanya ada indikator di speedometer (garis dibawah angka), pake aja indikator itu, tapi buat batas bawah aja, batas atasnya jangan dipake, misal gigi 4 batas atasnya 120 km/h, ya jangan sampai kecptn itu.
setelah 500 km n ganti oli, boleh dipake sepuasnya. meski demikian, gk berarti baru gk boleh geber lo, mo ditarik2 silakan, gk bakalan macet kok. usia pake juga gk jauh beda. beda ma motor dahulu, kalo masih baru dipake extreme, seringnya macet, ato kalo nggak, tiba2 drop, coz celah piston terlalu sempit (gk sampe macet sih). nah, itu yang bikin cepat ngebul, kan liner, piston, ma ring tergerus, meski cuma dikit.
yang penting lagi, dicek, apakah benar oli diganti saat 500 km/servis pertama. pernah kejadian motor adek servis pertama, gak diganti olinya. cuma servis aja. kata mekaniknya, olinya masih baru, masih bagus (ya iyalah, baru 500 km, motor baru lagi).
sayangnya, adek bilang itu pas mau servis kedua, saya jadi geregetan, tu bengkel resmi mau untungnya aja, ngibulin konsumen (maklum, adek kn cewek, n kurang ngerti mesin, jadi gampang dikibulin). harusnya kan dapat ganti oli gratis, eh malah enggak, dengan alasan [cencored].
just share aja, kan buat pencegahan,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Setuju sama di atas saya



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
thankz... buanget.. br0.. Cloud......

y.... tp..neo dah..
c0ba gigi 1 kadang2 40 km/h

gigi 2 bahkan pernah 60 km/h

semntara.. gigi 3 masih juarang.. cm..kadang kelupaan.. s0.. smpek.. sekarang masi neo TOP kn di 60 km/hr..
mesin masih oke2 aja tuh.. musti nahan sabar, bawaaanya pengennya..lari aja...nih..

um... tp sekarang perpindahan gigi 1 ke 2 udah enak.. udah.. klik get0...

Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
hmm, congratz bro, motor apapun, kalo dirawat, pasti awet, oya, biasanya habis ganti oli mesin tidak seenteng semula, meski gak ada yang disetel. ntar baru terasa enteng kalo oli udah dipake diatas 500 km,
biasanya supra 125 mentok di 110 pas olinya masih baru, kalo udah agak lama, bisa 120-125 an (trek cukup panjang).
biasanya supra 125 mentok di 110 pas olinya masih baru, kalo udah agak lama, bisa 120-125 an (trek cukup panjang).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
nah.. ni dia...y_anjasrana wrote:Perasaan kalu motor bebek ga ada tachometernya deh...- rpm sebisa mungkin jangan konstan
- ada limitasi rpm yg musti dijaga, n baru boleh full mpe redline klo dah lewat 1000km
Yg jelas kalu pake motor sewajarnya aja. Jgn digeber sampe 100kpj lebih. Bukan takut jebol, tapi bahaya aja.
Btw jgn lupa beli helm baru juga ya. Helm gratisan dari dealer biasanya ga aman.
untuk motor ga da takometer si, contohnya jupi MX
kata temen ane yg punya motor jupi MX, kata di bukunya.. klo masi inreyen bukaan gasnya ga boleh full.. setahap-setahap...
coba aja dibaca deh buku manualnya. pasti ada sih cara supaya inreyen nya bener
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
[color =#0000ff]
um... ada ya.. dibuku manualnya.. Jupiter MX, bisa di kasi tw dunk... bro scorpio
H**** dah bukunya.. cetakkannya.. murahan... (kyk photocopyan) dah.. gitu.. ga ada petunjuk tuk inreyen yg bener lage...
[/color]
um... ada ya.. dibuku manualnya.. Jupiter MX, bisa di kasi tw dunk... bro scorpio
H**** dah bukunya.. cetakkannya.. murahan... (kyk photocopyan) dah.. gitu.. ga ada petunjuk tuk inreyen yg bener lage...
[/color]
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Motor mahal kok dapat buku manual yg jelek? Parah amat.neo88 wrote:[color =#0000ff]
um... ada ya.. dibuku manualnya.. Jupiter MX, bisa di kasi tw dunk... bro scorpio
H**** dah bukunya.. cetakkannya.. murahan... (kyk photocopyan) dah.. gitu.. ga ada petunjuk tuk inreyen yg bener lage...
[/color]
Safety First
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Mungkin pihak atpm menganggap bahwa sangat sedikit konsumen yang benar2 membaca buku manual, sehingga mereka merasa tidak merasa perlu membuat buku manual yang lebih baik (lebih baik=lebih mahal). CMIIWdanangms wrote:Motor mahal kok dapat buku manual yg jelek? Parah amat.neo88 wrote:[color =#0000ff]
um... ada ya.. dibuku manualnya.. Jupiter MX, bisa di kasi tw dunk... bro scorpio
H**** dah bukunya.. cetakkannya.. murahan... (kyk photocopyan) dah.. gitu.. ga ada petunjuk tuk inreyen yg bener lage...
[/color]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
umm... kyknya..sih..tuk..menekan..harga jualnya yg udah.. selangit...


jujurnya.. H**** harusnya.. malu dunk.. masa.. beli.. m0t0r yg dah tekno. jadul.. eh.. ditambah buku jadul pula...
tw ga.. cuman.. sampul depan n belakang aja dibuat agak tebal n gl0sy (mengkilap) kyk cover majalah2.. get0...

Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
yang pasti kalau dibuat seperti itu jelas bakal nurunin profitnya. Walaupun biaya satu bukunya selisih sedikit, tetapi dikalikan dengan jumlah total penjualan setahun jumlahnya pasti gede banget.neo88 wrote:
umm... kyknya..sih..tuk..menekan..harga jualnya yg udah.. selangit...kl0..g.. bakalan.. nurunin profitnya..kwkkwkwk...
![]()
jujurnya.. H**** harusnya.. malu dunk.. masa.. beli.. m0t0r yg dah tekno. jadul.. eh.. ditambah buku jadul pula...
tw ga.. cuman.. sampul depan n belakang aja dibuat agak tebal n gl0sy (mengkilap) kyk cover majalah2.. get0...![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
hayoooooo keponakan, jangan suka kasih racun yah...........esh wrote:Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V






-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Laaaah......itu bukan ngasih racun, tapi oli om...sjamsul wrote:hayoooooo keponakan, jangan suka kasih racun yah...........esh wrote:Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V.....
![]()
![]()
![]()
![]()
..........

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Tanpa petunjuk inreyen yang jelas, motor bakalan lebih cepat bermasalah. Jadinya bengkel dan spare-part-nya laris-manis. U dibalik B.
*devilmode on*




*devilmode on*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Wuih... ada yang mo bagi2 oli.mandala1 wrote:Laaaah......itu bukan ngasih racun, tapi oli om...sjamsul wrote:hayoooooo keponakan, jangan suka kasih racun yah...........esh wrote:Kalau mau enteng pake oli merek M***l 300V.....
![]()
![]()
![]()
![]()
..........
*bigos mode*
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
motor jupiter 2002 sebelum 200 km pertama udah dipake boncengan dari Malang ke Surabaya.avansa wrote:Jaman saya dulu...inreyen kata ortu harus melewati angka 500 km baru di bilang lulus....kalau belon mentok di angka ituh tapi sudah di pakai untuk berboncengan,di percaya motorya nggak awet,alias cepet rusak.
bener nggaknya nggak tahu juga.
sampe sekarang masih tokcer, kemaren skur klep pas km 80000 dengan keadaaan tanpa baret di liner dan ring piston, lobe camshaft juga ok, rantai kamrat /timing chain dan sproketnya juga masih ok.
cuman kerak aja yang numpuk tapi begitu dah diberihin jadi enak lagi.
sampe saat ini berarti hampir umur 8 taon, km hampir 90rb.
sudah masuk kategori awet ato blom ?

regards,
singachu