Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
gr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 9:44
Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,
2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.
Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.
Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).
Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.
Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?
Terima kasih sebelumnya.
Nubi coba jawab yaa mbah..
- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter
Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.
Jadi setahun ganti 2x filter oli.
Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Kalau bbm ny pakai pertalite & aditif , interval pergantian nya ttp 10k km jg mbah?
klo di case saya, waktu itu pk Q8 dan Pertamax sih aman betul ya 10rb Km.
klo pertalite, takut sulfurnya lbh banyak, jd ngebunuh TBN-nya lbh cepet.
untuk case pertalite, better sikat Amsoil Signature, due to higher TBN.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya
Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim
Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange
Terimakasih
IMG_20220916_073237.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 11:56
Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya
Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim
Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange
TerimakasihIMG_20220916_073237.jpg
Td Motor
Tokopedia
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 11:56
Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya
Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim
Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange
supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 11:56
Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya
Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim
Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange
TerimakasihIMG_20220916_073237.jpg
Td Motor
Tokopedia
Kalo Cakra Motor gimana Om? Recomended nggak
Cakra motor mah udah pasti trusted, kalo engga di minum tuh oli
Budget 850rb , 0w20 seri tinggi masih dapet cuma butuh 4 liter kan. Karena sebelumnya pake 0w20 gak ada masalah/keluhan lanjut aja om
Memang kalo ikut petunjuk di manual book, anjurannya pake yang 0W20 om.
btw seri tertimggi dari Q8 apa ya om?
AbdulHakim wrote: Sun Sep 18, 2022 5:09
Mobil 1 Extended Performance Nascar 0W-20
Amsoil Signature Series 0W-20
toh uangnya ada.. habiskan!
uang terpakai, hati senang, mobil terawat.
Yoi om, mumpung budget buat oli udah approved sama Menkeu di rumah haha
boleh diceritain om, impresi mobil 1 extended performance nascar kayak gimana?
daimler wrote: Sun Sep 18, 2022 8:16
Noted om, terima kasih utk advice bbrp opsinya.
setelah saya cek market place masih masuk budget.
oli mesran itu dituang dalam keadaan drain hole tetap terbuka kah om?
Untuk om volcanoman, sebagai sesama user ignis GX saya mau share pengalaman juga.
Pas masih garansi suzuki 3 tahun saya pakai oli suzuki hanya utk 3rb-4rb km lalu saya ganti sendiri ke oli 0w20 merk lain sampai km 10rb lalu pas service kelipatan km 10rb di suzuki ganti ke oli suzuki lagi.
Pernah pakai kendall GT max, amsoil OE, Q8 pas dulu harga masih miring, dan terakhir pakai PTT evotec (non eco).
Dari keempat merk itu paling enak menurut butt-o-meter saya adalah Q8 lalu PTT lalu amsoil OE.
Sekarang sudah waktunya ganti oli lagi berhubung harga oli PTT sudah naik jadi mau coba cari merk lain yang harga lebih bersahabat.
Mobil 1 dulu saya pernah coba tapi di kendaraan lain dan rasanya enak² aja tapi tetap lebih enak amsoil.
Klo om ada budget wah segitu utk ganti oli yang langsung ambil Q8 atau amsoil signature series aja. Nanti jadi enak tarikan mesin ignis nya enteng, suara mesin lebih halus. Konsumsi bensin utk dalam kota juga jadi membaik.
Untuk om volcanoman, sebagai sesama user ignis GX saya mau share pengalaman juga.
Pas masih garansi suzuki 3 tahun saya pakai oli suzuki hanya utk 3rb-4rb km lalu saya ganti sendiri ke oli 0w20 merk lain sampai km 10rb lalu pas service kelipatan km 10rb di suzuki ganti ke oli suzuki lagi.
Pernah pakai kendall GT max, amsoil OE, Q8 pas dulu harga masih miring, dan terakhir pakai PTT evotec (non eco).
Dari keempat merk itu paling enak menurut butt-o-meter saya adalah Q8 lalu PTT lalu amsoil OE.
Sekarang sudah waktunya ganti oli lagi berhubung harga oli PTT sudah naik jadi mau coba cari merk lain yang harga lebih bersahabat.
Mobil 1 dulu saya pernah coba tapi di kendaraan lain dan rasanya enak² aja tapi tetap lebih enak amsoil.
Klo om ada budget wah segitu utk ganti oli yang langsung ambil Q8 atau amsoil signature series aja. Nanti jadi enak tarikan mesin ignis nya enteng, suara mesin lebih halus. Konsumsi bensin utk dalam kota juga jadi membaik.
Thanks om speedfreak udah sharing pengalamannya pake berbagai macam oli di ignisnya.
kalo menurut saya pribadi, secara standard saja mesin ignis sudah cukup halus dan irit bahan bakar, padahal masih menggunakan oli OEM, jadi semakin penasaran utk segera ganti di 60K nanti.
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.
Screenshot_20220921-103855_Drive.jpg
Screenshot_20220921-103917_Drive.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
bagus hasil tes labnya om (TBN oke, no fuel dilution dsb), cuma penyusutannya aja ya yang significant.
xmax nmax pcx dan matic2 bongsor itu bukannya rekomendasinya pake oli buntut 40 ya om?
oia 2600km itu brp bulan pemakaian?
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.
Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa
- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah
- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap
Last edited by Suryaputra on Wed Sep 21, 2022 4:26, edited 3 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Kalo di X max jangan pake 5w30 om, minimum 5W40 ato bahkan di bengkel spesialis X max bore up yang kita supply pakenya F1 10w60 kalo mau touring.
@Suryaputra dan @sahabatq8 iya memang coba2 aja sih om. Cuma yg agak kagetnya setelah 1700an keatas cepet bgt nguapnya. Sebelumnya aman soalnya.
Besok2 kalo pk yg enceran mungkin gantinya lbh pendek interval gantinya.
Berarti nothing wrong ya dari laporan tes olinya?
Ga ada yg aneh2 dan mentrigger penguapan oli?
Bukman motor memang bilang pake buntut 40. Ini adalah experimen, cuma miss aja di 900km terakhir cek lubang intip olinya ga sering2. Pelajaran juga hehehe
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 4:52
@AbdulHakim 2600km sekitar 8 bulanan om.
@Suryaputra dan @sahabatq8 iya memang coba2 aja sih om. Cuma yg agak kagetnya setelah 1700an keatas cepet bgt nguapnya. Sebelumnya aman soalnya.
Besok2 kalo pk yg enceran mungkin gantinya lbh pendek interval gantinya.
Berarti nothing wrong ya dari laporan tes olinya?
Ga ada yg aneh2 dan mentrigger penguapan oli?
Bukman motor memang bilang pake buntut 40. Ini adalah experimen, cuma miss aja di 900km terakhir cek lubang intip olinya ga sering2. Pelajaran juga hehehe
Bukman itu dlm kondisi standard yah mbahh
Klo udh ngobok-ngobok daleman mesin, apalagi bore-up lain cerita, biasanya kudu naik visco
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.
Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa
- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah
- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap
Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49
Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?
Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]
Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.
Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa
- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah
- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap
Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
ohh pantes.
diasil jd satu kesatuan sama blok silindernya ya.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri