Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Pakai HX7 aja udah paling bener, murmercrot anti sakit hati
Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa
- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah
- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap
Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
ohh pantes.
diasil jd satu kesatuan sama blok silindernya ya.
Betul ga cuma yg matik, kaya jupiter mx, vixion juga pakai diasil silinder ga pakai liner, jadi piston langsung ketemu blok, kalo oli sampe abis terus dinding silinder baret, abis itu mesin ngebul nah itu harus ganti 1 blok silinder ga bisa di reamer. Jadi emang paling bener pakai oli SAE 40 aja yg murmer tapi interval ga terlalu lama, dari pada pakai oli bagus2 dilama2in bikin jebol itu blok mesin.
Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
ohh pantes.
diasil jd satu kesatuan sama blok silindernya ya.
Betul ga cuma yg matik, kaya jupiter mx, vixion juga pakai diasil silinder ga pakai liner, jadi piston langsung ketemu blok, kalo oli sampe abis terus dinding silinder baret, abis itu mesin ngebul nah itu harus ganti 1 blok silinder ga bisa di reamer. Jadi emang paling bener pakai oli SAE 40 aja yg murmer tapi interval ga terlalu lama, dari pada pakai oli bagus2 dilama2in bikin jebol itu blok mesin.
bagusnya diasil emg ngelepas panasnya direct.
beda sm liner biasa, ada gap antara blok dalam dan liner piston, jd lepas panasnya kurang efektif.
kuncinya selalu cek level oli aja.
krn oli sebagus apapun, klo olinya abis atau nguap, ya sm aja boong
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 6:45
Thanks infonya om2 semua.
Betul juga sih, 900km terakhir miss ga cek level olinya.
Perubahan disitu mungkin ke depannya.
Sementara karena masi ada stok oli unil opal 5w30 kyknya abisin itu dulu. Dan abis itu coba yg buntut 40 atau 50.
Oya boreupnya pake tdr yg pnp. Dapet Blok, piston dan injector sama paking2.
Bloknya sih udah ga diasil lagi, speknya ceramic dan piston forge.
Tapi mungkin OOTnya cukup dulu.
Makasih semua feedbacknya.
Ntar yg unil opal setelah 2000an km saya rencananya tes juga[emoji6]
ntap mbah
thanks for sharing
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.
Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa
- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah
- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap
Btw ikut nimbrung karena di trit motor sepi penghuni. Karena rpm lebih tinggi apakah aman pakai oli diesel seperti shell rimula atau mobil 1 delvac 15W-40?
Kayaknya kasus makan oli (vampir oli) itu mesin2 yamaha yg udh pk teknologi diasil ya sepertinya. Kalo di suzuki teknologi SCEM kayanya penguapannya lebih sdikit. Apalagi honda yg masih pakai liner boring besi.
*Sori kalo oot
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.
Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa
- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah
- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap
Btw ikut nimbrung karena di trit motor sepi penghuni. Karena rpm lebih tinggi apakah aman pakai oli diesel seperti shell rimula atau mobil 1 delvac 15W-40?
Kayaknya kasus makan oli (vampir oli) itu mesin2 yamaha yg udh pk teknologi diasil ya sepertinya. Kalo di suzuki teknologi SCEM kayanya penguapannya lebih sdikit. Apalagi honda yg masih pakai liner boring besi.
*Sori kalo oot
Melihat aditif anti wear nya yg robust (rata" oli diesel), bisa dicoba di skutik yamaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
ravennaras wrote:permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
Spek oli minta spek gmn om? 0w-20 yg paling value for money saat ini di toko ijo ada Bardahl S9. #bukansalesoli
ravennaras wrote: Wed Sep 21, 2022 15:31
permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20 Ganti per 5rb Km atau 6 bulan
Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ravennaras wrote: Wed Sep 21, 2022 15:31
permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20 Ganti per 5rb Km atau 6 bulan
ravennaras wrote: Wed Sep 21, 2022 15:31
permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20 Ganti per 5rb Km atau 6 bulan
Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
klupaan satu lagi
D G O 0-20
Aduh Maap Lupa..
itu sih gakda lawan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ravennaras wrote: Wed Sep 21, 2022 15:31
permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20 Ganti per 5rb Km atau 6 bulan
ravennaras wrote: Wed Sep 21, 2022 15:31
permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20 Ganti per 5rb Km atau 6 bulan
Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Ptt eco sekarang harganya ga eco lagi
nah itu dia, padahal performa oli bensinnya peteteh ga se-wow oli dieselnya.
jadi untuk oli bensin yg price to value nya oke, udah pas yg dibilang ama mbah Suryaputra dan mbah kelep
akhir tahun baru schedule ganti oli perdana corcross hybrid mbah, nanti kita lihat sama beres dikasih oli visco berapa
tapi 1.800 cc carnot cycle ini dikasih buntut 20 juga gakpapa siy kyknya
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20 Ganti per 5rb Km atau 6 bulan
Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Ptt eco sekarang harganya ga eco lagi
nah itu dia, padahal performa oli bensinnya peteteh ga se-wow oli dieselnya.
jadi untuk oli bensin yg price to value nya oke, udah pas yg dibilang ama mbah Suryaputra dan mbah kelep
Oli Diesel nya PTT wow banget
krn di negri asalnya, salah satu sarang Tuner Diesel terbaik.
apalagi PTT BUMN nya, ya masa kalah sama Amsowel dan Q8
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
akhir tahun baru schedule ganti oli perdana corcross hybrid mbah, nanti kita lihat sama beres dikasih oli visco berapa
tapi 1.800 cc carnot cycle ini dikasih buntut 20 juga gakpapa siy kyknya
Iya klo baca manual book internesyenel nya Toyota Hybrid,
direkomen 0w16 tapi 0w20 jg bisa dalam kondisi w16 gak available.
& Next OCI, tetep balik pakai W16
Contohnya Camry Hibrid,
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ravennaras wrote: Wed Sep 21, 2022 15:31
permisi om mau tanya rekomendasi oli mesin buat mazda cx5 skyactiv 2500cc 2013, km sekarang udah di 97rb
sementara di rekomendasiin pake Q8 Formula Special D1 FE 0W-20, ada rekomendasi lain kah om yang lebih murah hehe
PTT Eco 0w20
Aisin Greentech 0w20
Valvoline 0w20 Ganti per 5rb Km atau 6 bulan
Dan ganti filter oli, tiap ganti oli baru.
Ptt eco sekarang harganya ga eco lagi
Oli paling eco itu Q8 dan Amsoil. 10rb/1 tahun baru ganti, limbahnya minimal (eco friendly)