Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
klo engga masuk gir malah lebih boros gan,
klo masuk gir mesin langsam engga perlu bensin buat muter gearbox, dapet dari gaya turun mobil
CMMIW
Jadinya secara teori, ngerem pake engine brake dibandingkan menetralkan gigi sambil direm pelan2 lebih irit kalo pake engine brake gitu ya om?
Yg saya bold.. baru kali ini denger teori ini..
“ Masuk gear mesin langsam ga perlu bensin buat muter gearbox”
Dimana2 kalo lagi turunan trus posisi di gear netral ya jelas lebih irit dong.. kan rpmnya di posisi idle.. kesannya mobil lagi diem (karena mesin cuma idle doang) tapi sebenarnya mobil bergerak meluncur tak tahu arah..
Hahaha yg boros kampas remnya.
Saya pernah denger/baca (lupa dimana), engine brake utk mengurangi kecepatan lebih irit drpd menetralkan perseneling sambil ngerem, karena ketika engine brake mesin" mobil modern (gatau yg diklasifikasikan modern itu yg spt apa) sama sekali ngga membutuhkan bensin. Walaupun secara logika rpm saat perseneling netral itu rendah sekali, tapi saat persneling netral mesin tetep butuh bensin utk idle..
Sekali lagi itu sepengetahuan saya ya, bener/salahnya silakan dikoreksi..
Jadinya secara teori, ngerem pake engine brake dibandingkan menetralkan gigi sambil direm pelan2 lebih irit kalo pake engine brake gitu ya om?
Yg saya bold.. baru kali ini denger teori ini..
“ Masuk gear mesin langsam ga perlu bensin buat muter gearbox”
Dimana2 kalo lagi turunan trus posisi di gear netral ya jelas lebih irit dong.. kan rpmnya di posisi idle.. kesannya mobil lagi diem (karena mesin cuma idle doang) tapi sebenarnya mobil bergerak meluncur tak tahu arah..
Hahaha yg boros kampas remnya.
Saya pernah denger/baca (lupa dimana), engine brake utk mengurangi kecepatan lebih irit drpd menetralkan perseneling sambil ngerem, karena ketika engine brake mesin" mobil modern (gatau yg diklasifikasikan modern itu yg spt apa) sama sekali ngga membutuhkan bensin. Walaupun secara logika rpm saat perseneling netral itu rendah sekali, tapi saat persneling netral mesin tetep butuh bensin utk idle..
Sekali lagi itu sepengetahuan saya ya, bener/salahnya silakan dikoreksi..
coba saja di cipularang dr bandung arah jkt kec 100 tp turunan jd jarang bejek gas...bensin lebih irit...pengalaman pribadi...
Jadinya secara teori, ngerem pake engine brake dibandingkan menetralkan gigi sambil direm pelan2 lebih irit kalo pake engine brake gitu ya om?
Yg saya bold.. baru kali ini denger teori ini..
“ Masuk gear mesin langsam ga perlu bensin buat muter gearbox”
Dimana2 kalo lagi turunan trus posisi di gear netral ya jelas lebih irit dong.. kan rpmnya di posisi idle.. kesannya mobil lagi diem (karena mesin cuma idle doang) tapi sebenarnya mobil bergerak meluncur tak tahu arah..
Hahaha yg boros kampas remnya.
Saya pernah denger/baca (lupa dimana), engine brake utk mengurangi kecepatan lebih irit drpd menetralkan perseneling sambil ngerem, karena ketika engine brake mesin" mobil modern (gatau yg diklasifikasikan modern itu yg spt apa) sama sekali ngga membutuhkan bensin. Walaupun secara logika rpm saat perseneling netral itu rendah sekali, tapi saat persneling netral mesin tetep butuh bensin utk idle..
Sekali lagi itu sepengetahuan saya ya, bener/salahnya silakan dikoreksi..
Kalau memang betul begitu, berarti info baru nih. Logika saya masih ditahap engine brake : otomatis rpm naik -> bensin ikut keluar lebih banyak.
Cuma kata2 om momodgalak perihal “kalau mesin langsam, ga perlu bensin buat muter gearbox” yg saya masih ga nangkap.
Edit : setelah penasaran bgt, saya dapat dari hasil googling
Memang betul ketika masuk gear pas turunan (tanpa injek pedal gas) akan ada fuel cut dari injector bensin. Jadi bensin tidak tersembur..
Di artikel itu menyebutkan, FC memang tetap lebih irit
ketika gear diposisi netral, karena mobil meluncur lebih cepat tanpa engine brake.. tapi ya bahaya.
PRBS wrote: ↑Thu Jan 25, 2018 2:50
Yg saya bold.. baru kali ini denger teori ini..
“ Masuk gear mesin langsam ga perlu bensin buat muter gearbox”
Dimana2 kalo lagi turunan trus posisi di gear netral ya jelas lebih irit dong.. kan rpmnya di posisi idle.. kesannya mobil lagi diem (karena mesin cuma idle doang) tapi sebenarnya mobil bergerak meluncur tak tahu arah..
Hahaha yg boros kampas remnya.
Saya pernah denger/baca (lupa dimana), engine brake utk mengurangi kecepatan lebih irit drpd menetralkan perseneling sambil ngerem, karena ketika engine brake mesin" mobil modern (gatau yg diklasifikasikan modern itu yg spt apa) sama sekali ngga membutuhkan bensin. Walaupun secara logika rpm saat perseneling netral itu rendah sekali, tapi saat persneling netral mesin tetep butuh bensin utk idle..
Sekali lagi itu sepengetahuan saya ya, bener/salahnya silakan dikoreksi..
Kalau memang betul begitu, berarti info baru nih. Logika saya masih ditahap engine brake : otomatis rpm naik -> bensin ikut keluar lebih banyak.
Cuma kata2 om momodgalak perihal “kalau mesin langsam, ga perlu bensin buat muter gearbox” yg saya masih ga nangkap.
Edit : setelah penasaran bgt, saya dapat dari hasil googling
Memang betul ketika masuk gear pas turunan (tanpa injek pedal gas) akan ada fuel cut dari injector bensin. Jadi bensin tidak tersembur..
Di artikel itu menyebutkan, FC memang tetap lebih irit
ketika gear diposisi netral, karena mobil meluncur lebih cepat tanpa engine brake.. tapi ya bahaya.
Saya pribadi pernah nyoba sekali diturunan gear netral krn penasaran saat situasi dan kondisi jalan turunan rada lurus lalu lintas sepi dan memungkinkan tapi mendingan masuk gear D aja krn lebih safe dan nanti jd kebiasaan.
Jadinya secara teori, ngerem pake engine brake dibandingkan menetralkan gigi sambil direm pelan2 lebih irit kalo pake engine brake gitu ya om?
Yg saya bold.. baru kali ini denger teori ini..
“ Masuk gear mesin langsam ga perlu bensin buat muter gearbox”
Dimana2 kalo lagi turunan trus posisi di gear netral ya jelas lebih irit dong.. kan rpmnya di posisi idle.. kesannya mobil lagi diem (karena mesin cuma idle doang) tapi sebenarnya mobil bergerak meluncur tak tahu arah..
Hahaha yg boros kampas remnya.
Saya pernah denger/baca (lupa dimana), engine brake utk mengurangi kecepatan lebih irit drpd menetralkan perseneling sambil ngerem, karena ketika engine brake mesin" mobil modern (gatau yg diklasifikasikan modern itu yg spt apa) sama sekali ngga membutuhkan bensin. Walaupun secara logika rpm saat perseneling netral itu rendah sekali, tapi saat persneling netral mesin tetep butuh bensin utk idle..
Sekali lagi itu sepengetahuan saya ya, bener/salahnya silakan dikoreksi..
bener kok.....
di bmw tua yg indikator bbm nya analog kalau engine brake jarumnya langsung lompat ke 0L/100km beda kalau langsam masih "minum" di kisaran 3 - 4L/100km
“ Masuk gear mesin langsam ga perlu bensin buat muter gearbox”
Dimana2 kalo lagi turunan trus posisi di gear netral ya jelas lebih irit dong.. kan rpmnya di posisi idle.. kesannya mobil lagi diem (karena mesin cuma idle doang) tapi sebenarnya mobil bergerak meluncur tak tahu arah..
Hahaha yg boros kampas remnya.
Saya pernah denger/baca (lupa dimana), engine brake utk mengurangi kecepatan lebih irit drpd menetralkan perseneling sambil ngerem, karena ketika engine brake mesin" mobil modern (gatau yg diklasifikasikan modern itu yg spt apa) sama sekali ngga membutuhkan bensin. Walaupun secara logika rpm saat perseneling netral itu rendah sekali, tapi saat persneling netral mesin tetep butuh bensin utk idle..
Sekali lagi itu sepengetahuan saya ya, bener/salahnya silakan dikoreksi..
coba saja di cipularang dr bandung arah jkt kec 100 tp turunan jd jarang bejek gas...bensin lebih irit...pengalaman pribadi...
Iya om, kalo kondisinya seperti itu emang lebih irit begitu.. o
Banyak untungnya juga, selain lebih irit laju mobil juga gak ngeloyor jadinya jauh lebih aman drpd menetralkan perseneling
PRBS wrote: ↑Thu Jan 25, 2018 3:57
Kalau memang betul begitu, berarti info baru nih. Logika saya masih ditahap engine brake : otomatis rpm naik -> bensin ikut keluar lebih banyak.
Cuma kata2 om momodgalak perihal “kalau mesin langsam, ga perlu bensin buat muter gearbox” yg saya masih ga nangkap.
Edit : setelah penasaran bgt, saya dapat dari hasil googling
Memang betul ketika masuk gear pas turunan (tanpa injek pedal gas) akan ada fuel cut dari injector bensin. Jadi bensin tidak tersembur..
Di artikel itu menyebutkan, FC memang tetap lebih irit
ketika gear diposisi netral, karena mobil meluncur lebih cepat tanpa engine brake.. tapi ya bahaya.
Hehe iya om kalo diambil kesimpulan jadinya seperti itu...
Saya tadi juga ngecek videonya engineering explained, memang bener bahwa engine brake lebih irit drpd coasting, tapi diakhir jawabannya tetap ada kata "....it depends", krn mungkin teori tsb gak berlaku utk mobil2 yg masih pake karbu
dsign1990 wrote: ↑Thu Jan 25, 2018 5:46
bener kok.....
di bmw tua yg indikator bbm nya analog kalau engine brake jarumnya langsung lompat ke 0L/100km beda kalau langsam masih "minum" di kisaran 3 - 4L/100km
Canggih bener ya om mobil jaman dulu udah ada begituan.. lumayan kan pas nyetir ada yg gerak2 gitu, hehe..
Jadi inget mobil eyang saya dulu, opel vectra 2.0 tahun 1995, mobil jaman segitu udh ada mid digitalnya, walaupun gatau cara makenya haha.. audio blaupunkt, 6 cd disc changer, dll dsb..
Mobil sekarang aja udh banyak yg gaada indikator suhu mesinnya..
PRBS wrote: ↑Thu Jan 25, 2018 3:57
Kalau memang betul begitu, berarti info baru nih. Logika saya masih ditahap engine brake : otomatis rpm naik -> bensin ikut keluar lebih banyak.
Cuma kata2 om momodgalak perihal “kalau mesin langsam, ga perlu bensin buat muter gearbox” yg saya masih ga nangkap.
Edit : setelah penasaran bgt, saya dapat dari hasil googling
Memang betul ketika masuk gear pas turunan (tanpa injek pedal gas) akan ada fuel cut dari injector bensin. Jadi bensin tidak tersembur..
Di artikel itu menyebutkan, FC memang tetap lebih irit
ketika gear diposisi netral, karena mobil meluncur lebih cepat tanpa engine brake.. tapi ya bahaya.
mobil sekarang kan sensornya ada banyak, ga cuma sekedar in out saja, tapi sensor suhu radiator bahkan di aki saja kadang ada juga, tujuannya ya semakin banyak input ke ECU, maka makin banyak data yang bisa diolah untuk disesuaikan kebutuhan.
logika rpm naik = more fuel si bener, tapi itu kalau accelerator engaged, karena setiap kali lepas accelerator maka bensin akan di cut, hanya keluar sedikit untuk maintain mesin tetap nyala (ya kalau ga mesin mati karena ga ada pembakaran). itu baru dari segi accelerator, belum lagi kalau yang pake input dari putaran di tiap roda (manfaatin VSC/ABS) + vehicle angle(manfaatin sensor accelerometer/gyroscope di module ABS/VSC), ditambah lagi input suhu radiator + bacaan putaran mesin di flywheel + gear position + input suhu luar kabin + input suhu dalam kabin + input terang gelapnya kondisi sekarang + input headlamp/wiper/defogger + etc.
masuk netral buat fuel cut si bener, tapi untuk mobil tertentu saya pernah baca dimana gitu malah jadi lebih banyak bensin dikeluarkan, karena ECU anggap: ini mobil lagi masuk limp mode atau siap2 buat jaga torque untuk masuk gigi karena dianggap ada sesuatu dari driver karena speed ada tapi gear di netral.
jadi ya relatif lagi, tergantung seberapa niat itu produsen mobil.
Teman2 disini yg ngambil all new teri dan rush apakah sudah ada yg turun stnknya? Ane dah 2 minggu belum turun2 nih stnk, proses juga mandek karena njkb belum fix dr pemerintah
Iseng review rush ane..
Baru datang kemarin,stnk juga blm ada,jadi pakai nopol sementara..
Ambil yg tipe trd manual,tp dapat ban malah enasave.. setir nya ringan, beda ama yg lama(gataw subjektif ataw ga)
Mulai dari pros ya:
- di rpm atas, ga tersengal2 seperti gen sebelumnya
- interior lumayan(ga plain seperti yg lama)
- engine lebih enak. 100kpj bisa di rpm 3000
- kec tinggi ga limbung
- peredaman lebih ok
Cons:
- bantingan yah hanya sedikit lebih baik dr yg lama
- aksesoris masih dikit.. sarung jok dan karpet non beludru blm dapat
- pilar A banyak blind spot(mungkin karena saya blm terbiasa)
tremonti wrote: ↑Sun Jan 28, 2018 6:22
Iseng review rush ane..
Baru datang kemarin,stnk juga blm ada,jadi pakai nopol sementara..
Ambil yg tipe trd manual,tp dapat ban malah enasave.. setir nya ringan, beda ama yg lama(gataw subjektif ataw ga)
Mulai dari pros ya:
- di rpm atas, ga tersengal2 seperti gen sebelumnya
- interior lumayan(ga plain seperti yg lama)
- engine lebih enak. 100kpj bisa di rpm 3000
- kec tinggi ga limbung
- peredaman lebih ok
Cons:
- bantingan yah hanya sedikit lebih baik dr yg lama
- aksesoris masih dikit.. sarung jok dan karpet non beludru blm dapat
- pilar A banyak blind spot(mungkin karena saya blm terbiasa)
Udah mulai sepi ya tritnya...
Tapi congrats btw buat om "tremonti" yg udah dapet unitnya, tipe trd manual.
Tipe yg paling reasonable menurut saya kalo ragu sama performa mesinnya yg udah ketauan bakalan gak ada spesial2nya.
Ditunggu full reviewnya om, with pics
tremonti wrote: ↑Sun Jan 28, 2018 6:22
Cons:
- bantingan yah hanya sedikit lebih baik dr yg lama
- aksesoris masih dikit.. sarung jok dan karpet non beludru blm dapat
- pilar A banyak blind spot(mungkin karena saya blm terbiasa)
Soal bantingannya lebih mirip karakternya mobil apa om? Dan apakah rebound suspensinya sudah jauh lebih enak, ga ada mental-mentul kayak yg lama?
Btw soal sarung jok kayaknya memang sengaja gk dikasih, mungkin krn rush ada 6 airbag ntar takutnya kalo asal disarungin jadi mengganggu fungsi airbag kursinya om..
Trus apakah dapet bonus kacafilm full om?
tremonti wrote: ↑Sun Jan 28, 2018 6:22
Cons:
- bantingan yah hanya sedikit lebih baik dr yg lama
- aksesoris masih dikit.. sarung jok dan karpet non beludru blm dapat
- pilar A banyak blind spot(mungkin karena saya blm terbiasa)
Soal bantingannya lebih mirip karakternya mobil apa om? Dan apakah rebound suspensinya sudah jauh lebih enak, ga ada mental-mentul kayak yg lama?
Btw soal sarung jok kayaknya memang sengaja gk dikasih, mungkin krn rush ada 6 airbag ntar takutnya kalo asal disarungin jadi mengganggu fungsi airbag kursinya om..
Trus apakah dapet bonus kacafilm full om?
Kalau suspensi masih agak mirip2 avanza, agak2 keras
Ga seenak innova,even innova lama ya
Kaca film dapet full,3M..
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
grandis_GT wrote: ↑Sun Feb 04, 2018 15:04
Hari ini di kampung ane udah mulai banyak berkeliaran new ruster , perasaan kok lebih besar di banding xpander ya ?
Memang lebih besar dan panjang rushterri om dibanding xpnder..