Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Sebentar2 kl gt yg sering jadi genset lbh baik 6 bulan / 5000 km kl full syn ya?
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12550
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
tergantung om,blloewy wrote: Tue May 18, 2021 12:43 Sebentar2 kl gt yg sering jadi genset lbh baik 6 bulan / 5000 km kl full syn ya?
sy prnh pk PFG 0w20 4rb Km dah gak enak dan suara mesin lbh kasar, lgs sy buang.
Total 9000 0w20 (di sentra pelumas ada jual 100rb per liter),
hampir 6rb Km masih cukup enak loh surprisingly.
even better dibanding TQ 9000 5w30 nya & PTT fullsyn 5w30 A5/B5/C2 yg ber TBN 8.
ntah mungkin krn Hondut L15Z1 ini gak suka lendir W30
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11782
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
itu kl diterusin di menit 9 mbah, mrk bilang kl pake biosol malah cuma 3-4k km.Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 12:41iya setuju om, pilihannya klo pk oli keraton, gaspol sampai 7rb Km trus buang.Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:37mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja.sintoni wrote: Tue May 18, 2021 11:39
Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..
CMIIW kalau salah mbahh..![]()
cuma ane nyimak info dr proleevo cenel yg ngobrol sm bengkel PRM spesialis captiva/santafe kl mereka sarankan oci di 5k/3bln (semisyn) atau 5k/6bln (fullsyn). mrk jg pakai oli ber tbn 10-11 koma (merk bardahl kl ga salah) ngga tau Ca nya brp. terlepas mrk bengkel yg pengen repeat order tp mrk jg udah sering overhaul jd tau lah kira2nya kondisi oli apalagi sering kirim ke lab juga.
jd kl bicara ams ss diesel oci di 7k/8bln bisa dibilang udah beyond normal juga. ane terakhir gantol di 8k/5bln udah item pekat n tarikan rada berat. tadinya mau push ke 12k akhirnya ga jadi.
skip ke menit 8:25
atau alon2 aliran siksa diri / jalan di tol konstan (jarang jd genset) tp pakai sampai 10rb Km / 1 Tahun (max banget)
memang surprising sih buat sebagian besar orang. krn ga semua pengen berurusan sering2 sm yg namanya car maintenance. ujung2nya buang wang sih.
belom aja kl tau even 2kd (atau 1kd) yg notabene bulletproof di ostrali sono yg namanya injector seal disaranin ganti tiap 40k km kl ga mau bocor n bikin sludge. injectornya sendiri tiap 100k km hrs cleaning n inspect. ganti jika perlu. disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57itu kl diterusin di menit 9 mbah, mrk bilang kl pake biosol malah cuma 3-4k km.Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 12:41iya setuju om, pilihannya klo pk oli keraton, gaspol sampai 7rb Km trus buang.Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:37
mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja.![]()
cuma ane nyimak info dr proleevo cenel yg ngobrol sm bengkel PRM spesialis captiva/santafe kl mereka sarankan oci di 5k/3bln (semisyn) atau 5k/6bln (fullsyn). mrk jg pakai oli ber tbn 10-11 koma (merk bardahl kl ga salah) ngga tau Ca nya brp. terlepas mrk bengkel yg pengen repeat order tp mrk jg udah sering overhaul jd tau lah kira2nya kondisi oli apalagi sering kirim ke lab juga.
jd kl bicara ams ss diesel oci di 7k/8bln bisa dibilang udah beyond normal juga. ane terakhir gantol di 8k/5bln udah item pekat n tarikan rada berat. tadinya mau push ke 12k akhirnya ga jadi.
skip ke menit 8:25
atau alon2 aliran siksa diri / jalan di tol konstan (jarang jd genset) tp pakai sampai 10rb Km / 1 Tahun (max banget)
memang surprising sih buat sebagian besar orang. krn ga semua pengen berurusan sering2 sm yg namanya car maintenance. ujung2nya buang wang sih.
belom aja kl tau even 2kd (atau 1kd) yg notabene bulletproof di ostrali sono yg namanya injector seal disaranin ganti tiap 40k km kl ga mau bocor n bikin sludge. injectornya sendiri tiap 100k km hrs cleaning n inspect. ganti jika perlu. disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable.![]()
Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.
Beda preferensi aja sih mbah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57
disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable.![]()

mundur ke 1980an ketika charade turbo masuk sini.
apa kata orang sini?
produk gagal

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12550
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
mbah nganu..marmut wrote: Tue May 18, 2021 13:14Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57
disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable.![]()
![]()
mundur ke 1980an ketika charade turbo masuk sini.
apa kata orang sini?
produk gagal
![]()
anyway udh ada oktan min 92 thn segitu di sini?
sy blm lahir thn segitu.
wkwkwkwkw
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Setahu ane dr bokap dulu dah ada si pertamina "super" oktan 95 kalau ndak salah ya di 1980an om terus diganti jadi super TT (tanpa timbal).Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 13:16mbah nganu..marmut wrote: Tue May 18, 2021 13:14Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57
disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable.![]()
![]()
mundur ke 1980an ketika charade turbo masuk sini.
apa kata orang sini?
produk gagal
![]()
anyway udh ada oktan min 92 thn segitu di sini?
sy blm lahir thn segitu.
wkwkwkwkw
Cmiiw

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 13:16
mbah nganu..
anyway udh ada oktan min 92 thn segitu di sini?
sy blm lahir thn segitu.
wkwkwkwkw
tahun segitu di spbu cuma ada 3 nama,
solar (yang sekarang dikasih nama solbus).
premium (oktan 88).
super (oktan 98).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Taun segitu Premix belom ada ya mbah?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12550
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
gilee jomplang bener yaa mbah,
dr premium 88 ke super 98
premix mulai thn 90 an ya kayanya?
dr premium 88 ke super 98
premix mulai thn 90 an ya kayanya?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
premix dan super TT baru setelah tahun 94 kalo nggak salah.
sempet ngalamin isi premix (oktan 92) sepuluh ribu rupiah dapet 7 liter sekian (tahun 96-97).
dan sempet ada 2 harga karena ada 2 yang suplai.
sempet ngalamin isi premix (oktan 92) sepuluh ribu rupiah dapet 7 liter sekian (tahun 96-97).
dan sempet ada 2 harga karena ada 2 yang suplai.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
dulu mobil kompresi aja kepala 8... di manual book baleno dx '00 aja mintanya bensin RON 85.. premium yg 88 aja udh berasa pertabo itu wkwkw
gaspol resing tim
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11782
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.
Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.
Beda preferensi aja sih mbah.
cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.
ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.
outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
rendr wrote: Tue May 18, 2021 13:55 dulu mobil kompresi aja kepala 8... di manual book baleno dx '00 aja mintanya bensin RON 85.. premium yg 88 aja udh berasa pertabo itu wkwkw
nggak semua kompresi rendah.
boleh googling datsun L16T engine berapa kompresinya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59
. lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Sekkk... Ini kinclong bener ruang mesinnya, perlu kita bahas detail di thread car detailing lounge ini mahOmnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.
Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.
Beda preferensi aja sih mbah.
cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.
ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.
outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
IMG_20210507_171709~4.jpg
ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg
ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
20210507171600504~2.jpg
maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang![]()
Sama ane bantuin mbah klep deh, nyatetin pending list: OCT




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
oiya betul mbah.... maklum...
milenials taunya datsun HR12DE mbah...
belom kenal itu twin barrel SU carb....

gaspol resing tim
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12550
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
mbah.. mbah milennials generasi awal apa akhir ?rendr wrote: Tue May 18, 2021 14:19oiya betul mbah.... maklum...
milenials taunya datsun HR12DE mbah...
belom kenal itu twin barrel SU carb....
![]()

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
kl ujung2 nya OCI ga bsa panjang2Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.
Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.
Beda preferensi aja sih mbah.
cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.
ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.
outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
IMG_20210507_171709~4.jpg
ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg
ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
20210507171600504~2.jpg
maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang![]()
mending jij ikutin saya, pake the cheapest oil possible
ganti per 3000 km jg gapapa
lagian OCI panjang2, kasian itu trelek ama konci sok mahal2 pd ga kepake, debuan karatan ntar


numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
gmana ga kinclong mbah
odo nya aj masi irit bener
hoo, itu dicatetnya bukan di pending list mbah, tp to do list, percaya deh, ud beli dia tuh OCT , ga mau ngaku aj
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 974
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Apakah artinya lbh baik selang breather di buang ke udara bebas atau di beri OCT br dibuang ke udara bebas om? Spy egr dan turbo tidak kotor?Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.
Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.
Beda preferensi aja sih mbah.
cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.
ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.
outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
IMG_20210507_171709~4.jpg
ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg
ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
20210507171600504~2.jpg
maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11782
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
dohc genuine oil dizel verzion udah launching mbah?DOHC wrote: Tue May 18, 2021 15:22
kl ujung2 nya OCI ga bsa panjang2
mending jij ikutin saya, pake the cheapest oil possible
ganti per 3000 km jg gapapa
lagian OCI panjang2, kasian itu trelek ama konci sok mahal2 pd ga kepake, debuan karatan ntar![]()
![]()

ogah ah ntar ga enteng lagi tarikannya kl pake yg kerehore.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11782
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
kinclong apanya sih. itu mah cuma dilap majun doang pake brake cleanerDOHC wrote: Tue May 18, 2021 15:34
gmana ga kinclong mbah
odo nya aj masi irit bener
hoo, itu dicatetnya bukan di pending list mbah, tp to do list, percaya deh, ud beli dia tuh OCT , ga mau ngaku aj

oct belum nemu yg bagus mbah. *nyari nya kurang niat
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11782
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
dibuang ke udara bebas, yg dikuatirkan itu pas gaspol n blowby lg tinggi tp dia ga cukup cepat dikeluarkan dr crankcase nya. kl posisi skrg kan disedot sm si turbo.well wrote: Tue May 18, 2021 15:38
Apakah artinya lbh baik selang breather di buang ke udara bebas atau di beri OCT br dibuang ke udara bebas om? Spy egr dan turbo tidak kotor?
kecuali dibikinin bolongan 1 lagi kali di valve covernya.
kl liat yg udah pasang, pake oct pun tetap abis dr oct disambungin ke turbo lagi tp skrg dgn harapan olinya ga ngikut.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 351
- Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
ane prnh iseng buka itu webSuryaputra wrote: Tue May 18, 2021 12:19asik nih oli emang.Turboman wrote: Tue May 18, 2021 11:12Next boleh coba Q8 - 0W20 yg D1 G2erwinign wrote:
UOA MAZDA 2.png
Mohon pencerahannya semua
dan beneran certified D1 G2 di web GM.
mau bayar uang palak, beda sm amsoil![]()
di rpm tinggi tu suara mesinnya spt effortless, compare to PTT 5w30 A5/B5 APi SN.
sy blm compare sm ams sih, cmn emg Q8 formula one of the best dr sekian lendir yg disumpelin![]()
si unil opal diskon 100rb jg beneran D1 G2 om
buka2 web unil TBN sm VI nya jg tinggi.
luar biasa kyknya klo cm untuk dipake di 1NZ tua.
Last edited by ViPerRed on Tue May 18, 2021 16:54, edited 2 times in total.